Monday, 14 January 2019

, , , ,

Syarat Buat Paspor Anak

Assalamualaikum, 

Alhamdulillah neng sekarang sudah punya PASPOR. Mudah - mudahan ada rezekinya bisa ajak neng jalan - jalan ke luar negeri, aamiin. Neng seneng banget udah punya paspor. Dan negara impian neng adalah MEKKAH. Mudah2an neng secepatnya bisa ke Mekkah ya nak, aamiin.


Neng bikin paspor sejak Mei 2018, tapi ibu kelupaan terus buat edit dan publish postingan ini hehe. Terlambat gapapa kali yah daripada engga sama sekali, hehe.

Cara bikin paspor anak sama dewasa ya gak jauh beda banget. Anak yang usianya dibawah 17 tahun masih masuk kategori anak karena kan belum memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk). Oiya untuk membuat paspor anak, kedua orang tua harus hadir, ayah dan ibu nya, karena selama diwawancaranya anaknya, kedua orang tua harus mendampingi. Jika orang tua berhalangan hadir, akan didampingi oleh orang yang sudah menerima kuasa secara tertulis.

Baca : Cara membuat paspor dengan antrian online di Bandung

Nah untuk membuat paspor anak, apa saja nih yang harus disiapkan? 

Gak jauh beda kok sama persiapan membuat paspor untuk orang dewasa. Jangan lupa untuk ambil antrian online dulu ya di Kantor Imigrasi terdekat. Diantaranya adalah : 

  1. KTP orang tua yang masih berlaku ( ayah dan ibu ) 
  2. Kartu keluarga
  3. Akta lahir / surat baptis 
  4. Buku nikah orang tua
  5. Surat pernyataan yang ditandatangani orang tua (nanti dikasi kok di Kantor Imigrasi)
  6. Materai  

Semua persyaratan itu harus difotokopi di kertas A4, juga ktp. Sekali lagi saya kasi tau nih untuk surat pernyataan nanti dikasi di Kantor imigrasi. Selain fotokopi an dokumen aslinya juga harus dibawa yah, lengkap.


Berapa biaya untuk pembuatan paspor anak? 

Untuk biaya / tarif pembuatan paspor anak sama dengan biaya pembuatan paspor dewasa. Untuk yang 24 halaman senilai 155ribu, tapi yang 24 halaman ini kayaknya sudah tidak diperbolehkan, entah apa alasannya. Untuk paspor biasa 48 halaman tarifnya 355ribu. 

Jangan lupa untuk mengambil antrian online dulu ya sebelum ke Kantor Imigrasi. Untuk wilayah Bandung, cek berkala antrian rutinnya setiap hari minggu malam dan senin malam, karena pada waktu itu dilakukan refresh oleh pihak Kantor Imigrasinya. 


Semoga bermanfaat. 






            Wassalam,



          Tian lustiana 





Share:

29 comments:

  1. Ternyata mudah juga ya syarat untuk pembuatan passport anak, yang penting harus lengkap dan dokumen asli juga harus dibawa. Noted mom Tian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang penting dokumen asli dibawa juga yah

      Delete
  2. 355ribu itu udah yg epaspor belum mba? Aku aja lupa nih gimana caranya dulu bikin paspor anak, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Epaspor lebih mahal lagi biayanya mbak, diatas saya jelaskan paspor biasa 48 halaman saja

      Delete
  3. insyaAlloh ya Teteh Marwah bisa ke Mekah barengan semuanya, aku juga nih pengen buatin buat Neyna dan Rayi tapi bingung mau kemana hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Allahummaamiin, makasih doanya teteh, Yuk Neyna sama Rayi juga bikin paspor, kan mau umroh bareng.

      Delete
  4. wow mom tina, pas banget aku adarencanake penang taun ini baw anak anak. lagi nabung untuk buat passport dua anak. lumayan ya mom harganya. tapi informasinya jelas ini.

    ReplyDelete
  5. Selamat jalan-jalan, Nenk... selamat punya paspor baru :)
    Makasih info pembuatan paspornya, Mom Tian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sami - sami mom Wiwin, terimakasih sudah berkunjung keblog saya

      Delete
  6. Ada juga ya paspor khusus anak2? Kirain sama aja hahaaa... Maklum, belum pernah bikin paspor. Begini jadi tau prosedur bikin paspor anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak khusus anak - anak sih, namun ini paspor untuk anak. Hehe. Anak bayi aja harus punya paspor kalau memang mau keluar negeri mom, thanks for visit my blog yah

      Delete
  7. Apakah kartu identitas anak tidak diperlukan untuk membuat paspor anak bun? Soalnya katanya KIA ini jadi syarat bikin paspor atau belum dilaksanakan kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin saya pas bikin engga ditanyain kartu identitas anak kok

      Delete
  8. Autosave teh. Buat nanti bikin paspor anakku. Makasih loh udah sharing. Lengkap infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa sama - sama, terimakasih juga Irra sudah berkunjung keblog saya

      Delete
  9. Aku udah lama banget gak perpanjangan paspor mba. Hehe ketauan yes gak pernah ke mana mana. Duluuuu banget masih ngantri manual gituh pas bikin. Blm jamannya onlen onlenan macam sekarang. Bsk ah semoga ada kesempatan keluar negri lagi mau urus paspor lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang udah ga antri sih, namun agak susah aja pas mau ambil antrian online haha

      Delete
  10. Iya Mbak, kalo pasport sekarang kayaknya dah ada pakai yang 48. Btw, kalau surat pernyataan bisa didownload juga nggak Mbak di web?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau bisa cek langsung ke website kanim nya mungkin mbak

      Delete
  11. aku tuh paling males sama urusn birokrasi sebenernya eh ternyata gampang banget ya mom ngurus paspor yang penting berkas dibawa lengkap ya

    ReplyDelete
  12. Alhandulillah anak2 jg udah punya paspor mbak. Aku jg lupa mulu cerita proses bikin paspornya hehe.
    Punya paspor sejak dini tu ibaratnya semacam penarik gtu, afirmasi positif ya mbak, supaya langkah anak2 bisa lbh jauh dr kita mengelilingi dunia :D

    ReplyDelete
  13. Asyikkk...semoga segera bisa dipakai paspor si Eneng ya.
    Enak sekarang sudah bisa antri online ya Mbak..
    Aku pertama bikin paspor untuk anakku tahun 2009, saat si sulung 4 tahun dan si bungsu 2 minggu. Jadi umur 2 minggu dia kuajak foto ke kantor imigrasi karena pas 2 bulan ikut pindahan Bapaknya sekolah ke Amerika.
    Padahal waktu itu belum ada sistem online seperti sekarang, jadi mesti ngantri

    ReplyDelete
  14. Gak sulit ya bikin paspor anak. Semoga harapan neng Marwah untuk ke Mekkah terkabul. Aamiin

    ReplyDelete
  15. ternyata gak ribet ya bikin paspor anak.. apa lg udah ada sistem online kayak gitu, lebih simple jadi gaj perku antre sampai mengular

    ReplyDelete
  16. Jadi inget pas bikin paspor anakku waktu masih tinggal di bandung dulu. Ada sedikit drama2 sama petugasnya heu, sampe sempet kulqpor ke web resminya dan kutulis singat juga diblog tanda kekecewaan.

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata mudah banget ya pembuatan pasportnya. Tapi kemaren keponakan bikin pasport agak sedikit ribet sama petugasnya.

    ReplyDelete
  18. Wah jadi pengen juga nih bikinin paspor buat anakku. Kali aja ada rezeki ke luar negeri. Tapi pertama orang tuanya dulu yang bikin paspor. Hehe

    ReplyDelete
  19. Wah baru tahu kalau paspor anak hanya 155K saya kira harganya sama dengan dewasa. Mau buat segera ah...

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)