Cara Mendeteksi Anak Yang Mengalami Proses Growth Spurt

22 comments
" Ya ampun anak ini udah gede aja, ga kerasa banget deh." 

Suka ngucapin kayak gitu gak kalau liat anak yang tiba - tiba udah gede aja. Ya, saya sedang merasakan itu dan saya merasa anak saya, neng Marwah kok tiba - tiba udah gede saja udah mau kelas 4 SD loh, perasaan baru kemarin masih bayi yang sering saya timang. Saya rasa baru kemarin banget neng Marwah masih bayi sekarang sudah mau 10 tahun saja, duh serasa ajaib banget ini. 

Ternyata bukanlah perasaan saja kalau merasa anak tiba - tiba sudah besar, ini adalah lonjakan pertumbuhan, dimana anak itu mengalami kenaikan signifikan pada berat badan dan tinggi badannya, biasanya disebut growth sprut. Biasanya sih paling keliatan banget itu pas bayi atau pas anak memasuki masa pubertas, kok tiba - tiba udah gede aja hehe. 

Saya pernah liat juga anak temen, kecil gitu eh sekarang pas masuk masa pubertas jadi tinggi besar, lah kok ini kok cepet banget tumbuhnya hehe, padahal saya masih segini - gini aja nih haha. 

Loh kok bisa ya bu ibu anak tumbuh dengan cepat gitu?? 

Ketika anak usia 2 sampai 4 tahun, anak akan mengalami pertumbuhan tinggi setiap tahunnya ya naik 2 sampai 3 inchi lah. Plus diikuti berat badan yang bertambah juga setiap tahunnya. Itu normalnya ya tapi ada juga yang mengalami growth spurt loh, anak akan mengalami lonjakan pertumbuhan dalam waktu sekejap atau misalnya yang lain butuh sebulan, anak kita malah butuh seminggu saja, lebih cepet tentunya dibandingkan pertumbuhan normal. 

This photo taken from Parent Republic 

Gimana nih caranya mendeteksi apakah anak kita sedang mengalami proses growth spurt??? Dan cara - caranya itu adalah : 

  • Anak mengalami durasi tidur siang yang lebih lama dibandingkan biasanya, sedangkan ketika malam anak malah begadang. 
  • Anak yang tadinya engga manja, mendadak menjadi manja dan suka mencari perhatian, ingin terus berada disisi ibunya padahal gak ada tanda - tanda anak lagi sakit. Kan biasanya anak kalau lagi sakit suka manja yah. Biasanya kita bilang anak lagi grumpy atau rewel. 
  • Anak lebih lapar dari biasanya, porsi makannya bertambah dan lebih banyak dari porsi makan sebelumnya. Jadi kalau anak lagi ga nafsu makan ya gausah dipaksain juga, karena growth spurt ini proses alami dan tidak perlu khawatir kalau anak makannya banyak, hanya beberapa hari saja kok dan gak bakalan sampai obesitas. 


Saya sendiri malah baru sadar anak saya sudah mengalami lonjakan pertumbuhan itu pas memakaikan baju yang tiba - tiba mengecil, hehe.  Sering banget nih saya ngalami, ketika mau pakein neng Marwah kaos atau baju eh ga muat, perutnya malah keliatan nyembul. Atau pas saya pakein celana juga gitu, tau - tau ga bisa disleting aja celana nya. 

Sebenernya gak usah dikhawatirkan sih masalah growth spurt ini, palingan kita harus beliin baju baru ya kan? hehe. 








Tian Lustiana
Tian Lustiana is a ordinary people with extraordinary dreams.

Related Posts

22 comments

  1. Growth Spurt emang ada masa-masanya pada anak, so jangan khawatir dengan anak yg berbadan kecil nanti juga gede, kaya si kaka olive nih, sekarang nambru hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener teh, dulu juga sih Marwah pas bayi kecil hese naik berat badanna wkwkkw, sekarang badag

      Delete
  2. Dulu aku begini mba, kelas 4 sd tiba-tiba tinggi nyalahin kakakku, malamnya susah tidur.. Aku baru tahu kalo hal ini namanya growth spurt, makasih banyak sharingnya mba, now i know 😆

    ReplyDelete
  3. Seiring usianya anak2 akan terus bertambah pertumbuhannya. Kebalikannya dan beda dengan orang tua makin kesini malah makin mengkerut. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihih beda ya orang tua sama anak - anak mah heheh

      Delete
  4. Anakku kelas 3SD aku les in renang dan disekolah eskul basket..Wah luar biasa tumbuh dan makannya. Senang aja sih

    ReplyDelete
  5. Ooo jadi itu normal ya mbak..karena sekarangpun aku lagi ngalamin. Liat pertumbuhan anakku yang bungsu kok cepet banget ya, pas banget ma ciri2nya itu. Kadang mikir, apa anak saya kelaperan banget ya sampe nafsu makannya besar banget..

    ReplyDelete
  6. Ibu baru mesti tahu hal ini ya. Mungkin bakal kaget pertama ketika lihat anaknya tidur mulu dan cepet jadi gendutnya.

    ReplyDelete
  7. Wah aku sempet agak khawatir nih mbak tentang growth spurt ini. Alhamdulillah terjawab semua kekhawatiran aku.. Jadi lebih semangat ngurusin anak

    ReplyDelete
  8. Aku yaaah gitu, ngeliat si kakak. Rasanya ga percaya dia udah gede banget dan mau SMP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gitu yah, jadi tiba - tiba terasa gede aja yah

      Delete
  9. Harus jeli bedain antara anak kelaparan krn nyusunya gak bener atau growth spurt ya mbak. Keinget zaman nyusuin anak yg lagi GS susah ngapa2in sampai makan di kasur sambil nunggun bayi hehe

    ReplyDelete
  10. Jadi wajar ya Growth Spurt, jadi ga usah kuatir lagi deh.
    Terima kasih untuk sharingnya ya teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya selama masih dalam batas kewajaran sih oke ya Egy!

      Sama - sama Egy

      Delete

Post a Comment