July 2015 - Cerita Ibu - Parenting Blogger Indonesia

Friday, 31 July 2015

Memahami Emosional Anak
Sudah diketahui bahwa anak ataupun remaja itu lebih dikendalikan oleh emosi mereka daripada pemikiran rasional mereka atau pola pikir logis mereka. Nah, emosi inilah yang kadang seakan menjawab kenapa sih anak suka berperilaku yang cukup membuat orang tua emosi dan kadang perilaku mereka itu sebenarnya merugikan mereka sendiri. Itulah karena mereka lebih mementingkan emosi dibandingkan logika, namanya juga anak - anak. 

Harus dibiarkan saja mereka mengikuti emosi? Gitu? Ya enggak lah. Sebagai orang tua kita sudah tentu harus mampu memotivasi mereka, hal yang wajib dilakukan adalah dengan memahami dulu emosi yang mengendalikan anak, kemudian manfaatkan untuk mengarahkan perilaku dan pemikiran yang lebih logis. 

memahami emosi anak

Mari kita pahami dulu kebutuhan emosional anak, setelah itu baru kita bisa mengarahkan agar pemikiran dan perilaku anak itu masuk akal atau tidak membuat orang tua pusing kepalanya, hehe. 

Wednesday, 29 July 2015

Yuk Antar Anak Sekolah
Yeay, akhirnya Marwah jadi murid SD juga. 

Hari pertama Marwah sekolah, 27 Juli 2015 saya bahkan meluangkan waktu untuk bisa mengantar dan berinteraksi dengan warga sekolah. Hari ini adalah hari dimana saya dan Marwah menunggu - nunggu, mungkin bukan kami saja, namun ayah dan orang tua saya juga pasti sangat menunggu hari ini, hari pertama Marwah masuk SD. 

ayo sekolah

Ada semacam rasa terharu dalam bilik hati saya, merasakan bangga dan benar - benar senang karena bayi saya kini tengah menjadi seorang siswi SD yang hebat, ah iya saya selalu memberikannya motivasi positif melalui kata - kata, dia hebat, dia cantik, dia solehah. Dan mungkin semua orang tua melakukan hal yang sama, bukan untuk membuat dia tinggi hati namun lebih ke karena ucapan adalah doa, itu saja. 

Tuesday, 21 July 2015

Drama Mencari SD Untuk Marwah Part 2
Setelah sebelumnya saya merasakan kegalauan dan kegundahan yang ruarrr biasa, kini tibalah saatnya saya bergembira ria. Alhamdulillah sekolah islam yang masih bisa menerima pendaftaran ini masuk kriteria pilihan saya. Ruang kelas yang bersih, lapang yang luas dan insya allah pendidiknya juga soleh dan solehah, aamiin. 


Oiya, cerita sebelumnya sudah saya tulis disini. Dan saya juga pernah nulis seputar pencarian sekolah untuk Marwah disini

Wednesday, 8 July 2015

Jenis Tantrum Pada Anak
Menghadapi anak tantrum sebenarnya harus tetap tenang, jangan sampai ibu juga ikut - ikutan tantrum, hehe. Keep calm dan kenali dulu penyebabnya, saya pernah deh nulis tentang penyebab anak tantrum, disini. Dengan mengenali sebabnya maka akan mudah nantinya mengendalikan anak yang sedang tantrum. Dan ternyata tantrum pada anak ini ada beberapa jenis lho, beda tantrumnnya tentu beda penanganannya. 

Parenting Blog

Tuesday, 7 July 2015

Belajar Menulis Dan Membaca Bersama BOCI


"Duh anak saya mainin hp saya aja deh, kan ga boleh."
"Duh anak zaman sekarang yah mainannya hp, ga bagus kan."

Beberapa keluhan ibu - ibu yang anaknya sering sekali memainkan hp mereka, hihi. Salah satunya saya juga, dulu Marwah ketika berusia 3 sampai 5 tahunan lah dia juga suka banget mainin hape saya, untuk main games. Tapi sebenarnya memang, minus nya anak bermain gadget sejak dini itu lebih banyak dibandingkan plusnya. Bukan berarti anak dilarang keras bermain gadget lho, boleh lah sesekali. Aplikasi untuk anak pun harus diperhatikan, jangan sampai anak usia balita memainkan game anak dewasa, ini yang namanya GAK BOLEH.