Monday, 15 December 2014

,

Pertumbuhan dan perkembangan anak usia 6 tahun

Pertumbuhan dan perkembangan anak usia 6 tahun. Marwah kini usianya sudah 6 tahun, tentu saja pertumbuhan dan perkembangannya sudah berkembang dengan pesat. Mulai dari pertumbuhan dan perkembangan fisiknya hingga perkembangan emosionalnya. Yang pastinya perkembangan dan pertumbuhannya tidak lagi sama dengan usianya ditahun - tahun lalu. 

Untuk pertumbuhan dan perkembangan secara fisik, rata - rata anak usia 6 tahun itu memiliki tinggi badan 112.5 cm dan berat badan 21 kg. Hmm sementara Marwah usia 6 tahun itu 120cm dan berat badan 30kg. Wiiih kelebihan berat badan donk. Untuk nutrisi butuh 2400 kalori perhari. Alhamdulillah Marwah menyukai sayuran dan buah, jadi kebutuhan kalorinya terpenuhi, bahkan lebih. Hihi. Pola tidur yang seharusnya adalah sekitaran 8 - 9.5 jam setiap malam. 
Share:
Read More

Monday, 8 December 2014

, ,

Orang tua juga perlu belajar

Bagaimana sih peranan orang tua dalam mendidik anak - anaknya?

Anak adalah anugerah, anak adalah nikmat dan anak adalah rejeki bagi orang tuanya, bukankah begitu?

Namun kenikmatan itu yang biasanya dikategorikan dalam hal yang positif, namun pada kenyataannya bisa mengarah ke positif bahkan bisa negatid tergantung bagaimana kita menyikapi kenikmatan itu, termasuk juga nikmat diberikannya anak. Beryukur adalah tindakan positif menyiapi kenikmatan, dan sikap negatif menyikapi nikmat biasa disebut kufur. 
Share:
Read More

Friday, 28 November 2014

,

Tips jitu hadapi anak bawel

Akhir - akhir ini Marwah lagi banyak bicara alias cerewet banget. Tapi memang dari dulu sih dia tipe anak yang bawel, apa yang dilihat dan dirasakan selalu saja ditanyakan. Tanpa ia kenal tempat, dimanapun kalau ada yang bersifat janggal menurut pemikirannya maka dengan segera ditanyakan. Mending kalau bertanyanya dikasi jeda, ini mah nyerocos mulu kayak petasan, hihi. 

Tapi hal ini menunjukkan bahwa kondisi Marwah sehat, alhamdulillah. Tetapi sih jika banyak bertanya dan bicara bisa - bisa saya yang kesulitan. Jujur, saya senang punya anak yang banyak bertanya alias bawel, menandakan bahwa dia anak aktif dan kritis. Nah untuk mengatasi kepusingan karena si anak bawel ini, saya akan berikan beberapa tips yang sudah saya lakukan dalam menangani Marwah yang aktif berbicara dan bertanya itu :D. 

  • Bersabar, ini adalah hal yang memang seharusnya dimiliki semua orang tua, terutama ibu. Sabar adalah kuncinya. Tips pertama menghadapi anak yang bawel ini adalah dengan bersabar dan tetap tenang. Teruslah jelaskan banyak hal pada anak anda sampai mereka paham. 
Share:
Read More

Wednesday, 26 November 2014

, ,

Jajan boleh,asalkan

"Anakkku sekarang sering jajan"
"semenjak sekolah, anakku jajan terus"
Celotehan para ibu yang sering saya dengar ketika sedang mengantarkan Marwah sekolah. Memang "jajan" adalah hal yang menurut para ibu sangat menakutkan, karena takut anaknya jajan sembarangan. Dengan alasan itu, anak selalu dibekali makan untuk dimakan di sekolah. Namun ya namanya juga anak - anak, pasti tetap pengen jajan dong. 


Share:
Read More

Friday, 14 November 2014

,

PERJUANGAN MENANTI KEHADIRAN SANG BUAH HATI


Sebagai wanita, pengalaman pertama yang paling berkesan adalah ketika saya pertama kali menjadi seorang ibu. Meskipun banyak buku, banyak artikel dan banyak Tanya sana – sini, tidak menjadikan saya mahir menjadi seorang ibu diwaktu pertama. Semenjak saya tahu bahwa saya sedang hamil, senang dan juga takut itu sepertinya bercampur dalam hati saya. Entahlah kala itu perasaan saya sangat campur aduk, saya senang sekali dan saya takut sekali. Saya senang karena saya akan diberikan anugerah yang paling indah, dan tidak semua wanita mengalami hal ini meskipun kodrat wanita itu mengandung, melahirkan dan membesarkan anak. Rasa takut saya melanda karena saya takut tidak bisa memberikan yang terbaik untuk calon anak saya ini, sebenarnya saya tidak boleh seperti ini, semua sudah diatur oleh Allah Swt, saya hanya wajib berusaha dan bersyukur.
Share:
Read More

Tuesday, 4 November 2014

,

Menghukum Anak

Menghukum anak, adalah sesuatu yang pasti pernah dilakukan oleh setiap orang tua. Saya yakin hampir tidak ada orang tua yang tidak pernah menghukum anaknya. Tentunya hukuman yang diberikan pada anak masih dalam batas kewajaran dong ya. 

Tujuan dari diberikannya hukuman pada anak adalah agar sang anak bisa berbuat lebih baik, lebih santun dan tentunya menjadi anak solehah kan? Jangan sekali - kali menghukum anak yang sampai mengakibatkan anak menjadi down dan terpuruk atau malah jadi membuat anak menjadi stress. Dont do it. 

Menghukum anak tentu saja ada alasan dan sebabnya. Karena setiap sebab pasti ada akibat. Lantas apa sih sebenarnya alasan yang membolehkan kita menghukum anak? dalam batas kewajaran tentunya ya. 


  • Agar anak konsisten dengan perjanjian, hukuman yang mendasar pada sebuah konsekuensi dari perjanjian yang kita buat bersama anak adalah merupakan hukuman yang baik. Makna hukuman yang diberikan pada anak harus dipahami dulu oleh kita sebagai orang tuanya, bukanlah untuk memuaskan rasa marah dan emosi kita terhadap anak setelah anak melakukan suatu kesalahan. Jadi hukuman memang harus dilakukan dengan konsisten, jangan hanya karena emosi sesaat saja, yakinkan pada anak bahwa dengan hukuman ini anak akan menjadi konsisten seperti apa yang orang tua contohkan. Lagi - lagi contoh nyata adalah pelajaran yang baik untuk anak, so lakukan yang baik - baik yaa. 
Share:
Read More

Monday, 6 October 2014

Puisi Untuk Anakku



Untukmu buah hatiku„,
Kelamnya malam tak mampu luputkan bintang
Seperti mentari yg selalu bersinar terang
Akulah muara kasihmu yg selalu gemilang
Yg akan kau jadikan cahaya hidup mu yg cemerlang

Marwahku„„
Betapa aku sangat menyayangimu
Dalam pelukanku kau akan terlindungi
Dalam dekapanku kau akan kusayangi

Marwahku„,
Meski badai datang menerjang
Kau akan tetap ku pegang
Share:
Read More

Friday, 3 October 2014

,

My quality time with her

Ibu bisa lihat saat Marwah berbaris seperti ini
Sehari kemarin saya cuti, jadi seharian bisa dirumah. Mandiin Marwah, suapin sarapan Marwah, anterin Marwah sekolah sampe dia masuk kelas kan biasanya cuman anter aja langsung pergi kantor, nah kemarin sempet liat dia berderet dalam barisan. Pulang kerumah masak, beres - beres, ah full mom aja deh seharian kemarin. Begitu liat jam 11 langsung deh bergegas jemput dulu Marwah, nemenin dia berlari - lari dulu di lapangan sekolah sebelum menyerah untuk pulang. Dan ini adalah momen yang sangat jarang sekali, dan Marwah menikmatinya. 

Cuti kemarin, saya bener - bener full seharian mendampingi Marwah, dari potong rambut sampai shopping ke toga mas, yang shoppingnya si anak kecil ini. Padahal kan ibu juga pengen banget lho shopping buku. Tapi engga bisa karena tangan ibu digandeng terus sama Marwah untuk selalu ada didekatnya yang sibuk mencari buku yang ia suka. Ah baiklah ibu turutin saja ya. 
Share:
Read More

Wednesday, 1 October 2014

Waktu untuk anak

Berapa banyak waktu yang harus diberikan untuk anak? 

Tidak semua orang tua, terutama ibu bisa mendampingi 24 jam sehari, 7 hari seminggu secara terus menerus. Apalagi jika orang tuanya seperti saya, ibu bekerja. Saya hanya bisa bertemu dengan anak pagi sebelum dia sekolah dan sore selepas saya pulang kantor. Jadi kalau dihitung secara matematika memang waktu yang saya miliki sangatlah sedikit, hiks. 
Foto by IBU 

Inti masalahnya adalah para orang tua bekerja, menjudge dirinya tidak bisa memenuhi kebutuhan anak hanya dengan alasan, tidak memiliki banyak waktu. Meskipun anak lebih mengartikan waktu sebagai ungkapan rasa cinta kita terhadap mereka. Banyak waktu yang kita miliki berarti kita sayang anak, namun bukan berarti keterbatasan waktu yang dimiliki dengan mudahnya menjudge tidak menyayangi anak. 
Share:
Read More

Thursday, 25 September 2014

, , ,

Tips jitu ajarkan anak membaca

Dunia pendidikan masa kini menuntut banyak terhadap siswa nya, tuntutannya semakin tinggi saja. Anak yang akan memasuki sekolah dasar sudah harus bisa membaca, menulis dan berhitung. Saya flash back ke beberapa puluh tahun lalu, saat saya memasuki bangku SD saya baru belajar menghitung, membaca dan menulis. Bukan itu saja, kurikulum yang katanya menakutkan itupun menjadi hantu para orang tua, namun kita tetap harus menghadapinya. Anak - anak kita harus tetap bisa mengikuti pelajaran yang telah disesuaikan kurikulumnya, suka atau tidak. 
Bermain puzzle sambil menyebutkan nama kendaraan 

Dulu, TK adalah real tempat bermain anak - anak pra SD. Anak TK sekarang sudah gencar mengikuti les atau kursus, itu terbukti dengan teman - teman Marwah di sekolah, setelah jam sekolah beberapa anak mengikuti les diluar sekolah. Menurut saya padatnya waktu belajar anak seusia Marwah ( TK A ) akan mempengaruhi terhadap psikologis anak. Anak akan merasa bosan dan jenuh serta capek, karena usia mereka belum begitu harus menambah jam pelajarannya. 

Share:
Read More

Wednesday, 24 September 2014

, ,

Pola asuh anak cerdas dan berperilaku baik

Setelah kita bisa melihat karakter anak dari golongan darah yang telah saya tulis sebelumnya disini. Berarti dengan mengetahui karakter lewat golongan darah, kita sebagai orang tua bisa mulai merubah pola asuh dan menentukan karakter anak ini mau dibawa kemana dan mau dibentuk seperti apa. Karena kecerdasan serta perilaku anak yang baik itu bukanlah sesuatu yang bisa dibentuk secara instan. 

Sebagai orang tua normal, tentunya ingin sekali memiliki anak yang cerdas serta memiliki karakter yang baik bukan? Jika sama, maka mari teruskan baca postingan ini, jika anda tidak ingin memiliki anak seperti ini maka silakan close dan pikirkan lagi apa yang sebenarnya anda inginkan dari proses pembelajaran anak.

Kalau makan biasanya langsung duduk manis sampai makanan habis 
Oke, mulai yah. Menurut ketua divisi tumbuh kembang anak dan remaja di RSU dr. Soetomo SUrabaya mengatakan bahwa " perilaku anak cerdas, terlihat dari kemampuan anak menyelesaikan masalah dengan cepat, benar serta tuntas" . 
Share:
Read More

Monday, 22 September 2014

,

Kenali karakter anak dari golongan darah

Dunia anak memang sangat menyenangkan, dunia yang penuh dengan canda tawa serta kegembiraan. Benarkan? Sebagai orang tua, saya merasakan hal yang sama lho, perkembangan anak membuat saya bahagia, apalagi jika anak sehat. Sifat anak juga membuat orang tua merasakan sensasi luar biasa ketika mendapati anaknya bersifat manis, bersikap santun. 

Tentu saja sebagai orang tua menginginkan karakter anak yang baik, sifat anak yang baik. Dan ternyata karakter anak itu bisa dikenali sejak ia lahir, duh jadi penasaran. Yap dengan mengetahui golongan darah anak, maka dengan begitu orang tua bisa menentukan pola asuh untuk membentuk karakter anak. 

Mengenali karakter anak memang bisa dilihat dari golongan darah dan itu memang benar adanya. Ada sebuah riset yang telah membuktikan hal ini yang telah dilakukan oleh Furukawa Teji yang telah mempelajari karakter individu berdasarkan golongan darahnya

Golongan darah O 
Share:
Read More

Monday, 15 September 2014

, ,

Pola asuh ; Ketika emosi menguasai logika

Menjadi orang tua itu susah tapi gampang, mau dibilang gampang tapi susah. Huh jadi bingung sendiri. Naluri orang tua terutama ibu itu terlalu peka bahkan sangat peka terhadap sang anak. Saya sendiri merasakannya, rasa sayang terhadap anak jauh lebih banyak dibanding rasa sayang saya terhadap suami dan diri sendiri. Dan saya pikir semua ibu memiliki rasa sayang berlebih terhadap anaknya, tanpa kecuali dan tanpa syarat. Memanjakan anak juga bukan hal yang baik untuk menyampaikan rasa sayang kita terhadap anak. Setiap ibu memiliki cara berbeda untuk menyampaikan perasaan sayangnya terhadap anak. 

Mengasuh anak dan menjaga emosi 

Mengasuh anak bukanlah hal mudah, bukan juga hal berat. Its easy but hard. Dalam pola asuh anak, saya kerap kali terlibat dengan emosi yang hebat. Kerap kali emosi saya terpacu dan sangat menyakiti hati dan pikiran saya. Seperti kasus yang saya alami kemarin, saya mendengar ada ibu lain yang bilang pada anaknya untuk tidak bermain bersama anak saya, wah saya langsung galau dong, ini kenapa kok anak saya seperti yang berbahaya gitu. Beberapa hari saya pantau Marwah selama bermain dengan "anak itu" dan baik - baik saja, Marwah bukan tipe anak pengganggu dan bukan juga tipe anak nakal, hanya saja memang dia anaknya aktif, lari sana lari sini, wajar dong. Dan saya biarkan saja karena kelakuan Marwah masih wajar, kali kedua saya mendengar lagi siibu ini berbicara hal yang
Share:
Read More

Thursday, 11 September 2014

Tuesday, 9 September 2014

, ,

Jangan biarkan anak menjadi korban perceraian

Semua orang menginginkan pernikahan hanya satu kali, tanpa ada kata perceraian. Indahnya pernikahan ternyata tidak dimiliki oleh setiap insan yang menikah. Bahtera rumah tangga yang seharusnya indah, mendadak hancur dan seakan mimpi buruk. Apalagi jika sudah memiliki anak, mereka akan menjadi korban seutuhnya. Korban keegoisan orang tua, itu kata mereka. Namun ini pilihan, orang tua mana yang inginkan perceraian yang akan merenggut anaknya menjadi korban? Semuanya inginkan yang terbaik untuk anaknya, namun jika takdir berkata lain, bagaimana? 


Namun jika keputusan bercerai menjadi sebuah keputusan yang harus ditempuh karena dianggap keputusan yang terbaik, maka yuk minimalisasikan luka yang nantinya akan ada pada hati anak. 

sumber: GOOGLE 

Memberikan penjelasan 

Berikan penjelasan pada anak, jangan ada yang ditutupi, beberkan masalah dengan ringkas dan dengan bahasa yang bisa dipahami anak. Sehingga anak tidak lagi menebak - nebak. Jelaskan dan tegaskan pada anak bahwa perceraian tidak akan pernah membuat anak kehilangan cinta dan perhatian orang tua. Usahakan bicara dari hati ke hati, dan jangan sekali - kali memberikan janji - janji syurga. Umbarlah janji yang masuk akal dan memang bisa anda penuhi sehingga anak tidak kecewa dikemudian hari.  


Tutupi perasaan sebisa mungkin

Masalah yang terjadi adalah murni antara anda dan pasangan, bukan anak. Anak tidak terlibat sama sekali. Jadi tutupi perasaan kecewa, sedih dan marah anda didepan anak. Lakukan demi anak. Jangan sampai anak mengalami stress dan merasa bingung dalam permasalahan orang tuanya. 



Berikan pengertian secara perlahan pada anak, bahwa ini adalah keputusan yang terbaik dan suatu saat ketika anak dewasa nanti akan memahami tentang keadaan ini. Tidak usah melibatkan anak pada masalah orang tua. Jika istri membenci suaminya dan sebaliknya maka jangan pernah libatkan anak untuk membenci diantara kalian. 


Jika memang sudah tidak ada jalan lain untuk memperbaiki hubungan rumah tangga, dan jika memang perceraian adalah yang terbaik, tetaplah cintai anak, berikan semua yang anda berikan seperti biasanya... 



Love your kids with heart


Share:
Read More

Thursday, 28 August 2014

, ,

Dibalik belajar menggambar



Akhir - akhir ini Neng suka menggambar lho, sebenarnya sih dari dulu suka menggambar juga. Namun hasil gambarnya bagusan akhir - akhir ini. Yeay biasanya gambarnya ga berbentuk, atau hanya coretan yang acak. Dan sekarang sudah ada penampakan dan artinya. Itu tandanya Neng tambah pinter ya. I'm proud of you princess.



Sekarang kesukaan anak pada dunia menggambar sudah harus diperhatikan, orang tua harus lebih bisa menggali dan melihat potensi anak. Setiap anak memiliki potensi yang berbeda. Dewasa ini, para orang tua masih saja ada yang beranggapan bahwa menggambar untuk anak adalah merupakan sebuah kegiatan khusus bagi mereka yang memang berminat pada seni lukis atau dengan artian lain khusus untuk anak yang berbakat menggambar. Dan ada juga yang memiliki pemikiran bahwa keterampilan menggambar dapat berguna kelak untuk karier sang anak, misalnya berkarir di dunia desain. 



Ketika anak belajar menggambar, maka akan terjadi sebuah aktivitas atau proses pembelajaran yang mencakup indera penglihatan, pikiran, mental serta fisik anak. Yang masing - masing prosesnya itu berhubungan dengan perkembangan keterampilan dan mentalnya. 
Share:
Read More

Thursday, 21 August 2014

, ,

Jiggyland Bandung

Kelamaan nunggu kakang,cs jadi ngantuk gini
Bandung semakin oke aja nih, mulai dari kuliner sampai permainan anak terus berinovasi. Para pengusaha yang memiliki ide keren demi menyenangkan warga Bandung tentunya. Nah kali ini saya akan menceritakan tentang permainan yang edukatif. Disini anak bisa melakukan permainan sambil mengenal profesi,keren kan?

Di sini, anak bisa menjadi apa saja. Mulai dari pembuat sushi, pembuat teh, dokter, polisi, fireman, pilot pun bisa. Jadi anak bisa mengenal dengan nyata seperti apa sih jadi pilot, jadi fireman, dokter atau bagaimana susahnya seorang pembuat sushi dan membuat teh. Jadi anak akan senang bermain dan ilmunya juga akan bertambah. 


Kemarin, 17 Agustus 2014 Marwah bermain ke Jiggyland, dibelakang Kfc dago, itu lho yang segedung sama Superindo Dago. Tiketnya dapat dari dissdus Indonesia, lumayan kan lagi promo. Makanya gak banyak pikir lagi deh ibu langsung beli 5 tiket, buat Neng, kakak, kakang, aa alif dan mas Kahfi. Namun berhubung mas Kahfi nya lagi sakit jadi satu tiket lagi dipakai teteh Awa.
Share:
Read More

Wednesday, 20 August 2014

, ,

Jadikan anak kebal bully

Perbuatan BULLY sudah banyak terjadi, tidak menutup kemungkinan anak kita akan mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan itu. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus bisa menghindari anak dari tindakan bully, tentu saja tidak bisa sepenuhnya kita menghindari anak dari tindakan bully karena sebagai orang tua kita tidak bisa 24 jam penuh awasi anak, apalagi anak jika sudah sekolah. 


Gencarnya Bullying yang sangat bisa membuat mental dan fisik anak down ini nyatanya memang mengintai anak kita, setiap saat. Suntikkan imunisasi anti bully deh buat anak, supaya anak kita bisa meminimalisasikan terjadinya bully. Emang ada?? Ada. Tentu saja ada tips dan trik nya agar anak kebal dari tindakan bully. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah biasakan untuk mendengar dengan baik cerita anak tentang sekolahnya, tentang temannya. Adakah temannya yang ingin menang sendiri, atau teman yang selalu ingin menjadi yang utama. Jadi bisa dipelajari dulu nih cikal bakal tindakan bully. Intinya kita harus bisa menjadi pendengar setia buat anak menceritakan semua tentang sekolah dan teman - temannya. 


Langkah kedua, ajari anak untuk "melawan" dengan cara positif, sebagai contoh anak harus berani bilang tidak atau menolak perlakuan ketika temannya ada yang berbuat kasar padanya. Sesekali kita harus mengajarkan anak, mana saat dia harus berbuat manis dan mana saatnya dia harus mengadakan perlawanan pada temannya, jelaskan juga timing nya dengan baik dengan bahasa yang bisa anak cerna dan pahami. 
Share:
Read More

Friday, 15 August 2014

, ,

Brokoli sayur sehat

Brokoli adalah salah satu sayur kesukaannya Neng Marwah. Katanya enak banget brokoli ini, rasanya aneh tapi enak. Alhamdulillah deh kalau emang Neng suka sama sayur yang bertekstur agak kasar dan memiliki warna hijau ini. Dan memang brokoli ini banyak sekali manfaatnya terutama untuk anak.

Baiklah, ibu akan coba uraikan ya manfaat yang diperoleh dari sihijau brokoli ini. 

1. Tingkatkan fungsi hati 

Dikarenakan organ tubuh anak apalagi anak yang masih bayi belum mampu berfungsi dengan optimal dan maksimal, maka perlu memberikan makanan yang bergizi. Salah satunya dengan memberikan brokoli yang mengandung antioksidan dan anti karsinogen yang mampu mencegah anak mudah terserang penyakit. 

2. Mengurangi Kolesterol

Sama deh seperti sayuran lainnya, si hijau ini pun mengandung banyak serat larut yang dapat menarik kolesterol keluar dari tubuh anak sehingga bisa mengurangi tumpukan kolesterol pada tubuh anak.


3. Untuk kesehatan tulang 
Share:
Read More

Thursday, 14 August 2014

, ,

Ganti susu lagi??? Seriusss


Wah sudah semakin besar niih anaknya ibu, udah 6 tahun lho. Itu berarti Neng udah bukan anak balita lagi dong, sekarang you're kids sweety. Dan ini artinya ibu harus lebih cermat lagi memperhatikan asupan gizi buat Neng, dari mulai sayur, buah, nasi, cemilah sampai susu harus ibu perhatikan dengan ekstra lagi. Karena semakin besar tentunya aktifitas Neng lebih banyak dong. Dan sekarang ibu harus memerhatikan juga kalsium buat Neng lebih dari tahun sebelumnya. Dari susu formula dan beralih mencari susu pertumbuhan, biar tinggi kan? Nah Neng kan inginnya tinggi dan langsing, mengingat usia 6 tahun Neng mencapai 30kg ini dan emang montok, maka Neng bilang kalau Neng ingin ganti susu, biar ga gendut. 



Karena ibu mengerti dan peduli bahwa kesehatan dan fungsi kognitif Neng kelak ditentukan oleh nutrisi yang ibu berikan sejak dini. Jadi itulah mengapa ibu telaten banget dari 0 sampai 6 tahun dalam pencarian susu dan makanan yang Neng konsumsi. 
Fotonya ibu search di GOOGLE nih, 
Ini juga masih ibu ambil dari GOOGLE
Share:
Read More

Monday, 11 August 2014

Foto of the day : lemes karena gak enak badan

Gak enak badan ni si cantik ibu

Tadi pas mau berangkat sekolah Neng bilang sama ibu " Bu aku pusing, tapi sedikit" namun ibu tidak mengindahkan perkataan Neng, ibu sangka Neng bohong, karena malas sekolah. Padahal Neng gak pernah bohong dan malas sekolah lho, ih kenapa ya tadi kok Ibu kepikiran kayak gitu, maafin ibu ya sayang.
Share:
Read More

Bekal Sekolah: Sayur warna - warni

Sayuran warna-warni ala ibu 


Back to school, sebenarnya udah dari tanggal 8 siy masuk sekolah, namun hari senin ini baru belajar yang beneran ya nak? maksudnya jam sekolahnya agak lama dari kemarin pas pertama masuk sekolah lagi kan? Dan itu artinya ibu harus berperang lagi didapur sebelum ibu berangkat kantor, yihaaa dan ibu menikmati saat itu asalkan bekal yang ibu masakan buat Neng itu abis. 

Senin ini ibu membuatkan sayuran warna - warni, karena dikulkas cuma ada sayuran ini, hihi. Ibu coba ya uraikan bahan - bahan nya agar ibu engga lupa jika nanti ingin memasak ini lagi, penyakit ibu tuh suka lupa resep masakan jika diulang, hihi aneh ga sih?

Baiklah, mari ibu coba jelaskan yaa, hihih 
Share:
Read More

Friday, 8 August 2014

,

Bahagianya ibu

Wah lumayan lama nih ga update blog ini, hihi setelah ibu membuatkan Neng blog disini jadinya ibu agak malas buat update disini, namun ibu kini bersemangat lagi. Asyiikk akhirnya semangat ibu kembali untuk terus menuliskan semua tentang Neng disini. Tujuan ibu menuliskan semua aktifitas Neng disini adalah untuk agar kelas Neng bisa membacanya kembali pas Neng sudah besar nanti. Ibu yakin Neng akan semakin paham dan tahu kenapa dan alasannya setiap tingkah dan laku yang ibu perbuat buat Neng. 
Semakin besar, semakin dewasa ya nak, love you 


Baiklah sekarang ibu ingin bercerita tentang peningkatan kualitas belajar Neng, yess finally Neng bisa mewarnai dengan rapi, tidak acak - acak an kayak dulu. Ah ibu lebay banget sih, iiih bukannya lebay lho, ini part of rasa kebahagiaan seorang ibu. Sepele sih namun buat ibu sangat besar. Perilaku Neng juga mulai berubah, ga manja lagi disekolah dan mau mengerjakan pelajaran sekolah, yipiiie betapa bahagianya hati ibu.

Share:
Read More

Thursday, 31 July 2014

Friday, 25 July 2014

, , , ,

Ajarkan anak jujur

Assalamualaikum, alhamdulillah ya sebentar lagi udah mau lebaran aja niih, sebelum saat itu tiba, ibu mau minta maaf ya untuk semuanya yang rajin baca blog ibu *GEER*, gapapa deh ibu agak GEER aja, menyenangkan hati ga masalah kan? 

Entahlah, ibu mungkin bisa dibilang sedang galau nih, kemarin pas pulang kerja ibu dapat laporan dari nenek nya Marwah kalau Marwah berbohong, sediiiih banget rasanya padahal sebisa mungkin ibu tidak pernah mengajarkan anak untuk berbohong lho. Lalu kenapa Marwah berbohong? 




Jadi ceritanya Marwah kan main hujan - hujan an, ketika nenek bertanya kenapa main hujan - hujan an, lantas Marwah langsung bilang bermain hujan bersama mas kahfi *adik sepupu ibu*, padahal mas Kahfi kan gak main hujan sama Marwah, jujur ibu sakit hati dan sedih sekali mendengarnya. Ibu gak pernah lho mengajarkan Marwah buat berbohong. 
Share:
Read More

Wednesday, 23 July 2014

,

Selamat Hari Anak

Teruntuk anakku tercinta : 

Marwah Khumaira Firmansyah 


Anakku sayang....
kekasih hati ibu, belahan jiwa ibu
yang akan selalu menjadi penyemangat hati ibu
selamat hari anak yaa

Anakku tercinta....
Semakin kamu besar, semakin besar pula kekhawatiran ibu
semakin besar tanggung jawab ibu
bantulah ibu agar bisa menjadikanmu anak cerdas dan solehah

Share:
Read More

Tuesday, 22 July 2014

,

Agar anak tidak cepat sakit

Kesehatan anak adalah hal yang paling penting untuk orang tua terutama ibu. Karena pentingnya masalah kesehatan anak, maka ibu harus memperhatikan dengan baik asupan gizi anak, selain itu faktor lingkungan juga harus ikut sehat. Ada beberapa yang bisa ibu sharing disini, semoga bermanfaat : 

Jaga kebersihan , ini penting karena kuman serta bibit penyakit itu sangat mudah sekali berkembang biak. Itulah sebabnya ibu wajib membersihkan lingkungan sekitar anak dan juga kebersihan tubuh anak. 

Pola Makan, Agar anak anda terjaga dengan baik kesehatannya, maka berikanlah makan yang sehat. Nutrisi anak harus diusahakan selalu terjaga dengan makanan yang bersih tentunya, selain itu perbanyak makan sayur dan buah yang vitaminnya banyak. 


Istirahat, meskipun pola makan anak baik dan anak selalu dalam keadaan bersih itu tidak cukup, anak membutuhkan istirahat yang juga cukup. Jangan terlalu membuat anak capek dengan berbagai macam kegiatan ekstra. Pastikan anak mendapat istirahat yang cukup agar anak tidak kelelahan. 


Jagalah anak dengan sepenuh hati, karena anak adalah amanah yang diberikan Alloh Swt kepada orang tua. 


Love your kids with heart, 
Share:
Read More

Friday, 18 July 2014

,

Atasi anak cengeng

"ih koq anak jadi cengeng gini siih?" Pertanyaan yang kadang menelisik relung hati saya, ketika mendapati Marwah yang cengeng, biasanya sih Marwah itu ga cengeng, namun akhir - akhir ini koq jadi cengeng ya? Duh jadi bingung, dan kemarin tuh ibu buat postingan untuk menuliskan mengapa anak cengeng, ini memang ibu lihat dan teliti dari kondisi Marwah yang dengan sangat tiba - tiba menjadi cengeng, bisa dilihat disini ya artikelnya. 


Setelah ibu memahami faktor pemicunya, sekarang ibu ingin berbagi beberapa tips mengatasi anak cengeng, karena gak enak banget kalau mendengar anak cengeng, sebentar - sebentar nangis, iya kan? Terasa sakit kuping ini, apalagi ibu ini adalah tipe yang kurang suka mendengar rengekan anak :D. 

Selain membuat kuping gak enak, anak cengeng juga bisa mempengaruhi sosialisasi anak. Karena kebanyakan anak cengeng tidak jarang dijauhi teman - temannya, karena mungkin mereka pun merasa tidak nyaman berhadapan dengan anak cengeng, nah sebelum cengengnya Marwah semakin berlanjut, maka ibu cepat - cepat memutar otak dan menelaah faktor pemicunya sehingga ibu bisa menarik benang merahnya untuk menghancurkan kecengengan Marwah, dan alhamdulillah berhasil lho. Karena mungkin emang Marwah awalnya bukan anak cengeng jadi alhamdulillah tips dan trick nya tergolong cepat, bahagianya. 
Share:
Read More

Wednesday, 16 July 2014

,

Membesarkan hati Marwah

Kemarin adalah hari pertama Marwah masuk sekolah kembali, masih menjadi anak TK. Usia Marwah pas 6 tahun, namun belum saya masukkan ke sekolah dasar karena beberapa alasan yang saya anggap baik untuk Marwah. Saya pernah deh nulis disini juga tentang usia standar masuk SD, dan itu saya terapkan untuk Marwah. Jadi intinya saya yang menunda Marwah untuk masuk SD. Dan itu demi kebaikan anak saya tentunya. 


Ketika masuk kelas lagi, otomatis Marwah akan merasakan kelas yang sama dengan teman yang berbeda. Karena saya sudah membesarkan hati Marwah jauh sebelumnya, jadi Marwah punya jawaban versi dia sendiri ketika orang bertanya : 



"Lho kok masih di TK?" 


Dengan santai nya Marwah menjawab " kan kata ibu aku masih belum cukup umur."

Setidaknya itulah yang saya katakan pada Marwah jika ada orang yang menanyakan kenapa ia masih di TK, mungkin secara fisik, badan Marwah yang besar yang kelihatannya seperti anak yang sudah kelas 2 - 3 SD. Namun pada kenyataannya Marwah adalah anak yang masih berusia 6 tahun, dan masih belum matang jika saya keukeuh memasukkan dia ke SD. 

Niat saya membesarkan hati Marwah bukan untuk menjadikan dia anak yang sombong, tidak sama sekali. Saya hanya ingin Marwah menjadi anak yang selalu berbesar hati, selalu bisa menerima kenyataan, sepahit apapun. Karena jika sedari kecil anak diberikan pengertian dan dibesarkan hatinya maka jika ia dewasa, ia akan menjadi orang yang bijaksana dan selalu berbesar hati, tidak cepat menyerah dan tidak merasa kecil hati. 
Share:
Read More

Monday, 14 July 2014

Kenali faktor pemicu anak menjadi cengeng

Kenali faktor pemicu anak menjadi cengeng 

Assalamualaikum, duh lama sekali niih ibu gak update blog ini. Maafkan yaa, soalnya ibu kemarin - kemarin abis sidang LS dan sibuknya minta ampun deh. Dan sekarang baru bisa update blog ini. 

Adakah anaknya suka cengeng?? Sebelum kita mencari tips kita harus mengenali dulu pemicunya, kenapa sih anak jadi cengeng?

So, sebagai orang tua kita gak usah ikut - ikutan jengkel melihat anak cengeng, atau memarahi anak, hal ini akan mengakibatkan anak semakin frustasi dan semakin cengeng deh. 
Share:
Read More

Tuesday, 8 July 2014

Kendalikan Tantrum Anak Dengan Bijak

Pasti semua orang tua pernah merasakan galau, gelisah dan kesal ketika menghadapi sang anak yang sedang tantrum. Kadang juga rasa bingung kerap ada ketika anak tantrum. Tantrum biasanya ditandai engan menangis, berteriak, melemparkan barang atau benda yang ada disekitarnya, marah dan lainnya yang membuat histeris. 

"Ah udah emang biasa lah namanya juga anak - anak," memang, namun bukan berarti harus dibiarkan saja kan. Bagaimana jika anak tantrum pas ketika didepan orang banyak, repot juga. 

Share:
Read More

Tuesday, 24 June 2014

Lebih dekat dengan ayah

Pernah denger istilah " daddy's girl?" atau " anak gadisnya ayah?" 
sumber

Niih ya ternyata neng Marwah ini adalah salah satu anak yang sangat dekat dengan ayahnya. Apapun juga harus dilakukan bersama ayah, entahlah membuat susu atau menonton harus barengan ayah, jadi kalau ada ayah, ibu yaaa kagak laku deh, hiks. Emang sih ayah lebih sabar menghadapi neng dibandingkan dengan ibu, ayah lebih nice dan lebih calm kan? huhuhu baiklah ibu akui koq kalau ibu emang cerewet dan banyak aturan, tapi neng perlu tahu ya kalau ibu juga sangat sayang sama neng, tanpa syarat apapun. 

Tuh lihat deh, mau ngaji aja harus diantar ayah, padahal ada ibu lhoooo 
Share:
Read More

Monday, 23 June 2014

, ,

Random : Cake dari tahun ke tahun

Happy 6 years my khumairaaaaa
yeaaay udah 6 tahun lagi niih sicantik 
Bday cake tahun ini tema nya frozen, hihi karena emang lagi booming kan frozen, nah selain emang sedang booming, neng juga lagi suka banget sama queen Elsa from Arandelle, hihihi. Cake ini dari Tabitha bakery dijalan sunda Bandung.Cakenya enak dan lembut pluuus murah, hihi itulah yang ibu cari, murah dan nikmat. 
Dan cake ultah tahun lalu dan lalu nya juga semua made from tabitha lho,,, Hmm meskipun ada sih satu yang bukan dari Tabitha,,, 
Share:
Read More

Saturday, 21 June 2014

,

Selamat Ulang Tahun Kesayangan Ibu

21 Juni 2008, tepatnya enam tahun lalu di hari sabtu sore, lahir seorang anak perempuan dari rahim ibu, perjuangan ibu melahirkan mu tergolong berat sayang, kamu tahu engga kalau ibu mengalami pembukaan yang sangat lama, kontraksi demi kontraksi ibu lalui dengan waktu yang tidak sebentar, 2 hari lho. Kebayang 2 hari ibu merintih kesakitan karena pembukaan tak kunjung bertambah dan stay di pembukaan 1 selama 2 hari. Ibu kala itu berdoa agar bayi dalam kandungan ibu segera lahir dengan selamat dan sempurna, tak peduli rasa sakit yang sampai membuat ibu merangkak saking ibu menahan sakit. 

Selamat Ulang Tahun kesayangan ibu
Yaa Rabb beginilah sakitnya, ibu langsung memeluk mamah *nenek* dan meminta maaf dan menangis sejadi - jadinya, ibu merasakan sakit yang semakin ruarrr biasa, dan rasanya ibu sudah tak kuasa menahan rasa sakit ini. Namun rasa sayang ibu terhadap bayi yang belum ibu lihat wajahnya lah yang membuat ibu berusaha keras dan menahan jutaan rasa sakit kala itu. 
6 Tahun lalu, lahir seorang bayi perempuan yang cantik dan lucu
Share:
Read More

Wednesday, 18 June 2014

Tuesday, 17 June 2014

Foto Of The Day : TAS ELSA DARI IBU

Semoga neng suka tas ini yaah,,, pake buat ngaji ya nak, space nya gede kan jadi mukena sama alquran bisa masuk,,, :D 
Ini adalah tas Elsa Frozen dari ibu,, bagus kan???
Ibu sama ayah jalan ke BIP, niatnya nyari kado buat kenken, tapi sebelum dapet kado buat kenken eh ibu malahan liat tas cute ini, "yah ada tas elsa lucu" pekik ibu ketika melihat tas ini, dan harganya pun murah jadi langsung ibu beli dan ambil kekasir and bayar deh,, dengan harapan semoga neng suka tas ini,,, :D



Share:
Read More

Foto Of The Day : Jangan Foto aku

Jangan foto aku buuu, maluuuu pake dot 
Sedang asyik nonton tv sambil ngedot, ya neng masih ngedot lho 
Aku maluuu bu nanti temen - temen liat foto aku lagi pake dot, langsung deh dotnya disimpen :D 
Tutup muka, ngambek niiih 

Ekspresi neng terlihat sekali kalau neng malu jika difoto sedang minum susu di dot. Haha makanya berhenti dong minum susu di dot nya. 





Share:
Read More

Monday, 16 June 2014

Monday, 9 June 2014

Susu untuk anak 6 tahun

Belum genap 6 tahun siiih, tapi gak apa apa deh ganti susu dari sekarang. Hihihi, kan 6 tahunnya bentaran lagi, jadi kemarin ibu beli susu yang untuk anak 6 tahun deh. 
SUMBER 

Sekarang udah gede yah, jadi minum susunya juga Sustagen School 6+. Memang sekarang neng sudah beralih susu nya sejak 5 bulan lalu deh kalau gak salah ke produk Sustagen ini. Awalnya ibu alihkan susu ini karena susu lama neng lumayan mencekik isi dompet ibu * setelah 5 tahun setengah* dan sekarang ibu baru sadar, hehe. Namun dulu sih under 5 tahun gak kerasa banget mahalnya, karena neng kan belum sekolah, nah sekarang neng udah sekolah dan biaya sekolah itu wow mahal bingiiiit jadi jalan keluarnya ya susu neng harus ibu alihkan ke susu yang hemat namun kandungan gizinya tetap oke, ya kan?
Share:
Read More

FOTO OF THE DAY : Ayoo Ngaji

Hello,,, Duh belum bisa konsisten nih ibu buat share foto of the day nya neng Marwah,, hihihi suka kelupaan nih mau foto nya :D ,,, ga papa deh yaa, :D 
Itu temenku, namanya Aisyah dan Dinda,, hmmmm pashmina nya mana yaaah? 

LIhat deh bu, mereka bermain kucing, kasian ya kucingnya di uyel uyel gitu 
Share:
Read More