Thursday, 5 October 2017

Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Assalamualaikum, 

Di kelas 3 ini neng ikutan eskul bahasa inggris, dulu sih pas kelas 2 sebenernya diadain juga eskul bahasa inggris namun entah apa sebabnya akhirnya ditiadakan deh eskul english clubnya, padahal neng suka loh sama bahasa inggris. Denger - denger sih kurang peminatnya jadi english clubnya tidak memenuhi kuota gitu. 

Nah, ditahun ajaran kelas 3 ini alhamdulillah kuota yang ingin ikutan english club mungkin bertambah, jadilah ada eskul english club. Neng langsung deh pengen daftar, jadi tahun ini neng ikutan eskul memanah dan english club saja biar gak cape karena dihari minggu ada les renang dan menari, jadi lumayan padat sih jadwal nya neng. 

Oke deh back to antusiasnya neng sama pelajaran bahasa inggris. Neng suka bahasa inggris entah apa alasannya yang pasti mungkin neng sering dengerin musik bahasa inggris, the moffatts hehe. Dari neng kecil saya sering muterin lagu the moffatts emang jadi mungkin neng merasa suka sama bahasa inggris, mungkin loh ya karena saya belum nanya detail alasan neng suka bahasa inggris, pokoknya neng mau ikutan english club aja, titik gitu jawabannya kalau saya tanya kenapa suka bahasa inggris. 

Kemarin aja begitu pulang neng langsung bilang : 

" mom, are you ok?"

Terus dia bilang lagi 

" My mom beautiful and no fat"

Lah kenapa nih anak bawa - bawa kegendutan ibu? Deziiigh deh. 
Tapi gapapa kok segitu aja  ibu nya langsung bahagia, cetek banget yah padahal diluar sana anak - anak seusia neng itu banyak yang sudah fasih bahasa inggris, ini baru segitu aja udah bangga dan bahagia. Duh gimana yah, saya bener - bener bangga dan bahagia karena saya ga pernah ajarin dia bahasa inggris, lah wong saya aja bahasa inggrisnya cemen hehe. Jadi maklumi saja yaa bu ibu kebahagiaan saya ini. 

Percakapan demi percakapan pendek dalam bahasa inggris sering neng lontarkan dan sesekali ibu pun demikian. 

Misalnya ketika haus neng bilang : 

" mom, i'm thirsty" 

Atau ketika lapar dia bilang : 

" i'm hungry mom,  and i want to eat".

Ya, grammar dan lainnya belum bener tapi tidak ada salahnya kalau terus memberanikan diri bicara kan? Yang penting mah neng berani ngomong aja udah lumayan banget. 


Ibu pun tak mau kalah, ibu langsung searching worksheet yang free printable di google agar neng semakin terasah bahasa inggrisnya. Dan ibu menemukan website yang menurut ibu sih bagus dan sangat membantu untuk neng belajar bahasa inggris di rumah juga. Namanya K12reader , dari pinterest dan dari website lainnya, coba search aja keyword : english learn for kids. Dengan bantuan internet saya bisa membantu neng untuk spelling, menambah vocabulary, tenses dan juga belajar grammar. Intinya neng dan ibu nya belajar bareng. 

Neng belajar membuat kalimat dalam bahasa inggris dengan menggunakan panduan. 


Belajar preposition pun jadi lebih mengerti karena langsung ada gambaranya 


Belajar bahasa inggris semakin mengasyikan



Belajar melapalkan dan mengingat sesuai yang ada di gambar 
Belajar grammar bareng ibu jadi lebih asik 



Semoga ibu istiqomah ngajarin neng nya yaaa biar gak ngandelin belajar di sekolah sama eskul aja, aamiin. 


With love,




1 comment:

  1. Sebelum ganti ke kurikulum K-13, sekolah anak-anak saya pakai sistem bilingual. Buku-bukunya dari Singapore semua yang otomatis setiap saat mereka berkomunikasi dengan bahasa inggris untuk semua pelajaran kecuali agama dan bahasa sunda. Lumayan sih mengasah kemampuan bahasa inggris anak-anak sejak kecil

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)