Tuesday, 9 May 2017

Pentingnya Keterampilan Sosial Untuk Anak

"Anak bukanlah kertas kosong" 

Ini yang kadang menjadi panduan saya dalam mendidik neng Marwah. Saya paham bahwa anak saya, neng Marwah bukanlah kertas kosong yang bisa seenak saya coret dan saya warnai. Anak saya adalah manusia, anak saya memiliki hati dan juga keinginan sendiri, saya sebagai orang tua hanya cukup mengarahkan dan membimbingnya saja. Ini menurut saya loh ya, saya kan enggak tau penilaian orang tua lain seperti apa.

Sebagai orang tua, tentu harus bekerja keras mendidik anak. Mencetak agar anak tumbuh menjadi anak cerdas dan sehat. Betul? 


Sebagai orang tua, saya pun bekerja keras mengasah keterampilan neng Marwah, termasuk keterampilan sosial nya. Ya, bukan hanya keterampilan kognitif, keterampilan atau keterampilan motorik saja, namun keterampilan sosialnya pun harus ikut diasah. Katanya jika keterampilan sosial anak baik, maka gerbang menuju kesuksesan akan semakin mudah diraih, benar kah? Keterampilan sosial ini sangat erat sekali kaitannya dengan kemampuan berinteraksi anak.


Sabtu, 06 Mei 2017 berlokasi di Hotel Harris Bandung, saya dan beberapa teman blogger melahap materi parenting yang diadakan oleh SGM Eksplor, dengan tajuk “Peran Orangtua dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Generasi Maju" .


Kenapa yang dikembangkan itu keterampilan sosial???

Orang tua memiliki peranan penting dalam perkembangan dan juga dalam pembentukan karakter serta kepribadian anak, iya kan? Termasuk mengembangkan keterampilan sosialnya. Nah, agar anak bisa bersosialisasi dengan baik, apa saja sih yang harus diperhatikan?

TUBUH SEHAT

Untuk mengembangkan keterampilan sosial anak. Tubuh sehat tentu diperlukan dong, untuk menunjang anak. Jadi agar tubuhnya selalu sehat perhatikan juga asupan nutrisinya, asupan nutrisi yang tepat supaya kemampuan sosial dan kemampuan lainnya bisa terwujud dengan sempurna.

CERDAS 

Anak yang cerdas adalah anak yang mampu berimajinasi. Anak yang memiliki imajinasi akan mampu melukiskan apa saja dengan imajinasinya, berarti itu anak cerdas. Mengasah imajinasi anak sejak dini, bagus loh.

EMOSI BAIK 

Anak yang emosinya baik adalah anak yang mandiri.


Ketiga faktor yang tadi saya jelaskan itu adalah hal dasar yang harus dimiliki anak agar kemampuan sosialisasinya berkembang dengan baik. Agar anak mampu bersosialisasi.


Lalu, hal apa saja sih yang diperlukan untuk mengembangkan keterampilan sosial anak???



Ada beberapa tahapan, diantaranya tahapan awal :


  • Kedekatan anak dengan orang tua
  • Rasa percaya anak dengan orang tua
  • Kemandirian anak 

Dan tahapan selanjutnya adalah : 

  • Anak mengenal emosi, ada senang, marah, sedih dan takut serta emosi lainnya
  • Anak mampu menjaga dirinya sendiri, orang tua harus memberikan kepercayaan penuh pada anak agar anak juga percaya diri untuk menjaga dirinya sendiri.
  • Kemampuan berkomunikasi, anak bisa berkomunikasi dengan teman - teman nya. 
  • Fokus dan konsentrasi. Biarkan anak untuk fokus pada satu pekerjaan atau permainan, supaya mengasah konsentrasi dan imajinasinya juga. 
  • Empati. Rasa empati anak sejak kecil harus ditanamkan.

Well, seminar yang saya hadiri ini sangat memberikan pencerahan untuk saya khususnya dan untuk para orang tua yang hadir disana juga. Mengasah keterampilan anak supaya anak mampu bersosialisasi dengan baik. Supaya anak mampu berteman dan bekerjasama, supaya anak mampu berkompetisi secara sehat, supaya anak bisa atau terbiasa antri, supaya anak terbiasa dengan sopan dan santun, agar anak mampu menyelesaikan sendiri masalahnya dengan kawan, agar anak mampu mengendalikan emosinya, agar anak mampu dan paham akan aturan dan agar anak peduli terhadap teman dan sesama manusia.


Ya, kemandirian memang harus dicetak sejak dini. Saya jadi ingat ketika dulu memberikan kesempatan pada neng Marwah untuk mencoba, sabar menantikan ketika neng Marwah mengerjakan sesuatu ya itulah hal yang mungkin sepele namun untuk saya sih bisa membuat neng marwah mandiri. Oiya, memberikan pujian, pelukan dan memperlihatkan ekspresi wajah cerita juga bisa membuat anak senang dan hal ini bisa memicu kemandirian anak juga loh.


Alhamdulillah banget ya, saya bisa mengikuti seminar keren ini dan terus mengupgrade ilmu parenting, karena kan tidak akan pernah ada kata terlambat untuk belajar.


happy mommy, happy kids


With Love,


Ibu 






FYI :
Photo diambil dari blognya teh Erry / http://erryandriyati.blogdetik.com/ 











20 comments:

  1. kedekatan dengan orang tua selalu mennjadi kuncu dalam pembentukan karakterk anak ya mba apalagi kemamapuan sosial dan emosionalnya. Salam sayang buat neng marwah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kedekatan orang tua sm anak emang memiliki pengaruh besar ya untuk sosial dan emosi anak, terimakasih salamnya mbak Ira insha allah disampaikan

      Delete
  2. wah asyik ya bisa ikut acaranya dan nambah ilmu lagi. Yes ketrampilan sosial itu penting sekali melengkapi ketrampilan yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seneng yah kalau ada cara parenting gini bisa apgred ilmu mengasuh anak hehe.

      Delete
  3. keterampilan sosial sangat dibutuhkan anak2 utk masa depannya kelak. Saya pun selalu menekankan keterampilan ini pada anak2 :)

    ReplyDelete
  4. Ketrampilan sosial memang penting bagi siapapun. Bahkan ada pakar edukasi yg bilang " sekolah itu hanya untuk meningkatkan ketrampilan sosial" ;) btw, kesempatan yg luar biasa bisa ikut seminar parenting Bu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, keterampilan sosial emang penting ya. Meski keterampilan lainnya juga harus diasah

      Delete
  5. Seneng banget bisa hadir di seminar ini. Banyak belajar :)

    ReplyDelete
  6. anak2ku lg regresi gegara ada baby, huhu.. yg biasanya makan sendiri eh minta dsuapin, daaan masih banyak lg. PR banget buat bs adil. tp y mo gmn, baby pasti butuh perhatian yg lbh byk. lho kook malah curcol hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihih iya kalau punya adik masih kecil ya harus paham akan situasi ini ya uni Shona.

      Delete
  7. Seminarnya luar biasa banget. Ilmu parenting itu memang ga ada habisnya, setiap hari kita harus belajar jadi oramg tua yang baik. Ulasannya bagus banget nambah ilmu dan pengetahuan. Thanks for sharing, teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seneng banget kalau ada seminar parenting gini, bisa upgrade skill seputar parenting. Makasih teh Zia udah main - main kesini yah

      Delete
  8. Senangnya kalau ada orang tua yang selalu up date ilmu parenting kaya gini....dan saling berbagi tentunya.
    Jadi dengan membaca pun saat ini, ilmu bisa langsung didapat.

    Sehat dan makin sholiha yaa, neng Marwah.

    Salam dari tante....**jiaa, tante...?!?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAmiin makasih yaa tante Lendy, hihi

      Delete
  9. Wuaah ini ternyata acara kemarin.. Akoh kenapa nggak diajak sih ini kemarin hmm..

    Oiya lupa belom punya anak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha cus buruan punya anak dong Ncess Nesaaa

      Delete
  10. Penting banget ya materinya... Semangat praktikkin :D

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)