November 2015 - Cerita Ibu - Parenting Blogger Indonesia

Tuesday, 24 November 2015

#SelasaRumahTangga : Penyebab Pertengkaran Suami Istri
Yuhuuu back to #SelasaRumahTangga lagi. Semoga artikel seputar rumah tangga ini bisa memberikan manfaat ya untuk yang berkenan membacanya, sekali lagi saya menulis ini sama sekali bukan ingin menggurui atau merasa lebih baik, saya hanya ingin sharing saja. Semoga bermanfaat :). 

#SelasaRumahTangga : Penyebab Pertengkaran Suami Istri

Setelah sebelumnya saya menuliskan tentang tips agar hubungan dengan pasangan langgeng, nah sekarang saya ingin membahas tentang pertengkaran dalam rumah tangga. Wajar lho ada sedikit pertengkaran dalam rumah tangga, tapi sedikit loh ya jangan banyak - banyak dan jangan sering - sering, hehe. 
Sarapan Sehat Untuk Anak
Dari TK kecil sampe sekarang Marwah kelas 1 SD saya selalu saja melakukan drama setiap pagi, drama sarapan. Marwah kadang kalau sedang tidak mood untuk sarapan suka susah sekali disuruhnya, mungkin kadang dia bosan dengan menu sarapan atau mungkin menu sarapannya tidak sesuai dengan seleranya. Wah, artinya saya harus selalu memutar otak memikirkan sarapan apa yang bisa membuat Marwah selalu semangat untuk sarapan. 
Sarapan pagi itu penting banget supaya agar aktifitasnya maksimal. Sarapan yang baik itu harus bernutrisi dan memiliki pengaruh terhadap kesehatan anak. Diantaranya harus kebutuhan mineral dan vitaminnya terpenuhi, harus bisa meningkatkan kemampuan berpikir anak selama bermain dan belajar plus harus bisa meningkatkan kemampuannya dalam berkonsentrasi, sarapan juga harus meningkatkan daya tahan tubuh anak. 


Sarapan Sehat Untuk Anak

Monday, 23 November 2015

Jadi Sahabat Untuk Anak
Sebagai ibu, intinya sebagai orang tua kali yah saya tahu bener bagaimana Marwah. Sama ya seperti orang tua lainnya, saya ingin sekali Marwah dekat dengan saya, bahkan bisa menjadi sahabat. Sebelum itu bisa terrealisasi, hal yang harus direalisasikan dulu adalah membangun kepercayaan diantara saya dan Marwah. Yah, memang begitu seharusnya saya harus membangun kepercayaan dulu kepada Marwah. Marwah senang sekali bercerita tentang apa saja, maka saya harus mempercayainya entah dia bercerita benar atau tidak yang penting saya harus percaya sama Marwah aja dulu. 


Jadi Sahabat Untuk Anak



Dengan saya percaya kepada Marwah, otomatis Marwah akan mempercayai saya juga dong. Nah dengan begitu antara saya dan Marwah kan bakalan tercipta komunikasi yang baik, karena kan komunikasi yang baik itu adalah komunikasi dua arah diantara orang tua dan anak. Saya sih suka bebasiin Marwah untuk menceritakan semua yang ada dalam otak dan pikirannya, mau itu keluhannya, kesenangannya bahkan keinginannya pun saya ijinkan Marwah untuk bercerita. Ini saya lakukan karena saya ingin Marwah terbiasa bercerita kepada saya, merasa nyaman dan aman kalau dia curhat sama saya, itu aja sih. 

Thursday, 19 November 2015

Thursday, November 19, 2015

Kemajuan Internet Dimasa Depan

by
Kemajuan Internet Dimasa Depan

Beberapa waktu lalu, saya pernah menanyakan cita - cita pada Marwah. Jawabannya adalah Marwah ingin menjadi arsitek, yah berubah lagi. Awalnya Marwah ingin menjadi dokter, terus ingin menjadi presiden, kemudian berubah lagi ingin menjadi pembalap motor seperti Valentino Rossi dan sekarang ganti lagi ingin jadi arsitek, ingin bikinin ibu rumah yang bagus banget katanya. Ibu aminin saja yaa sayang, apapun cita - cita mu yang penting mulia dan sukses aja. 

Semangat Marwah untuk belajar kian menggebu, karena seorang arsitek memang harus pintar dan teliti. DIa mulai senang menggambar rumah dan lainnya. Ah namanya juga anak - anak pasti bakalan berubah lagi deh cita - citanya. Namun jujur, saya sangat senang jika Marwah punya cita - cita, itu tandanya Marwah masih memiliki segudang semangat untuk mewujudkan cita - citanya. 

Dalam dunia yang serba modern ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan informasi yang semakin cepat ini mengharuskan kita yang hidup dalam kemodernan ini harus siap mencari, menggambar dan merealisasikan cita - citanya dengan persaingan yang tidak mudah. Semakin tahun persaingan dalam mewujudkan cita - cita akan semakin ketat, kebayang nanti pas Marwah besar, pasti akan lebih ketat dari sekarang persaingannya. Sekarang saja membeli cireng dan cemilan sudah bisa online, kebayang gak perkembangan internet sepuluh tahun kedepannya??? pasti perkembangan dunia digital akan semakin modern dan pesat sekali. 

Dalam kemodernan yang semakin pesat, masih ada lho masyarakat yang belum bisa menikmati indahnya dunia digital. Mereka bekerja masih secara manual, belum merasakan kemudahan menggunakan internet. Kadang saya suka berpikir juga sih, duh mereka gimana yah apa mereka bisa mengikuti kemajuan teknologi yang semakin pesat ini?? sementara sekarang semua informasi dengan cepatnya melesat dengan menggunakan internet, apapun yang ingin diketahui semua ada diinternet, tinggal one click saja. 

Perkembangan dunia digital ini memberikan peranan penting untuk dunia per-arsitek-an. Dengan mudahnya para arsitek mampu bekerja dan mengobrol dengan klien hanya dengan internet. Marwah juga dari sekarang sudah suka saya ajarkan menggunakan internet, meski masih selalu dalam pengawasan saya dan ayahnya. Rekomendasiin saja lewat internet, boost dengan sosial media dan langsung deh semua bakalan tahu tentang kinerja kamu, itulah hebatnya internet. 

Cek video ini deh. 




Mengingat semakin kerennya internet, maka video diatas itu adalah sebuah video kampanye dari #IndonesiaDigitalNation yang merupakan kampanye guna untuk mewadahi aspirasi masyarakat tentang keterlibatan internet dan dunia digital dalam peningkatan kualitas hidup, secara langsung atau tidak. 


Yuk ikutan berpartisipasi juga dalam kampanye #IndonesiaDigitalNation agar menebar inspirasi supaya lebih banyak lagi yang menuai kebaikan dari internet dengan cara : 

  • Bikin video dengan durasi 15 menit tentang aspirasi dan harapan yang dicapai dengan internet. 
  • Setelah itu upload ke twitter atau ke instagram dan jangan lupa gunakan hastag #IndonesiaDigitalNation
  • Kontennya tidak boleh berbau SARA, pornografi dan menyinggung pihak atau golongan tertentu. 

Selamat berpartisipasi, keluarkan semua harapan dan aspirasi demi kemaslahatan hidup dengan intenet yang semakin pesat. 




Tuesday, 17 November 2015

#selasarumahtangga : Memaafkan Kunci Hubungan Langgeng
Memaafkan Kunci Hubungan Langgeng

Oke, udah selasa lagi dan artinya saya bakalan  nulis tentang #selasarumahtangga. Masih berkutat seputar hubungan langgeng dalam suatu pernikahan, ya eyalah namanya juga rumah tangga. 

Dan kemarin selasa minggu lalu saya tidak posting, karena Marwah sedang di rawat di RS, jadi postingan pun ikut terhambat, maaf yah. 

Banyak sekali yang mengatakan bahwa suatu hubungan itu bisa bertahan lama atau langgeng adalah dengan formula "ampun" atau "maaf" dari pasangannya. Buat kesalahan besar atau kesalahan kecil, yang penting maafin. Gitu sih katanya. Kuncinya suatu hubungan bisa langgeng itu adalah dengan saling memaafkan. Gak gampang sih tapi pasti bisa lah. Gampang - gampang susah sih tepatnya, hhhuhuhu. Eh tapi bakalan bisa dilakuin kalau inget beberapa ini, baca deh. 
Kena Thypus Dan Harus Dirawat
Setelah mengalami panas yang naik turun, dan ngedrama minta surat rujukan di Klinik Kiara Husada, akhirnya Marwah di rawat di RS. Muhammadiyah Bandung dengan menggunakan BPJS Kesehatan. 


Terimakasih banyak untuk Ummi Bindya yang sudah banyak membantu saya sampai bolak balik nanya kamar yang available, makasih banyak ya mi. Sampe - sampe ngedorong saya sama Marwah pake kursi roda sampai ruangan rawat inap, aaah Ummi saya benar - benar terharu sekali, hilang kata deh buat bilang makasih. Makasih juga untuk sarapannya, aaah bener - bener enak nasi pepesnya. 

Friday, 13 November 2015

Perjalanan Sebelum Marwah Dirawat
Senin 09 Nopember 2015 lalu, Marwah harus dirawat di RS Muhamadiyah Bandung. Ini adalah kali kedua Marwah harus berurusan dengan jarum infusan, ya dulu Marwah pernah dirawat juga. Beda penyakit, dulu karena pergantian susu yang mengakibatkan diare. 

Kali ini, Marwah dirawat karena thypus. Jadi ceritanya itu, sabtu sore sepulang saya kerja, Marwah badannya panas padahal sebelumnya enggak apa - apa. Karena panasnya banget, saya pun memberikan sanmol, karena Marwah memang tidak kuat jika diberikan ibuprofen, jadi saya selalu menyediakan obat penurun panas yang mengandung paracetamol saja. Namun suhu badan Marwah tak kunjung turun, hingga malam. 

Minggu pagi, saya langsung membawa Marwah ke klinik, kacau deh pikiran saya gak inget harusnya bawa ke RS besar, ini malah ke klinik medika antapani. Disana Marwah disebutkan terkena infeksi saluran pernapasan, dan Marwah pun diberikan obat penurun panas yang masih berbasis paracetamol, Naprex. Dan beberapa obat untuk radang dan infeksinya. Panasnya tidak kunjung turun, andaipun turun hanya beberapa jam saja dan suhu badan kembali naik. Cemas dan panik yang saya rasakan karena semalaman suhu badan Marwah turun naik, hhiks. 

Tuesday, 3 November 2015

Selasa Rumah Tangga : Tips Agar Hubungan Rumah Tangga Tetap Harmonis
Assalamualaikum, mulai bulan Nopember 2015 ini saya akan menuliskan tentang keluarga dan rumah tangga juga di blog yang ini. Jadi pengen tematik gitu, semoga bisa. Hehe nah untuk hari selasa itu saya pengennya share tentang seputar rumah tangga dan keluarga. Semoga saja selalu ada ide dan waktu ya agar bisa terrealisasi, aamiin. 

Tips Agar Hubungan Rumah Tangga Tetap Harmonis


Sebenarnya pada awal pembuatan blog ini sih untuk merekam tumbuh kembang Marwah, namun kok tetiba saja saya kepikiran untuk menambahkan tema keluarga dan rumah tangga juga, ya karena saya rasa pertumbuhan dan perkembangan anak tidak akan bisa lepas dari kebahagiaan rumah tangga orang tuanya juga, begitu sih yang saya pikirkan. 

Monday, 2 November 2015

Kembali Ke Sekolah Setelah Seminggu Sakit
Alhamdulillah, hari ini Marwah sudah mulai sekolah lagi setelah minggu kemarin gak sekolah karena sakit. 
Kembali Ke Sekolah

Baca juga tentang :  herpes anak  dan disini

Bosen mungkin yah karena seminggu di rumah aja, jadi pagi ini Marwah semangat sekali. Mulai dari bangun tidur yang enggak dibangunin, sarapan hingga mandi dan pakai baju seragam tanpa komando dari saya, duh seneng. Coba setiap hari deh kayak gini kan ibu gak mesti ngasi komando terus tiap pagi dek, hehe.