Friday, 19 May 2017

Tips menjadi Mahasiswa Produktif di Universitas Terbaik di Jakarta


Salah satu kunci keberhasilan pembelajaran di universitas terbaik di Jakarta adalah produktivitas dan kreativitas mahasiswa. Sebagai kawah ilmu pengetahuan, kampus menjadi tempat di mana mahasiswa mesti mengasah diri dengan menulis, membaca, serta mempraktikkan dan memahami teori. 

Mahasiswa yang kuat secara intelektual adalah seorang individu yang aktif sekaligus produktif, dan mampu memberikan sumbangsih, baik bagi masyarakat sekitar maupun bagi dunia kampusnya sendiri. Tentu saja seorang mahasiswa adalah individu yang berada dalam usia produktif, oleh karenanya mereka harus mampu menantang diri mereka sendiri untuk jadi produktif. Ada banyak cara untuk jadi produktif, dan pilihannya tidak hanya sebatas menjadi seorang aktivis kampus. 

Lalu apa saja yang bisa dilakukan seorang mahasiswa universitas terbaik di Jakarta, supaya dia bisa menjadi mahasiswa yang aktif sekaligus produktif, sesuai dengan kemampuannya? Beberapa tips yang bakal dijabarkan di bawah ini bisa menjadi inspirasi:

1. Mengasah bakat di Unit Kegiatan Mahasiswa

Setiap mahasiswa memiliki ketertarikan masing-masing terhadap hal yang berbeda. Ada yang tertarik di bidang seni, dan ada juga yang tertarik di bidang olahraga. Di sebuah kampus ada bermacam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bisa dimasuki. Nah, masing-masing UKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah bakatnya di luar bangku kuliah. Bila Anda tertarik bermain alat musik, ada UKM musik yang bakal membantu mengasah bakatmu. Untuk bidang seni lainnya, ada UKM teater yang bakal membantu mengasah bakat akting. Pilihlah satu yang sesuai dengan minat. 

2. Mengasah kemampuan menulis

Minat dalam bidang penulisan menjadi minat umum yang hampir selalu dimiliki oleh setiap mahasiswa. Seorang mahasiswa bisa melatih kemampuan menulis dengan mengajak beberapa teman untuk membuat kompilasi tulisan, entah itu cerpen, tulisan ilmiah, esai, atau apapun, yang kemudian dibukukan secara sederhana dengan format fotokopi. Selain mengasah kemampuan menulis, cara seperti ini akan merangsang otak untuk selalu berpikir kreatif dengan tulisan. 

3. Menginisasi kegiatan amal

Menjadi produktif di universitas terbaik di Jakarta bukan berarti selalu mengedepankan kepentingan diri sendiri. Seorang mahasiswa bisa mengajak teman-temannya untuk membentuk komunitas amal yang bertujuan untuk membantu orang-orang yang tidak mampu.



Semoga membantu yaaa supaya menjadi mahasiswa produktif di semua universitas. 




With Love,



Tian Lustiana 

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)