Tuesday, 11 July 2017

Inilah Tips Merawat Bayi dengan Baik dan Benar

Menjadi orang tua itu menyenangkan sekali, apalagi bagi orangtua yang baru saja memiliki bayi pastinya tengah merasakan euphoria karena memiliki momongan yang lucu. Tetapi hal tersebut harus diimbangi dengan perawatan yang tepat karena bayi merupakan makhluk sensitif yang membutuhkan ekstra perhatikan oleh orangtua. 


Sehingga bagi orangtua yang mempunyai anak pertama biasanya membutuhkan bantuan orang yang lebih berpengalaman untuk merawat bayi tersebut. Dimana ada beberapa tips yang bisa dilakukan dan diperhatikan untuk dapat merawat dan menjaga bayi dengan tepat seperti beberapa tips di bawah ini:

1.    Perhatikan tanda tangisan

Tips pertama untuk dapat merawat dan menjaga bayi ini adalah dengan mengerti tanda tangisannya. Biasanya untuk orangtua yang newbie tentu saja tidak mengerti beberapa perbedaan tangisan bayi tersebut. 
Tetapi apabila sudah beberapa waktu biasanya orangtua akan mengerti arti dari tangisan bayi. Ada beberapa tangisan yang ada dari bayi tersebut yaitu tangisan ketika ia lapar, tangisan ketika ia pipis, tangisan ketika buang air kecil, tangisan ketika bangun dan kehausan, dan berbagai tangisan lainnya yang menjadi tanda bahwa bayi sedang merasa tidak nyaman dan membutuhkan sesuatu. Bagi orangtua sendiri apabila belum bisa membedakan arti tangisan tersebut bisa untuk melakukan pengecekan satu-satu. Seperti ketika bayi menangis orangtua bisa untuk mengecek apakah ia buang air kecil atau besar. Atau tangisan ketika jam makan berarti ia sedang lapar dan harus disusui agar tangisannya berhenti.


2.    Perhatikan cara menggendong bayi

Untuk tips selanjutnya agar dapat menjaga bayi dengan benar adalah dari cara menggendongnya. Cara ini adalah hal dasar yang biasanya harus diajarkan oleh orangtua yang berpengalaman sehingga tidak salah. Untuk menggendong bayi ini membutuhkan beberapa tahap melihat dari umurnya. Misalnya ketika masih lahir hanya boleh untuk menggendong dengan menyangga kuat pada leher dengan bantal. Dan beberapa tips lainnya sesuai dengan umur bayi.

3.    Perhatikan ketika memandikannya

Dan perhatian selanjutnya adalah ketika memandikannya. Orangtua harus sangat hati-hati ketika sedang merawat dan menjaga bayi karena mereka sangat lemah dan mempunyai kulit yang sensitif. Untuk memandikan bayi misalnya harus menggunakan air hangat, menggunakan sabun dan shampo bayi, serta pertimbangkan juga mengenai tempat mandinya sehingga akan nyaman untuk bayi.


4.    Perhatikan memilih makanan bayi

Dan untuk tips merawatbayi yang tepat selanjutnya adalah dengan memilih makanan bayi tersebut. Untuk bayi hingga usia 6 bulan disarankan untuk menerima ASI Eksklusif dari ibunya tetapi bagi yang tidak mau menerima ASI tentunya harus digantikan dengan susu formula yang khusus untuk bayi usia kurang dari 6 bulan. Untuk makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan yaitu makanan yang sehat seperti buah, sayur, dan menghindari micin dan bahan berbahaya.



Nah temen - temen punya tips merawat bayi lainnya? Sharing yuk. 






1 comment:

  1. Aku tuh nggak berani mandiin anak di ember mandi sebelum anak bisa duduk, mba. Bawaannya grogi melulu dan kuatir kalau bisa melukai anak. Hihihi
    Tapi ada adik iparku yang jago banget pas mandiin anak

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)