Monday, 4 September 2017

Asupan Nutrisi Selama Masa Kehamilan

Assalamualaikum,

Beberapa hari lalu saya baca - baca tulisan mak Keina di web KEB, tentang nutrisi masa kehamilan.  Saya kok jadi ingat pas saya dulu menjalani kehamilan ya, iya sih udah lama banget tapi masih kerasa kok dan masih saya ingat banget malah apa saja yang disarankan dokter kandungan untuk nutrisi pada masa kehamilan saya waktu itu. 



Kondisi ibu hamil itu berbeda - beda, setiap wanita yang hamil pasti beda dengan wanita hamil lainnya, ibu hamil itu bukan hanya mikirin nutrisi untuk dirinya namun nutrisi untuk sang jabang bayi yang hidup dalam rahim. Makanya setiap konsul ke dokter kandungan selalu saja dapat petuah agar ibu hamil dan bayi dalam kandungan mendapatkan gizi yang banyak dan baik. 

Karena tumbuh kembang bayi dalam kandungan akan terganggu loh jika nutrisi selama kehamilan kurang. Jadi, buat temen - temen yang sedang mengandung harus benar - benar memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ya, pastikan asupannya sesuai dengan kebutuhan gizi bayi dalam kandungan dan ibu hamil juga. 

Nah, beberapa nutrisi yang penting yang ikut berperan mencetak kesehatan serta kecerdasan bayi diantaranya :

ASAM FOLAT 

Seperti yang sudah diketahui semua orang, kalau asam folat ini memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada otak dan tulang belakang, alias mencegah terjadinya cacat. Asam folat memiliki peranan penting, makanya sangat wajib dipenuhi selama kehamilan. 

Sumber yang mengandung asam folat ini ada pada semua sayuran yang berwarna hijau gelap, misalnya bayam, kembang kol, kedelai, asparagus dan juga pada brokoli. Juga pada buah - buahan seperti pisang, jeruk, wortel. Konsumsi sereal juga bagus loh untuk memenuhi kebutuhan asam folat. 

AIR PUTIH 
Sepele banget yah? Tapi penting loh, kekurangan minum air putih pada masa kehamilan itu dampaknya serius dibandingkan pas lagi ga hamil. Minimal ibu hamil harus minum 10 gelas sehari. 
PROTEIN
Pada masa kehamilan, asupan protein ini harus sampai 25 mg sehari, protein sangat dibutuhkan untuk membangun sel baru pada janin dan juga untuk membentuk semua bahan pengatur misalnya seperti hormon ibu dan juga janin. Protein hewani bisa diperoleh dengan konsumsi daging sapi, ikan, susu dan telut. Sedangkan protein nabatinya dari tahu tempe,mentega dan kacang - kacangan. 


KALORI
Pada trimester kedua, kebutuhan kalori kian bertambah loh dan lagi akan semakin bertambah pada semester ketiga. Banyak konsumsi makanan yang mengandung kalori ya. 
LEMAK ESENSIAL 
Asam lemak esensial atau lebih dikenal dengan omega - 3 dan omega - 6 ini penting banget untuk perkembangan otak bayi. Makanan yang mengandung lemak esensial ini ada pada sayuran, daging, telur, kacang kedelai, ikan tuna, ikan sarden dan juga pada salmon. 
VITAMIN
Berbagai vitamin juga dibutuhkan ibu hamil loh, seperti vit A,B6,B12,C,D, E dan juga K. Vitamin A fungsinya untuk pertumbuhan gigi dan tulang, penting juga untuk mata dan rambut, vit B12 berperan untuk perkembangan saraf dan fungsi otak janin. 

Bukan hanya itu, zat besi, kalsium, fosfot, seng, yodium, natrium dan juga serat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Hmmm banyak banget ya asupan nutrisi yang perlu diperhatikan oleh seorang ibu selama bayi dalam kandungan, belum lagi kalau sudah lahir masih banyak peer selanjutnya, semangat yaaa ibu - ibu! 

Dan yang penting ibu hamil harus selalu bahagia! 



Asupan Nutrisi Selama Masa Kehamilan ini merupakan blogpost  kedua #KEBloggingCollab untuk kelompok Sri Mulyani.

Wassalam,


Tian Lustiana 










1 comment:

  1. karena nutrisi saat hamil memang harus bener-bener dijaga lo gan..

    http://www.katalogibu.com/kehamilan/tanda-awal-kehamilan-ini-muncul-sebelum-menstruasi-terlambat.html.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)