January 2014 - Cerita Ibu - Parenting Blogger Indonesia

Thursday, 30 January 2014

Thursday, January 30, 2014

cerita kecil : ke Dokter

by
cerita kecil : ke Dokter
Dear Ade Marwah ,,, 

Akhirnya ibu membawa ade ke dokter juga kemarin malam ( Rabu , 29 januari 2014 ) . Biasanya sih ade kalau panas ibu kasi sanmol saja 10ml langsung deh beberapa jam kemudian turun panasnya. Namun ini dari hari selasa dini hari masih saja panas dan ga turun - turun plus ade marwah nya rewel dan ga bisa tidur nyenyak karena pusing. 

Akhirnya ibu bawa deh ade ke dokter , kali ini bukan ke dokter yang biasa kita kunjungi, namun ke dokter yang sangat baik hati yang baru kita kunjungi baru mau 2 kali , dokter itu adalah Dokter Nurrachim yang membuka praktek di apotek cirebon antapani. Kita kebagian nomor 46 dan kata suster nya kira - kira jam 8 deh kita kebagian ketemu dokternya. Dan kita pergi dari rumah jam 7 an agar tidak macet dijalan , eh pas masuk wow masih banyak antrian yang masih belum dipanggil, jam setengah 8 an masih nomor 20 sementara kita nomor 46 dong. 


Dear ade Marwah yang solehah , 

Sebenernya ibu udah pengen balik lagi tuh kerumah , namun ibu langsung tersenyum ketika melihat raut wajah ade yang sepertinya memang tidak senang dengan pemandangan seperti ini. Ibu besarkan hati dg menghibur kalau sebentar lagi kita akan segera ketemu dokter. Tapi nyatanya lama ya sayang? Hihihi maaf ya ibu boong :D . Tapi kan akhirnya kita ga nungu terlalu lama kan ??? ..


Tahu ga ade Marwah yang solehah ,,,

Pas ngobrol- ngobrol sama dokter , ade itu cerewet banget, apa aja yang boleh dan tidak dimakan ditanyakan sendiri sama ade.. idiiih ibu sama ayah cuman mengiyakan saja deh,,, 

Dokter Nurrachim ini sangat baiik sekali lho de, penjelasannya juga sangat masuk akal dan ga komersil . Ibu suka sama pernyataan  yang beliau berikan tentang seputar kesehatan anak , beliau mengatakan bahwa pola asuh / bagaimana ibu merawat anak lah yang bisa mengurangi sakit pada anak. Yah berarti ibu harus lebih telaten lagi jagain ade, mulai dari makanan sampe susu yah. Dokter yang sudah sepuh ini terlihat ramah dan nice banget, semoga Alloh selalu memberikan umur panjang pada dokter yah. 


OIya sampe lupa mau cerita , akhirnya sampe lah kita dirumah , dan ajaib yang tadinya ade ga mau makan , sepulang dari dokter langsung minta makan dengan alasan untuk cepat minum obat dan cepat sembuh . Alhamdulillah setelah makan dan minum obat , ade langsung tidur lelap dari jam 10 an sampe pagi lho , dan ga bangunin minta susu dimalam2 . 

Pagi nya ibu pegang kening ade , eh alhamdulillah turun panasnya dan ibu senang sekali... semoga sehat terus ya sayang... 


Peluk cium ibu,,,


Ibu Tian




Wednesday, 29 January 2014

Wednesday, January 29, 2014

sembuhkanlah ya Rabb ....

by
sembuhkanlah ya Rabb ....
اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ فَأَنْتَ الشَّافيِ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً

ALLAHUMMA ROBBANNAS ADZHIBILBA’ SA ISYFI ANTASYSYAFI LA SYIFAUKA SYIFA’ AN LA YUGHODIRU SAQOMA .

Artinya ;
“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhori Muslim)

Dear Kesayangan ibu yang solehah , ....

Kemarin sore sepulang ibu kerja , ade mengeluhkan kalau ga enak badan , namun ibu cuma tersenyum dan hanya bilang banyak makan dong. Terus selepas maghrib ade minta makan yg banyak agar tidak sakit.  Eh ternyata sekarang ade itu sudah bisa merasakan gejala awal sakit yah. Sudah besar anak ibu. Semakin aktif saja setiap hari nya.

Semalam sekitar pukul 01.00 dini hari , ade bangunin ibu dan bilang tenggorokannya sakit , dan pas ibu pegang , ya ampun badan ade marwah panas , ibu kaget dan langsung kasi obat penurun panas dan pereda nyeri, serta dikasi kompresan utk membantu meredakan dan menurunkan demamnya. semalaman kita berdua berdoa agar ALLOH SWT mengangkat sakitnya ade marwah, karena kebetulan ayah sedang tidak ada dirumah, maka ibu mencoba untuk tidak panik sendirian, ibu mengajak ade marwah untuk berdoa agar demamnya turun dan ade bisa istirahat dengan nyaman agar besok bisa pulih kembali. 

Berharap besok pagi demamnya sudah turun .. eh tapi pagi ini masih saja demam, ibu khawatir namun mencoba tenang , dan yang sangat membuat ibu sedih adalah ibu harus tetap bekerja dan meninggalkan ade bersama ayah ( ayah sudah pulang , maka hati ibu tenang kalau ayah ada dirumah ) . . . 

Ade marwah anak ibu tersayang ... 

setelah ayah pulang , ibu langsung berangkat kerja , dan meminta ijin terhadap ade . Dan karena ade anak solehah maka ade ijinkan ibu dengan catatan nanti pulang kerja ibu bawakan makanan kesukaan ade . Ibu senang karena selera makan ade masih tinggi... 

Ade Marwah kesayangan ibu ,, .... 

Dikantor ibu gelisah sekali, mana mamah ( nenek ) juga sedang dirawat di RS Dustira. Ya Rabb,,, 2 bidadari ibu sedang sakit maka sembuhkan lah mereka, itulah doa ibu setiap saat hari ini. 

Ya Rabb sembuhkanlah , ambillah penyakit dari raga ibu dan anakku ,, berikanlah kesehatan terhadap mereka seperti sediakala...




Peluk dan cium ibu untuk ade marwah ...

Ibu Tian ...

Tuesday, 28 January 2014

memahami fikiran dan perilaku Marwah
Semakin hari Marwah semakin tumbuh menjadi gadis kecil , bukan hanya tumbuh fisiknya saja , namun batinnya pun ikut tumbuh , yah emosi Marwah juga mulai terbentuk mengiringi perilakunya, saya harus bagaimana sebagai orang tua? Bagaimana saya memahami perilaku dan pemikiran Marwah? Yah saya harus tahu EMOSI Marwah. Karena emosi sangat menguasai logika berpikir. Anak - anak jauh lebih banyak didorong oleh perasaan mereka daripada pemikiran, nyatanya memang begitu kan? kalau saya menjejeli pikiran marwah dengan nasihat , atau menjadikan saya sebagai motivator jejadian didepan Marwah maka itu akan sia - sia saja alias tidak akan mempan. Dan justru akan membuat Marwah sebal dengan kelakuan saya. Jadi saya harus mengenali emosi Marwah sebelum saya menjadi seorang penasihat baginya.

Karena dalam emosi negatif , Marwah tidak dapat menerima masukan atau nasihat bahkan perintah sekalipun yang dapat mengubah perilakunya. Beda dengan hasilnya jika lebih dulu kita mampu mengerti dan mengenali perasaan emosi mereka terlebih dahulu, maka mungkin Marwah akan terbuka dan mendengarkan saran logis dari saya. Marwah akan melakukan sesuatu jika membuat dia merasa nyaman dihatinya. 

 Cara yang paling jitu untuk memahami Marwah adalah mengakui emosinya ( mengenali emosinya) dan memberi Marwah kekuatan untuk menemukan solusi atas masalah yang dia hadapi sendiri, tentunya dengan beberapa cara ... Disini ibu akan berbagi cerita dan sedikit tips 
dalam memahami emosi anak . Silahkan disimak yaah *kedip-kedip*.... 

jika sedang kesal, sicantik Marwah hanya akan terdiam tanpa sepatah katapun yang keluar dari mulut kecilnya

MENDENGARKAN

Mendengarkan dengan menatap mata nya penuh dg tatapan sayang , yang artinya sepenuhnya memberikan perhatian dan pengakuan.Terkadang anak hanya butuh didengarkan saja, bukan solusinya. Hanya dengan memberikan perhatian 100% kita akan terkejut lho , ternyata anak mau terbuka dan mau berbagi pikiran dan perasaannya. Jujur memang sulit bagi kita sebagai orang tua yang terbiasa langsung memberikan solusi atas masalah anak dan menyelesaikan masalah. Ketika kita seperti itu maka anak akan menutup diri dan tidak mau bicara, anak akan berbagi cerita dan pikirannya ketika ia memiliki perasaan nyaman.

Perilakunya yang terkadang aneh  jika keinginannya tidak terlaksana, tidak pernah tantrum sih, hanya berperilaku seperti ini saja

MENGENALI DAN MENGGAMBAR EMOSI

Penting bagi kita untuk mempelajari makna dari emosi , untuk bisa mnecerminkan emosi anak dan memahami dengan pasti apa yang anak rasakan. Dengan kita mengerti dan memahami emosi mereka , maka akan sangat mudah untuk mereka terbuka dan bicara tentang masalah mereka terhadap kita sebagai orang tuanya.



Emosi yang pada umumnya dialami oleh manusia, bukan hanya anak .

  1. Marah – Merasakan adanya ketidakadilan
  2. Rasa bersalah – Kita merasa tidak adil terhadap orang lain
  3. Takut – Kita diharapkan antisipasi karena sesuatum yang tak diinginkan bisa saja terjadi
  4. Frustrasi – Melakukan sesuatu berulangkali dan hasilnya tak sesuai harapan artinya kita harus cari cara lain
  5. Kecewa – Apa yang diinginkan tidak bisa terwujud
  6. Sedih – Kehilangan sesuatu yang dirasa berharga
  7. Kesepian – Kebutuhan akan relasi yang bermakna bukan hanya sekedar berteman
  8. Rasa tidak mampu – Kebutuhan untuk belajar sesuatu karena ada sesuatu yang tak bisa dilakukan dengan baik
  9. Rasa bosan – Kebutuhan untuk bertumbuh dan mendapatkan tantangan baru
  10. Stress – Sesuatu yang terlalu menyakitkan dan harus segera dihentikan
  11. Depresi – Sesuatu yang terlalu menyakitkan dan harus segera dihentikan
anak butuh ekspresi utk mengendalikan emosinya

Yuk kenali emosi anak terlebih dahulu untuk lebih dalam memahami anak ... Karena Ibu adalah orang terdekat dengan anak dan memang seharusnya menjadi orang terdekat.

kebiasaan melipat tangan ketika sedang kesal, namun senyumnya tetap mengembang

nah pesan untuk Marwah:

silahkan curhat keibu ya sayang, berbagi cerita dengan ibu kapanpun kamu mau, karena ibu akan selalu ada untuk Neng Awah...


Love you princessku ,,,,



Ibu ...










Monday, 27 January 2014

its quality time " Nge ramen "
Minggu ini seperti langit cerah , matahari bersinar terang. Ga boleh disia - sia in nih cuaca keren kayak gini. Ga mau kalah dong sama mentari yang dengan kerennya bersinar terang memberikan cahayanya pada semesta alam , aku dan Marwah pun bergegas ingin merasakan hangatnya sinar mentari , tanpa ayah lagi deh,, Hiks udah beberapa minggu ini ayah selalu saja tidak bisa menemani kita jalan - jalan dihari minggu, namun tidak apa siih , semoga kerjaan ayah berkah yaa,, kita tetap jalan koq tanpa ayah...heheheh .

Okelah , meskipun ayah tdk bisa menemani kita jalan - jalan , namun atas ijin ayah kita bisa jalan - jalan berdua juga ya de..asiiik..

Nah di Bandung itu ada kedai ramen yang lumayan laku keras , sampai orang yang berniat beli harus WL alias waiting list lho, huh udah kayak antree sembako deh , fikirku. Namun tidak ada salahnya kita nyoba aja deh. 

  Akhirnya kita masuk deh ke kedai ramen ini , dan harus waiting list dulu dong. Hiks ini mau makan apa mau antrri sembako seh. Ya sudahlah akhirnya saya dan Marwah nunggu dideretan kursi diantara para Pengantri lainnya.
antri mau makan Ramen
Menunggu diantara para ABG yang hendak makan ramen , lirik sana lirik sini , disekeliling hanya nampak anak ABG bersama pasangannya, atau kah memang kedai ini hanya untuk anak muda?Dan akhirnya nama saya dipanggil dan dipersilahkan masuk. 
akhirnya bisa duduk juga dan siap memesan
Setelah masuk , wuuuih penuh sekali didalam , dan memang rame . Kita berdua dipersilahkan duduk dipojokan , berdampingan dengan para ABG lainnya, Hihihi anggap saja ibu dan Marwah ini ABG yaa sayang, hihihi masih muda koq ibu. 
mulai eksis , karena pesanannya juga lumayan lama datang
  
akhirnya virginia cheese hadir juga, Marwah pun tersenyum
yummy , langsung santaaaaap 

finally , datang juga niih ramen nya ,, mariii makan 

Dan kami lumayan puas dengan makanan dan minumannya, service nya juga ramah . Namun sayangnya tempatnya terlalu sempit , entah lah mungkin ini strategi bisnisnya , biar kelihatan selalu antri kali yah. Coba kalau tempatnya diperluas , pasti ga akan waiting list deh....


Dan kami akan kembali lagi nanti yaaa.... Marwah suka dengan rasa ramennya.

Tuesday, 21 January 2014

Tuesday, January 21, 2014

kedekatan ayah dan anak

by
kedekatan ayah dan anak
kedekatan Marwah dengan ayah yang sangat akrab
Perkembangan anak tak luput dari peran orang tua, bukan hanya peran ibu yang dibutuhkan, namun peran ayah pun penting sekali untuk perkembangan psikis anak. Kedekatan anak - ibu memang sudah banyak yang mengartikan bahwa itu penting, namun kedekatan anak - ayah juga tak kalah penting . 

Marwah pun begitu , kedekatan dia dengan ayahnya sangat dekat , dan itu berdampak positif pada perkembangan Marwah juga . 

Sangat tidak bisa dipungkiri bahwa peranan ayah sangat penting dalam proses pendidikan anak . Ayah memang bukan yang melahirkan anak , namun peranan mereka sangat dibutuhkan, selain menafkahi keluarga, ayah juga dituntut untuk bisa menjadi teman , guru yang baik untuk anak.

Karena dalam masa perkembangannya anak membutuhkan segala pengetahuan untuk segala bidang . Kecerdasan anak sangat dipengaruhi oleh kromosom- X yang berasal dari ibu. Faktor genetik memang sangat mempengaruhi perkembangan anak.

selalu ceria bersama ayah

Berikut ini adalah kiat-kiat menjadi ayah yang hebat:
1. Meluangkan waktu yang cukup untuk keluarga
Suamiku selalu meluangkan waktu untuk keluarga, terutama untuk menemani Marwah bermain, dari sini lah kedekatan antara mereka terjalin. 
2. Bermain dengan anak
Bermain apa saja dengan Marwah selalu suami nikmati tanpa lelah dan bosan, dan Marwah senang bermain bersama ayahnya. 
3. Memberikan keteladanan dengan bijaksana
Suami adalah typical suami yang sabar dan bijak dalam mengambil keputusan, jadi Marwah bisa mnecontoh ayah . 
4. Mengakui kesalahan, meminta maaf dan mengucapkan terima kasih kepada anak.
5. Menjadi penyemangat dan pendukung anak.
6. Menjadi pendengar yang baik jika anak sedang mengutarakan permasalahannya.
7. Menghindari tindakan kasar yang merugikan fisik dan psikologi anak
8. Mengajak anak untuk berolah-raga dan tamasya.





Friday, 17 January 2014

Friday, January 17, 2014

panggilnya sayang yah

by
panggilnya sayang yah
Ulah lucu dari anak yang berusia  5 Tahun ini ada ada saja . Perilaku lucu selalu saja menghiasi hari-hariku. Kebahagiaan tersendiri deh melihat tingkah lucunya, dan bahagia rasanya melihat tumbuh kembang marwah yang semakin hari semakin banyak tingkahnya.

Lucunya sekarang Marwah ga akan nyahut kalau dipanggil Marwah atau Neng Marwah , padahal sebelumnya dia sangat senang jikalau dipanggil dengan nama neng marwah, sekarang enggak. Nah sekarang kesayanganku yang cantik ini pengennya dipanggil " sayang " , baru dia mau nyahut, Hmmm ada saja lucunya siiy nak.



Pas ditanya kenapa pengen dipanggil sayang? , dia jawab karena Awah pengennya disayang semua orang bu... uiiiiih sangat romantis sekali sayang ibu ini... kecuuuuuup...

Semoga selalu dilimpahkan rahmat dan keselamatan serta kesehatan oleh Alloh Swt yaa sayang...
sayangku


Kecup sayang buat yang tersayang ... 

Ibu

Wednesday, 15 January 2014

jalan - jalan ke Taman Pustaka Bandung
karena Bandung sekarang banyak perubahan, tentunya perubahan yang sangat positif. Banyaknya taman yang sangat banyak manfaatnya apalagi disuguhkan wifi yang akan sangat membuat nyaman dan betah. 

Okelah lets start the story... 
nulis dulu disini dan jangan lupa isi kencleng nya ya buat perawatan tanaman ,, seridho nya koq

Hari selasa kemarin , saya mengajak Marwah bermain ke Taman Pustaka Bunga yang terletak disebelah Taman Lansia , daerah Gasibu yaa. 

bergaya ditaman pustaka
Marwah senang sekali kalau diajak ke taman , tapi sepertinya taman yang dikunjungi sekarang agak sedikit membuat Marwah kecewa, yah karena tidak ada arena bermain khusus anak , yah mungkin memang tidak didesain untuk anak , tapi setidaknya anak bisa belajar mengenal nama nama bunga disini. Lumayan lah buat ngajak anak mengenal sesuatu yang baru bisa disini. Namun sayang sekali , mungkin pengurusan tanamannya belum maksimal , sehingga kemarin ada beberapa tanaman yang layu dan rusak. Padahal dipintu masuk ada berupa kotak untuk sumbangan pemeliharaan, jadi untuk warga Bandung yang berniat bermain kesini, tolong siapkanlah uang seridho nya untuk biaya pemeliharaan taman , agar taman tetap indah seperti pas baru launching, karena kemarin itu beberapa tanaman keadaannya sangat mengkhawatirkan, walau tidak semua tanaman. 

 
namanya lucu " LIDAH MERTUA "
Taman ini pula banyak dikunjungi oleh beberapa pasangan muda , dan tua ( kakek dan nenek ) dan beberapa yang terlihat membawa anak. Mudah2an taman ini bisa selamanya indah dan bebas sampah dan bebas tangan jahil, mari pelihara Bandung :))). 

Nah sekian deh cerita tentang Taman pustaka Bandung yang dijadikan tujuan mengisi hari libur kemarin bersama neng Marwah, namun sayangnya neng Marwah kurang begitu menikmati, jadi kita lanjut liburannya ke BIP dan PVJ deh :D ...  

ibu dan Marwah
marwah bergaya

Monday, 13 January 2014

Monday, January 13, 2014

Baluran khas keluarga

by
Baluran khas keluarga
Cuaca yang gak jelas membuat tubuh agak tidak karuan, kemarin Marwah badannya agak demam plus bonus, bonusnya adalah batuk dan pilek. Suka panik aja kalau Marwah demam atau sakit apapun juga , yah namanya ibu pasti saja mengalami perasaan yang sama , khawatir dan panik, apalagi kalau anak panas.. Hmmm jangan tanya deh, kacau balau perasaan ibu... 

Berpengalaman dari tradisi keluarga saya yang suka "baluran" kalau anak demam, itupun menjadi tradisi saya juga kalau anak saya panas, Yah "baluran" adalah obat paling jitu menghilangkan panas, bau sih memang, namun tak apalah demi anak. 

Baluran yang menjadi tradisi keluarga kami adalah racikan dari bawang merah , bawang putih , asem , minyak tanah hangat , kayu putih . Dan itu sangat berkhasiat sekali meredakan demam. Alhamdulillah marwah cocok kalau sudah di baluran langsung deh hilang demamnya. 

Friday, 10 January 2014

Friday, January 10, 2014

Taman photography part 1

by
Taman photography part 1
Lamaa banget kayaknya ga posting lagi disini,, yah itu dikarenakan beberapa minggu lalu koneksi internetnya sangat tidak bersahabat, hiks hiks. 

bergaya ditaman photography Bandung
Selama liburan kemarin , yah sekitar kurleb 10 harian yah.. yah sekitaran segitu lah yah,, dan Marwah hanya berliburnya sekitaran rumah saja, maafkan ibu ya nak. Tapi walaupun tidak berlibur keluar kota , namun tetap mengajak bermain keluar rumah, hihihi hanya luar rumah juga gapapa,, Marwah bahagia koq. Alhamdulillah. 

Hasil jepretan Marwah


liburannya hanya bermain ke taman sekitar daerah Gandapura Bandung saja , dan itu sangat dinikmati oleh Marwah. 

Dan bagus lho sekarang taman - taman sekitaran Bandung , salah satunya yang pernah kami sambangi adalah taman cempaka yang sekarang berubah menjadi taman photography, dan tamannya bagus , masih bersih dan ditambah dengan WIFI BANDUNG JUARA yang memang koneksinya juara . Terimakasih papah Bandung a.k.a RIDWAN KAMIL . 

Balik lagi ke cerita ngajak marwah ke taman ini, pas kita parkir langsung matanya terbelalak melihat beberapa ayunan dan permainan lain yang disuguhkan secara gratis ini , ditengah nya ada semacam wallpaper untuk orang orang narsis kayak saya, dan ada beberapa frame foto yang dipajang, keren deh . Bisa ngasuh anak pluuuus ngenet pula secara gratiiiis dan wifi yang kuenceeeeeng.

Liburan kesini cukup memuaskan untuk Marwah dan senang sekali,, ibu janji nanti kita jalan - jalan ke taman lain yaa sayang,, ayah sama ibu bakalan muter muter aja ditaman, ga perlu keluar kota deh, kita kelilingi dulu Bandung yang makin juara ini yaaa.... 

Masih lanjut nanti ya ceritanya :) .....

Wednesday, 8 January 2014

BIJAK MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK
Membaca , menulis walaupun seorang ibu memiliki hobi ini,namun tidak semuanya bias ditularkan kepada anak dengan begitu saja. Ada sih mungkin beberapa yang menurun ya hobinya,namun tidak semua. Dengan membaca kita bias faham semua informasi dan buku adalah jendela dunia kan? Kata – kata itulah yang selalu saya ingat, karena dulu mamah selalu berkata seperti itu. Karena menurut saya membaca itu penting dan harus menjadi rutinitas harian bagi saya , maka saya juga mau kalau anak saya, Marwah memiliki pemikiran yang sama terhadap buku dan membaca.


Sebagai orang tua , saya usahakan menanamkan suka baca terhadap Marwah sedari dini , dengan artian lain supaya saya sedini mungkin menstimulasi otak Marwah untuk dapat menerima hal – hal yang baru. Marwah belum bias baca sendiri, maka dari itu saya selalu membacakan untuknya. Bacaannya berupa cerita kecil yang masuk logika Marwah saja, tidak terlalu memaksakan buku-buku yang berat.  Usaha saya harus terus berjalan sampai Marwah benar – benar suka membaca .
Menurut saya , anak yang rajin membaca semenjak kecil akan berpotensi menjadi anak yang cerdas kelak. Karena dengan membaca, anak bisa menemukan kosakata yang baru yang sebelumnya belum ditemukan atau diketahui. Karena Marwah selalu bertanya, maka jika dia mendengar kosakata baru maka dia selalu bertanya pada saya, maka disinilah tentunya banyak berbagai pengetahuan baru akan didapat dan komunikasi antara anak dan ibu akan semakin positif. Dan anak akan semakin pintar berkomunikasi karena kosakatanya semakin bertambah dengan hobi bacanya.
Namun tidak semua anak seperti Marwah, mau belajar dan menyukai membaca . dan marwah juga terkadang kalau sedang bosan dia tidak mau mendengarkan cerita saya. Namun tak usah galau deh * aiiih bahasanya* , kita bisa buat anak agar mau membaca dan menjadikan membaca sebagai hobinya,,, yaitu dengan beberapa strategi ala saya :D ,, semoga bermanfaat yaaa….
  1. Jangan paksakan anak
Karena usia Marwah masih suka bermain dan beraktivitas banyak, maka saya biasanya mengajak Marwah baca buku sesuai keinginan dia, dengan gaya dia maunya seperti apa, agar dia enjoy
     2. Saya adalah contoh nyata
Karena saya memang suka baca juga , jadi saya memberikan perilaku sering baca saja dirumah, dengan begitu Marwah akan melihat dan meniru. Kadang saya membaca nya dengan mimic muka yang penuh ceria , Marwah melihat mimik muka saya aja dia langsung penasaran dan ingin saya ceritakan.
      3.Pilih buku favorite anak
Saya sering mengajak marwah ke tokbuk dan membebaskan dia memilih buku apa saja yang mau dia beli dan baca , dengan catatan harus saya sortir pas mau bayar *takutnya kemahalan* haha maklum lah ya harus hemat juga :D.
Alhamdulillah sedikit demi sedikit Marwah sekarang jadi suka baca , walaupun masih harus selalu dibacakan  namun aku seneng sih :D … semoga Marwah selalu suka baca ya sayang.
****