a mother treasure is her daughter

Monday, 28 January 2019

Cari Tahu Kehebatan Anak Dengan Kalkulator Akal Fisik Sosial (AFS)

23 comments
Bismillah,

Perkembangan setiap anak itu engga sama. Ada anak yang lebih duluan jalan ketimbang bicara, ada juga yang lebih duluan bicara ketimbang berjalan dan perbedaan lainnya. Anak - anak bukanlah untuk dibandingkan, ya kan? Setuju bu ibu? 



Nah untuk memantau tumbuh kembang anak, nih saya bakalan kenali sama Kalkulator Akal Fisik Sosial (AFS) yang dikreasikan dan sudah diverifikasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA(K), Dokter Spesialis Anak-Konsultan tumbuh kembang pediatri sosial. Kalkulator ini tuh ngebantu banget untuk memantau tumbuh kembang anak. 

Kalkulator AFS ini tuh adalah Kalkulator Akal - Fisik - Sosial yang mana saya sebagai orang tua mendukung sinergi kehebatan anak tuh dengan mengenali kehebatan yang dimiliki anak, setelah itu kita bisa memberikan stimulasi agar anak itu hebatnya beda. 

Kalkulator AFS ini produknya Parenting Club, udah pada kenal dan tau kan sama Parenting Club? Parenting Club hadir dengan info - info keren dan sangat memberikan inspirasi lengkap banget seputar tumbuh kembang anak dan kehamilan juga. Tentunya semua informasinya akurat dan terpercaya karena sudah diverifikasi oleh para ahlinya. 

Buat para mahmud (mamahmuda) yang masih punya anak balita bisa banget menggunakan Kalkulator AFS ini, jitu banget deh. Saya aja yang udah gak mahmud lagi masih suka ceki - ceki tumbuh kembang Akbar pakai Kalkulator AFS ini, kalau tumbuh kembang Neng Marwah udah gak pake soalnya udah lebih dari 6 tahun nengnya, hehe. Dengan Kalkulator AFS ini bener - bener membantu banget buat orang tua untuk menilai tingkat sinergi  Akal, Fisik dan Sosial anak. 

Gimana cara menggunakan Kalkulator AFS ini, Tian? 

Bu ibu, langsung saja mengunjungi https://www.parentingclub.co.id/ , kemudian sila untuk sign up. Setelah selesai sign up, nanti disana ada label Tools nah nanti bakalan ada tools Kalkulator AFS, sebelumnya harus melengkapi nama dan tanggal lahir serta jenis kelamin anak. Setelah itu langsung bakalan muncul pertanyaan - pertanyaan sesuai dengan usia anak. Jawab semua pertanyaannya sesuai dengan perkembangan anak.


Nah saya juga nih isi untuk si bungsu Akbar yang usianya baru 2 tahun 4 bulan, semua pertanyaannya saya jawab sesuai yang memang terjadi sama Akbar. Setelah menjawab semua pertanyaan nanti akan keluar hasilnya. Hasilnya ini tuh semacam rekomendasi yang tepat banget untuk saya nih gimana caranya mengembangkan sinergi Akal Fisik Sosialnya Akbar, biar Akbar menjadi anak yang hebatnya beda.

Dari hasil isi pertanyaan - pertanyaan itu, hasilnya pun keluar langsung. Cepet dan gak usah nunggu lama. Hasil Sinergisme Akal Fisik Sosial nya Akbar itu adalah 82% dan masih harus ditingkatkan lagi untuk usia Akbar yang masih 2 tahun 4 bulan. Ini rinciannya :

Kehebatan Akal : 100%
Kehebatan Fisik : 100%
Kehebatan Sosial : 67%

Setelah itu, saya pun mendapatkan rekomendasi stimulasinya. Lengkap banget loh bu ibu.

Untuk rekomendasi Stimulasi Sosial  

Saya harus memprioritaskan dan juga intensifkan stimulasi sosialnya secara rutin dan bertahap dan jangan maksa. Baiknya dilakukan dengan cara bermain yang menyenangkan, misalnya dengan  :


  1. Ajarkan Akbar mengenali dan menyebutkan nama bagian tubuh, hewan dan benda - benda lain.
  2. Harus sering mengajukan pertanyaan sederhana sama anak. 
  3. Harus sering ajak anak buat memainkan permainan interaktif meskipun kadang Akbar masih suka buang - buang dan melemparkan mainannya, memang ini butuh waktu banget buat Akbar mau nuruti perintah ibunya. 
Untuk rekomendasi Stimulasi Fisik 

  1. Bermain tendang bola jadi favorite Akbar, ini ternyata bagus untuk fisik Akbar. 
  2. Harus rajin membimbing Akbar buat naik turun tangga dengan berpegangan, soalnya Akbar tuh sukanya ga mau pegangan, hehe. 
  3. Kalau Akbar sudah berjalannya udah baik, lari - lari malah. Jadi saya harus rajn - rajin memberikan instruksi. 
  4. HArus sering mengajak Akbar bermain diluar, biar bebas bergerak, berlari dan memanjat, namun harus dalam pengawasan dan perhatian ketat. 


Untuk rekomendasi Stimulasi Akal 

  1. Menyusun balok dan menjatuhkannya kembali pasti menyenangkan. 
  2. Membiasakan anak untuk minta makan bareng dan makan sendiri menggunakan sendok.
  3. Harus sering ajak anak menggambar bersama, meskipun masih coret - coret . 
  4. Mengajarkan Akbar untuk selalu minta tolong jika mengalami kesulitan. 

Kan, saya jadi bisa tau dan paham bagaimana untuk menstimulasi anak. Karena rekomendasinya itu sudah pasti dari para ahli di parentingclub dong. Buat ibu - ibu lain yang juga ingin coba, sok atuh mangga cobain sekarang juga, nih saya kasi bocoran  link nya : http://bit.ly/Kalkulator-AFS . 

Selamat mencoba. 


With Love, 




Tian Lustiana 






23 comments:

  1. Bisa saya rekomendasikan lagi ke ibu muda lainnya kan ya Teh?
    Mengajarkan anak memang perlu kesabaran ya. Kalau sudah dibimbing ahlinya kita akan makin kuat menjalaninya.

    ReplyDelete
  2. wah saay malah baru tahu, mksh infonya , betapa jaman sekarang banyak dipermudah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa alhamdulillah ya sekarang semua serba dipermudah

      Delete
  3. Kebayangnya hitung hitungan nih kalau bicara kalkulator. Tapi memang ya zaman sekarang itu anak anak akan luar biasa tergali potensinya dengan memanage yang tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga awalnya mikir hitung2an berat badan atau apa gitu hehe, eh ternyata asik dikasi stimulasi juga biar anak tambah hebat

      Delete
  4. anak-anak aku nih lagi suka main fisik, beraktivitas yang menggunakan fisik, jadi harus benar2 dijaga dan dikontrol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener tuh, makanya ayo dicek dan cari tahu kehebatan anak dengan kalkulator AFS

      Delete
  5. Seru main ini. Bikin tahu keadaan anak kita. Dan yang bagusnya, kita juga jadi tahu cara mengoptimalkannya berdasarkan rekomendasinya. Patut dicoba semua orang tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener teh, seneng dikasi rekomendasi stimulasinya. Jadi ibu emang banyak belajar ya teh

      Delete
  6. langsung ku infoin ke istri hehe.. terimakasih bermanfaat banget!

    ReplyDelete
  7. Rasanya langsung pengen aku cobain buat mampir ke sana nih mba.

    Memang, perkembangan setiap anak itu berbeda-beda jadi kalau ada yang sok menggeneralisasi dan dengan bangganya cerita soal kehebatan anaknya kemudian, saya sih banyaknya diam dan mulai menjauh pelan pelan. Biar nggak stres gara gara dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setiap anak punya kehebatan masing - masing kok hehe

      Delete
  8. Aku juga pakai tools ini buat cek tIngkat AFS Narend. Cukup efektif yah. Dan pas plus match dengan pesan dr sekolah :)

    ReplyDelete
  9. Wah mau coba juga ah kalkulator fisik ini supaya tau tumbuh kembang anak2ku. Kebetulan aku udah punya loginnya nih sejak dulu. SUka baca2 artikel parenting di web parentingclub jg TFS

    ReplyDelete
  10. Saya baru tahu nih ada kalkukator ini...asyik banget ya.

    ReplyDelete
  11. ini beneran one stop panduan ibu bagi perkembangan tumbuh kembang anak. dengan ini ibu tahu apa yang harus diperbuat sehingga acuan dan pencapaian jelas ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panduan banget buat ibu dan ayah tentunya, hehehe

      Delete
  12. ini penting banget ya teh, kadang katanya di biarkan aja tumbuh segimana mestinya tanpa di cek-cek. Tahunya kecolongan ada tahapan yang kelewat. Jadi semacam warning dan jadi acuan yaa

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)