June 2016 - Cerita Ibu - Parenting Blogger Indonesia

Thursday, 30 June 2016

Melatih Konsentrasi Anak
Marwah dulu waktu usianya 2 - 3tahunan kalau sedang mengerjakan sesuatu itu cepat bosan, ga mau sampe selesai dan selalu tertarik dengan benda lain. Mungkin memang dia cepat bosan atau kah ada sesuatu yang lebih menarik perhatiannya, yang pasti saya harus mengajarinya berlatih konsentrasi, itu yang ada dalam pikiran saya dulu.

Ya, karena memang perlu banyak latihan kan agar anak bisa lebih berkonsentrasi untuk mengerjakan sesuatu sampai tuntas. Dan peran orang tualah yang sudah semestinya meningkatkan kemampuan konsentrasi anak, benarkan? 


Dan alhamdulillah sekarang dengan bertahap Marwah akhirnya bisa mengerjakan sesuatu sampai selesai, dan sekarang apalagi dia sudah bisa mengerjakan pekerjaan yang sulit sekalipun sampai selesai, alhamdulillah. 

Cara yang saya lakukan untuk meningkatkan konsentrasi Marwah

Anak - anak emang suka gitu yah, mengerjakan sesuatu suka engga fokus dan biasanya mereka ga fokus karena terlalu mudah atau memang terlalu sukar untuk mereka kerjakan, entahlah. Yang pasti sebagai ibu saya memberikan kegiatan atau pekerjaan yang sesuai dengan perkembangan usia Marwah, yang enggak terlalu susah dan juga cukup menantang untuk dikerjakan Marwah, dan Marwah biasanya senang serta tertarik untuk menyelesaikannya hingga tuntas. 


Perlu diingat juga nih bahwa memberikan kegiatan atau pekerjaan yang terlalu banyak akan membuat anak merasa jiper duluan, saya biasanya memberikan pekerjaan yang sedikit jadi Marwah bisa enjoy mengerjakannya. Jadi bisa tuh membagi pekerjaan ke dalam bagian kecil agar anak merasa nyaman mengerjakannya. 


Kan saya ingin melatih konsentrasi Marwah, nah untuk itu saya harus memberikan Marwah waktu dan kesempatan menyelesaikan pekerjaannya tanpa ada gangguan, biasanya saya mematikan televisi dan silent handphone supaya tidak ada yang mengganggu. Usahakan untuk meminimalkan gangguan agar perhatian anak tidak teralihkan. 


Marwah itu suka menyelesaikan suatu pekerjaan dalam rentang waktu tertentu, saya suka memberikan waktu misalnya mengerjakan menggambar sesuatu dalam sekian waktu dan mengerjakan berhitung dalam rentang waktu yang sudah disepakati. Dengan memberikan waktu seperti ini Marwah menjadi lebih fokus untuk menyelesaikan tugasnya. Memberikan deadline seperti ini Marwah menjadi semakin memokuskan pada suatu pekerjaannya loh. 

Memberikan penjelasan sejelas - jelasnya pada Marwah tentang tujuan yang akan membantunya untuk membuat dia bisa fokus dalam melakukan pekerjaan atau tugas, dengan menjelaskan begitu Marwah pun akan ikut bekerja sama dan menyusun sendiri tujuannya

Saya tipe ibu yang enggak pelit memuji anak, kalau Marwah berhasil mengerjakan tugasnya biasanya saya memberikan apresiasi berupa pujian atau hadiah kecil atas usahanya bukan melihat hasil dari pekerjaannya. 

Untuk melatih ingatan Marwah, saya kerap memasukkan permainan untuk melatih konsentrasi dan fokusnya, biasanya saya menggunakan handphone atau laptop untuk bermain. 

Semua usaha itu tentu tidak akan berjalan baik jika satu hal terlupakan, satu hal yang penting juga untuk melatih konsentrasinya adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup dan baik serta memberikan istirahat yang cukup. Memberikan Marwah makanan yang mengandung vitamin serta mineral merupakan usaha juga hehe...


Bertumbuhlah terus nak, menjadi yang terbaik diantara yang baik :). 


Sampai nanti,







Friday, 24 June 2016

Mengenalkan Anak Pada Program CSR
Sekarang itu, Marwah setiap pulang kerja selalu minta dibelikan minuman untuk berbuka puasa dan belinya harus di Alfamart, hmmm. Pernah saya membelikannya di minimarket sebelah, eh ketauan loh sama Marwah kalau saya gak beli di Alfamart, ckckck. Tapi memang sih yang deketan sama rumah ini ya Alfamart jadi ini yang Marwah kenal sebagai tempat membeli minuman dan jajanan sejak ia kecil. 

Dan juga kalau jajan di Alfamart ini suka banyak diskon atau buy one get one free, asik kan?. Gak dimana - mana sekarang banyak bertebaran Alfamart, meski masuk pedalaman pun Alfamart pasti ada, menjamur. Hmmm, jadinya ibu mau ceritain Alfamart aja deh ke Marwah, kan tak kenal maka tak sayang. Perlu juga kan mengajari anak tentang bisnis dan programnya. 


Marwah sekarang sudah delapan tahun, otomatis dia sudah besar dan pengetahuannya kian berkembang. Kemarin saya ajak Marwah liat website nya Alfamart, disana banyak sekali pogram mereka, dari mulai produk, delivery service sampai program CSR nya ada. Nah, kan Marwah pasti bingung kalau saya kasi tau tentang CSR ini, apaan ya CSR. Namanya juga anak - anak ya menjelaskannya pun harus dengan bahasa anak - anak.. Saya jelaskan pada Marwah bahwa CSR itu adalah sumbangan bagi warga, memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya. 

Tentu, kalau menjelaskan ke anak itu harus real alias harus ada percontohannya. Nah kebetulan Alfamart kan memiliki program CSR Rumah Albi, nah jadi saya ceritakan saja tentang tujuan serta manfaat dari pembangunan rumah Albi ini. Albi itu ikon Alfamart dan Marwah juga suka liat kalau lagi ada promo kan suka ada badut Albi di Alfamart dekat rumah. 

Saya jelaskan bahwa Rumah Albi Alfamart ini bisa membantu masyarakat sekitarnya yang membutuhkan tempat untuk melakukan kegiatan komunitas seperti perkumpulan warga, arisan, ulang tahum, rapat pengurus RT atau RW, karang taruna, demo masak bahkan kalau mau nonton bareng juga bisa loh dilakukan di rumah Albi Alfamart, yang kemudian Marwah punya ide buat bikin video buat youtube di rumah Albi katanya, hmmm bisa juga tuh. Rumah Albi Alfamart juga bisa dijadikan tempat untuk bertukar informasi dan tempat berkomunikasi warga sekitar atau komunitas dengan pihak Alfamart. 

Marwah antusias sekali loh dengan cerita rumah Albi ini dan sampai nanya ada berapa Rumah Albi Alfamart itu?? 

Rumah Albi sudah berjumlah 130 an lebih dan sudah menyebar di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Cileungsi, Malang dan kota lainnya. Sesekali nanti pengen ngajakin Marwah ke rumah Albi ah yang di jalan lengkong besar no. 101 Paledang, Lengkong - Bandung. Biar Marwah bisa melihat dengan nyata seperti apa rumah Albi yang ibunya ceritakan ini. 



Sampai jumpa dipostingan selanjutnya,


Ibunya Marwah




Menceritakan Tokoh Idola Pada Anak
" Bu, mas Kahfi seneng tuh karena Rossi nya menang" Celoteh Marwah ketika selesai nonton Moto GP bareng sepupunya. 

Ya, keponakan saya Kahfi adalah pencinta Valentino Rossi, dia bisa sampai sakit dan murung jika idolanya tidak menjadi juara. Pokoknya Kahfi ini sangat tergila - gila dengan Valentino Rossi. Jadi setiap ada adu balap Moto GP saya dan keluarga selalu mendoakan agar Rossi menang, karena kasian Kahfi kalau sampai Rossi kalah, bisa - bisa dia mogok sekolah loh, beneran. 

Ngomong - ngomong idola, pasti anak - anak punya tokoh idola yah. Jika anak memiliki tokoh idola, maka sebagai orang tua harusnya kitalah yang memberikan informasi tentang idolanya, menceritakan tentang idolanya itu. Apalagi untuk anak seumuran Kahfi yang masih kecil lah yah, jadi dia belum boleh mencari tahu sendiri dan berselancar didunia maya mencari tentang Rossi, jadi harus didampingi. 


Mencari informasi tokoh idola sanga anak, kumpulkan informasi sebanyak - banyaknya. Tinggal searching aja kan sekarang mah internet kenceng, hehe. Cari informasi mengenai jatidiri sang idola, seperti saya mencarikan informasi untuk Kahfi tentang Rossi di MOTO GP 2016 Okezone. Karena disana banyak sekali informasi akurat seputar Vaentino Rossi. Setelah mendapatkan informasi maka langkah selanjutnya adalah menceritakan pada anak tentang latar belakang tokoh idolanya, yang pasti dalam menjelaskan harus menggunakan bahasa yang bisa dimengerti anak dan jelaskan secara detail supaya anak merasa senang. 

Menceritakan masa kecil tokoh idolanya itu, kan kalau tokoh idolanya memiliki kisah positif bisa ditiru sama anak jadi anak memiliki motivasi yang positif juga kan. Ceritakan pula perjuangan tokohnya untuk memperjuangkan impiannya dan jelaskan dengan bahasa ringan tentang kenapa sih perjuangan itu harus dilakukan tokoh idolanya. Selain itu ceritakan juga kelemahan sang tokoh idola, ini penting untuk memberi tahu anak bahwa sehebat apapun seseorang pasti memiliki kelemahan, harapan agar anak tidak terlalu fanatik menyukai tokoh idolanya dan mengajarkan anak untuk mulai menggunakan logikanya. 

Menceritakan tokoh idola anak juga bisa disajikan dengan menggunakan alur dan bahasa yang ringan dan menyenangkan agar mudah dipahami anak, dan bisa dijadikan cerita pengantar tidur juga loh. Dengan gaya bahasa kita, intonasi dan aktualisasi diri dalam bercerita bisa membuat anak lebih cepat paham dan mengerti apa yang kita ceritakan. Atau bisa juga sesekali mengenalkan anak pada websitenya dan harus didampingi, seperti kahfi ini kadang saya ajak dia untuk membaca artikel Rossi di Moto Gp 2016 Okezone


Nanti mau nanya Marwah ah tokoh idolanya siapa, hehe. 











Thursday, 23 June 2016

Tips Mudik Menyenangkan Bersama Anak
Wah, sebentar lagi mudik, asik. Memang yah, mudik itu adalah momen yang paling dinantikan setiap tahun, momen dimana bakalan bertemu dengan keluarga besar.

Nah, saya punya tips agar mudik bersama anak menyenangkan :), ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan terlebih dahulu. Ssst jangan bayangkan repotnya dulu, tapi bayangkan kebahagiaan anak yang akan menikmati selama perjalanan.


Apa saja sih yang harus dipersiapkan?

Pertama, persiapkan mental, sudah siap bahwa perjalanan panjang ini bakalan membuat anak bosan dan juga anak akan merasa lelah, namun jangan berpikir seperti itu tapi pikirkanlah bahwa perjalanan akan menyenangkan dan lancar karena sudah dipersiapkan dengan baik, masukkan afirmasi positif pada alam bawah sadar.

Pastikan kita sendiri dalam keadaan sehat, penting loh karena kan harus ekstra menyediakan waktu dan tenaga untuk mendampingi anak selama perjalanan. 

Buatlah daftar keperluan anak supaya tidak ada yang tertinggal atau yang lupa masukin, sebaiknya siapkan jauh - jauh hari sebelum tanggal mudik yang ditentukan. Jangan bawa peralatan atau perlengkapan yang tidak diperlukan karena hanya akan membuat kendaraan penuh saja, dan perjalanan menjadi kurang nyaman. 


Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, cek terlebih dahulu kondisinya dan pastikan semuanya siap untuk diajak mudik, ingatkan suami untuk membawa perlengkapan kendaraan dan perlengkapan p3k, oiya jangan lupa kosongkan jok agar nanti anak bisa leluasa selama perjalanan. Siapkan juga palylist musik yang easy listening supaya perjalanan semakin menyenangkan, atau mungkin yang senang nyemil bisa siapkan cemilan untuk anda dan anak juga. 

Jangan lupa aktifkan map pada phone cell, penting untuk menemukan jalur alternatif jika saja jalanan macet. Perhatikan jam keberangkatan dan hindari jam - jam macet demi kenyamanan perjalanan. 

Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan anak seperti pakaian, makanan, minuman, obat - obatan, peralatan makan minum anak, bantal dan semua peralatan untuk menunjang kenyamanan anak, siapkan dalam tas yang mudah dijangkau jika diperlukan. 

Selama perjalanan jangan lupa untuk hibur anak dan tanyakan apakah anak merasa mual atau pusing, atau mungkin anak ingin buang air besar atau kecil. Mainan anak juga jangan lupa dibawa yah, karena selama perjalanan jika anak bosan ini bisa membantu sekali. Banyak juga ya persiapan yang harus dilakukan, namun ada loh yang sangat sering dilupakan selama perjalanan, adalah asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan yang bisa memberikan perlindungan sesuai kebutuhan ada di www.pasarpolis.com

Ya, asuransi perjalanan sekilas tidak penting yah? namun ternyata penting banget loh demi kenyamanan perjalanan juga, bisa saja ada hal yang tidak diinginkan terjadi ditengah perjalanan. Untuk info seputar asuransi perjalanan bisa langsung berkunjung saja ke pasar polis. Ni saya kasi tahu website nya : www.pasarpolis.com 

Semoga mudiknya nya lancar selama perjalanan dan selamat sampai tujuan:). 




Sampai jumpa dipostingan selanjutnya,


Ibunya Marwah


Wednesday, 22 June 2016

Fakta Tentang Tantrum
Tak sedikit orang tua yang suka merasa galau dan kadang "malu" plus bingung yang akhirnya emosinya terpancing saat menghadapi anak tantrum. Semua anak pasti pernah mengalami tantrum, tapi itu bergantung pada bagaimana penanganan orang tuanya, ada yang cuek, ada yang malu dan perasaan lainnya. 



Saya jadi ingat dulu ketika Marwah kecil, saya hampir tidak mengenal tantrum pada Marwah. Oh Marwah ga pernah tantrum? pernah kok, saya ingat betul ketika dia tantrum ingin sesuatu di sebuah pertokoan, saya bingung dong lah bagaimana enggak bingung waktu itu Marwah baru berusia 2 tahun dan ketika itu saya pun belum kenal dengan yang namanya tantrum, haha. Saya hanya jongkok menatap Marwah yang tantrum itu sambil bilang "kalau mau nangis gini di rumah aja yuk neng, disini malu diliatin banyak orang." Dan Marwah langsung diam sambil meminta pulang. Semenjak itu, ketika Marwah ingin sesuatu ia pasti minta pulang hanya untuk nangis di rumah, haha. Tapi Marwah ini kalau nangis ga pernah lama, pas dia nangis ajak ngobrol aja langsung berhenti deh nangisnya. 

Masalah tantrum ini, kadang menjadi masalah yang besar jika tidak diatasi. Saya sering melihat ibu yang mencubit anaknya di mall karena anaknya jerit - jerit minta beli mainan, atau pernah saya melihat ibu yang menarik tangan anaknya, bukan berhenti menangis anak malah semakin menjadi tangisannya. Duh, ibu itu berani gitu sama anaknya di depan banyak orang, gimana kalau mereka berdua yah, hehe. 

Siapa sih yang enggak emosi kalau anaknya ngamuk ditengah banyak orang, iya kan? Nah sebenernya tuh ada beberapa fakta yang masih sangat jarang diketahui, dan ini penting demi untuk mengatasi tantrum sang buah hati, semoga bermanfaat yah. 

  • Tantrum itu aktivitas. Anak kecil yang tantrum itu pasti dianggap sedang marah, ya kan? padahal tantrum itu serupa fase, fase anak yang pertama dalam mengolah emosinya adalah teriak, marah dan kemudian berlanjut pada fase kedua yaitu dengan melempar barang dan fase selanjutnya menangis. 
  • Mengabaikan. Sudah tau kan bahwa tantrum itu adalah aktivitas, maka abaikan saja dan anggap saja anak sedang beraktivitas seperti biasanya selama tidak berlebihan ya tantrumnya. Ga usah marah atau menegur anak, memang sangat sulit melakukannya apalagi kalau anak tantrumnya di depan banyak orang yah, tapi percayalah anak akan berhenti sendiri kok malah kalau kita tegur yang ada anak semakin menjadi. 
  • Tidak perlu penjelasan. Kita juga orang dewasa kalau sedang emosi dan kesal kadang ga nerima penjelasan kan? Nah sama anak juga, saat anak tantrum juga mereka akan sulit mencerna penjelasan, jadi jika anak sedang tantrum ga usah diceramahin deh, nanti kalau sudah stabil emosinya baru bisa dijelaskan dan diberikan nasihat yang sejelas - jelasnya. 
  • Tantrum itu normal. Normal untuk anak  3 -  5 tahun, namun ga normal kalau tantrumnya terjadi setiap hari ya. Nah kalau tantrum terjadi setiap hari segerakan konsultasi ke dokter :).

Saya jadi ingat pas dulu lagi bertemu dengan calon pengantin yang akan fitting baju, kemudian Marwah menangis kenceng sekali, saya pun minta ijin ke klien untuk mengambilkan MArwah mainan dulu dan membuatkannya susu, jadi kalau anak sedang tantrum atau menangis ya prioritaskan anak dulu apapun kondisi kita, namun jangan sampai anak menjadikan tantrum sebagai senjata :). 


Semoga anak - anak kita selalu sehat dan panjang umur yah. 


Sampai jumpa dipostingan selanjutnya, 



Tuesday, 21 June 2016

Selamat Ulang Tahun Marwah
Selamat ulang tahun sayang,

Delapan tahun sudah kini usiamu nak, sudah besar ya. Padahal perasaan baru kemarin saja ibu menimang mu dan membantu kamu berjalan, sekarang? kamu sudah besar dan sudah bisa belajar banyak hal. 


Ulang tahun kali ini, tidak ada kue tart seperti 7 tahun lalu kemarin. Selama 7 tahun ibu selalu membelikan kue tart dengan karakter kesukaanmu, mulai dari Dora sampai Elsa Frozen. Namun sekarang kamu tidak meminta ibu untuk membelikannya, katamu tidak usah karena Ulang tahun bukanlah ajaran agama kita, ah kamu tau nak betapa ibu terharu ketika kamu mengatakan hal itu. 

Ulang tahun mu kali ini tidak ada nyanyian seperti ulang tahun mu terdahulu, kamu bilang ga usah nyanyi namun berdoa lebih baik, tuh bener kan kamu sekarang sudah besar sayang. Kamu sudah banyak memahami tentang semua hal, termasuk tentang ulang tahun. Padahal dulu kamu tuh seneng banget kalau ibu belikan kue tart, sekarang kamu hanya minta es krim dan roti saja untuk buka puasa. 

Marwah, sayangku. 

Masih panjang nak perjalananmu, melalui banyak hal dalam kehidupan. Akan semakin banyak rintangan yang bakalan kamu hadapi kelak, pesan ibu tetap jaga sholatmu dan terus perkuat bentengmu dengan kualitas iman yang semakin baik. 

Marwahku, selamat milad nak, semoga Allah senantiasa memberikanmu keberkahan dunia dan akhirat.. semoga Allah Swt memberikan pemahaman yang baik untuk mu dalam mencari ilmu nak, semoga kesehatan selalu ada padamu, panjang umur, dan menjadi anak solehah ya nak. Tumbuhlah menjadi muslimah solehah yang memiliki ahlak baik. 

Teruslah menjadi Marwah yang murah hati dan tidak pernah mengeluh. Menjadi manusia berguna untuk siapa saja ya sayang. Semoga semua cita - cita mu tercapai ya nak.


Aamiin Allahummaamiin. 





Dari ibu mu,




Monday, 20 June 2016

Nilai Akademis Bukanlah Segalanya
Bangga rasanya saat dihadiahi nilai bagus oleh Marwah, nilai yang membuat saya bahagia dan senang atas prestasi Marwah selama satu tahun di Sekolah Dasar ini. Banyak perubahan positif dalam diri Marwah setelah ia sekolah. Alhamdulillah bukan semata akademis saja yang berubah dalam diri anak saya namun juga ahlak nya pun semakin mengalami perubahan yang positif disetiap harinya.

Namun nilai akademis bukanlah ukuran buat saya, saya inginkan Marwah memiliki ahlak yang solehah dan pemahaman yang baik.


Orang tua mana sih yang enggak mau anaknya memiliki nilai akademis yang bagus dan banyak prestasi? Semua orang tua menginginkan hal itu, termasuk saya makanya sampai rela merogoh banyak uang untuk menyekolahkan anak ke sekolah yang dianggap berkualitas dan bisa membuat anak semakin baik dan hebat, betulkan?

Namun dalam pandangan saya, sekolah berkualitas bukanlah sekolah yang mahal, namun sekolah yang mampu mendidik ahlak muridnya, sekolah yang bisa merubah ahlak muridnya menjadi lebih baik lagi setiap harinya, itu yang menjadi tolak ukur sekolah berkualitas bagi saya, entah ya kalau tolak ukur orang tua lainnya.
Pendidikan karakter, sulit sekali didapatkan di sekolah yang katanya berkualitas sekalipun, karena kebanyakan orang tua itu berpikirnya anak harus pintar nilai akademisnya dan memang tidak saya pungkiri juga sih kalau faktor nilai akademis ini akan menjadi nilai plus dan faktor kelulusan dijenjang pendidikan anak berikutnya. 

Karena apa? Karena dari dulu sampai sekarang masyarakat itu cenderung banget memusatkan konsentrasinya pada nilai akademis, mereka memberikan penilaian bahwa yang nilainya jelek otomatis dia bodoh, oh no sebenarnya bukan seperti itu. Itu hanyalah pemikiran masa lampau. Tolak ukur bukan hanya dari angka yang berderet yang memiliki nilai fantastis dan prestasi yang segudang untuk mencap anak itu hebat atau tidak namun perkembangan karakter loh yang seharusnya dipikirkan para orang tua, perkembangan karakter itulah yang sebenarnya menjadi tolak ukur untuk masa depan anak apakah ia mampu bersaing dengan sehat, apakah mampu anak mengendalikan diri, apakah mampu anak bersikap santun dan sopan,apakah anak memiliki jiwa sosial??? Inilah yang menjadi pertimbangan saya karena menurut saya pendidikan karakter adalah fondasi paling utama untuk anak.


semoga anak kita menjadi anak solehah, dan berahlak mulia serta memiliki pemahaman yang baik. Aamiin. 



Bandung, Juni 2016 






Yuk, Ajarkan Anak Puasa Sejak Dini
Bulan Ramadan ini adalah tahun pertama Marwah belajar puasa secara full sampai adzan maghrib. Betapa bahagianya hati ibu ini ketika Marwah berhasil puasa sampai adzan Maghrib, semoga kuat puasanya sampai akhir Ramadan ya nak, aamiin.

Tahun sebelumnya, ketika Marwah TK ibu menjelaskan apa sih puasa tiu dan apa saja yang harus dihindari selama puasa supaya pahalanya tidak hilang, dulu sih Marwah puasanya cuman sampai adzan dzuhur saja dan kembali puasa sampai maghrib, namun tahun ini full, alhamdulillah. 

ajarkan anak puasa


Puasa itu wajib, makanya sejak kecil saya sudah menerapkan pada Marwah, karena anak perempuan itu baligh nya cepat jadi harus sejak dini dididik tentang agama. Selain itu juga kan puasa memiliki banyak sekali manfaat bagi anak selain itu juga kan anak perempuan itu balighnya lebih cepat jadi ya harus membiasakan berpuasa sejak dini, puasa itu kan wajib hukumnya. Tugas sebagai orangh tua selain memberikan contoh nyata pada anak adalah menanamkan apa itu puasa dan hukum puasa, setelah anak paham maka selanjutnya saya memberikan pendekatan pada Marwah dengan cara yang sangat menyenangkan untuknya dengan tujuan agar ia tertarik.

Terus manfaat puasa buat anak itu apa aja sih???

Dengan puasa, mendekatkan anak pada agama. Karena puasa itu adalah perintah Allah Swt maka saya melakukan pendekatan sejak dini pada Marwah dengan menceritakan semua keindahan bulan puasa. Jelaskan pada anak bahwa puasa itu adalah mengenai kehidupan dan rasa bersyukur, saya melatih Marwah sejak kecil untuk memahami arti puasa dan juga sedikit demi sedikit mengenalkan ayat – ayat alquran mengenai puasa dan bagaimana sih cara menjalankan puasa dengan benar itu, dengan memulainya sahur dan niat berpuasa sampai dengan berbuka puasa ketika adzan maghrib.

Dengan puasa juga bisa mengajarkan rasa disiplin pada anak. Tujuan lain adalah membuat Marwah bisa disiplin masalah waktu, karena kan dengan belajar puasa anak harus bangun untuk makan sahur, jadi kedepannya semoga anak bisa senantiasa bangun lebih awal untuk sholat subuh kan, aamiin. Saat berbuka puasa pun demikian.

Rasa empati juga bisa diajarkan ketika berpuasa. Menjalan kan puasa berarti menahan lapar dan dahaga, dengan begitu anak bisa merasakan empati pada orang lain yang merasa kelaparan dan kehausan karena ia tau bagaimana rasanya.

Dengan berpuasa, tubuh anak menjadi lebih sehat. Puasa juga mengajarkan anak jujur, menahan rasa lapar, rasa haus dan juga hawa nafsunya.


Dan masih banyak manfaat lainnya juga, jadi ayo semangat mengajarkan anak berpuasa sejak dini agar ketika anak dewasa ia akan terbiasa dengan puasa.


Semoga anak - anak kita selalu dilimpahkan keberkahan, kesehatan, kecerdasan dan umur panjang, aamiin Yaa Rabb. 


Sampai jumpa dipostingan berikutnya :) 

Bandung, hari ke- 15 Ramadan 





Thursday, 16 June 2016

Tempat Wisata Ramah Anak Di Bandung
Hallo, 

Bandung ternyata selain pemandangan alamnya yang yahud, Bandung juga merupakan kota wisata yang ramah anak looh, buktinya banyak sekali tempat wisata yang ramah anak, yang membuat anak nyaman, fun dan bisa lebih mengenal alam. 

Oke, saya tuliskan deh satu persatu tempat wisata yang kids friendly di kota Bandung ya. 

Farmhouse, ini salah satu tempat wisata yang sedang happening banget di Bandung. Letaknya di Lembang, Keunikan dari Farmhouse ini selain adanya rumah hobbit juga ada fasilitas jenis hewan yang mana anak - anak bisa berinteraksi langsung, seperti kelinci, domba, kambing bahkan kura - kura. Disana, anak - anak bisa memberi makan langsung pada hewan. Oiya domba yang ada di farmhouse ini lucu - lucu, gendut dan bulunya lebat banget plus bersih juga. Farmhouse buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, oiya nanti kalau beli tiket disini jangan dibuangnya ya karcis atau tiket masuknya karena bisa ditukar sama susu sapi atau sosis bakar, kan llumayan hihi. 

Foto diambil dari wisatabdg.com 

Floating Market Lembang, terletak di jalan Grand hotel no. 33E, lembang. Disini juga tiket masuknya bisa ditukarkan dengan minuman, bisa ditukar dengan es lemon tea atau coffe latte. Di sini juga banyak wahana dan taman bermain yang ramah anak serta menyenangkan. Ada kereta air, yang mana kita bakalan diajak berkeliling floating market yang sangat luas. Anak - anak juga bisa memberi makan ikan di danaunya. Di floating market juga ada taman kelinci, taman kelinci ini ada rerumputan, terowongan mini untuk kelinci, ah unyu deh dan pasti anak bakalan senang berinteraksi dengan kelinci. Selain itu juga ada miniatur kereta api dan flying fox untuk anak, dijamin anak bakalan bahagia. 



Sebenarnya banyak banget sih tempat lainnya yang kids friendly, kalau disebutin bakalan males juga bacanya haha. Tapi ada yang unik nih, buat para orang tua yang ingin memanjakan anak sambil belanja alias shopping, sambil nge mall bisa sambil ajakin anak main juga.

Di paris Van Java ada kebun bunga dan minifarm. Skyfield adalah nama dari kebun cantik yang ada di PVJ ini, nah ditengah perkebunan mini ini ada jalan setapak gitu dan fungsinya untuk mengelilingi perkebunan. Sekeliling kebun ini ada taman burung, bunga yang berwarna - warni pokoknya indah deh, bukan hanya anak yang bakalan suka namun orang tua juga doyan berlama - lama disini. Oiya disamping kebun ada kandang kalkun juga. 


Untuk mini farm nya atau lactasari farm ini enggak luas banget, lah namanya juga mini hehe. Di sini ada hewan juga kayak kelinci, anjing, kambing, sapi dan  domba. laktasari ini adanya di rooftop PVJ. Bakalan senang deh ajakin anak bermain disini. 




Setelah seharian bermain bersama anak, kalau pas malam - malamnya main deh disekitaran jalan dago sambil menikmati jagung bakar, ketan bakar atau nasgor pinggir jalan dago yang enak sekali. Jadi saya sarankan kalau memang ke Bandung untuk liburan mending penginapannya nyari hotel di dago Bandung aja biar enak akses kesana kemarinya. Karena kan hotel di dago itu deket dengan BIP dan juga dekat dengan taman - taman yang sedang kekinian di Bandung loh. 

Semoga membantu ya dalam mencari tempat wisata bersama anak :). 

Sampai jumpa dipostingan berikutnya :). 





Monday, 6 June 2016

IMUNOS,  sistem keamanan yang selalu siaga menjaga tubuh dari ancaman
IMUNOS,  sistem keamanan yang selalu siaga menjaga tubuh dari ancaman.
Semenjak Marwah sakit thypus beberapa bulan lalu itu, saya jadi sangat khawatir pake banget. Ketika Marwah demam sedikit aja saya langsung panik dan segera ke dokter, padahal kan ga mesti gitu yah, hihih tapi ya namanya juga orang tua. Saya takut kalau sistem kekebalan tubuh Marwah menjadi turun karena penyakit dan infeksi, maka dari itu saya harus menjaga sistem kekebalan tubuhnya agar kembali kuat adalah dengan menjaga konsumsi makanannya.


Sistem kekebalan tubuh anak itu serupa security, jadi tubuh itu memiliki sistem keamanan yang selalu siaga menjaga tubuh dari ancaman. Sistem ini dinamakan sistem imun atau imunitas tubuh. Sistem imun yang siaga 24 jam ini bisa lemah juga loh, jadi harus ekstra dong menjaganya agar tetap siaga dan tidak lemah. Diantaranya adalah dengan memberikan asupan nutrisi alami. 

Faktor yang menjadi penyebab berkurangnya sistem kekebalan tubuh misalnya stress, susah tidur, kebiasaan makanan yang kurang sehat dna hal lainnya. Anak - anak rentan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. 


Saya memberikan Marwah IMUNOS, Imunos ini tidak kayak vitamin yang cuman membantu meningkatkan daya tahan tubuh namun juga bekerja secara langsung untuk memperkuat imun dengan melakukan produksi antibodi yang menjaga benteng pertahanan tubuh atau disebut dengan imuno modulator. Pada orang sehat sistem imun yang sangat kuat bakalan mencegah penyakit. Sistem imun yang kuat akan membantu mempercepat penyembuhan. Kandungan yang terdapat pada IMUNOS adalah Echinacea (EFLA 894) 500mg, zinc picolinate 10mg, selenium 15mcg, ascorbic acid 50mg.