So Good Cerdik, Mengasah Imajinasi Anak

16 comments
Mendongeng dengan membacakan buku cerita sebelum tidur, sering saya lakukan ketika neng masih kecil dulu. Sekarang neng udah bisa baca sendiri ibunya kok jadi males membacakan buku lagi yah, hehe. Ya, semenjak neng masuk Sekolah Dasar ibu sudah mulai mengurangi aktivitas membacakan buku cerita, ya karena neng sudah bisa baca dan juga biar neng lancar membacanya.

Saya memulai aktivitas membacakan buku cerita sebelum tidur pada neng Marwah itu sejak neng bayi loh, kan tidak ada istilahnya terlalu dini hanya untuk mendonger, benerkan? Tujuan saya sih supaya kelak sudah besar neng terbiasa membaca, itu saja. 

Membacakan buku cerita atau mendongeng baik loh untuk anak, bisa merangsang kemampuan mendengar anak dan juga merangsang anak untuk bisa membedakan ekspresi ketika membaca cerita.  Misalnya ketika saya membacakan cerita kelinci saya suaranya agak dimiripin gitu, ketika membacakan sebagai ayah dalam cerita suara saya agak diberatkan, jadi sampai sekarang neng kalau baca suka ada ekspresinya. 
Mendongeng mampu memperkaya kosakata anak, menstimulasi imajinasi anak juga. Biasanya setelah selesai bercerita biasanya saya suka nanya sama neng tentang cerita yang sudah saya bacakan, niat saya untuk melatih daya ingat anak. 


Mendongeng Dengan Aplikasi So Good CERDIK

Seiring usia yang terus bertambah, sekarang neng lebih seneng baca sendiri. Kalau weekend kan boleh pake gadget, jadi kadang neng baca cerita lewat gadget. Seperti yang sering neng lakukan beberapa waktu ini, neng seneng baca story telling dengan AR (Augmented Reality) loh pake gadget. Meski baca sendiri, tapi saya tetap menemaninya. Biasanya neng baca - baca cerita di gadget nya itu pas sore sambil leyeh - leyeh sama saya. Atau neng juga suka ngajakin Akbar buat main bareng sambil menjelaskan pada Akbar tentang lala dan SingSing. 


 Meski menggunakan gadget, ketika memainkan aplikasi So Good Cerdik (Cerita Digital interaktif) namun tetap aman untuk anak, yang penting tetap diawasi ya. Untuk memainkan So Good Cerdik ini menggunakan kartu dongeng, nah untuk mendapatkan kartu dongeng ini ada 3 seri yakni seri Lala dan SingSing, Umbo Larage dan Chika & Chiko. Ketiga seri kartu dongeng itu bisa didapatkan dengan membeli produk So Good siap masak, yang saya suka beli itu nugget, bakso dan juga seafood nya. 

Cara mainin aplikasi So Good Cerdik dan kartu dongeng ini gampang banget. Saya aja diajarin neng Marwah hehe. yang harus dilakukan ya donlod dulu aplikasinya, setelah donlod terus scan deh kartu dongengnya, jangan lupa harus dikoneksikan ya menjadi dua kartu cerita. 


Kalau satu - satu sih gak bisa jalan pas di scan. Atau ada yang pernah nyoba satu kartu discan? bisa gak? kalau saya mah ga bisa. 


Setelah di scan oleh kamera nanti bakalan keluar tuh buku ceritanya dalam bentuk AR (Augmented Reality), jangan lupa matikan AR nya biar bisa baca gak sambil scan kartu nya. Aplikasi ini bikin neng Marwah sama Akbar anteng berlama - lama berdua loh, jadi mereka sambil ketawa - ketawa dan terlihat serius banget, ini mampu menjaga bonding antara mereka kan? hehe. Saya masih tetap awasi kebersamaan neng sama Akbar yang asik mendengarkan story telling So Good Cerdik. 


Bukan hanya itu loh, pada aplikasi So good Cerdik ini juga ada resep yang sangat berguna untuk saya, jadi setiap selesai membaca story telling akan ada resep yang terbuka dan bisa diakses ibu, asik nih saya jadi punya contekan buat bekalnya neng dan cemilannya Akbar. 


Menurut saya aplikasi So Good Cerdik ini bisa membuat imajinasi anak semakin terasah. Dan kalau masalah kecanduan gadget apa enggak itu sih tergantung dari kebiasaan ibu - ibu memberikan izin bermain gadget pada anak, kalau saya sih sudah ada jadwal buat bermain gadget untuk neng Marwah jadi ya gak akan bikin kecanduan. So far neng Marwah sama Akbar suka banget main aplikasi So Good Cerdik ini karena buku cerita pada layar bisa diputar sampai 360 derajat, Akbar tuh girang banget! 


Selamat bersenang - senang dengan aplikasi So Good Cerdik!!




Tian Lustiana
Tian Lustiana is a ordinary people with extraordinary dreams.

Related Posts

16 comments

  1. wah koleksi kk udah lengkap ya, pengen nyari yang chiko kemarin beli so good yang mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum lengkap hehe masih ada satu seri yang belum, nih aja pengen beli lagi biar lengkap

      Delete
  2. Seru banget ya mendongeng pake so good cerdik 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anak - anak jadinya seneng bermain kartu dongeng

      Delete
  3. Aku belommm donlott tapi udah punya nihh. Jadi pengen ikutan

    ReplyDelete
  4. Asyik ya. Jaman sekarang keren banget... ada buku yg mendongeng senditi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi anak bisa mendengarkan dan melihat dongeng sendiri

      Delete
  5. Wah asik nih permainan nya wajib donlot kita untuk anak-anak.Daripada main yang aneh-aneh dan ga jelas.

    ReplyDelete
  6. Terbantu ya punya so good cerdik anak2 sy juga suka

    ReplyDelete

Post a Comment