Wednesday, 20 June 2018

,

Jaga Kesehatan Mata Anak Dari Radiasi Gadget

Teknologi semakin berkembang dan maju dengan sangat pesat banget ya bu ibu. Ini nih yang bikin ibu – ibu dilemma. Mau kasih gadget ke anak tapi takut anak menjadi ketergantungan dan takut mata anak menjadi rusak, tapi kalau engga kasi juga nanti takutnya anak gaptek, dilema banget kan? Padahal jelas – jelas dampaknya buruk ya kalau memberikan gadget pada anak, selain mata anak menjadi rusak nantinya konsentrasi anak pun menjadi gampang teralihkan.

Coba deh perhatiin, sekarang banyak anak – anak yang sudah pakai kacamata ya. Zaman saya dulu kecil sih jarang banget anak – anak pakai kacamata kecuali kutu buku, hihi.

Kayak neng Marwah aja, kalau lagi libur dia minta “ jatah “ untuk main gadget, apalagi ini pas puasa, kalau ga dikasi dia alasannya pengen ngebuburit sambil main gadget, akhirnya dengan berat hati saya kasi deh izin untuk main gadget selama libur bulan puasa ini.


Dan kemarin neng Marwah mengeluhkan matanya perih dan neng juga sering gosok – gosok matanya. Duh saya takutnya kalau terus menerus neng Marwah main gadget bisa membuat mata nya lelah, mata lelah itu biasanya berdampak pada pandangan yang buram dan bisa sampai sakit kepala. Tapi sejauh ini alhamdulilah sih neng belum mengeluhkan pandangan yang buram atau sampai sakit kepala, jangan sampai deh.



Untuk menghindari supaya mata anak tetap terjaga tentu saja ya dibutuhkan jurus – jurus khusus untuk menjaga kesehatan mata anak. Karena zaman now gadget sangat sulit dipisahkan dari anak – anak , melarang sudah ga mungkin lagi kan bu ibu? Dan menurut saya juga bukanlah solusi yang bijak jika bener – bener melarang anak bermain gadget.


Nih saya ada beberapa solusi menghindari dampak buruk gadget untuk mata anak, diantaranya adalah :

JAGA JARAK
Menjaga jarak mata dengan layar gadget atau layar pc, jangan terlalu dekat. Begitupun ketika anak sedang membaca buku juga ga boleh terlalu dekat. Minimal berikan jarak 40cm. kalau jarak terlalu dekat ini bakalan bikin mata bekerja menjadi semakin keras, jadi selama anak sedang bermain gadget atau membaca buku perhatikan jaraknya ya bu.

TINGKAT KECERAHAN
Ibu – ibu wajib memperhatikan tingkat kecerahan pada layar gadget yang digunakan anak, karena kalau gadgetnya terlalu redup juga ga bagus untuk mata  anak, tapi kalau terlalu cerah juga nanti mata anak bakalan kaget dan cepat lelah. Jadi harus standar saja kecerahannya.

JANGAN MAIN GADGET DALAM KEGELAPAN
Menggunakan gadget dalam ruangan gelap akan membuat mata bekerja lebih keras dan bakalan cepat lelah juga, jadi mendingan main gadget diruangan yang terang.

BERI WAKTU MATA ISTIRAHAT
Bermain gadget dalam waktu lama bakalan bikin mata cepet lelah, biasanya kalau mata lelah itu akan terasa tegang, perih, panas dan gatal. Jadi biarkan anak mengistirahatkan matanya dengan memberikan jadwal untuk bermain gadget, misalnya anak bermain gadget sehari hanya 3 jam saja, ini semua demi kesehatan mata anak supaya otot mata anak lemas dan otot – otot mata menjadi lebih fokus lagi bekerjanya.


BERIKAN SUPLEMEN UNTUK MENJAGA KESEHATAN MATA ANAK
Jaga kesehatan mata anak dengan memberikan suplemen yang mengandung luthein dan Zeaxanthin yang gunanya untuk meningkatkan ketajaman mata, mengatasi mata lelah, mengurangi resiko katarak dan penyakit mata lainnya. Untuk urusan suplemen untuk menjaga kesehatan mata neng Marwah, saya percayakan pada Eyevit. 


Kenapa saya memilih EYEVIT? 

Vitamin mata EYEVIT ini mampu meningkatkan kesehatan mata anak dari resiko miopia dan juga bisa meningkatkan ketajaman fungsi penglihatan. Apalagi kandungan - kandungan yang terkandung dalam EYEVIT ini memang sangat berguna sekali untuk kesehatan mata anak dan juga mata orang dewasa.

Apa saja sih kandungan dalam EYEVIT ? 

Buah Bilberry 

Buah Bilberry mengandung banyak manfaat loh bu ibu, diantaranya adalah untuk mengatasi gangguan pembuluh darah dan juga penyakit mata karena buah Bilberry mengandung zat aktif yang dikenal dengan antosianosida atau istilah keren dan bekennya itu antioksidan, bagus ini buat vitamin mata.

Bilberry juga bisa mencegah katarak loh, mampu juga mengurangi mata minus atau yang bermasalah dengan penglihatan buram dan rabun senja karena ada kandungan flavanoids nya yang membangun kolagen didalam pembuluh darah mata.



Ketika usia mulai bertambah, maka sel - sel mata bakalan mulai mengalami kerusakan, nah Bilberry inilah yang akan membantu menghentikan penyebaran degenerasi makula yang diakibatkan kerusakan retina.

Adapun fungsi dari Bilberry itu sendiri adalah sebagai :

  • Antioksidan, sampai 20kali dari vitamin C dan bisa sampai 50kali dari Vitamin E . 
  • Mampu meningkatkan metabolisme retina.
  • Mencegah kerusakan pada retina.
  • Mampu meningkatkan perbaikan pada sensitivitasnya retina.
  • Meningkatkan ketajaman penglihatan mata.
  • Mampu meningkatkan penglihatan pada malam hari.
  • Menurunkan rasa silau karena cahaya. 

Banyak kan fungsi dari Bilberry nya.


Lutein 

Lutein itu merupakan zat aktif yang sangat baik digunakan sebagai vitamin mata karena mampu menjaga kesehatan mata, mampu juga menjaga supaya mata minus engga bertambah. Lutein ini engga bisa disintesis dalam tubuh, jadi perlu dari asupan makanan. Dengan lutein maka perbaikan fungsi penglihatan akan mulai terasa dalam 1 - 2 minggu an.


Lutein memiliki fungsi baik untuk kesehatan mata, diantaranya adalah : 

Melindungi fungsi penglihatan, 
Lutein akan memberikan karotenoid yang alami, karotenoid itu semacam bahan aktif yang biasanya ditemuin dalam wortel. Jadi baik banget bu ibu jika membiasakan anak konsumsi wortel yah. Kandungna lutein juga mampu menjaga supaya mata minus itu ga nambah minusnya.

Memperkuat retina,
Fungsi retina itu akan menurun loh seiring bertambahnya usia atau ketika kekurangan asupan nutrisi. Mata harus selalu dipastikan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung. Lutein juga mampu melindungi retina dari kerusakan dan mampu menjaga fungsi penglihatan supaya tetap dalam tingkatan optimal. 


Zeaxanthin 

Zeaxanthin ditambah dengan lutein adalah jenis karotenoid satu - satunya dalam makula mata, inilah yang akan menyerap sinar biru yang berbahaya, ini juga yang melindungi mata dari degenerasi dan juga dari katarak.


Ketika zeaxanthin dirasa jumlahnya cukup dalam area makula, maka penglihatan akan nampak jelas dan kemudian menyampaikan ke otak. Namun jika kekurangan zeaxanthin dan lutein akan menyebabkan AMD (degenerasi makula) yang terkait kebutaan, katarak, astigmatisme, presbiopia, miopia pseudo dan juga kelelahan pada mata.


Dan kandungan lainnya yang terkandung dalam vitamin mata EYEVIT. EYEVIT adalah satu - satunya suplemen untuk mata yang formula nya komplit, perpaduan Bilberry, Lutein dan juga Zeaxanthin dan komponen antioksidan lainnya yang mampu mengatasi radikal bebas yang bisa merusak mata.


EYEVIT ini alhamdulillah saya andalkan untuk melindungi mata neng Marwah dari paparan sinar biru dari gadget yang akan merusak matanya jika tidak dilindungi. Neng Marwah konsumsi EYEVIT Syrup sehari 2 kali 1 sendok teh, karena kan usianya neng sudah antara  6 - 12 tahun. Kalau untuk usia 1 - 6 tahun bisa dikasi 1/2 sendok teh saja sehari 2 kali. Kalau ibu dan ayah nya konsumsi EYEVIT yang tablet sehari 2 - 3 kali 1 tablet .

EYEVIT ini alhamdulillah aman dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, karena kan ini herbal jadi aman dong. Untuk informasi lengkap dan mau tes mata gratis langsung saja ke : http://eyevit.co.id/ .



With love,


Ibu



Share:
Read More

Tuesday, 5 June 2018

,

Faktor Yang Mempengaruhi Anak Berperilaku Buruk

Sejak neng Marwah lahir saya merasakan kebahagiaan yang sangat luar biasa, suami saya pun demikian. Yah, kami sekeluarga merasakan hal yang sama, kami bahagia. Setiap anak yang terlahir kedunia adalah anak yang hebat, lengkap dengan kelebihan dan kekurangan anak. Orang tua harus mau menerima kekurangan anak dan menonjolkan atau mengembangkan kelebihan anak. Jadi, meski dulu neng Marwah masih bayi, saya dan suami sudah diskusikan masalah ini.


Dalam anggapan saya , setiap anak itu udah ada potensinya masing – masing, yang potensinya itu beda dengan anak – anak lain, jadi saya kurang suka kalau masih ada yang suka membanding -  bandingkan anak saya dengan anak mereka, helloooow setiap anak itu berbeda dong pak , bu. Pokoknya saya sebel banget sama ibu – ibu atau bapak – bapak yang hobinya membandingkan anaknya dengan anak yang lain yang memang dibawah standar anaknya. Temen – temen ada yang suka sebel juga gak sih kalau anaknya disbanding – bandingkan?

“setiap anak itu polos, bak kertas putih bersih”
Pernah denger ungkapan gitu, hmmm saya sih kurang setuju sama ungkapan itu, karena kebanyakan orang tua menganggap anak itu bak kertas putih jadi mereka sukanya melukis kertas putih itu semaunya.


Buat saya, anak terlahir dengan potensi tersendiri, dengan  kemampuan tersendiri, orang tua hanya butuh merangsang dan membuat anak menjadi dirinya sendiri. Sebagai orang tua, tugas saya harus memberikan pendidikan pada anak, kasih sayang, perlindungan, cinta serta pola asuh yang akan mencetak kepribadian anak. Nah inilah yang bikin karakter anak beda, dari cara orang tua menstimulasi dan pola asuhnya.

Makanya kalau ada anak yang gak bisa diatur apakah memang itu salah anak? Yakin? Bahkan orang tua nya sendiri loh yang melabeli anak itu, katanya anak nakal. Hmm padahal penyebabnya adalah pola asuh orang tua, ya orang tua lah yang memegang kendali dan juga memiliki peran utama dalam hal membentuk karakter dan kepribadian anak, jadi jangan langsung salahin anak, introspeksi dulu ke diri sendiri. Selalu saya ingat bahwa anak melakukan apa yang orang tua contohkan!

Sebenernya apa sih yang mempengaruhi kok anak menjadi seperti itu? Ternyata ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi kenapa anak menjadi keras dan nyaris susah diatur diantaranya adalah :  

Karena orang tua nya sendiri
Orang tua itu perannya gede banget ya dalam kehidupan anak. Dari mendidik dan membimbing anak dilakukan orang tua, lengkap yah ayah dan ibu. Saya suka mikir ketika anak susah diatur padahal pola asuh dirasa sudah benar deh, apalagi nih yang salah. Kadang saya suka nanya pada diri saya sendiri, apa iya saya salah mendidik anak. 

Orang tua yang suka interogasi anak ketika anak salah atau selalu berprasangka buruk malah yang ada bakalan membuat benci dalam diri anak, anak akan merasa diperlakukan tidak adil, anak akan merasa bersalah terus karena terpojokkan. Inilah akhirnya anak kadang menjadi pemberontak dan kadang bohong karena takut diinterogasi dan dimarahi orang tuanya. 

Karena pengaruh lingkungan
Oke, di rumah udah merasa baik bimbing anak tapi kadang anak masih saja engga nurut, coba deh cek lingkungan sekitar, apakah disana masalahnya. Karena lingkungan juga memiliki pengaruh loh sama kepribadian anak. 

Bagaimana kalau faktor bawaan anak? Kalau sejak lahir anak sudah ada sisi negatifnya? gimana dong supaya bisa menghapus sifat negatif pada diri anak? 

Berikan kepercayaan pada anak! 
Penting banget loh memberikan kepercayaan pada anak. Tanamkan kepercayaan dalam diri anak bahwa mereka adalah anak yang baik dan mandiri, hebat, pintar, soleh - solehah dan sehat. Terus berikan afirmasi itu pada anak, secara tidak langsung itu sudah mempertahankan kepercayaan anak. 

Insya allah next postingan saya akan bahas tips agar anak merasa percaya diri :). 


Feel free to sharing yaaa bu ibu, :) 



With love,


Tian lustiana 





Share:
Read More

Saturday, 2 June 2018

,

Tips Supaya Anak Menghabiskan Bekal Sekolah

Bu ibu suka kesel gak kalau anak tidak menghabiskan bekalnya? 
Kebayang yah bu ibu kita masak dari subuh, apalagi untuk ibu bekerja yang harus bangun lebih pagi karena harus mempersiapkan bekal dan sarapan anak. Eh begitu pulang liat tempat bekal anak masih ada sisa dan banyak pula, sedih deh yaaa. 


Tapi ya besoknya tetap memasak untuk bekal anak lagi, istilahnya ibu itu ga ada kapok meski anak ga habis bekalnya tetap saja memberikan bekal. Karena kan bekal dari rumah adalah makanan terbaik ya untuk anak - anak usia sekolah, dan saya rasa memberikan bekal terbaik adalah kewajiban orang tua, terutama ibu.

Buat saya memberikan makanan bergizi pada anak itu sebuah nilai plus untuk diri saya sebagai ibu, kadang ada kebanggaan tersendiri untuk saya yang juga kerja namun masih bisa memasak bekal untuk anak, bahagia rasanya.


Dengan konsumsi makanan yang bergizi maka tumbuh kembang anak pun sehat, nilai gizi hariannya terpenuh dengan baik. Saya membiasakan neng Marwah untuk bekal sejak TK dan sekarang sudah mau kelas 4 SD masih bekal meskipun di sekolah ada katering namun neng Marwah tetap memilih masakan ibu untuk bekalnya, ini yang bikin saya makin semangat memasak. Mudah - mudahan sampai SMA juga nanti neng masih merindukan bekal masakan ibu ya nak.

Masalahnya nih saya suka dapet curhatan dari ibu - ibu lain yang nanya kok Marwah bekalnya habis terus, anak saya mah suka nyisa. Hmmm dulu juga neng Marwah suka nyisa kok bekalnya. Tapi itu dulu sih sekarang udah enggak. Alhamdulillah.

Dan ini beberapa tips supaya anak menghabiskan bekal sekolahnya :

TAMPILAN YANG MENARIK 

Saya sih kalau buat bekal neng Marwah selalu diusahakan semenarik mungkin baik dari tampilan maupun masakannya. Pokoknya harus semenarik mungkin. Saya biasanya sih bikin bento ala - ala gitu, hehe.



Misalnya mau bikin nasi goreng hijau saya suka nambahin sayur - sayur an yang banyak biar membaur dengan nasi dan warnanya agak hijau, jadi ini menarik untuk anak dan anak pasti lahap makannya.

Tampilan menarik bukan hanya dari makanannya saja sih, tempat bekalnya pun harus menarik. Saya selalu memakai lunch box yang memang aman digunakan anak apalagi kadang saya suka masak sayur jadi pilih lunch box yang engga bocor dan mudah tumpah.
Puding susu greentea, bekal snack untuk neng Marwah 

KREATIF

Kreatif memilih menu masakan, kadang saya suka melibatkan neng Marwah untuk memilih dan belanja ke pasar makanan apa yang akan menjadi bekalnya. Anak akan senang menghabiskan bekalnya jika makanannya bervariasi. Jadi jangan kasi bekal anak menu yang sama tiap hari, bisa jadi anak menjadi bosan dan malas menghabiskan bekalnya.

Sekarang banyak kan milis atau website yang menyediakan berbagai macam menu bekal sekolah, banyak banget kok jadi bisa ajak anak untuk milih juga mau bekal apa.

Baca : Aneka resep bekal sekolah neng Marwah 

Intinya sih ibu harus kreatif memasak dan menata bekal anak. Insya allah anak bakalan senang menghabiskan bekalnya.




With Love,


Ibu 

Share:
Read More