Tips Supaya Anak Menghabiskan Bekal Sekolah

Bu ibu suka kesel gak kalau anak tidak menghabiskan bekalnya? 
Kebayang yah bu ibu kita masak dari subuh, apalagi untuk ibu bekerja yang harus bangun lebih pagi karena harus mempersiapkan bekal dan sarapan anak. Eh begitu pulang liat tempat bekal anak masih ada sisa dan banyak pula, sedih deh yaaa. 


Tapi ya besoknya tetap memasak untuk bekal anak lagi, istilahnya ibu itu ga ada kapok meski anak ga habis bekalnya tetap saja memberikan bekal. Karena kan bekal dari rumah adalah makanan terbaik ya untuk anak - anak usia sekolah, dan saya rasa memberikan bekal terbaik adalah kewajiban orang tua, terutama ibu.

Buat saya memberikan makanan bergizi pada anak itu sebuah nilai plus untuk diri saya sebagai ibu, kadang ada kebanggaan tersendiri untuk saya yang juga kerja namun masih bisa memasak bekal untuk anak, bahagia rasanya.


Dengan konsumsi makanan yang bergizi maka tumbuh kembang anak pun sehat, nilai gizi hariannya terpenuh dengan baik. Saya membiasakan neng Marwah untuk bekal sejak TK dan sekarang sudah mau kelas 4 SD masih bekal meskipun di sekolah ada katering namun neng Marwah tetap memilih masakan ibu untuk bekalnya, ini yang bikin saya makin semangat memasak. Mudah - mudahan sampai SMA juga nanti neng masih merindukan bekal masakan ibu ya nak.

Masalahnya nih saya suka dapet curhatan dari ibu - ibu lain yang nanya kok Marwah bekalnya habis terus, anak saya mah suka nyisa. Hmmm dulu juga neng Marwah suka nyisa kok bekalnya. Tapi itu dulu sih sekarang udah enggak. Alhamdulillah.

Dan ini beberapa tips supaya anak menghabiskan bekal sekolahnya :

TAMPILAN YANG MENARIK 

Saya sih kalau buat bekal neng Marwah selalu diusahakan semenarik mungkin baik dari tampilan maupun masakannya. Pokoknya harus semenarik mungkin. Saya biasanya sih bikin bento ala - ala gitu, hehe.



Misalnya mau bikin nasi goreng hijau saya suka nambahin sayur - sayur an yang banyak biar membaur dengan nasi dan warnanya agak hijau, jadi ini menarik untuk anak dan anak pasti lahap makannya.

Tampilan menarik bukan hanya dari makanannya saja sih, tempat bekalnya pun harus menarik. Saya selalu memakai lunch box yang memang aman digunakan anak apalagi kadang saya suka masak sayur jadi pilih lunch box yang engga bocor dan mudah tumpah.
Puding susu greentea, bekal snack untuk neng Marwah 

KREATIF

Kreatif memilih menu masakan, kadang saya suka melibatkan neng Marwah untuk memilih dan belanja ke pasar makanan apa yang akan menjadi bekalnya. Anak akan senang menghabiskan bekalnya jika makanannya bervariasi. Jadi jangan kasi bekal anak menu yang sama tiap hari, bisa jadi anak menjadi bosan dan malas menghabiskan bekalnya.

Sekarang banyak kan milis atau website yang menyediakan berbagai macam menu bekal sekolah, banyak banget kok jadi bisa ajak anak untuk milih juga mau bekal apa.

Baca : Aneka resep bekal sekolah neng Marwah 

Intinya sih ibu harus kreatif memasak dan menata bekal anak. Insya allah anak bakalan senang menghabiskan bekalnya.




With Love,


Ibu 

32 comments:

  1. Kalau tampilan sudah menarik anak jadi suka ya
    Jadi makin semangat menyantap bekalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anak - anak kan memang begitu, dilihat dari tampilan dulu hehe

      Delete
  2. Ishhh setuju deh sama tipsnya ,,Kezia juga tuh kalau kita bikinnya menarik ala ala bento gitu pasti abis deh bekelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anak - anak pasti begitu yah, kalau tampilan menarik makannya lahap

      Delete
  3. kalo saya karena tas anak saya suka terbalik-balik pas sekolah emang biasanya ngasih menunya simple dan cuman 1 macam supaya habis. kalo bikin bento saya masih belum sempat

    ReplyDelete
  4. Tega nggak tega sih makannya. Tapi saya kalau lihat bento itu, inget filmnya Boys Before Flower pas Jandi bawain makanan buat Jun Pyo, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga tega ya kecuali kalau lagi laper banget

      Delete
  5. Salut banget dengan mommy yang selalu punya ide untuk menyiapkan bekal menarik buat anaknya. Sungguh pengorbanan luar biasa dipagi hari. Mantap moms

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua dilakukan demi sang buah hati, hehe

      Delete
  6. Anakku mah biar dihias kalau makanannya pake sayur tetep aja ga dimakan. Hahaha... tapi kalau makanan kesukaan dia pasti habis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang suka sayuran yah anaknya

      Delete
  7. Kalo bekel nya selucu itu dijamin anak2 pasti sukaa mbakk, jadi seorang ibu harus ekstra kreatif ya mbak demi anak ngabisin bekelnyaa

    ReplyDelete
  8. Ah, Tian keren. Untuk urusan bekal, aku masih belom bisa kreatif. Malah seringnya bocah bawa bekal itu makanan yang udah jadi. Huhuhu... mamak macam apa aku. :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kulakukan karena anakku baru 1 wkwkwk kebayang kalau anaknya udah banyak teh wkwkwkwkkw

      Delete
  9. Makasih sharingnya mbak aku tinggal praktekin di rumah nih. Rayyan pas banget mulai pilih2 makanan. Jdi memang harus berekreasi seperti ini biar tetap nafsu makan tiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nafsu makan anak harus dipancingnya sama kreasi menu dan tampilan heheh

      Delete
  10. Anak suka susah makan ya, cara begini akan bikin anak tertarik untuk makan ya. Pinter-pinternya ibu nih

    ReplyDelete
  11. Anakku tu bekal selalu abis sebenarnya lbh krn dia suka makanannya. Kalau nasi malah jarang abis, beda dengan mie-mian, pasta2 atau kentang goreng gtu.
    Tapi kapan2 mau coba ah bikin bebentoan jg hehe TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marwah kalau lagi males makan nasi dia suka bilang sih, jadi saya ganti sama pasta atau kentang heheh, saya juga masih bento ala - ala wkwkwkw

      Delete
  12. Anak saya belum sekolah, semoga tipsnya bisa saya praktekin nih biar anak saya kalau udah sekolah nanti bekalnya gak nyisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasih yaa, mudah - mudahan bermanfaat

      Delete
  13. Kalau Maghfira agak susah makan cepet kenyang dia mah jadi hrs sering tapi sedikit sedikit... nah kalau di sekolah susah mau nambahnya...heu..kalau banyak ga abis tapinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau neng Marwah dia sudah tau takaran porsi makan sendiri jadi alhamdulillah sih ga nyisa lagi hehe

      Delete
  14. Duh,anakku nih sering banget ga ngabisin bekalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah - mudahan nanti ga nyisain bekalnya lagi yaaa

      Delete
  15. aku selalu habis bekal makanankuu...

    ReplyDelete
  16. Anak aku asal cocok gulai pasti habis.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)

Powered by Blogger.