Post Top Ad

Thursday, 31 July 2014

Friday, 25 July 2014

Friday, July 25, 2014

Ajarkan anak jujur

Assalamualaikum, alhamdulillah ya sebentar lagi udah mau lebaran aja niih, sebelum saat itu tiba, ibu mau minta maaf ya untuk semuanya yang rajin baca blog ibu *GEER*, gapapa deh ibu agak GEER aja, menyenangkan hati ga masalah kan? 

Entahlah, ibu mungkin bisa dibilang sedang galau nih, kemarin pas pulang kerja ibu dapat laporan dari nenek nya Marwah kalau Marwah berbohong, sediiiih banget rasanya padahal sebisa mungkin ibu tidak pernah mengajarkan anak untuk berbohong lho. Lalu kenapa Marwah berbohong? 




Jadi ceritanya Marwah kan main hujan - hujan an, ketika nenek bertanya kenapa main hujan - hujan an, lantas Marwah langsung bilang bermain hujan bersama mas kahfi *adik sepupu ibu*, padahal mas Kahfi kan gak main hujan sama Marwah, jujur ibu sakit hati dan sedih sekali mendengarnya. Ibu gak pernah lho mengajarkan Marwah buat berbohong. 

Wednesday, 23 July 2014

Wednesday, July 23, 2014

Selamat Hari Anak

Teruntuk anakku tercinta : 

Marwah Khumaira Firmansyah 


Anakku sayang....
kekasih hati ibu, belahan jiwa ibu
yang akan selalu menjadi penyemangat hati ibu
selamat hari anak yaa

Anakku tercinta....
Semakin kamu besar, semakin besar pula kekhawatiran ibu
semakin besar tanggung jawab ibu
bantulah ibu agar bisa menjadikanmu anak cerdas dan solehah

Tuesday, 22 July 2014

Tuesday, July 22, 2014

Agar anak tidak cepat sakit

Kesehatan anak adalah hal yang paling penting untuk orang tua terutama ibu. Karena pentingnya masalah kesehatan anak, maka ibu harus memperhatikan dengan baik asupan gizi anak, selain itu faktor lingkungan juga harus ikut sehat. Ada beberapa yang bisa ibu sharing disini, semoga bermanfaat : 

Jaga kebersihan , ini penting karena kuman serta bibit penyakit itu sangat mudah sekali berkembang biak. Itulah sebabnya ibu wajib membersihkan lingkungan sekitar anak dan juga kebersihan tubuh anak. 

Pola Makan, Agar anak anda terjaga dengan baik kesehatannya, maka berikanlah makan yang sehat. Nutrisi anak harus diusahakan selalu terjaga dengan makanan yang bersih tentunya, selain itu perbanyak makan sayur dan buah yang vitaminnya banyak. 


Istirahat, meskipun pola makan anak baik dan anak selalu dalam keadaan bersih itu tidak cukup, anak membutuhkan istirahat yang juga cukup. Jangan terlalu membuat anak capek dengan berbagai macam kegiatan ekstra. Pastikan anak mendapat istirahat yang cukup agar anak tidak kelelahan. 


Jagalah anak dengan sepenuh hati, karena anak adalah amanah yang diberikan Alloh Swt kepada orang tua. 


Love your kids with heart, 

Friday, 18 July 2014

Friday, July 18, 2014

Atasi anak cengeng

"ih koq anak jadi cengeng gini siih?" Pertanyaan yang kadang menelisik relung hati saya, ketika mendapati Marwah yang cengeng, biasanya sih Marwah itu ga cengeng, namun akhir - akhir ini koq jadi cengeng ya? Duh jadi bingung, dan kemarin tuh ibu buat postingan untuk menuliskan mengapa anak cengeng, ini memang ibu lihat dan teliti dari kondisi Marwah yang dengan sangat tiba - tiba menjadi cengeng, bisa dilihat disini ya artikelnya. 


Setelah ibu memahami faktor pemicunya, sekarang ibu ingin berbagi beberapa tips mengatasi anak cengeng, karena gak enak banget kalau mendengar anak cengeng, sebentar - sebentar nangis, iya kan? Terasa sakit kuping ini, apalagi ibu ini adalah tipe yang kurang suka mendengar rengekan anak :D. 

Selain membuat kuping gak enak, anak cengeng juga bisa mempengaruhi sosialisasi anak. Karena kebanyakan anak cengeng tidak jarang dijauhi teman - temannya, karena mungkin mereka pun merasa tidak nyaman berhadapan dengan anak cengeng, nah sebelum cengengnya Marwah semakin berlanjut, maka ibu cepat - cepat memutar otak dan menelaah faktor pemicunya sehingga ibu bisa menarik benang merahnya untuk menghancurkan kecengengan Marwah, dan alhamdulillah berhasil lho. Karena mungkin emang Marwah awalnya bukan anak cengeng jadi alhamdulillah tips dan trick nya tergolong cepat, bahagianya. 

Wednesday, 16 July 2014

Wednesday, July 16, 2014

Membesarkan hati Marwah

Kemarin adalah hari pertama Marwah masuk sekolah kembali, masih menjadi anak TK. Usia Marwah pas 6 tahun, namun belum saya masukkan ke sekolah dasar karena beberapa alasan yang saya anggap baik untuk Marwah. Saya pernah deh nulis disini juga tentang usia standar masuk SD, dan itu saya terapkan untuk Marwah. Jadi intinya saya yang menunda Marwah untuk masuk SD. Dan itu demi kebaikan anak saya tentunya. 


Ketika masuk kelas lagi, otomatis Marwah akan merasakan kelas yang sama dengan teman yang berbeda. Karena saya sudah membesarkan hati Marwah jauh sebelumnya, jadi Marwah punya jawaban versi dia sendiri ketika orang bertanya : 



"Lho kok masih di TK?" 


Dengan santai nya Marwah menjawab " kan kata ibu aku masih belum cukup umur."

Setidaknya itulah yang saya katakan pada Marwah jika ada orang yang menanyakan kenapa ia masih di TK, mungkin secara fisik, badan Marwah yang besar yang kelihatannya seperti anak yang sudah kelas 2 - 3 SD. Namun pada kenyataannya Marwah adalah anak yang masih berusia 6 tahun, dan masih belum matang jika saya keukeuh memasukkan dia ke SD. 

Niat saya membesarkan hati Marwah bukan untuk menjadikan dia anak yang sombong, tidak sama sekali. Saya hanya ingin Marwah menjadi anak yang selalu berbesar hati, selalu bisa menerima kenyataan, sepahit apapun. Karena jika sedari kecil anak diberikan pengertian dan dibesarkan hatinya maka jika ia dewasa, ia akan menjadi orang yang bijaksana dan selalu berbesar hati, tidak cepat menyerah dan tidak merasa kecil hati. 

Monday, 14 July 2014

Monday, July 14, 2014

Kenali faktor pemicu anak menjadi cengeng

Kenali faktor pemicu anak menjadi cengeng 

Assalamualaikum, duh lama sekali niih ibu gak update blog ini. Maafkan yaa, soalnya ibu kemarin - kemarin abis sidang LS dan sibuknya minta ampun deh. Dan sekarang baru bisa update blog ini. 

Adakah anaknya suka cengeng?? Sebelum kita mencari tips kita harus mengenali dulu pemicunya, kenapa sih anak jadi cengeng?

So, sebagai orang tua kita gak usah ikut - ikutan jengkel melihat anak cengeng, atau memarahi anak, hal ini akan mengakibatkan anak semakin frustasi dan semakin cengeng deh. 

Tuesday, 8 July 2014

Tuesday, July 08, 2014

Kendalikan Tantrum Anak Dengan Bijak

Pasti semua orang tua pernah merasakan galau, gelisah dan kesal ketika menghadapi sang anak yang sedang tantrum. Kadang juga rasa bingung kerap ada ketika anak tantrum. Tantrum biasanya ditandai engan menangis, berteriak, melemparkan barang atau benda yang ada disekitarnya, marah dan lainnya yang membuat histeris. 

"Ah udah emang biasa lah namanya juga anak - anak," memang, namun bukan berarti harus dibiarkan saja kan. Bagaimana jika anak tantrum pas ketika didepan orang banyak, repot juga.