2015 - Cerita Ibu - Parenting Blogger Indonesia

Wednesday, 9 December 2015

Pentingnya Ajarkan Anak Jujur Dan Terbuka Kepada Orang Tua
"Bu tadi makannya engga aku habiskan, ga enak." 
"Bu, temen aku si A suka mukul punggung aku, emang sih aku godain dia tapi aku udah minta maaf,"

Dan banyak curhatan Marwah yang lainnya. Mungkin ada yang menganggap kalau Marwah itu tipe aduan nih ke ibunya, hmmm kalau saya sendiri sih seneng banget kalau Marwah mau jujur seperti itu sama saya. Saya seneeeng sekali, karena maklum yah saya kan gak bisa stay tune terus nungguin Marwah, saya juga ga tahu bagaimana dia di sekolah kalau bukan dia yang cerita sendiri, karena saya gak bisa pantau dia langsung di sekolah. 

ajarkan anak jujur

Kadang jika ada orang tua yang menjudge anak yang suka mengadu ketika anak bercerita pada orang tuanya, tolong deh ubah mainset kayak gitu karena itu semacam pola komunikasi yang salah dari orang tua kepada anaknya. Kalau orang tua masih punya mainset seperti itu kepada anaknya, takutnya akan melahirkan anak yang sulit kelola emosi mereka, karena mereka menganggap kok orang tua tidak mau mendengarkan curhatan mereka, begitu. Dan takutnya anak menjadi bohong karena kalau dia curhat sama orang tua malah diberikan wejangan yang justru menyudutkan anak. 

Monday, 7 December 2015

HARBOLNAS ZALORA Buat Emak MODIS (Modal DIskon)
"Bu, beli sepatu baru dong."
"Buat siapa de? kan ade baru beli sepatu kemarin"
"Buat ibu, tuh sepatunya itu aja, bosen liatnya."

Hmmm, sekarang tuh ya Marwah ya gitu, sudah bisa protes. Kalau pake baju terlalu sempit atau ketat dia juga protes, katanya harus yang longgar dan ujung - ujungnya sih dia suka ngomong ke ayahnya, " yah baju ibu udah kecil tuh kasian," huahahah. Eh tapi makasih sayang udah perhatian banget sama ibu, love you. 

Eh tapi ujungnya malah dia yang sebenarnya ingin dibelikan baju dan sepatu baru, halah. 

Oke deh, saya langsung deh searching model sepatu lucu, mumpung masih tanggal muda hehe. Namun begitu mengunjungi salah satu online shopping langganan agak sedikit terkaget - kaget sih karena bakalan ada sale gede - gedean nanti tanggal 12 Desember 2015, jadi belanja sekarang saya undur aja deh nanti biar diskonnya gede, halah dasar emak - emak yeee modis amat *modal diskon*. 

Jadi, sekarang saya cuman window shopping aja deh. Nanti belanjanya pas #1212SALE 

Wednesday, 2 December 2015

Berubah itu perlu, yuk sambut perubahan
Berubah yuk, bukankah perubahan itu penting. Perubahan kea rah yang baik tentunya. Saya sering mengingatkan Marwah untuk selalu mengalami perubahan dalam hidup, berubah sedikit demi sedikit agar selalu menjadi baik dan bahkan lebih baik lagi. Dalam belajar, ibadah dalam dalam segala hal harus mau terus berubah ke arah yang baik.

Ngomong – ngomong perubahan, ada juga yang berubah ke arah yang lebih kencang dan lebih keren, INDOSAT. Ya Indosat kini mengalami perubahan, bukan hanya dari namanya yang kini ada embel – embel Ooredoo namun juga dari segi jaringan juga kini semakin kuat dan kenceng. Sudah pada kenal dong dengan Indosat? Pastilah, dan jujur Indosat telah membantu saya dalam belajar mengenai tumbuh kembang anak juga lho, iya kan saya suka searching artikel untuk dibaca dan itu memakai paket data dari Indosat, jadi secara gak langsung sudah dibantu kan? Hehe.

Tuesday, 1 December 2015

#SelasaRumahTangga : Tips Jitu Komunikasikan Keuangan Bersama Pasangan
Selamat datang Desember, ini postingan tentang #SelasaRumahTangga pertama dibulan Desember. 
Mengingat betapa pentingnya keharmonisan diantara ayah dan ibu dalam membimbing, mengasuh dan menjaga anak. Jadi, wajib dong pasangan suami istri itu bersikap selalu harmonis dan bahagia dalam mengendalikan dan menjalankan bahtera rumah tangga. Dalam hal ini, komunikasi sangat penting untuk mendekatkan dan membuat hubungan suami istri semakin harmonis. 
Oke, sekarang mari kita kupas masalah komunikasi dalam rumah tangga yang memang kadang suka disepelekan. Kadang untuk suami istri yang bekerja dan memiliki kesibukan masing - masing memang suka lupa berkomunikasi dengan pasangan, saya juga kadang suka lupa. Hal ini disebabkan karena kami sibuk. Alasan sibuk ya klasik sih, untuk mencari nafkah, hhohoho. Kadang gara - gara capek ketika ada masalah sedikit saja suka langsung deh adu mulut alias bertengkar, padahal masalahnya sepele banget. Apalagi kalau sudah menyinggung masalah keuangan, sensitif aja. 

Tuesday, 24 November 2015

#SelasaRumahTangga : Penyebab Pertengkaran Suami Istri
Yuhuuu back to #SelasaRumahTangga lagi. Semoga artikel seputar rumah tangga ini bisa memberikan manfaat ya untuk yang berkenan membacanya, sekali lagi saya menulis ini sama sekali bukan ingin menggurui atau merasa lebih baik, saya hanya ingin sharing saja. Semoga bermanfaat :). 

#SelasaRumahTangga : Penyebab Pertengkaran Suami Istri

Setelah sebelumnya saya menuliskan tentang tips agar hubungan dengan pasangan langgeng, nah sekarang saya ingin membahas tentang pertengkaran dalam rumah tangga. Wajar lho ada sedikit pertengkaran dalam rumah tangga, tapi sedikit loh ya jangan banyak - banyak dan jangan sering - sering, hehe. 
Sarapan Sehat Untuk Anak
Dari TK kecil sampe sekarang Marwah kelas 1 SD saya selalu saja melakukan drama setiap pagi, drama sarapan. Marwah kadang kalau sedang tidak mood untuk sarapan suka susah sekali disuruhnya, mungkin kadang dia bosan dengan menu sarapan atau mungkin menu sarapannya tidak sesuai dengan seleranya. Wah, artinya saya harus selalu memutar otak memikirkan sarapan apa yang bisa membuat Marwah selalu semangat untuk sarapan. 
Sarapan pagi itu penting banget supaya agar aktifitasnya maksimal. Sarapan yang baik itu harus bernutrisi dan memiliki pengaruh terhadap kesehatan anak. Diantaranya harus kebutuhan mineral dan vitaminnya terpenuhi, harus bisa meningkatkan kemampuan berpikir anak selama bermain dan belajar plus harus bisa meningkatkan kemampuannya dalam berkonsentrasi, sarapan juga harus meningkatkan daya tahan tubuh anak. 


Sarapan Sehat Untuk Anak

Monday, 23 November 2015

Jadi Sahabat Untuk Anak
Sebagai ibu, intinya sebagai orang tua kali yah saya tahu bener bagaimana Marwah. Sama ya seperti orang tua lainnya, saya ingin sekali Marwah dekat dengan saya, bahkan bisa menjadi sahabat. Sebelum itu bisa terrealisasi, hal yang harus direalisasikan dulu adalah membangun kepercayaan diantara saya dan Marwah. Yah, memang begitu seharusnya saya harus membangun kepercayaan dulu kepada Marwah. Marwah senang sekali bercerita tentang apa saja, maka saya harus mempercayainya entah dia bercerita benar atau tidak yang penting saya harus percaya sama Marwah aja dulu. 


Jadi Sahabat Untuk Anak



Dengan saya percaya kepada Marwah, otomatis Marwah akan mempercayai saya juga dong. Nah dengan begitu antara saya dan Marwah kan bakalan tercipta komunikasi yang baik, karena kan komunikasi yang baik itu adalah komunikasi dua arah diantara orang tua dan anak. Saya sih suka bebasiin Marwah untuk menceritakan semua yang ada dalam otak dan pikirannya, mau itu keluhannya, kesenangannya bahkan keinginannya pun saya ijinkan Marwah untuk bercerita. Ini saya lakukan karena saya ingin Marwah terbiasa bercerita kepada saya, merasa nyaman dan aman kalau dia curhat sama saya, itu aja sih. 

Thursday, 19 November 2015

Thursday, November 19, 2015

Kemajuan Internet Dimasa Depan

by
Kemajuan Internet Dimasa Depan

Beberapa waktu lalu, saya pernah menanyakan cita - cita pada Marwah. Jawabannya adalah Marwah ingin menjadi arsitek, yah berubah lagi. Awalnya Marwah ingin menjadi dokter, terus ingin menjadi presiden, kemudian berubah lagi ingin menjadi pembalap motor seperti Valentino Rossi dan sekarang ganti lagi ingin jadi arsitek, ingin bikinin ibu rumah yang bagus banget katanya. Ibu aminin saja yaa sayang, apapun cita - cita mu yang penting mulia dan sukses aja. 

Semangat Marwah untuk belajar kian menggebu, karena seorang arsitek memang harus pintar dan teliti. DIa mulai senang menggambar rumah dan lainnya. Ah namanya juga anak - anak pasti bakalan berubah lagi deh cita - citanya. Namun jujur, saya sangat senang jika Marwah punya cita - cita, itu tandanya Marwah masih memiliki segudang semangat untuk mewujudkan cita - citanya. 

Dalam dunia yang serba modern ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan informasi yang semakin cepat ini mengharuskan kita yang hidup dalam kemodernan ini harus siap mencari, menggambar dan merealisasikan cita - citanya dengan persaingan yang tidak mudah. Semakin tahun persaingan dalam mewujudkan cita - cita akan semakin ketat, kebayang nanti pas Marwah besar, pasti akan lebih ketat dari sekarang persaingannya. Sekarang saja membeli cireng dan cemilan sudah bisa online, kebayang gak perkembangan internet sepuluh tahun kedepannya??? pasti perkembangan dunia digital akan semakin modern dan pesat sekali. 

Dalam kemodernan yang semakin pesat, masih ada lho masyarakat yang belum bisa menikmati indahnya dunia digital. Mereka bekerja masih secara manual, belum merasakan kemudahan menggunakan internet. Kadang saya suka berpikir juga sih, duh mereka gimana yah apa mereka bisa mengikuti kemajuan teknologi yang semakin pesat ini?? sementara sekarang semua informasi dengan cepatnya melesat dengan menggunakan internet, apapun yang ingin diketahui semua ada diinternet, tinggal one click saja. 

Perkembangan dunia digital ini memberikan peranan penting untuk dunia per-arsitek-an. Dengan mudahnya para arsitek mampu bekerja dan mengobrol dengan klien hanya dengan internet. Marwah juga dari sekarang sudah suka saya ajarkan menggunakan internet, meski masih selalu dalam pengawasan saya dan ayahnya. Rekomendasiin saja lewat internet, boost dengan sosial media dan langsung deh semua bakalan tahu tentang kinerja kamu, itulah hebatnya internet. 

Cek video ini deh. 




Mengingat semakin kerennya internet, maka video diatas itu adalah sebuah video kampanye dari #IndonesiaDigitalNation yang merupakan kampanye guna untuk mewadahi aspirasi masyarakat tentang keterlibatan internet dan dunia digital dalam peningkatan kualitas hidup, secara langsung atau tidak. 


Yuk ikutan berpartisipasi juga dalam kampanye #IndonesiaDigitalNation agar menebar inspirasi supaya lebih banyak lagi yang menuai kebaikan dari internet dengan cara : 

  • Bikin video dengan durasi 15 menit tentang aspirasi dan harapan yang dicapai dengan internet. 
  • Setelah itu upload ke twitter atau ke instagram dan jangan lupa gunakan hastag #IndonesiaDigitalNation
  • Kontennya tidak boleh berbau SARA, pornografi dan menyinggung pihak atau golongan tertentu. 

Selamat berpartisipasi, keluarkan semua harapan dan aspirasi demi kemaslahatan hidup dengan intenet yang semakin pesat. 




Tuesday, 17 November 2015

#selasarumahtangga : Memaafkan Kunci Hubungan Langgeng
Memaafkan Kunci Hubungan Langgeng

Oke, udah selasa lagi dan artinya saya bakalan  nulis tentang #selasarumahtangga. Masih berkutat seputar hubungan langgeng dalam suatu pernikahan, ya eyalah namanya juga rumah tangga. 

Dan kemarin selasa minggu lalu saya tidak posting, karena Marwah sedang di rawat di RS, jadi postingan pun ikut terhambat, maaf yah. 

Banyak sekali yang mengatakan bahwa suatu hubungan itu bisa bertahan lama atau langgeng adalah dengan formula "ampun" atau "maaf" dari pasangannya. Buat kesalahan besar atau kesalahan kecil, yang penting maafin. Gitu sih katanya. Kuncinya suatu hubungan bisa langgeng itu adalah dengan saling memaafkan. Gak gampang sih tapi pasti bisa lah. Gampang - gampang susah sih tepatnya, hhhuhuhu. Eh tapi bakalan bisa dilakuin kalau inget beberapa ini, baca deh. 
Kena Thypus Dan Harus Dirawat
Setelah mengalami panas yang naik turun, dan ngedrama minta surat rujukan di Klinik Kiara Husada, akhirnya Marwah di rawat di RS. Muhammadiyah Bandung dengan menggunakan BPJS Kesehatan. 


Terimakasih banyak untuk Ummi Bindya yang sudah banyak membantu saya sampai bolak balik nanya kamar yang available, makasih banyak ya mi. Sampe - sampe ngedorong saya sama Marwah pake kursi roda sampai ruangan rawat inap, aaah Ummi saya benar - benar terharu sekali, hilang kata deh buat bilang makasih. Makasih juga untuk sarapannya, aaah bener - bener enak nasi pepesnya. 

Friday, 13 November 2015

Perjalanan Sebelum Marwah Dirawat
Senin 09 Nopember 2015 lalu, Marwah harus dirawat di RS Muhamadiyah Bandung. Ini adalah kali kedua Marwah harus berurusan dengan jarum infusan, ya dulu Marwah pernah dirawat juga. Beda penyakit, dulu karena pergantian susu yang mengakibatkan diare. 

Kali ini, Marwah dirawat karena thypus. Jadi ceritanya itu, sabtu sore sepulang saya kerja, Marwah badannya panas padahal sebelumnya enggak apa - apa. Karena panasnya banget, saya pun memberikan sanmol, karena Marwah memang tidak kuat jika diberikan ibuprofen, jadi saya selalu menyediakan obat penurun panas yang mengandung paracetamol saja. Namun suhu badan Marwah tak kunjung turun, hingga malam. 

Minggu pagi, saya langsung membawa Marwah ke klinik, kacau deh pikiran saya gak inget harusnya bawa ke RS besar, ini malah ke klinik medika antapani. Disana Marwah disebutkan terkena infeksi saluran pernapasan, dan Marwah pun diberikan obat penurun panas yang masih berbasis paracetamol, Naprex. Dan beberapa obat untuk radang dan infeksinya. Panasnya tidak kunjung turun, andaipun turun hanya beberapa jam saja dan suhu badan kembali naik. Cemas dan panik yang saya rasakan karena semalaman suhu badan Marwah turun naik, hhiks. 

Tuesday, 3 November 2015

Selasa Rumah Tangga : Tips Agar Hubungan Rumah Tangga Tetap Harmonis
Assalamualaikum, mulai bulan Nopember 2015 ini saya akan menuliskan tentang keluarga dan rumah tangga juga di blog yang ini. Jadi pengen tematik gitu, semoga bisa. Hehe nah untuk hari selasa itu saya pengennya share tentang seputar rumah tangga dan keluarga. Semoga saja selalu ada ide dan waktu ya agar bisa terrealisasi, aamiin. 

Tips Agar Hubungan Rumah Tangga Tetap Harmonis


Sebenarnya pada awal pembuatan blog ini sih untuk merekam tumbuh kembang Marwah, namun kok tetiba saja saya kepikiran untuk menambahkan tema keluarga dan rumah tangga juga, ya karena saya rasa pertumbuhan dan perkembangan anak tidak akan bisa lepas dari kebahagiaan rumah tangga orang tuanya juga, begitu sih yang saya pikirkan. 

Monday, 2 November 2015

Kembali Ke Sekolah Setelah Seminggu Sakit
Alhamdulillah, hari ini Marwah sudah mulai sekolah lagi setelah minggu kemarin gak sekolah karena sakit. 
Kembali Ke Sekolah

Baca juga tentang :  herpes anak  dan disini

Bosen mungkin yah karena seminggu di rumah aja, jadi pagi ini Marwah semangat sekali. Mulai dari bangun tidur yang enggak dibangunin, sarapan hingga mandi dan pakai baju seragam tanpa komando dari saya, duh seneng. Coba setiap hari deh kayak gini kan ibu gak mesti ngasi komando terus tiap pagi dek, hehe. 

Saturday, 31 October 2015

Jangan Bertengkar Di Depan Anak
Mengarungi rumah tangga, salah paham pasti ada. Pertengkaran pasti ada dalam rumah tangga dan katanya sih itu bumbu - bumbu nya pernikahan, hmmm kalau ini saya sebenarnya masih setengah - setengah. Setengah setuju dan setengah lagi gak setuju, kalau pertengkaran dianggap bumbu pernikahan, lah kalau kepedesan gimana? Namun balik lagi deh, namanya juga manusia, dua kepala yang memiliki isi berbeda pastilah beda pendapat bakalan ada. 
Jangan Bertengkar Di Depan Anak
Herpes Pada Anak Part 2
Alhamdulillah, herpes Marwah sekarang sudah kering. Dan mudah - mudahan senin ini sudah bisa sekolah, kasian kemarin seminggu bolos sekolah dan Marwah sudah sangat ingin sekali masuk sekolah, kangen teman dan guru di sekolah katanya. 

Herpes Pada Anak

Herpes, atau biasa juga menyebutnya penyakit cacar ular ini memang menyerang kulit. Tanda awalnya kulit seperti melepuh namun karena pada Marwah kemarin menyerang daerah bibir jadi kayak kena sariawan gitu, eh ternyata itu adalah herpes yang disebarkan virus herpes simplex. Katanya pas kena herpes itu pegal dan nyeri otot, duh kebayang ya Marwah menahan sakit itu. 

Thursday, 29 October 2015

Thursday, October 29, 2015

Herpes Pada Anak

by
Herpes Pada Anak
Beberapa hari lalu, Marwah bibirnya bengkak, pecah dan belah - belah. Saya sih menyangka itu adalah sariawan biasa, eh tapi kok ada bintik merah berair disekitar mulutnya. Langsung deh bawa Marwah ke dokter, dan dokter bilang Marwah kena herpes, duh. 

Lemes deh langsung, kasian banget liatnya. Bibirnya pasti sakit. Saya gak ngeh kalau itu herpes awalnya karena kan herpes biasanya ada dibagian tubuh, lah ini kok malah dibibir sicantik sih. 

Kirain sariawan, ternyata herpes. Hiks sembuh ya sayang 

Tuesday, 20 October 2015

Bekal Sekolah Marwah : Sosis Selimut
"Bu, minggu ini dan seterusnya gak usah catering yah. Terus bekal untuk istirahat pertama jangan roti indomaret terus, aku bosan." 

Bekal Sekolah

Saturday, 17 October 2015

Tentang Mengendalikan Emosi
Tentang Mengendalikan Emosi

Zaman sekarang ini semuanyaaa serba susah, tekanan hidup semakin bertambah gaka da yang berkurang, hiks. Belum lagi masalah kenaikan harga yang tiada tara itu, harga yang terus melambung *curhat emak*, belum lagi kemacetan, kerjaan yang numpuk atau bos yang cerewet. Hmmm sudahlah stress jadinya dan tertekan judulnya, tertekan bukan karena banyak gaya ya, hohoho. Begitu sampai rumah, badan capek, lemah letih lesu dan lainnya. Tapi ada tugas menanti, mengajarkan Marwah belajar. Wajib tuh sebagai orang tua, apalagi selaku ibu yang harus menemani Marwah belajar dan mengulang pelajaran dari sekolahnya. 

Monday, 5 October 2015

Bertumbuhlah, Nak
Usia tujuh tahun, benar - benar waktu berjalan dengan cepatnya. Rasanya baru kemarin deh aku menimang bayi mungil, rasanya baru kemarin deh merasakan dahsyatnya mules ketika hendak melahirkan, dan sekarang bayi mungil itu kini sudah mengenakan seragam Sekolah Dasar. 

Sekarang, Marwah sudah memiliki proporsi tubuh seperti dewasa, imajinasinya pun sudah berkembang dan diusianya ini imajinasi tuh merupakan salah satu bagian penting. Marwah sudah mulai senang bersepeda, aneh banget Marwah sudah lancar bersepeda sementara sepeda nya saya gantung dan tidak pernah dipakai. Ternyata dia belajar sendiri, meminjam sepeda temannya, hmmm. Marwah juga sudah bisa berenang, tubuhnya sudah bisa melakukan aktivitas fisik yang lebih kompleks. 

Wednesday, 16 September 2015

Wednesday, September 16, 2015

Perubahan Emosi Anak

by
Perubahan Emosi Anak
Sudah hampir tiga bulan nih Marwah menjadi murid kelas satu SD. Banyak sekali perubahan yang terjadi pada Marwah. Dari perubahan fisik, yang dulu nampak chubby sekarang agak tirus, mungkin kecapean juga kali yah. Tapi bagus sih jadi ga gendut, hehe. Perubahan lainnya adalah Marwah sekarang jadi lebih senang bersenandung doa- doa sholat dan menghapal surat - surat pendek, alhamdulillah senang rasanya. Namun ada perubahan yang membuat saya sedih sekali, memang sih tidak selamanya anak itu harus menjadi anak manis dan penurut, akhir - akhir ini Marwah sering membantah, jujur saya kaget menghadapinya. Kok, rasanya saya berasa sedih tiada berujung gitu deh mendapati Marwah yang sekarang jadi seperti ini. 

Namun, sebagai orang tua tentu saya tidak diam saja dan terus bersedih dong. Untuk usia Marwah memang termasuk usia yang rentang dengan kejutan - kejutan. Pokoknya dari usia 7 - 12 tahun inilah saat dimana anak menjadi "tidak lagi manis". Namun untuk kisaran pasti usianya sih setiap anak pasti beda, bahkan ada juga mungkin anak yang selalu manis, entah. 
Perubahan Emosi Anak

Dimasa usia ini, anak mengalami fase peralihan fisik dan emosi. Biasanya pada usia 7 - 12 tahun ini anak ingin menunjukkan identitas pribadi sedangkan orientasi dirinya justru perlahan melebur dan tergeserkan. Mungkin sebenarnya Marwah membantah itu sebagai unjuk diri kali yah, namun kadang saya nya aja yang kurang paham.

Wednesday, 9 September 2015

Mengenali dan mengambarkan emosi pada anak
Penting banget kita sebagai orang tua untuk memahami makna dari emosi. Tujuannya agar bisa mencerminkan dan juga memahami emosi anak dan tentunya mengerti apa sih yang sedang mereka rasakan. Dengan mengerti dan memahami perasaan mereka, maka akan dengan sangat mudah sekali untuk mereka berbicara dan akan lebih terbuka tentang apa yang sedang mereka hadapi. 

Mengenali dan mengambarkan emosi pada anak


Marwah juga sering sekali menunjukkan sikap marah, dan kadang saya menghadapinya dengan kesal. Namun ternyata saya salah, ketika Marwah marah itu artinya ia sedang merasakan ketidakadilan. Seharusnya saya lebih care bukannya malah balik memarahinya. Ketika Marwah marah lalu saya balik memarahinya, bukannya tenang namun ia terlihat tambah kesal dan marahnya tak juga reda, oke noted banget buat saya lain waktu kalau Marwah marah. 

Saturday, 5 September 2015

Cara Meningkatkan IQ Anak
Semua orang tua sudah tentu menginginkan anaknya cerdas. Saya juga sama, saya inginkan anak saya, Marwah menjadi anak cerdas, solehah dan sehat selalu, aamiiin. Test IQ pun seringkali diadakan untuk mengetahui seberapa besar IQ anak. Namun jika mendapati anak dengan IQ yang diluar harapan harus gimana? Sedih atau memarahi anak? Hmmm, jangan deh, jangan lakukan itu, percayalah bahwa IQ anak bisa ditingkatkan dengan menerapkan beberapa cara yang harus dilakukan di rumah dalam keseharian lho. 

Ada beberapa hal yang dianggap sepele dalam keseharian, namun ternyata inilah hal yang penting bagi pertumbuhan IQ anak. 

Cara Meningkatkan IQ Anak

  • Sarapan yang sehat. Marwah termasuk anak yang sangat susah kalau disuruh sarapan. berbagai alasan ia keluarkan agar tidak sarapan, alhasil tetap dia harus sarapan meskipun dengan air mata yang bercucuran. Drama banget deh tiap pagi kalau nyuruh Marwah sarapan, malah kadang harus sampai ibunya ini konser *baca ngomel*. Untuk sarapan bisa coba memberikan buah, sereal gandum atau makanan lain yang proteinnya tinggi supaya anak mendapatkan sumber utama untuk bahan bakar otaknya nanti, agar di Sekolah bisa konsentrasi dengan baik. 

Friday, 21 August 2015

Konsep Keagamaan Anak
Pengetahuan agama anak atau kesadaran anak terhadap agama ini cukup memberikan pengaruh pada perilaku anak sehari - hari. Faktor lingkunganlah yang memiliki peranan penting dalam kesadaran beragam setiap anak. 

konsep keagamaan anak
taken from: lucugambar(dot)com

Kadang, Marwah suka tetiba saja berkata " Ibu ini / itu tidak boleh dilakukan" dan banyak komentar Marwah lainnya yang ditimbulkan dari logika anak terhadap agama sesuai yang ia cerna. Saya kadang juga merasa khawatir dengan perkembangan keagamaan Marwah, mengingat saya tidak menjadi fulltime mommy, namun tetap saya inginkan Marwah melewati fase perkembangan keagamaan ini dengan baik dan tepat.
Kenapa Harus Hormat Bendera??
Tahun ini Marwah masuk SD, senangnya. Artinya sudah besar ya anaknya ibu. Semakin besar nih semakin kritis saja, semakin banyak pertanyaan dan inshaa allah semakin cerdas dan solihah serta sehat selalu ya sayang. 

Kenapa Harus Hormat Bendera
Bulan agustus ini, adalah bulannya bangsa Indonesia, kemeriahan hadir dimana - mana. Berbagai macam perlombaan bahkan panggung hiburan juga mulai ada disetiap RW bahkan RT, antusiasme bangsa Indonesia menyambut hari kemerdekaan memang keren sekali. Bukan hanya keriaan itu saja, acara yang wajib dilakukan para pegawai negeri dan anak sekolah pun tetap dilaksanakan meski tanggal pada kalender menunjukkan bahwa 17 agustus 2015 itu libur, namun tidak libur untuk upacara. 

Tuesday, 18 August 2015

Bantu Anak Agar Mudah Beradaptasi
Orangtua dituntut untuk mengenalkan anaknya pada lingkungan, tujuannya adalah tiada lain tiada bukan adalah agar anak mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sehingga anak mampu menjadi mahluk sosial yang bisa berbaur dengan normal. Tidak mudah ternyata mengenalkan anak pada lingkungan, apalagi kalau anaknya emang tidak suka bergaul, akan menjadi peer berat buat orang tua nih.

Agar anak mudah adaptasi

Ada beberapa hal yang penting diketahui orang tua untuk membantu anak agar bisa beradaptasi dengan baik dan cepat. Diantaranya adalah:

Saturday, 15 August 2015

Memilih Buku Bacaan Untuk Anak
Parentian.com. Memilih buku bacaan untuk anak harus diperhatikan orang tua. Jangan sampai buku yang anak baca itu salah sasaran, misal buku untuk anak usia belasan dibaca anak usia 7 atau 8 tahun kan secara usia juga sudah salah. 

memilih buku bacaan untuk anak

Dulu, ketika Marwah usia dibawah 5 tahun saya lebih memilihkannya buku cerita bergambar dan buku aktivitas. Saya mencari buku bergambar dengan kalimat yang sangat pendek - pendek dan ukuran tulisannya pun yang besar serta paduan ilustrasi yang menarik agar Marwah tertarik minatnya. Untuk buku aktivitasnya saya lebih memilih buku mewarnai yang membuat Marwah bebas untuk mencoret - coret apapun disana. 

Monday, 3 August 2015

Tips siapkan bekal sekolah anak

Minggu ini adalah minggu pertama Marwah mulai belajar di sekolah setelah seminggu kemarin bermain dan happy bersama teman - teman sekolah serta guru. karena sudah full belajar, sudah tentu jam pulangnya pun sudah mulai normal, sekolah Marwah full day. 

Enaknya sekolah full day adalah dengan disediakan catering dari sekolah, tapi buat saya sih enak ga enak. Marwah termasuk yang kadang susah makan makanan yang lain, maksudnya gini nih Marwah itu enggak pilih - pilih makanan sih tapi kalau yang masaknya orang lain selain keluarga dia tuh suka agak ragu makannya, entahlah kenapa. 


Jadiii, saya sebagai ibu yang harus siap sedia menyediakan bekal makan siang Marwah dong, hmmm lumayan merepotkan sih, tapi untuk anak mah apa sih yang enggak. Karena bekal dari rumah sudah tentu jauuh lebih sehat dong. Tapi kadang kalau dibekelin anak suka ga abis, hiks. Jangan - jangan anak bosan dengan menu bekal makan siangnya atau mungkin menu makan siangnya kurang menarik. 

Friday, 31 July 2015

Memahami Emosional Anak
Sudah diketahui bahwa anak ataupun remaja itu lebih dikendalikan oleh emosi mereka daripada pemikiran rasional mereka atau pola pikir logis mereka. Nah, emosi inilah yang kadang seakan menjawab kenapa sih anak suka berperilaku yang cukup membuat orang tua emosi dan kadang perilaku mereka itu sebenarnya merugikan mereka sendiri. Itulah karena mereka lebih mementingkan emosi dibandingkan logika, namanya juga anak - anak. 

Harus dibiarkan saja mereka mengikuti emosi? Gitu? Ya enggak lah. Sebagai orang tua kita sudah tentu harus mampu memotivasi mereka, hal yang wajib dilakukan adalah dengan memahami dulu emosi yang mengendalikan anak, kemudian manfaatkan untuk mengarahkan perilaku dan pemikiran yang lebih logis. 

memahami emosi anak

Mari kita pahami dulu kebutuhan emosional anak, setelah itu baru kita bisa mengarahkan agar pemikiran dan perilaku anak itu masuk akal atau tidak membuat orang tua pusing kepalanya, hehe. 

Wednesday, 29 July 2015

Yuk Antar Anak Sekolah
Yeay, akhirnya Marwah jadi murid SD juga. 

Hari pertama Marwah sekolah, 27 Juli 2015 saya bahkan meluangkan waktu untuk bisa mengantar dan berinteraksi dengan warga sekolah. Hari ini adalah hari dimana saya dan Marwah menunggu - nunggu, mungkin bukan kami saja, namun ayah dan orang tua saya juga pasti sangat menunggu hari ini, hari pertama Marwah masuk SD. 

ayo sekolah

Ada semacam rasa terharu dalam bilik hati saya, merasakan bangga dan benar - benar senang karena bayi saya kini tengah menjadi seorang siswi SD yang hebat, ah iya saya selalu memberikannya motivasi positif melalui kata - kata, dia hebat, dia cantik, dia solehah. Dan mungkin semua orang tua melakukan hal yang sama, bukan untuk membuat dia tinggi hati namun lebih ke karena ucapan adalah doa, itu saja. 

Tuesday, 21 July 2015

Drama Mencari SD Untuk Marwah Part 2
Setelah sebelumnya saya merasakan kegalauan dan kegundahan yang ruarrr biasa, kini tibalah saatnya saya bergembira ria. Alhamdulillah sekolah islam yang masih bisa menerima pendaftaran ini masuk kriteria pilihan saya. Ruang kelas yang bersih, lapang yang luas dan insya allah pendidiknya juga soleh dan solehah, aamiin. 


Oiya, cerita sebelumnya sudah saya tulis disini. Dan saya juga pernah nulis seputar pencarian sekolah untuk Marwah disini

Wednesday, 8 July 2015

Jenis Tantrum Pada Anak
Menghadapi anak tantrum sebenarnya harus tetap tenang, jangan sampai ibu juga ikut - ikutan tantrum, hehe. Keep calm dan kenali dulu penyebabnya, saya pernah deh nulis tentang penyebab anak tantrum, disini. Dengan mengenali sebabnya maka akan mudah nantinya mengendalikan anak yang sedang tantrum. Dan ternyata tantrum pada anak ini ada beberapa jenis lho, beda tantrumnnya tentu beda penanganannya. 

Parenting Blog

Tuesday, 7 July 2015

Belajar Menulis Dan Membaca Bersama BOCI


"Duh anak saya mainin hp saya aja deh, kan ga boleh."
"Duh anak zaman sekarang yah mainannya hp, ga bagus kan."

Beberapa keluhan ibu - ibu yang anaknya sering sekali memainkan hp mereka, hihi. Salah satunya saya juga, dulu Marwah ketika berusia 3 sampai 5 tahunan lah dia juga suka banget mainin hape saya, untuk main games. Tapi sebenarnya memang, minus nya anak bermain gadget sejak dini itu lebih banyak dibandingkan plusnya. Bukan berarti anak dilarang keras bermain gadget lho, boleh lah sesekali. Aplikasi untuk anak pun harus diperhatikan, jangan sampai anak usia balita memainkan game anak dewasa, ini yang namanya GAK BOLEH. 

Thursday, 25 June 2015

Tiga Kata Ajaib
Memiliki anak yang siap memasuki sekolah dasar adalah semacam bahwa saya memasuki kawasan yang akan banyak tantangannya, lebay yah? emang.Seneng dan khawatir menjadi satu, tapi memang kebanyakan senengnya sih. Khawatirnya adalah bahwa Marwah semakin besar dan harus semakin ekstra menjaga dan memberikan semua kebutuhannya. Yang paling penting adalah membekali attitude alias ahlaknya, jika ahlaknya baik insyaa Allah semua yang baik - baik akan ngikutin, IMHO. 

Jadi inget, ketika ada seorang ibu dua anak ini meminta Marwah untuk berfoto bersama anak2nya, ketika selesai malah Marwah yang bilang terimakasih :) dan siibu itu pun tersenyum dan bilang kebalik sayang harusnya ibu yang bilang terimakasih :). 

Tuesday, 23 June 2015

Buka Toko Online Gak Perlu Programmer, Ibu juga bisa
From blogger to blogpreneur, sepertinya memang menarik yah. Menjadi seorang blogger yang berwiraswasta, asik kan. Berwiraswasta bisa dilakukan siapapun juga, termasuk saya seorang ibu, hiihi. Modal? gampang kalau modal, lagian sekarang tuh udah banyak yang reseller tanpa modal, cuman modal foto dan toko online aja udah jadi deh. 

Ngomong - ngomong toko online nih yah, sekarang ada toko online gratis dan hanya 5 menit saja tuh ngebangun toko online. Wah dimana - dimana?? Hihih gak sabaran kan? Baiklah nih saya kasi tau dimana membangun toko online secara gratis dan enggak pake ribet. Silakan masuk saja langsung kesini Jarvis Store. Jarvis Store itu adalah sebuah platform untuk membuat toko online dan bisa diakses siapapun serta dimanapun, and easy to use. 

Sunday, 21 June 2015

Selamat Ulang Tahun Ke - 7 marwah
Selamat Ulang Tahun kesayangan ibu. Ah time flies so fast, gak kerasa banget deh udah tujuh tahun lagi nih Marwahku. Serasa baru kemarin aja nimang - nimang dia, eh sekarang udah gak bisa ditimang, berat hehe.  


21 Juni tujuh tahun lalu kamu dilahirkan kedunia dengan berat 2.9kg dan tinggi 51cm. Ah bahagiaaa sekali hati ibu, ayah juga dan semua keluarga. Kelahiran mu adalah momen yang paling ayah dan ibu tunggu, semua keluarga menunggu mu. 

Friday, 19 June 2015

Pendidikan Islam Anak Usia 7 Tahun
Duh dalam hitungan hari nih Marwah usianya akan terhitung 7 tahun. Semakin berat nih saya harus melindungi dan merawatnya, tapi saya yakin pasti bisa. Seiring bertambah usianya, Marwah juga kini semakin ingin mendalami agama, alhamdulillah dia ingin diajarkan mengenai agama yang lebih luas secara gradual. 

Emosinya Marwah pun sekarang itu agak sudah bisa dibendung dan dikendalikan. Marwah juga sekarang sudah bisa bekerja sama dan memiliki rasa simpati, dan ramah *tapi kalau ramah sih Marwah dari dulu emang ramah*. Sikap egoisnya mulai berkurang dan sekarang Marwah sudah memiliki sikap empati, stabilitasnya lebih kuat. 

Jenis Makanan Untuk Merangsang Kecerdasan Anak
Jenis Makanan Untuk Merangsang Kecerdasan Anak.

Faktor internal dan faktor eksternal untuk mencerdaskan anak haruslah seimbang. Faktor internalnya antara lain adalah faktor genetika, sedangkan faktor eksternalnya seperti aktivitas fisik anak, cara orang tua menstimulasi, asupan nutrisi yang diterima anak dan kesehatan anak juga memiliki peran yang cukup penting. 

Sudah tentu, sebagai orang tua haruslah memperhatikan itu semua, terutama asupan makanannya karena dengan memberikan nutrisi yang paling baik dalam merangsang kecerdasan anak. 



Lalu, apa saja yang sebaiknya kita berikan untuk anak agar mampu merangsang kecerdasan anak?? 

Tuesday, 16 June 2015

Kids Spa Di DF Klinik
Setelah acara pembagian raport 12 juni 2015 kemarin, Marwah saya ajak ke DF klinik untuk spa. Di DF klinik ini memang ada baby and kids spa dan yoga juga, baby and kids will be happy there. 
Marwah, dari bayi emang sering massage juga, karena Marwah aktif banget jadi mungkin badannya pada nyeri dan pegel, namun setiap kali selesai massage Marwah suka nyenyak lho tidurnya. Kids or Baby massage adalah rangkaian stimulasi tumbuh kembang anak. Massade ditangani oleh terapis yang berpengalaman yang sudah ditraining dan juga dibekali pengetahuan medis prakti tentang bagaimana mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui metode massagenya. 

Monday, 1 June 2015

Persiapan Jelang Kelahiran Normal
Bulan juni ini adalah bulan yang special pake banget untuk saya. 7 tahun lalu, ketika memasuki bulan juni, hati saya deg - deg an antara senang dan takut, karena pada saat itu usia kandungan saya hampir menginjak 9 bulan, dan artinya sebentar lagi saya akan melihat mahluk lucu yang ada dalam kandungan ini, senang sekali tapi takut juga. 

Alhamdulillah sewaktu mengandung, 7 tahun lalu saya tidak merasakan keluhan yang gak biasa, yah paling keluhan mual dan berat aja. Hihih berat badan saya naik drastis sekali, hampir 25 kg dong, waw banget kan. 

Memasuki usia kandungan trimester akhir sepertinya memang mendebarkan, semua harus dipersiapkan. Melahirkan itu adalah suatu proses yang alami yang harus dilakukan dengan persiapan yang cukup, baik secara fisik maupun mental. 

Friday, 22 May 2015

Dibalik Kegiatan Gambar Dan Mewarnai
Akhir - akhir ini Marwah seneng banget ngegambar dan mewarnai. Sebenarnya emang dari dulu sih dia suka gambar dan warna, namun saya lihat sih sekarang gambar dan warnanya lebih rapi dan lebih berbentuk dibanding dulu, hihi.

"Jangan ngegambar aja atuh, suruh belajar." Begitu neneknya suka komplain ketika Marwah sedang asyik ngegambar atau mewarnai. 

Wednesday, 20 May 2015

Marwah Jelang Usia 7 tahun
"De, itu poninya udah panjang, sini ibu potongin." 
"Enggak ah bu, mau dipanjangin aja biar kayak Elsa."

Hmmm, baiklah. Sekarang Marwah udah gede dan sudah bisa menentukan gayanya sendiri. Ibu kadang suka lupa kalau Marwah sebentar lagi akan berumur 7 tahun, perasaan ibu kamu masih jadi bayi kecil ibu, hihi. 

Untuk usia anak 7 tahun memanglah sudah punya gaya sendiri, keinginan sendiri namun tetep harus ibu awasi dan gak semua keinginan Marwah wajib ibu ikutin. 
Meskipun cincinnya kekecilan, sekarang malah disimpen katanya untuk koleksi 

Tuesday, 19 May 2015

Apa aja sih di MOTHERCARE???
Udah lama banget nih  enggak update mainan atau baju atau apalah apalah disini ya, hiihi. Bukan karena ibu males lho, karena sibuk dengan tulisan - tulisan yang lain, wakwaw gaya banget siibu ini yah. 

Mau sedikit flashback ah disini, udah pada tau kan mothercare, tau lah secara itu brand kece badai plus mahal badai pula, buat BPJS *Buibu Penghasilan Pas2an Jiwa Sosialita* kaya saya mah duh harus nabung berapa kalau ingin perlengkapan anak bermerk mothercare, hihih. Eh tapi memang gak semua mahal sih, ada juga yang bisa dijangkau sama saya, sedikit. 

Dulu waktu Marwah lahir, ibu dapat banyak kado lho, kadonya ada carseat merk mothercare, dan barang lainnya. Selain carseat, ada juga yang ngasih bottle feeding merk mothercare juga sepaket termasuk dengan mothercare innosense bottle and food warmernya. Ah keren lah pokoknya, dan keluarga langsung bisa nebak dari kado yang diberikan itu. "Ah pasti ini yang kasi kado orang kaya yah," hihihi dan ibu cuman senyum aja, iya sih emang yang kasi kado itu orangnya kaya banget tapi baik banget. 

Friday, 15 May 2015

Emosi anak usia 7 - 12 tahun
Saat ini usianya Marwah itu memasukin usia masa kanak - kanak tengah, yaitu antara usia 7 - 12 tahun. Dalam masa usia ini, Marwah akan memasuki dimana dia akan memulai berhubungan dengan orang - orang yang lebih banyak dan lebih luas dan perlahan juga Marwah akan memahami pengaruh sosial dengan sendirinya. Pada saat itu juga, Marwah akan mulai tumbuh secara kognitif dan akan memampu kenal dan kendalikan emosi diri sendiri. 

Tuesday, 12 May 2015

Marwah Siap Masuk SD
Sebentar lagi Marwah mau masuk SD lho, tahun ajaran ini. Seneng banget deh, dan bukan hanya Marwah yang seneng akan masuk SD saya juga seneng dan bangga banget, kadang juga gak percaya. 


Persiapan apa aja sih yang sudah saya siapkan untuk Marwah??... 



Karena TK dan SD beda, maka saya memberikan beberapa masukan kepada Marwah. Mulai dari kegiatannya pun saya jabarkan karena takutnya nanti Marwah mempunyai pola pikir bahwa SD itu sama kayak di TK. 


Wednesday, 6 May 2015

Anak Suka gadget? Orang tua harus lakukan ini
Anak - anak masa kini adalah generasi digital native. Adalah anak - anak yang sudah mengenal media elektronik dan digital sejak dini, liat aja banyak banget anak balita yang dimanjakan dengan gadget mahal.Saking sudah dekatnya anak dan gadget serta internet bahkan sudah tidak dapat dipisahkan lagi. Alasan mereka yang memberikan anak gadget adalah untuk pembelajaran agar anaknya cerdas, secara internet adalah sarana yang bisa digunakan untuk mencari apapun. Tidak hanya itu, internet pun memiliki andil besar dalam kehidupan sehari - hari antara orang tua dan anak. Misalnya chatting. 

Monday, 4 May 2015

Drama Mencari SD Untuk Marwah part 1
Time flies so fast. Serasa baru kemarin nih saya merasakan mules yang maha dahsyat saat mau melahirkan Marwah. Eh sekarang udah SD aja sicantik kesayanganku. 

Pencarian sekolah SD Marwah ini penuh dengan drama, beneran deh. Karena kan sesuai dengan kesepakatan awal pas Marwah masuk SD, saya dan suami itu sudah fix mau memasukkan Marwah ke SD Priangan, biar bisa barengan sama anak tante dan biar diskon juga, kalau masuk TK nya Priangan juga. Oke lah, saya dan suami pun santai kayak di pantai dan selow kaya di Moscow ga memusingkan Marwah harus sekolah kemana. 

Taken from pinterest.com 

Saturday, 2 May 2015

Cerdas Memilih Sekolah Dasar Untuk Anak

Pendidikan terbaik pasti menjadi prioritas utama untuk anak. Ini saya alami ketika Marwah akan masuk SD, galau dan resah serta gundah gulana bercampur menjadi satu kesatuan yang sulit dipisahkan, hiks. 

Saya inginkan memilih sekolah terbaik untuk Marwah. Saya ingin sekolah yang memiliki sistem pengajaran dan lingkungan belajarnya baik dan pas, gak mau salah pilih. Apalagi sekarang banyak banget sekolah yang menawarkan ini itu, ada swasta dan ada juga negerti. Saya harus lebih cermat lagi dong agar tidak salah pilih sekolah untuk Marwah, karena Marwah akan sekolah selama 6 tahun dong, bukan waktu yang sebentar bukan? 

Saturday, 25 April 2015

Agar Rambut Anak Bebas Kusut
Agar Rambut anak bebas kusut. 

"ih rambutnya Marwah bagus,pake apa sih?" 

Banyak sekali yang suka nanyain saya pakein apa ke rambutnya Marwah, bisa halus gitu. Hihih padahal saya butuh perjuangan keras buat sisirinnya sehabis keramas, rambutnya sebelum disisir itu jembet banget, alias kusut. Tapi itu dulu sih, sebelum saya kenal dengan produk andalan yang menyulap rambut kusut Marwah jadi halus dan mudah kalau disisir. 
Meski kena sinar Matahari gini tetep wangi lho rambutnya

Thursday, 23 April 2015

Belanja di Shopious aja

"Bu aku mau dress Elsa dong." Pinta Marwah. 

Hmmm,, kayak gimana sih nak dress Elsa itu, terus emang ada yang jual? 

"Coba deh ibu cari di internet, pasti ada." 

Marwah, anak usia 6 tahun 10 bulan itu menyuruh saya mencari dress Elsa di Internet, artinya apa? itu artinya anak kecil aja udah melek internet dan udah paham dong kalau jaman sekarang itu apapun bisa dicari diinternet, ya kecuali mencari kepingan hati. Oops. 

Lalu ibu pun langsung ingat dengan sebuah toko online yang kebanyakan dari toko online nya itu adalah yang biasa berjualan di Instagram, hmmm sepertinya ibu harus segera menjelajahi si shopi ini deh. 

Langkah pertama, mari kita masukkan ke kolom pencarian www.shopious.com .


Setelah masuk pada homepage nya akan ada tampilan seperti diatas ini. Keren kan tampilannya? 

Langkah kedua, klik kolom kategori kemudian klik sesuai dengan keinginan. Saat ini sih saya ingin cari perlengkapan untuk anak, makanya saya klik aja deh anak & bayi. 


Langkah ketiga, karena saya sedang nyari dress Elsa Frozen untuk marwah maka saya search deh Frozen. Dan woohooo langsung deh keluar tuh berbagai macam tentang frozen. 


Langkah keempat, silakan berselancar mencari apa yang sreg dihati. Saya suruh Marwah untuk pilih - pilih sendiri apa yang ia mau. Gampang banget deh gak perlu jalan ke mall, suruh pilih aja anaknya sendiri. 




Marwah pilih baju elsa warna biru dan seperangkat hiasannya plus gloves, hmmm. Marwah senyum - senyum gembira nih, dan ibu harus segera transfer agar Marwah senyumnya semakin lebar. 


Kenapa Shopious???