Monday, 23 October 2017

Bingung Pilih Quipper atau Ruangguru? Coba Kita Bandingkan Dulu

Assalmualaikum,
Sebelumnya saya dan ayahnya Marwah sudah berdiskusi tentang tempat bimbingan belajar untuk Neng Marwah nanti. Setelah saya menemukan Ruangguru, eh sekarang saya pun dikenalkan teman sama Quipper. Wah saya jadi bingung, saya pilih Quipper atau Ruangguru 

Di sini saya bakalan jelasin lagi apa sih kelebihan serta kekurangan Ruangguru dan Quipper, ya jadi sebagai bahan perbandingan saja apakah saya akan pilih Ruangguru atau Quipper.


RUANGGURU 

NAY 

Kontennya yang menarik dikemas dengan desain warna-warni, jadinya kurang fokus brand Ruangguru itu warna apa hehe. Ruangguru pun belum begitu banyak yang tahu produknya. Aplikasinya sih oke, namun cukup besar size-nya jadi lumayan nguras memori hp. Sales agent-nya Ruangguru pun belum banyak, wajar kan kalau jadi banyak yang belum kenal. 


YAY

Asyiknya belajar di Ruangguru itu gurunya standby, lho. Salah satu produknya yang bernama ruangbelajar juga punya video pelajaran yang seru dan nggak akan bikin bosan. Nah, kalau ada siswa yang belum paham, bisa pula chat guru secara online lho, kan asyik. Nilai tambah lainnya, tersedia grup belajar online se-Indonesia dilengkapi dengan try out online. Kalau mau nyari dan belajar ditemani guru privat, pun ada, asyik deh! Di antara itu semua, yang paling penting itu biayanya bisa dicicil, oke banget nih Ruangguru. 


QUIPPER

NAY

Quipper itu videonya lumayan lama jadi gak simple, terus videonya pun tidak ada judul. Jadi agak susah ya untuk mengetahui sedang bahas apa. Quipper juga nggak bisa langganan bulanan, kan kalau bisa langganan bulanan jatuhnya lebih murah. Jadi harga keseluruhan Quipper ini lebih mahal dari ruangguru. Terus aplikasinya pun kurang mumpuni. Quipper juga nggak menyuguhkan try out dengan hasil maksimal, tidak punya rangkuman materi, gurunya nggak ada yang standby. Hmmm, jadi kalau nggak ada rangkuman kitanya nggak bisa baca-baca lagi dong yah. 

Pelajaran di Quipper itu slidenya juga bikin bosen, kebayang nggak kalau lagi belajar sejarah? yang ada malah ngantuk, hoaaaam. Terus Quipper itu nggak praktis solusinya. Masa solusi yang diberikan panjang banget, duh kebayang harus ngapalin panjang. Durasi video yang lama dan itu bikin ngantuk plus bosan. Guru di Quipper juga ngajarnya persis kayak di sekolah, pake papan tulis. Kurikulumnya pun tidak menyeuaikan yang sedang berlaku, mungkin kurikulumnya yang diadain sendiri sama Quipper hehe. Dan yang bikin saya mikir banyak adalah kuota bakalan tersedot habis karena durasi video yang panjang. Materinya pun kurang lengkap jadi mikir lagi deh buat berlangganan di Quipper. 

YAY

Quipper hebat, iklannya di mana-mana jadi orang mungkin lebih mudah kenal sama Quipper. Agennya pun banyak, ini kali yah yang bikin banyak orang tertarik, tau kan ya gimana bahasa agen? Jualan banget kan, boong deh kalau kita ga tergiur hihi. Quipper juga suka rajin dateng ke sekolah-sekolah, menarik siswa-siswi. Yang menarik dari Quipper ini ada semacam animasi score ketika selesai menyelesaikan soal. Quipper ini brand luar negeri, tepatnya dari Inggris. Quipper menggandeng Maudy Ayunda untuk menarik peminatnya. 

Dan sudah dipastikan, saya akan milih Ruangguru untuk panggil gurunya ke rumah untuk privat. Terus, ada salah satu produk belajarnya yang bisa dicicil, itu yang penting haha. Semoga semakin berkembang yaa bimbingan belajar online di Indonesia, biar memudahkan belajar dan mencerdaskan anak bangsa, aamiin.

Nah kalau ibu-ibu mau pilih mana Quipper atau Ruangguru? Sharing yuk!


Wassalam,

TIAN LUSTIANA



2 comments:

  1. Quipper model iklannya bikin panas dingin mbak ngeliatnya hehehe. Kalo Ruangguru itu fasilitas panggil guru privat jadi mudah kayak pesen ojek online aja gitu.

    ReplyDelete
  2. Wah makasih ka, artikel yang bermanfaat. Saya juga pernah baca tentang ruangguru di http://nayadini.com/ruangguru/ sekarang ade saya malah lebih pinter dari saya haha

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)