Monday, 14 January 2019

, , , ,

Syarat Buat Paspor Anak

Assalamualaikum, 

Alhamdulillah neng sekarang sudah punya PASPOR. Mudah - mudahan ada rezekinya bisa ajak neng jalan - jalan ke luar negeri, aamiin. Neng seneng banget udah punya paspor. Dan negara impian neng adalah MEKKAH. Mudah2an neng secepatnya bisa ke Mekkah ya nak, aamiin.


Neng bikin paspor sejak Mei 2018, tapi ibu kelupaan terus buat edit dan publish postingan ini hehe. Terlambat gapapa kali yah daripada engga sama sekali, hehe.

Cara bikin paspor anak sama dewasa ya gak jauh beda banget. Anak yang usianya dibawah 17 tahun masih masuk kategori anak karena kan belum memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk). Oiya untuk membuat paspor anak, kedua orang tua harus hadir, ayah dan ibu nya, karena selama diwawancaranya anaknya, kedua orang tua harus mendampingi. Jika orang tua berhalangan hadir, akan didampingi oleh orang yang sudah menerima kuasa secara tertulis.

Baca : Cara membuat paspor dengan antrian online di Bandung

Nah untuk membuat paspor anak, apa saja nih yang harus disiapkan? 

Gak jauh beda kok sama persiapan membuat paspor untuk orang dewasa. Diantaranya adalah : 

  1. KTP orang tua yang masih berlaku ( ayah dan ibu ) 
  2. Kartu keluarga
  3. Akta lahir / surat baptis 
  4. Buku nikah orang tua
  5. Surat pernyataan yang ditandatangani orang tua (nanti dikasi kok di Kantor Imigrasi)
  6. Materai  

Semua persyaratan itu harus difotokopi di kertas A4, juga ktp. Sekali lagi saya kasi tau nih untuk surat pernyataan nanti dikasi di Kantor imigrasi. Selain fotokopi an dokumen aslinya juga harus dibawa yah, lengkap.


Berapa biaya untuk pembuatan paspor anak? 

Untuk biaya / tarif pembuatan paspor anak sama dengan biaya pembuatan paspor dewasa. Untuk yang 24 halaman senilai 155ribu, tapi yang 24 halaman ini kayaknya sudah tidak diperbolehkan, entah apa alasannya. Untuk paspor biasa 48 halaman tarifnya 355ribu. 

Jangan lupa untuk mengambil antrian online dulu ya sebelum ke Kantor Imigrasi. Untuk wilayah Bandung, cek berkala antrian rutinnya setiap hari minggu malam dan senin malam, karena pada waktu itu dilakukan refresh oleh pihak Kantor Imigrasinya. 


Semoga bermanfaat. 






            Wassalam,



          Tian lustiana 




Share:

0 coment�rios:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)