Monday, 23 October 2017

Pilih Ruangguru atau Primagama ya? Coba Kita Lihat Isi Dompet Dulu

Assalamualaikum, 

Memilih bimbingan belajar online. Neng Marwah memang masih kelas 3SD dan belum begitu butuh bimbel, namun gak ada salahnya dong kalau ibu mulai mencari bimbel dari sekarang, iya ga? Semuanya harus dipersiapkan secara matang untuk anak, bukan hanya memperhatikan asupan nutrisi nya saja namun tentang kegiatan belajar mengajar juga harus ibu perhatikan sejak sekarang. Ya, selain menabung juga harus rajin membandingkan, apakah ibu akan memasukkan neng bimbel online atau langsung datang ke tempat bimbel. 





Ada beberapa yang harus diperhatikan kalau neng harus bimbel ke tempatnya langsung. Neng pasti capek, pulang sekolah kebayang kalau harus terus ke tempat bimbel, belum lagi kendala yang antar jemput, meski nanti neng sudah SMP atau SMA ibu dan ayah sudah sepakat untuk selalu antar jemput neng, kecuali neng kalau sudah kuliah itu masih bisa lah dinego mau diantar atau tidak. Dan masih banyak kendala lain yang harus ibu pertimbangkan lagi jika neng harus bimbel ke tempatnya langsung. 

Sekarang kan teknologi terus melesat semakin pesat, tentu saja semuanya bisa dikerjakan secara online termasuk bimbingan belajar pun sekarang bisa dilakukan online, ya bukan hanya taksi online dan gojek online saja atau online shopping namun bimbel online juga ternyata ada. Ibu pun mengandalkan kecerdasan mbah Google untuk mencari referensi bimbel online yang bagus untuk neng Marwah. Ketika ibu dan ayah ngobrol tentang bimbel online ini ayah malah beranggapan bahwa bimbel online ini kualitasnya gimana dan kecemasan lainnya menyangkut bimbel online yang ayah nilai kurang memberikan nilai positif, hmmm sebagai ibu millenial yang doyan online ibu pun langsung menyanggah pendapat ayah, ibu bilang bimbel online juga kualitasnya oke punya. 



Apalagi kalau bimbel online kan neng nanti ga usah kemana - mana, cukup depan laptop saja udah bisa belajar kan? Jadi ibu dan ayah bisa memantau langsung deh kegiatan bimbelnya neng Marwah. Hasil searching ibu di Google akhirnya ibu langsung nemu Ruangguru.com . Ruangguru ini adalah perusahaan teknologi yang besar dan juga lengkap di Indonesia yang fokusnya pada layanan pendidikan. Tentu saja sudah banyak yang menggunakan dan banyak juga guru yang berpengalaman memberikan ilmunya disana. Ruangguru sendiri sudah ada sejak 2014 digagas oleh Belva Devara dan Iman Usman yang ternyata kedua orang hebat ini sudah sukses dibawah usia 30 tahun, keren banget kan? 



Kalau di Ruangguru kan waktunya bisa ditentukan sendiri dan tempat juga bisa ditentukan sendiri, masalah biaya juga sudah pasti Ruangguru lebih murah dibandingkan harus bimbel ke Primagama. Terus kalau di Ruangguru ibu bisa sambil nemenin neng Marwah belajar juga kan? COba kalau di Primagama,ya ga boleh kali ibunya ikut nemenin belajar, hohoh. 
Kemudian ayahnya neng Marwah pun kekeuh pada pendiriannya untuk memasukkan neng ke Primagama, hmmm. Padahal ibu sudah jelaskan panjang kali lebar loh, okelah kemudian ibu pun menjelaskan lagi perbedaan bimbel di Ruangguru dan bimbel di Primagama. 



Jika dilihat dari visinya sama - sama ingin mencerdaskan anak bangsa, yakin deh. Ibu pun mulai menjelaskan perbedaannya. 



Waktu dan tempat



Untuk waktu jelas terlihat bedanya, kalau belajar di Ruangguru neng bisa menentukan sendiri kapan ia ingin belajar . Nah kalau bimbel di Primagama kan neng gak bisa menentukan sendiri waktunya karena sudah ada jadwal khusus. Masalah tempat juga, guru pun bisa datang ke rumah dan atur jadwal semaunya. Sedangkan kalau bimbel ke primagama kan harus datang langsung ke tempatnya, ya kan? 



Mungkin kalau di primagama bisa belajar lebih konsen karena ada ruang kelas seperti di sekolah. Tapi belajar dengan Ruangguru pun masih bisa konsen kok. 



Biaya



Ini yang penting untuk ibu - ibu haha, kalau di Ruangguru bayarannya perjam dan tentu lebih hemat, nah kalau di Primagama bayarannya per semester. 




Udah keliatan banget kan bedanya ? Ayahnya neng pun senyum dan mengangguk, pertanda mengiyakan pendapat saya bahwa belajar di Ruangguru lebih efektif dibandingkan langsung datang ke bimbel Primagama. 



Wassalam

IBU 


1 comment:

  1. Aduh saya juga lulusan primagama dulunya mbak. Coba aplikasi bimbel online macam Ruangguru ini udah ada sejak dulu...wuuhh gak perlu ujan-ujanan naik sepeda ke tempat bimbel yak

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)