Cara Mendeteksi Anak Yang Mengalami Proses Growth Spurt - Cerita Ibu - Parenting Blogger Indonesia

Friday, 18 May 2018

Cara Mendeteksi Anak Yang Mengalami Proses Growth Spurt

" Ya ampun anak ini udah gede aja, ga kerasa banget deh." 

Suka ngucapin kayak gitu gak kalau liat anak yang tiba - tiba udah gede aja. Ya, saya sedang merasakan itu dan saya merasa anak saya, neng Marwah kok tiba - tiba udah gede saja udah mau kelas 4 SD loh, perasaan baru kemarin masih bayi yang sering saya timang. Saya rasa baru kemarin banget neng Marwah masih bayi sekarang sudah mau 10 tahun saja, duh serasa ajaib banget ini. 

Ternyata bukanlah perasaan saja kalau merasa anak tiba - tiba sudah besar, ini adalah lonjakan pertumbuhan, dimana anak itu mengalami kenaikan signifikan pada berat badan dan tinggi badannya, biasanya disebut growth sprut. Biasanya sih paling keliatan banget itu pas bayi atau pas anak memasuki masa pubertas, kok tiba - tiba udah gede aja hehe. 

Saya pernah liat juga anak temen, kecil gitu eh sekarang pas masuk masa pubertas jadi tinggi besar, lah kok ini kok cepet banget tumbuhnya hehe, padahal saya masih segini - gini aja nih haha. 

Loh kok bisa ya bu ibu anak tumbuh dengan cepat gitu?? 

Ketika anak usia 2 sampai 4 tahun, anak akan mengalami pertumbuhan tinggi setiap tahunnya ya naik 2 sampai 3 inchi lah. Plus diikuti berat badan yang bertambah juga setiap tahunnya. Itu normalnya ya tapi ada juga yang mengalami growth spurt loh, anak akan mengalami lonjakan pertumbuhan dalam waktu sekejap atau misalnya yang lain butuh sebulan, anak kita malah butuh seminggu saja, lebih cepet tentunya dibandingkan pertumbuhan normal. 

This photo taken from Parent Republic 

Gimana nih caranya mendeteksi apakah anak kita sedang mengalami proses growth spurt??? Dan cara - caranya itu adalah : 

  • Anak mengalami durasi tidur siang yang lebih lama dibandingkan biasanya, sedangkan ketika malam anak malah begadang. 
  • Anak yang tadinya engga manja, mendadak menjadi manja dan suka mencari perhatian, ingin terus berada disisi ibunya padahal gak ada tanda - tanda anak lagi sakit. Kan biasanya anak kalau lagi sakit suka manja yah. Biasanya kita bilang anak lagi grumpy atau rewel. 
  • Anak lebih lapar dari biasanya, porsi makannya bertambah dan lebih banyak dari porsi makan sebelumnya. Jadi kalau anak lagi ga nafsu makan ya gausah dipaksain juga, karena growth spurt ini proses alami dan tidak perlu khawatir kalau anak makannya banyak, hanya beberapa hari saja kok dan gak bakalan sampai obesitas. 


Saya sendiri malah baru sadar anak saya sudah mengalami lonjakan pertumbuhan itu pas memakaikan baju yang tiba - tiba mengecil, hehe.  Sering banget nih saya ngalami, ketika mau pakein neng Marwah kaos atau baju eh ga muat, perutnya malah keliatan nyembul. Atau pas saya pakein celana juga gitu, tau - tau ga bisa disleting aja celana nya. 

Sebenernya gak usah dikhawatirkan sih masalah growth spurt ini, palingan kita harus beliin baju baru ya kan? hehe. 








1 comment:

  1. Growth Spurt emang ada masa-masanya pada anak, so jangan khawatir dengan anak yg berbadan kecil nanti juga gede, kaya si kaka olive nih, sekarang nambru hihii

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)