Friday, 4 August 2017

Pengasuhan Sesuai Dengan Tahap Perkembangan

Assalamualaikum,

Neng Marwah sekarang udah 9 tahun, tentu saja pengasuhan yang ibu terapkan berbeda dengan ketika neng berusia 5 tahun. Ya, karena saya sebagai orang tua harus mampu memahami apa saja hal yang harus diterapkan pada anak sesuai dengan usia anak. Karena proses tumbuh kembang anak dan pola asuh itu berkesinambungan. Demi menghasilkan respon yang tepat maka saya sebagai orang tua harus memberikan stimulasi yang tepat juga, sesuai pada aturan serta porsinya, jadi pas gitu ga berlebih dan juga enggak kurang.

Pengasuhan itu emang harusnya disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Ga mungkin banget kan kita menerapkan sistem pola asuh untuk anak TK ke anak kelas 5 SD dan sebaliknya. Jadi emang harus ada prinsip pengasuhan yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak.

Mendidik anak itu bukan kayak lari loh, yang harus cepat sampai pada garis finish. Mendidik anak ya harus melewati semua tahapan yang disesuaikan dengan usia perkembangan anak, anak kan ga mungkin langsung dewasa, iya gak? Dan proses tumbuh kembang setiap anak itu beda, ada yang cepat ada juga yang lambat.


Ada empat tahapan yang dialami anak - anak, yakni fisik, bahasa, kognitif dan sosial emosional nya. Tahapan perkembangan pada anak seusia Marwah ( 9 tahun ) apa aja ya?

Perkembangan Bahasa 


  1. Diusianya yang ke - 9 tahun ini neng udah mulai sadar pada kata - kata yang memiliki dua makna. 
  2. Neng Marwah juga sudah mulai becanda alias ngeguyon atau ngehumot loh, kadang humor yang ga masuk akal juga suka keluar dari mulutnya. Saya dan ayahnya aja kadang sampe ngakak kalau neng Marwah lagi ngeguyon, hihi. 
  3. Neng Marwah sekarang udah paham dan bisa menggunakan bahasanya sebagai alat komunikasi dengan orang lain. Udah mulai bisa mengungkapkan apa yang ia rasakan. 
  4. Neng Marwah sekarang mulai seneng pake bahasa gaul.
  5. Neng Marwah juga sudah bisa mengemukakan atau berekspresikan perasaan dan emosinya secara verbal. Jadi ibu sekarang ga bingung lagi kalau neng mau apa dan kenapa karena ia sekarang udah bisa mengungkapkan perasaannya secara verbal.
  6. Neng semakin senang bicara dan tertawa, untuk menarik perhatian orang lain. 
  7. Dan masih banyak peningkatan kemampuan bahasanya termasuk sudah bisa diajak curhat. 
Perkembangan fisik 

  1. Sudah bisa menulis dan menggambar dengan lebih baik dan lebih rapi.
  2. Tinggi badannya bertambah sekitar 5 - 8 cm setiap tahunnya, dan pasti sebentar lagi tinggi saya aja bakalan kalah deh. 
  3. Neng sudah kehilangan gigi susu nya, gigi permanen sudah mulai tumbuh.
  4. Sudah mulai senang memasak, mengerjakan pekerjaan rumah dan membuat prakarya, termasuk menjahit baju barbie. 
  5. Ukuran otak anak 9 tahun sudah meningkat hampir sama dengan ukuran otak dewasa.
  6. Kekuatan dan kecepatan tangan, kaki sudah baik.
  7. Sudah senang menikmati olahraga.
  8. Sudah percaya diri ketika lompat atau memanjat dan berenang. 
Perkembangan Kognitif 
  1.  Sudah bisa menganalisis berdasarkan pengalaman dan juga logika.
  2. Marwah sudah paham konsepwaktu, isi, berat dan juga jarak.
  3. Senang berhitung, tapi meski belum benar - benar paham pada operasi yang kompleks.
  4. Sudah paham sebab dan akibat. 
  5. Marwah ga betah duduk lebih dari 30 menit. 
  6. Lebih senang membaca buku yang lebih panjang, biasanya hanya baca cerita bergambar sekarang sukanya baca novel anak. 
  7. Senang nulis - nulis di buku.
  8. Marwah akan lebih paham jika dilakukan langsung daripada hanya mendengarkan penjelasan. 
  9. Senang sekolah, dan selalu ingin pergi sekolah.
Perkembangan Sosial Emosional 

  1. Neng Marwah sekarang mulai senang bermain dengan yang memiliki minat sama.
  2. Sudah mulai senang mengkritik teman - temannya. 
  3. Neng Marwah sudah bisa marah ketika diejek temannya.
  4. Neng Marwah suka cerita kadang punya teman baik, kadang punya musuh terus gitu aja setiap hari.
  5. Percaya dirinya mulai tinggi dan suka merasa benar.
  6. Anak pada usia 9 tahun sudah sering mencari perhatian
  7. Mudah tersinggung
  8. Dan masih banyak perkembangan emosional lainnya yang masih harus dibimbing dan diarahkan dengan baik oleh orang tua. 



Semoga neng Marwah selalu bertumbuh dengan solehah ya nak. Aamiin.




With love,

Wassalam


Tian Lustiana




3 comments:

  1. Bener banget, mba. Anak seusia Marwah memang teryata sudah suka humor ya, mba. Ayyas juga sering bikin saya ketawa karena humor yang kadang garing tapi lucu. Hahhaa. Doa terbaik untuk Neng Marwah :)

    ReplyDelete
  2. Blognya teh Tian yang ini harus aku tandain dari sekarang buat nambah-nambah pengetahuan jadi orang tua :)

    ReplyDelete
  3. jadi pengen punya anak teh hehe

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)