Monday, 26 January 2015

,

Dilarang Malahan Kayak Disuruh

Dilarang malahan kayak disuruh. 

Hmmm banyak banget ibu - ibu yang berkomentar itu, termasuk saya. Hihi kadang kalau ngelarang anak itu kok kayak nyuruh mereka sih. 

"Neng, jangan dipegang setrikanya"
Beberapa saat kemudian terdengar tangisan dan jeritan dari Marwah yang kala itu berusia 3 tahun, pas dilihat tangannya kena setrika. Tepok jidat deh ibu, baru aja dilarang eh malah dilakukan. 

"Neng jangan lari dong, jalan aja ya nak" 
Beberapa menit kemudian, jedug dan ada tangisan. hmmmm 

Ternyata memang kata JANGAN ini sebaiknya tidak dikatakan pada anak ketika kita melarang mereka. Larangan halus seharusnya, bukan dengan larangan yang terang - terangan, karena memang anak pada usia tertentu itu rasa ingin tahunya meledak - ledak. 

Apalagi kalau anak dilarang pas didepan teman - temannya atau didepan orang lain, bisa jadi dia gengsi atau malu. Jadi aja larangan dari kita sebagai orang tua malah dijadikan suatu perintah, gawat deh kalau gitu. Disuruh membereskan mainan malah diacak - acak. :D disuruh ini malah itu. 
Share:
Read More

Monday, 19 January 2015

Mendidik anak hyperaktif

Dari kecil, Marwah terbilang anak yang sangat susah untuk diam. Suruh diam aja 10 menit, susah dan sepertinya Marwah memang memiliki energi yang lebih dibandingkan dengan anak - anak lainnya *baca hyperaktif*. Kadang ada sebagian orang yang bilang anak hyperaktif itu anak nakal, hmm sakit banget deh dengernya. Anak hyperaktif itu beda dengan anak nakal dan bukan anak nakal, so harus bisa lho menahan diri untuk mengatakan anak itu nakal. 



Mendidik anak hyperaktif seperti Marwah ini gak susah lho, hanya saja kesabaran ekstra harus ditanamkan. Bedanya anak hyperaktif dengan anak pendiam itu kentara sekali, selain tingkahnya yang beda, pola pikirnya juga beda. Anak hyperaktif sangat mudah sekali untuk diketahui apa keinginannya, beda dengan anak yang pendiam. Biasanya anak yang pendiam suka membuat bingung orang tua, karena susah mengekspresikan keinginannya karena malu atau hal lainnya. Jelas, kalau ada keinginan saya dengan mudah menebaknya karena Marwah termasuk anak hyperaktif, jadi kalau mau ini mau itu keliatan banget :D. Eh tapi kalau keinginannya aneh - aneh ya ibu pura - pura gak ngerti deh ah. :D 
Share:
Read More

Stimulasi Spiritual


Sebelumnya, ibu sudah posting tentang stimulasi dan jenisnya. Stimulasi kognitif anak juga telah ibu posting sebelumnya, nah sekarang ibu ingin bercerita tentang stimulasi spiritual. 

Spiritual sangat erat sekali kaitannya dengan adanya sang maha Kaya, sang Maha pencipta, illahi Robbi, ALLAH SWT. Diawali dari sinilah anak harus belajar tentang kewajibannya sebagai hamba Allah Swt sesuai ajaran dan kepercayaannya masing - masing ya. Kecerdasan spiritual ini sangat berkaitan dengan pemahaman bahwa anak adalah bagian dari ciptaan Allah Swt, bagian dari seluruh yang ada di alam semesta ini. Jika anak sudah memahami peran apa sih yang ia harus lakukan untuk hidup di alam ciptaan Allah Swt ini, maka anak akan bisa menikmati dan mensyukurinya dengan senang hati, dan harus tetap diingat adalah cara penyampaiannya harus disesuaikan dengan usia anak ya, :). 

Share:
Read More

Monday, 12 January 2015

,

Stimulasi Kognitif


Sebelumnya, ibu sudah pernah nulis tentang stimulasi motorik pada anak disini. Dan sekarang giliran stimulasi kognitif yang akan ibu kupas disini, *kupas kali mangga*. hehe.

Sebelum melakukan stimulasi kognitif, sebagai orang tua kita harus mengetahui terlebih dulu perkembangan kognitif yang sesuai usia. Setelah kita tahu perkembangan kognitif dengan perkembangan anak pada konsep dasarnya seperti mengenalkan bau, huruf, serta pengetahuan lainnya terhadap anak dalam kegiatan sehari- hari. 

Dari kecil Marwah senang bermain telepon, dia suka ber acting ngobrol dengan entah siapa, kayak main drama gitu deh. 
Share:
Read More

Thursday, 8 January 2015

#BekalOfTheDay : Nasi Telor Kornet

Karena hari ini, Marwah pulang sekolah langsung les jadi ibu harus buatkan bekal yang mengenyangkan. 

Daan berhubung kulkas dirumah masih baru *baca: kulkas kosong*, hanya ada kornet *setengahnya*, telor dan keju. Hihi jadilah ini nasi telor kornet plus keju. 

Nasi telor kornet plus keju ala ibu

Bahan : 

  • Kornet Beef *secukupnya
  • Telor 1 butir
  • Nasi *semangkuk kecil
  • garam
Share:
Read More
,

Stimulasi Motorik pada anak


Stimulasi motorik pada anak, dibagi menjadi dua. Yakni motorik kasar dan motorik halus. 

Di usia Marwah yang 6 tahun sekarang ini emang masih perlu distimulasi motoriknya? kan udah gede. Menurut saya sih masih boleh dan bisa dibilang masih perlu distimulasi motoriknya. Jika motorik anak selalu distimulasi tentunya akan memiliki dampak baik juga pada perkembangan dan pertumbuhan anak. 

Apa saja sih yang bisa dilakukan untuk menstimulasi anak dalam rentang usia  6  - 7 tahun? 
Share:
Read More

Wednesday, 7 January 2015

Pentingnya Membaca Untuk Anak Part 2


Pentingnya Membaca Untuk Anak Part 2
Setelah sebelumnya ibu posting disini tentang pentingnya membaca untuk anak, sekarang ibu mau melanjutkan ya. Seperti janji ibu sebelumnya. Sebelum terlalu jauh melangkah ke posting berikutnya, sekedar mengingatkan kembali nih yah, bagaimana sih cara mengajarkan anak membaca? Nah silakan dibaca kembali di postingan yang ini. Namun harus diperhatikan juga usia berapa yang tepat agar anak siap diajarkan membaca, baca juga disini

Sudah dibaca kan? Nah mari sekarang lanjutkan pada point penting kenapa sih membaca itu perlu?. Kenapa sih minat membaca itu harus ditumbuhkan sejak dini?. 
Share:
Read More

Tuesday, 6 January 2015

PURE KIDS Inhalant Decongestant Oil

Marwah, kalau cuaca dingin suka cepet banget batuk dan pilek. Sebenarnya sih pileknya gak cuman kalau cuaca dingin, asal dia minum yang dingin - dingin aja udah deh, pilek melanda. Dan malamnya tidur engga nyenyak karena hidungnya mampet dan sukar untuk bernapas, kalau udah begini ibu yang tepok jidat. 

Udah dikasi obat juga tetep aja, tuh hidungnya mampet dan gak bisa bobo cantik nyenyak. Hingga akhirnya ibu menemukan solusinya, solusinya yang tokcer dan aman untuk Marwah. 

Share:
Read More

Pentingnya membaca untuk anak part 1

Buku adalah jendela dunia 
Membaca adalah kuncinya...

Itulah mengapa membaca adalah sesuatu yang ibu anggap penting demi kelangsungan hidup kita *uhuk, bahasanya gak kuku ye*. 

Membaca itu penting karena membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi dari otak manusia dan dapat dikatakan pula bahwa semua proses belajar berdasarkan pada kemampuan seseorang membaca. 

Marwah suka membaca, asalkan bukunya pilihan dia sendiri :D 
Dan ternyata, ada 8 aspek yang bekerja ketika membaca, diantaranya adalah : 
Share:
Read More

Monday, 5 January 2015

Sepatah dua patah di awal tahun

Ini adalah postingan pertama ditahun 2015. Semoga semakin hari ibu bisa menulis disini lebih aktif lagi ya ditahun 2015 ini. Tentunya semua yang ibu tulis disini adalah tentang tumbuh kembang anak, terutama tumbuh kembang neng Marwah. 

Flash back ke tahun  - tahun lalu.

Awalnya ibu membuat blog ini, pure untuk dijadikan kayak diary gitu seputar pertumbuhan Marwah. Jadi ibu pengennya nanti neng Marwah udah gede bisa baca ini, semacam membaca kisah hidupnya giut deh. Namun entah kenapa kok ibu jadi agak kurang komitmen deh dan lebih aktif nulis disini. Memang matre nih ibu. Hihi tapi ibu janji, tahun 2015 ini ibu akan lebih giat lagi nulis di blog parenting ini deh, janji. Eh insya Allah denk *nyengir*. 
Share:
Read More