Wednesday, 26 February 2014

Rebo Nyunda


Hari ini adalah hari rabu , dimana kalau di Bandung sekarang ini lagi digalakkan REBO NYUNDA. Nah sekolahnya neng marwah baru mulai minggu ini , anak TK sampai anak kelas 4 SD wajib memakai kebaya + sinjang , serta untuk yang laki - laki memakai pangsi dan ikat kepala. Wiiih lucu ya anak TK pakai baju sunda gini, bukan hanya berpakaian sunda namun harus belajar berbicara bahasa sunda , kan rebo nyunda. 

Nah hayu atuh urang ngawangkong nganggo bahasa sunda , apanan urang teh urang sunda asli.  Ibu asli urang Bandung , ayah oge asli urang Kadungora Garut , masih keneh tatar sunda apanan, janten kedah nyarios teh ngangge bahasa sunda oge. 

Mudah2an minggon payun ibu tiasa ka sakola neng na , kanggo moto babaturan anu sanesna , meh rada lucu di foto na nyak. 

Tah gening foto neng meni sakitu geulisna nganggo kabaya , wios ge eta kabaya saleureusna rada seureug, nyak dianggo we da kumaha atuh ibu teu acan ngagaleuh , janten anu aya heula we dianggo, engke sonten insya Alloh urang ngagaleuh nya geulis. 



Ibu nu nyaah ka neng, 


Muaaach 


Share:
Read More

Tuesday, 25 February 2014

asal tulis aja

Hari ini ibu mau share foto - foto ade marwah aja aah,,, lagi ga punya ide buat posting sih. Hihi maafkan ibu yah sayang. Tapi ibu janji deh entar kalau ide sudah muncul langsung ibu posting deh disini :D .. Ibu lagi sibuk nih push diri sendiri buat posting di diary online ibu , nanti kalau sudah besar neng baca juga yah. Dan nanti kalau sudah besar neng boleh koq buat blog dan keep blogging yah. 

Nge blog itu asik lho sayang. Karena kita bisa nuangin apa yang ada dalam benak kita lewat tulisan. Ibu harap neng suka nulis juga dan bisa menjadi penulis hebat yah, ga kaya ibu yang mentok nulis skripsi sama ngeblog aja pluuuus nulis diary :D haha. 

oiya nih ada video ade waktu nari nari .. hihihi mau liat kan? coba deh klik ini 

Ceritanya ini foto selfie yang kayak anak abegeh itu , hihihi kecil2 udah bisaaa aja foto gini. 
nah ini ceritanya ibu yang candid,, ibu lupa kapan ya foto ini, yang jelas neng lagi nungguin es buah aja hahah 
ni aktifitas neng kalau diajak ke mall atau toko aksesoris, ga mau dieeeeeem 
Masih banyak siih foto neng , banyaaak banget,, ibu cicil deh postingnya yaah... ayeeeee...


Share:
Read More

Monday, 24 February 2014

hujan itu berkah

Setiap harinya adaaaaa saja kelucuan dan menjadi kebanggaan tersendiri buat ibu lho. Kemarin sore pas hujan . Ketika orang - orang yang sedang melahap makanan di Double steak mengungkapkan kekecewaan dengan turunnya hujan . Eh langsung deh ade bilang


" ibu seharusnya kalau hujan jangan bilang aduh hujan." Dengan polosnya ade bilang gitu. "Lho kenapa" Tanya ibu" Kata ibu guru , hujan itu berkah jadi kalau turun hujan harus bilang alhamdulillah" Sembari makan , namun celotehan yang penuh arti. 

Duh makin pinter aja anak ibu ini. Pembelajaran yang didapat setiap harinya , dicerna baik oleh ade , sungguh ibu sangat bangga. Mungkin kebanggaan ini terlalu lebay , namun buat ibu ade benar - benar membuat ibu bangga, kamulah anak terhebat sayang. 


love you sayang,,,


Muaaach 


Share:
Read More

Saturday, 22 February 2014

GANTI NAMA

Ibu mau cerita nih tentang pergantian nama blog ini, yang awalnya Http://Pinkdiarytian.blogspot.com menjadi Http://untukmarwah.blogspot.com 
Bukan tanpa alasan lho ibu mengganti nama blog ini , supaya lebih khusus aja, kalau memang blog ini ibu setting buat ade marwah kelak. Jadi ade bisa baca tulisan ibu. 

Ibu pengennya suatu hari nanti kalau ade udah bisa baca kan bisa baca blog ibu ini dan bisa tahu tentang keseharian ade, yah meskipun ibu masih jarang - jarang nge blognya. Tapi ibu usahakan akan selalu update tentang perkembangan ade yah . 

semoga dengan ganti nama , blognya makin rajin ibu posting yah sayang, semoga tambah banyak memberikan manfaat untuk orang lain ya...




Love , 


Ibu Tian 


Notes :  ni ibu posting foto - foto narsis neng marwah yah 









Share:
Read More

antara mules sakit perut sama lapar

Ada - ada aja cerita lucu dari Marwah,, Selalu membuat ibu terkekeh oleh ulahnya. 

Cerita ini terjadi sudah beberapa hari lalu , yah bisa dibilang late post lah yah, gpp deh yang penting tetap publish toh?

jadi gini ceritanya ,, 

Hari minggu lalu , kita jalan - jalan ke Garut , mengunjungi rumah kakek anom * adiknya bapaknya ibu* , padahal sebelum kerumah kakek anom , ade marwah itu makan dulu lho di asep stroberi , makan nasi sama ayam goreng. Ibu ga tahu ade makannya dikit atau kenapa yah, karena pas sampe rumah kakek anom dengan tiba - tiba ade tetiba meringis dengan alasan sakit perut , otomatis ibu bawa ade ke kamar mandi donk , buat pup. Selesailah pup nya , lalu kembali keruang depan , dan dengan muka meringis lagi , ade bilang mules lagi dan ibu antar lagi deh ke kamar mandi, lumayan lama tuh namun tidak keluar apapun, dan ibu rasa bukan mules yang biasanya. 

Mamah dan bapak * kakek dan nenek * panik donk dan mereka suruh beli aa dhanis Tolak angin untuk anak , karena takutnya ac di mobil tadi mempengaruhi mules ini. Setelah minum tolak angin pun tetep ade meringis memegangi perut dan bilang mules mules. Beberapa lama kemudian kita pamit pulang deh dari rumah kakek anom , dan dijalan ibu langsung bilang ke bapak untuk berhenti sejenak ditempat oleh - oleh , ibu langsung beli sosis bakar berukuran jumbo 2 buah , karena alasan ade marwah tadi mules itu sebenarnya bukan mules, namun lapar. yah karena ade belum bisa membedakan mana mules sakit perut dan perih perut , hihihi lucu banget nih anak , kalau perutnya belum kenyang bisa repot niih. 

Oiya sekarang berat badan ade udah 28 kg lhoooo,,, susah banget deh stop kebiasaan makan malam nya, kalau ga dikasi makan malam pasti saja tengah malam rempong dengan perut yang lapar :D . . . Semoga saja nanti sudah besar ga gitu ya sayang,,, hihihi 


Cerita kecil nya sekian dulu ya sayang, 

peluk cium dari ibu , 


Muaaaaaach
Share:
Read More

Thursday, 20 February 2014

menenangkan anak yang marah

Terkadang sangat membuat ibu pusing deh menghadapi sifat Marwah yang sedang marah. Kalau Marwah sednag marah / emosi biasanya dilampiaskan dengan melipat tangan  dan pasang muka jutek banget, kadang kalau lagi kesal sekali Marwah pernah lho sampai tantrum alias menangis keras * namun hanya beberapa kali *. Sebenarnya rasa marah bisa timbul dengan banyak sebabnya , termasuk yang terjadi pada anak. Terkadang orang tua ikut merasa kesal dan merasa repot jika menghadapi anak yang marah, termasuk ibu juga gitu kalau Marwah marah , rasanya ibu juga pengen marah lho. 

melipat tangan saat sedang marah adalah andalannya, namun senyumannya tidak pernah hilang dari wajah cantiknya 


Ada dua perasaan mendasar yang membuat anak - anak memiliki sifat pemarah , diantaranya adalah : 

1. Kemauan / keinginan anak untuk cepat menjadi besar. Karena biasanya anak akan merasakan hal ini jika orang tua sudah banyak melarang dengan memberikan kata " tidak " . Karena anak belum bisa menguasai emosinya secara logis , maka anak memilih mengekspresikan emosinya melalui kemarahan. 

2. ketika anak memiliki rasa ingin tahu dan kemauan yang kuat untuk melakukan sesuatu , namun kadang kemampuannya itu tidaklah sekuat keinginannya. Nah hal seperti ini bisa membuat kesal dan berarah ke frustasi yang lagi - lagi diungkapkannya dengan marah - marah. 

ini pas lagi marah di salah satu mall , marah karena kita tidak membelikan tas sesuai dengan keinginanya, langsung deh diam kayak gini, namun ga nangis. 

Lantas bagaimana dong ibu mengatasi Marwah yang sedang marah atau ngamuk? 


Meskipun marah bukanlah sifat Marwah yah, Marwah hanya sesekali saja marah , itupun kalau keinginannya ditentang ibu * bukan berarti ibu selalu nurutin maunya Marwah yah * , namun memang pada dasarnya sifat anak yang marah bisa mnejadi masalah untuk ibu dan anak sendiri. Oleh karena itu ibu perlu memaklumi sifat Marwah lebih dekat. memahami dan mengerti serta menyelesaikan alasan kemarahan Marwah sering ibu lakukan. Dan itu berhasil , asalkan saja ibu harus sabar dan telaten menghadapi sifat sang anak. Bukan kah begitu ???

Ibu harus mempelajari dan memahami alasan kenapa Marwah sampe marah, dengan begitu kalau ibu tahu sebabnya kan akan lebih mudah ibu untuk meyelesaikan masalahnya. Karena ibu adalah contoh , maka bersikap tenang dan nyaman adalah jurus jitu , agar secara tidak langsung Marwah mengikuti ibu dengan turut bersikap tenang. Dan ibu selalu memeluk dan menggendong Marwah * meskipun berat hihihi * itu ibu lakukan supaya Marwah lebih tenang. 


Hanya itu saja sih yang biasa ibu lakukan ketika Marwah sedang marah , semoga bermanfaat yah untuk para orang tua lainnya..




with love ,


ibunya Marwah 



Share:
Read More

Tuesday, 18 February 2014

USIA IDEAL MASUK SD

Sepertinya bukan saya aja deh yang mengalami kegalauan seperti ini, orang tua lainnya juga pasti pernah merasakan hal yang sama seperti yang saya alami saat ini. 
TK PRIANGAN BANDUNG

Marwah masuk TK memang langsung TK B diusia 5 tahun pas , tidak merasakan TK A , karena saat itu saya pikir Marwah biar ga bosen gitu jadi tahun depan bisa masuk SD diusia 6 tahun pas juga , kebetulan lahir bulan Juni jadi pas mulu usia masuk sekolahnya. Beberapa bulan kedepan penerimaan SD akan dibuka, namun kegalauan kian merajai perasaan saya, entahlah perasaan kecil saya mengatakan bahwa Marwah belum siap secara mental untuk masuk SD, meskipun secara intelektual dia mampu.  Namun dilihat dari perilaku dia sama sekali belum siap memasuki dunia SD yang butuh keseriusan, bukan untuk main -  main lagi. Kalau saya paksakan dengan berbekal intelektual dia yang bisa masuk SD namun sisi mental dan psikologis dia ga siap masuk SD , koq rasanya saya terkesan egois jika keukeuh memasukkan marwah ke SD yah?

Bukankah nantinya di SD sudah tidak ada dunia bermain seperti di TK? mengingat cara belajar marwah yang kinestetik , semakin galau lah saya. Searching artikel dari beberapa pakar , dan lega rasanya menemukan artikel yang mengatakan bahwa ada UU nya kalau anak usia 7 - 12 tahun adalah usia Sekolah Dasar. Huuuh bisa bernafas lega nih ibu dan semakin mantabs saja untuk tetap memasukkan marwah ke TK ditahun depan mengingat Marwah masih berumur 6 tahun. 

Salah satu faktor yang seharusnya diingatkan sewaktu akan masuk SD adalah faktor usia, namun itu dulu deh, skr kalau anak udah bisa baca tulis ga liat umur oke aja tuh,apalagi disertai pelicin. Huh apakah itu murni keinginan anak ataukah ego orang tua? ah entahlah itu harus para orang tua sendiri yang jawab. 

Semenjak tahun 80 sampai saat ini banyak sekali orang tua yang menyekolahkan anak di SD dengan usia yang masih sangat relatif muda yaitu antara 5 - 6 tahun bahkan ada yang lebih muda lagi, padahal usia ideal sesunggguhnya adalah usia 7 tahun masuk SD. Perbedaan umur beberapa bulan saja pada anak akan terlihat perbedaan tugas perkembangannya. Bisa deh dibandingkan bayi yang masih berusia 7 bulan dengan bayi berusia 9 bulan , padahal hanya beda 2 bulan saja kan? namun jarak umur sangat mecolok, perbedaan tugas pun terlihat beda pada mereka .Bisa juga bandingkan anak usia 2.5 tahun dengan usia 3 tahun dari kemampuan berbicaranya.

Dan menurut kajian psikologi yang dikemukakan oleh beberapa ahli , tahapan perkembangan anak meliputi kognitif , moral , mental emosional dan sosial serta psikomotor.


Menurut saya pribadi sih apabila seorang anak bersekolah dengan usia yang ideal , maka seluruh aspek perkembangan kecerdasan anak seperti IQ , EQ dan SQ akan tumbuh dan berkembang dengan sangat luar biasa.


Semua orang tua * termasuk saya * memiliki anak itu inginnya bukan sekedar anak yang pintar secara akademik saja , namun ingin anak yang matang secara mental emosional , sehingga rentang konsentrasinya sudah cukup panjang, kemampuan menangkap perintah sudah cukup bagus , yang dibutuhkan untuk bisa belajar optimal dan tanpa banyak masalah dari sisi psikologis anak.

INGAT LHO , pelajaran SD sekarang cukup berat , bayangkan saja yang tadinya belajar di TK cuma belajar sambil bermain , mendadak begitu masuk SD sudah dihadapkan pelajaran yang membutuhkan uraian , penjelasan dll, ada ulangan , PR , tugas , hmmm kasian deh Marwah kalau emmang saya keukeuh masukin dia ke SD sebelum umurnya matang. Bukan setahun dua tahun lho namun 6 tahun lho di SD ini. Anak belajar kurleb selama 12 tahun , 6 tahun untuk Sd , 3 tahun SMP , 3 tahun SMA dan untuk kuliah sampai s3 menempuh sekitaran  3 - 9 tahun.. WOW keren kan? makanya persiapkan anak seideal mungkin, secara matang . Jangan hanya ego orang tua saja , namun kapasitas anak juga harus dilihat dengan seksama.



“ Ajaklah anakmu bermain pada tujuh tahun pertama usianya, didiklah mereka pada tujuh tahun kedua usianya, dan jadikanlah mereka sahabat pada tujuh tahun ketiga usianya” (Ali Bin Abi Thalib)

Alhamdulillah semakin mantap hati ini untuk membuat Marwah lebih matang secara umurnya sebelum memasukkannya ke SD ... 



Peluk cium ibu,


Muaaaach 









Share:
Read More

Jalan - jalan ke sawah

Dear Neng Marwah ... 


Kemarin tanggal 16 Feb 2014 , Hari minggu kita jalan - jalan lho ke Garut , ketemu sawah disana. Dan Neng sangat senang sekali , sangat antusias dengan pemandangan yang dilihat kala itu. Kita pergi ber - 6 kita berdua , bapak , mamah , mamih dan aa Dhanis. Seru yah dijalan dengar ocehan neng yang selalu menemani perjalanan kita. 

Oiya kita makan dulu di Asep Stroberi , tempat makan yang cozy place deh , secara sawah dan balong yang sangat jarang ditemui di Bandung buat neng marwah. *Kalau ibu sih setiap mau kekantor suka lewat sawah sawah dibelakang soekarno Hatta. * 

foto di Asep Stroberi


Setelah makan di Asep stroberi , kemudian kita ke Limbangan , ke rumah calon pengantin yang akan mamah rias * mamah adalah nenek * , sebelum masuk kerumahnya kita dimanjakan dengan pemandangan yang cukup aneh buat neng , pemandangan yang full sawah sepanjang mata memandang, hijaaau dan indah. Seakan kita berada dilautan sawah. 

Melewati sawah dengan jalan setapak , wuiiih neng senang banget deh kelihatannya, lari sana , lari sini . Dan Neng menemukan sesuatu yang baru yaitu daun puteri malu. Itu lho daun yang kalau disentuh akan menutup malu, dan neng senang banget main daun puteri malu yang seperti hidup itu. Yah daun puteri malu itu akan menguncupkan daunnya seketika juga apabila disentuh. 
masih mekar daunnya karena belum disentuh
menutup daunnya karena disentuh
Alhamdulillah neng Marwah senang yah jalan - jalan ke desa , melewati hektaran sawah dan menemukan tanaman baru yang menurut neng lucu dan aneh . Nanti kita belajar deh tentang DAUN PUTRI MALU ya sayang, tapi nanti yaah ibu jelaskan deh. 



Sekian dulu ya sayang ceritanya , ibu sekarang jarang ya ngisi blog ini, hihihi ibu lagi sok sibuk nih, doakan ibu selalu ya sayang.... Ibu doakan semoga Neng jadi anak solehah dan menjadi anak yang cerdas . 



PELUK CIUM IBU,


Muaachhhh
Share:
Read More

Friday, 14 February 2014

Tragedi 13 feb 2014

Dear Neng Marwah .... 

 Kemarin pulang kerja, bener bener deh kaget dan shock sekali , suer pisan ini mah ga lebay . Pas pulang kerja , masuk pintu langsung dikasi kabar buruk ...

" Bu , kepala aku dijahit . " dan langsung lunglai sekali ibu , percaya ga percaya dan ibu ngira ade becanda , namun pas diliatin luka kepala itu,, ya Alloh lemes ibu . 
 
Ternyata , jam 1 an siang kemarin , Neng kejedot besi dan luka dikepala yang mengharuskan neng dijahit . Beneran ibu kaget banget. Lemes banget dan langsung deh sakit kepala saking kagetnya, wajar yah perasaan seorang ibu kayak gini??

Ibu ga mau nyalahin siapa pun atas kecelakaan ini , menurut ibu ini pure musibah dan kecerobohan neng yang ga mau diem. Eksplorasi neng sangat sangat pisan alias ga mau diem , ga pernah diem aja 5 menit aja ga jingkrak - jingkrak ... Ckckckckc .

Ibu ga pernah nyalahin siapapun juga kalau neng jatoh atau apa , karena memang bukan salah orang lain , ibu takut kalau nyalahin entar malah kesinggung, jadi ya sudah neng nya sendiri yang harus hati - hati ya sayang, jangan sampai jatuh atau luka lagi yah. 

 


Semalaman ibu ga nyenyak tidurnya, takut neng sakit kepalanya dan panas , namun alhamdulillah neng tidur nyenyak dan ibu tenang...

 


Oiya kata dokter kemarin , rambut neng ga usah dibotakin dikit karena rambutnya neng bagus jadi dokter aja sayang buat potong rambutnya :D heheh . Dan nanti setelah habis obatnya kita kontrol lagi ya ke dokter nya. Semoga saja Neng selalu dilindungi Alloh Swt yaa sayang. 

Oiya , pesan ibu buat neng adalah selalu hati - hati ya nak , awas tuh kaki nya neng itu ga mau jalan , selalu aja lari sana lari sini, akhirnya jatuh kan? Makanya hati - hati yaaah cantik. 






Peluk cium ibu ,,


Muaaach 
 



Share:
Read More

Wednesday, 12 February 2014

GAYA ANDALAN NENG MARWAH

Hampir semua foto - foto adek itu manyun lho bibirnya, biar seksi yah sayang? hahah namun Neng awah tetap terlihat sangat cantik ,,,,
minion nya baru aja dibeli :D
  
mau sekolah niih, pakai baju olahraga
mau ngaji
masih manyun aja dek
ini hanya sebagian yah, nanti ibu share lagi deh foto - foto nya yang lagi manyun..


Peluk cium ibu,

Muaaaach
Share:
Read More

Thursday, 6 February 2014

untuk Marwah










Dear Marwah ... 

Sudah semakin besar ya anak ibu , berat badannya juga semakin bertambah dari hari ke hari yah,, makan dan minum susunya juga semakin banyak, alhamdulillah ya sayang. 
Kebahagiaan ibu itu simple sekali lho , ibu hanya ingin menjadikan kamu anak yang solehah, berbudi pekerti yang baik , cerdas dan sukses kelak, hanya itu saja . Bantu ibu ya sayang agar ibu bisa mewujudkannya. Kita harus bekerja sama lho.. mau kan??? 


Dear Marwah ,,, 

Semakin kamu bertambah besar, semakin besar pula kekhawatiran ibu lho, bagaimana tidak pergaulan zaman sekarang lah yang membuat ibu semakin hari semakin stress membayangkan masa remaja mu nanti. Namun ibu kadang merasa tenang juga karena ibu yakin kamu adalah anak solehah yang akan tumbuh menjadi gadis muslimah berahlaq mulia, bukankah begitu? 
 Semua orang tua juga pasti merasakan hal yang sama dengan ibu , itu adalah tanda kasih sayang terhadap anaknya. 

Oiya ... yang ibu titipkan hanya jagalah sholatmu dan tutup aurat mu ya sayang,,, berhijablah karena itulah identitas kita sebagai muslimah...

 Ibu sayang sekali padamu,,,

Peluk cium , 

Ibu 

Share:
Read More

Wednesday, 5 February 2014

sirnalah wahai badmood

Duh akhir - akhir ini koq ade Marwah malas belajar yah? Hmmm selalu saja tidak tuntas kalau dikasi latihan dirumah sama ibu. Eh ternyata disekolah pun sama , Kenapa ya? 

Hmm mungkin ade marwah sedang badmood ya sayang, sehingga malas mengerjakan tugas disekolah maupun dirumah,, kalau memang sedang malas , jangan lama - lama yaa sayang malasnya. 


Ibu putar otak dan berfikir keras nih, bagaimana
caranya agar ade mau lagi belajar menulis,membaca dan berhitung. Ibu ga bisa dong mikir sendiri, sementara ade ga mau diajak kerjasamanya :( . 


1. Cari tahu penyebab badmood

Akhirnya ibu mulai galau deh dengan keadaan ini, ibu tanya ade Marwah apa penyebab dia menjadi badmood yang berakibat malas belajar. Ajak anak ngobrol berdua sambil jalan - jalan sore agar anak tidak terkesan diinterogasi kita. 

2. Senyuman

Karena orang dewasa saja kalau lg badmood suka sebel dan tambah badmood kalau diomelin kan? sama lho anak kecil juga gitu, jadi ibu kasi senyuuuum terus buat ade Marwah agar badmoodnya cepat hilang *tapi jangan lama2 ya de tar ibu dikira org stress senyum2 aja*. 

3. Robohkan badmoodnya

Karena ibu ga suka liat ade yang berlama - lama badmood, maka robohkan ya badmoodnya, dengan membujuk semua cara, udah dari cara A sampai Z dilakukan deh sama ibu agar badmood ade Marwah hilang. Mulai dengan bercerita sampai bermain bersama. Dan akhirnya sirnalah tuh si Badmood,,,

Sekarang ayok kita belajar lagi yaaa,,,,, supaya jadi anak pinter dan cerdas... 



Pelukcium


Ibu
Share:
Read More