Sunday, 15 October 2017

Perlukah Konsumsi Bakteri Baik?

Perlukah konsumsi bakteri baik, terutama untuk anak?

Bingung?

Ya, saya juga awalnya bingung. Apalagi tentang pemberian bakteri baik atau lactobacillus untuk anak. Bagusnya memberikan bakteri baik ini ketika anak terserang diare, saya jadi ingat Akbar yang beberapa bulan lalu dirawat karena diare dan muntah. Terus beberapa hari lalu keponakan juga diare dan dokter memberikan INTERLAC drop untuk Irqa. INTERLAC itu apa? Oke, akan saya jelasin ya semoga mencerahkan.

Tentang Sistem Imun

Sistem imun manusia itu letaknya dimana sih?

Sistem imun manusia itu letaknya di Saluran cerna, ya hampir 80% letaknya disana. Karena saluran cerna ini adalah organ terbesar dalam tubuh manusia. Saluran cerna manusia itu merupakan cerminan kesehatan tubuh pada umumnya loh.

Nah, untuk mengetahui saluran cerna yang sehat itu gimana sih?

Saluran cerna yang sehat itu adalah yang memiliki kandungan bakteri baik atau terkenal dengan sebutan probiotik, probiotik inilah yang ikut mendukung sistem imun kita. Dan kesehatan saluran cerna bisa terganggung jika berkembang bakteri jahat, bakteri jahat yang diakibatkan karena jajan sembarangan , makanan yang tidak sehat, tidak bersih, diare ataupun pemakaian obat yang berlebihan.

Hmm, jadi pemakaian obat berlebihan itu akan berdampak pada saluran cerna? Oke, noted banget nih buat saya. 

Diare pada neng Marwah dan Akbar

Neng Marwah dan Akbar pernah mengalami diare, bahkan sampai dirawat. Ternyata diare ini adalah salah satu penyakit karena saluran cerna terganggu.
Diare ini memang sepele keliatannya namun jika dehidrasi karena diare bisa menyebabkan kematian loh, ngeri. Ketika Akbar dan neng Marwah dirawat di RS karena diare,karena mereka sudah dehidrasi jadi harus ditangani secara serius. Diare bisa menyerang bayi yang usianya dibawah 2 tahun, bisa 3kali lebih dalam setahun. Sebab datangnya diare beraneka ragam diantaranya ada infeksi Rotavirus, terus karena infeksi bakteri jahat dari benda - benda yang kotor maklum anak seusia AKbar lagi seneng - senengnya memasukkan benda ke dalam mulutnya, alergi dan susu formula yang tidak diolah secara tepat juga bisa memicu diare. Itu saja? Dan masih banyak lagi pemicu lainnya yang menyebabkan diare, yang penting perhatikan kebersihan alat makan dan pemberian makanan anak.

Dulu Neng Marwah kena diare karena saya mengganti susu formulanya, mungkin karena pemberiannya kurang tepat ya akhirnya diare menyerang. Terus Akbar juga sepertinya dari susu formula dan bakteri dari benda - benda yang Akbar masukkan kedalam mulutnya.

Jenis gangguan saluran cerna lainnya selain Diare yang pernah diderita neng Marwah dan Akbar adalah gumoh, sudah pada tau kan gumoh, muntah ketika bayi sudah diberikan susu, kontipasi nah kadang neng Marwah kontipasi kalau kurang makan sayur, suka susah buang air besar dan kadang lebih keras sehingga kesakitan kalau mau bab. Kolik, neng Marwah dan Akbar ketika bayi sering kolik, apalagi ketika malam.

Supaya diare tidak dekat - dekat bayi dan anak, harus diperhatikan cara menjaga sistem imunnya. Gimana nih caranya menjaga sistem imun itu? Adalah dengan mengkonsumsi suplemen probiotik, bakteri baik yang sudah terbukti efektif dan juga aman, sudah terbukti klinis dan sudah diakui BPOM. Jadi jangan asal konsumsi bakteri baik loh yah!.


Probiotik itu apa?

Probiotik itu adalah bakteri baik yang bisa hidup di saluran cerna dan juga memiliki peranan penting dalam kesehatan dan mencegah penyakit.

Yang harus ditekankan adalah Probiotik itu bukan obat loh. Probiotik ini masuk dalam kategori suplemen makanan. Bahkan WHO pun mendefinisikan probiotik ini sebagai bakteri baik yang hidup di saluran cerna dan kalau dikonsumsi dalam jumlah yang tepat bisa memberikan banyak manfaat signifikan bagi kesehatan.

Lantas seperti apa sih syarat probiotik yang baik menurut WHO?
  • Asalnya dari manusia
  • Mampu bertahan hidup di saluran cerna 
  • Tahan pada asam lambung dan juga cairan empedu
  • Mampu menghasilkan zat antimikroba
  • Mampu melawan para bakteri jahat
  • Dan yang penting adalah terdokumentasi penelitian klinis yang baik

Dan semua kriteria itu ada pada INTERLAC®. Ya, karena INTERLAC®.ini adalah Probiotik pilihan dokter yang memenuhi syarat sesuai standar dari WHO.

Sudah diketahui kan kalau manfaat probiotik ini adalah untuk melawan para bakteri jahat di saluran cerna dan juga mampu menurunkan risiko penyakit pada saluran cerna, salah satunya diare. Nah salah satu jenis probiotik yang sudah dikenal sejak dulu adalah genus lactobacillus yang berkhasiat anti inflamasi dan juga menstimulasi sistem imun yang sangat baik. 

Manfaat INTERLAC® sudah teruji klinis. Dan tidak perlu diragukan lagi. INTERLAC® berbeda dari suplemen probiotik lainnya, INTERLAC® ini adalah satu – satunya probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus reuteuri Protectis, strain probiotik dari BioGaia, perusahaan Swedia yang sudah dikenal sebagai world leader in probiotics.

Untuk keamanannya juga tidak perlu diragukan lagi, karena INTERLAC®  aman untuk semua usia. Bukti amannya INTERLAC® ini sudah dibuktinya dengan mendapatkan FDA Amerika Serikat dengan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) yang merupakan sertifikasi keamanan untuk suplemen makanan di Amerika.

Untuk formulasi INTERLAC® tidak mengandung laktosa jadi dijamin aman untuk bayi meski baru lahir, juga aman untuk bayi yang lactose – intolerant. Makanya INTERLAC® ini menjadi probiotik pilihan dokter. Pantes pas beberapa waktu lalu Irqa keponakan yang baru lahir diare dikasi resep INTERLAC® ini .

Apa saja sih manfaat dari INTERLAC®???

INTERLAC® juga mampu menjaga kesehatan saluran cerna. INTERLAC® juga bisa dijadikan terapi atau mencegah diare dan penyakit saluran cerna lainnya. Bisa mencegah infeksi candida / jamur, terapi dan mencegah kolik, meningkatkan sistem imun, meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung berkembangnya neurologi yang optimal pada bayi, terapi functional abdominal pain atau sakit perut pada anak, mengurangi efek samping penggunaan antibiotik.

INTERLAC® jitu banget sebagai terapi diare loh.

Menyembuhkan lebih cepat, mengurangi frekuensi diare, mengurangi risiko terkena diare yang sudah teruji klinis selama 12 minggu pada sekitar 201 bayi.

Setelah tau tentang INTERLAC® ini sayapun langsung memberikannya pada Marwah dan Akbar untuk melindungi saluran cernanya, karena happy tummy happy baby.

Untuk neng Marwah saya berikan yang sachet, harusnya sih yang tablet kunyah rasa strawberry. Untuk Akbar saya berikan yang oral drops. Untuk lengkapnya baca gambar ini. Saya dan suami juga konsumsi yang tablet kunyah lemon. 



Jadi menurut saya perlu loh memberikan bakteri baik pada anak. Kalau menurut temen - temen gimana?



With Love,


TIANLUSTIANA

12 comments:

  1. Aku anggap pemberian bakteri ini penting mbak, krn sdh terasa khasiatnya utk kesehatan usus anak-anakku :)

    ReplyDelete
  2. Asiik banget yaa, teh..
    Bentuk obatnya kunyah.

    Jadi orangtua Jaman Now gak susah mau ngasihnya.
    Gak panjang drama, anaknya in syaa Allah mau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, neng Marwah aja suka kok katanya enak

      Delete
  3. probiotic bakteri baik untuk pencernaan, suka sukaaa

    ReplyDelete
  4. Sedia interlac untuk keluarga penting banget ya

    ReplyDelete
  5. Lumayan banget ini, buat pengganti cairan oralit yang rasanya kurang enak buat anak2....

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)