Friday, 6 October 2017

Kehebatan Pelukan Ibu, Mampu Menjadi Obat Untuk Anak

Assalamualaikum, 

Meski neng sudah kelas 3 SD namun saya masih sering memeluknya. Badannya memang besar hehe sekarang saja berat badannya sudah 36kg, namun saya sebagai ibunya masih seneng aja memeluknya. Neng pun demikian, neng suka banget deket - deket saya dan melukin saya gitu, apalagi kalau manjanya kumat, pengennya deket - deket deh sama ibu. Sepertinya kalau memungkinkan sih pengennya saya gendong neng marwah hehe tapi apa daya yang ada saya yang nyeuri cangkeng, haha. 


Pernah loh ada yang bilang gini ke neng Marwah ketika neng Marwah pengen dipelukin " ih kamu udah gede kok masih dipelukin sih, kayak dede bayi aja."  atau pernah juga ada yang bilang " makanya neng Marwah nya kasih adik lagi biar gak minta peluk, biar ga manja"

Dan rentetan pernyataan lain yang jujur bikin saya gerah dan kesal. kadang neng jadinya malu kalau mau dipelukin didepan umum, mungkin dia takut ada yang bilang aneh - aneh lagi kali yah.




Sebenernya jika seorang anak minta dipeluk sama ibunya yang salah apanya sih? Salahnya dimana sih? Wajar dong anak ingin dipelukin ibunya, kan anak itu pengen kehangatan dan kedekatan fisik sama ibunya, iya gak sih?

Apakah yang dipeluk itu hanya bayi saja?

Menurut saya mah semua anak, berapapun usianya akan tetap butuh pelukan, pun jika anak sudah dewasa. 

Katanya anak jangan terlalu dimanjakan, nanti bisa gak mandiri. Apa dengan sering memeluk anak itu memanjakan dan bikin anak malas? ah saya rasa enggak. Justru dengan sering memeluk anak, akan membangkitkan rasa percaya diri anak karena anak merasa disayangi. 



Pelukan dari seorang ibu itu bukan hal sepele loh . Apalagi jika pelukan disertai dengan rasa tulus dan kehangatan, itu adalah pondasi untuk anak agar anak mampu melejitkan potensinya. Pelukan sama sekali tidak memanjakan, pelukan seorang ibu tidak melemahkan tapi pelukan ibu itu menguatkan. 

Ayolah bu, peluk anaknya seerat mungkin dengan kasih sayang!!! 

Ketika memeluk anak dengan banyak cinta dan ketulusan, otak itu mengeluarkan hormon loh, hormon yang mampu meredakan rasa marah, hormon yang mampu mengatasi kesepian, kesedihan adalah hormon oksitosin. Pelukan ada obat mujarab untuk anak. Buat saya tak perlu banyak kata untuk mengungkapkan rasa sayang pada anak, dengan pelukan anak sudah sangat merasa disayangi. 

Ketika anak dipeluk maka anak akan merasakan bahwa ia sangat penting, dicintai dan diterima. Tentu saja itu akan menjadi baik bagi anak dan kehidupannya kelak. Anak akan selalu merasa percaya diri dan bersikap menyayangi karena ia penuh dengan dekapan kasih sayang ibu. 


Pelukan itu menguatkan, 
Bonding antara anak dan ibu terjadi lebih dekat dengan memeluk, jika hubungan antara ibu dan anak kuat maka komunikasi akan berjalan lancar, tentu saja ini akan memudahkan kita sebagai ibu dalam mengarahkan dan mengasuh anak, bukankah begitu? 

Pelukan itu multivitamin,
saya ingat betul ketika neng sakit, badannya panas. Demam tinggi. Hanya saya dan neng malam itu, neng masih berusia 10 bulanan, saya bingung lalu saya langsung dekap saja neng, melakukan skin to skin dan berharap neng bisa lebih tenang dan engga rewel. Dan ternyata benar, pelukan saya menenangkan neng, demamnya perlahan turun. ah betapa pelukan seorang ibu adalah obat untuk anaknya. 





Berapapun usia anak, peluklah dengan kehangatan, keikhlasan dan kasih sayang. 

Wassalam,

IBU 




12 comments:

  1. Anak-anak paling seneng dipeluk,kalau mau bobo, kanan dan kiri mesti meluk mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu yaaa pasti dua dua nya berebut pelukan

      Delete
  2. Duuug, kalau anak sakit biasanya minta dipeluk,pelukan itu memang memberi banyak manfaat yaa

    ReplyDelete
  3. Pelukan itu ajaaaiiiib, ada kekuatan sendiri. Ima termasuk kaku sama Amih, kagok kalo mau meluk, tapi ima biasain peluk ke anak2 dan suami, apapun keadaannya. Bisa nyembuhin perasaan yang lagi ga enak.

    ReplyDelete
  4. Sampai skrng anak2 masih kupeluk mbak. Mumpung masih mau hehe.
    Apalagi yg pertama, dulu dia lahir BBLR, sampai bobo pun dia di dadaku/ dada ayahnya.
    Pelukan ini bikin bonding makin kuat ya emang :D

    ReplyDelete
  5. betul ya, aku sampai sdh punya anak dewasa masih pelukan dan kelonan sama ibuku krn rasa nyaman, anak perempuanku sdh sarjana, maunay dipeluk aku

    ReplyDelete
  6. Nai yang udah gede aja masih suka gelendotan sama ayah dan bundanya. Dan saya seneng aja dimanjain sama anak :)

    ReplyDelete
  7. Iya teteeh..haturnuhun.
    Terasa sekali pertumbuhan anak yang suka dipeluk dengan yang jarang.

    Hhuhhuu...semoga anak-anak bertumbuh menjadi anak yang padat kasih sayang di rumah. Sehingga ga lerlu lagi cari-cari di luar.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)