Yang Harus Dijelaskan Pada Anak Perempuan Tentang Haid Pertamanya

Memiliki anak perempuan itu amazing banget yah. Akan datang masa dimana kita akan menyaksikan anak mendapat haid pertamanya, duh. Tidak terbayangkan deh, perasaan saya bagaimana nanti jika neng Marwah mengalami haid pertamanya. 

Haid pertama pada anak perempuan itu biasanya terjadi di usia 10 - 12 tahun, makanya nih jauh - jauh hari saya sudah mempersiapkan mental dan juga mempersiapkan hal lainnya, jangan sampai ketika neng Marwah haid pertama, saya ikutan kaget. 



Jadi, saya rasa perlu sekali mengenalkan dan memberikan penjelasan terkait hal ini pada neng Marwah sejak dini.  Obrolan tentang haid ini saya obrolkan dengan neng Marwah dalam bahasa yang mudah dicerna, jadi anak akan cepat paham juga. 

Mengenalkan tentang proses haid pada anak 

Yang saya pertama lakukan adalah, mengenalkan istilah haid, menstruasi, mens atau dabul (datang bulan). Biar neng Marwah engga bingung ketika mendengar istilah ini dari teman - temannya. NAh setelah anak paham istilahnya, kemudian saya jelaskan bahwa normal banget untuk setiap perempuan alami menstruasi / haid setiap bulannya. Artinya kondisi rahim dan sistem reproduksinya sehat. 




Apa itu haid? pasti anak bertanya itu dong. Nah siapkan juga jawabannya, yang masuk akal yah. 

Haid/menstruasi : proses luruhnya dinding rahim, dikarenakan sel terus yang matang tidak terbuahi. 

Saya sih jelasinnya pakai video, jadi biar lebih jelas. Bagus juga sih kalau dibarengi dengan buku, namun saya belum nemu buku yang pas jadi saya search video di Youtube saja. 

Jelaskan tentang siklus / jadwal haid 

Saya berulang menjelaskan pada neng marwah bahwa dia harus senang jika nanti haid, tandanya sehat dan sistem reproduksinya mulai aktif. Dan yang penting nih, neng Marwah bukan lagi anak - anak, namun sudah menjadi remaja. Jelaskan juga bahwa haid ini akan selalu datang setiap bulannya. 

Jelaskan juga berapa lama biasanya alami haid setiap bulannya. Haid biasanya terjadi antara 3 - 7 hari setiap bulannya. Volume darah haid yang keluar pun beda - beda setiap orang. Ada yang haidnya  sampai 7 hari , ada juga yang hanya 4 hari. Tergantung hormon juga. 


Jelaskan tentang cara atasi nyeri haid dan gejala fisik selama haid 

Haid sebenernya gak bikin sakit, jika normal. Namun kan kondisi beda - beda. Ada yang alami kram perut dengan emosi yang tidak stabil, itu memang dampak biasa dari haid. Bahkan ada yang alami haid dan merasakan kesakitan yang hebat loh, ini terjadi jika memang kondisi kesehatan sedang tidak baik. Atau memang ada gangguang hormonal. 

Jadi saya jelaskan nih sama neng Marwah bahwa haid itu memang gak sakit, walaupun banyak darah yang keluar, anak pasti akan sangka sakit dong. Saya pun jelaskan, bahwa darah haid yang keluar itu adalah darah kotor yang tidak baik untuk tubuh kita makanya dikeluarkan. Bisa dikatakan sebagai pembersih otomatis yang dikeluarkan setiap bulannya. 

Jelaskan larangan dan apa saja yang harus dilakukan selama haid 

Selama haid, aktivitas tidak ada yang berubah, tetap harus mandi dan bersih - bersih plus melakukan kegiatan sepeti biasanya. Namun tidak untuk ibadah. Selama haid tidak boleh sholat alias gugur kewajiban menunaikan ibadah shalat dan puasa, namun bisa melakukan ibadah lainnya seperti berdzikir. Jadi anak pun akan paham. 

Duh, deg  - deg an kan?

Semoga nanti pas neng Marwah mendapatkan haid pertama ibu gak deg-deg an yah, doain ibu tenang yah hehe. 


With love,


Tian lustiana 

Post a Comment

0 Comments