Wednesday, 6 March 2019

, , ,

Colour to Life WorkShop Bersama faber - Castell

Bismillah, 
Perkembangan teknologi zaman sekarang tuh makin pesat. Seneng sih, namun ada was - was nya juga. Apalagi nih sebagai seorang ibu yang memiliki anak. Anak sekarang tuh ga gaptek, pada melek teknologi, jadi harus bener - bener diawasi yah. Apalagi nih, gadget. Gadget tuh bisa jadi musuh bisa juga jadi kawan buat anak. Nah, salah satu contoh nyata bahwa gadget bisa menjadi kawan baik untuk anak adalah dengan adanya aplikasi Colour to Life dari Faber - Castell. Jujur, dengan adanya aplikasi ini tuh saya sebagai orang tua seneng banget. Karena anak bisa bermain gadget dengan aman. 


Colour to Life ini bukan semata - mata aplikasi saja, namun ada perangkat lainnya juga. Seperangkat buku untuk mewarnai disertai dengan Connector Pen Faber - Castell, kebetulan neng Marwah tuh pengguna setia Faber - Castell jadi ga terlalu susah untuk memperkenalkan Colour to Life padanya.

Karena merasa tertarik sama produk Colour to Life ini, makanya pas ada tawaran buat ikutan workshop Colour to Life saya langsung daftar, apalagi katanya di workshop ini bakalan diajarin berbagai teknik mewarnai. Seneng dong karena sebagai seorang ibu tentunya semua skill harus dimiliki, termasuk skill mewarnai. Setuju ga? 

Begitulah, menjadi ibu harus serba bisa. Termasuk harus pintar menggambar dan mewarnai, jangan hanya bisanya mewarnai gunung saja haha namun harus menguasai berbagai teknik nya juga biar hasil gambarnya lebih baik dan tentu saja lebih bagus. Biasanya kalau hasil gambar nya lebih bagus tar anak bakalan seneng dan penasaran juga pengen belajar. 


About Faber-Castell
Sebelum masuk ke workshopnya nih, temen - temen sudah kenal kan sama Faber - Castell? Saya yakin pasti sudah pada kenal deh, ga mungkin ga kenal. Secara Faber - Castell ini tuh udah ada sejak dahulu kala. Perusahaan milik keluarga asal Jerman ini tuh umurnya udah sekitar 2,5 abad loh. Produknya pun banyak, bukan hanya diperuntukkan khusus anak - anak namun juga untuk dewasa, bahkan untuk manula pun ada. Keren kan? So, Faber-Castell ini bisa disebut untuk semua usia, setuju? 

Bahkan pinak kreatif dari Faber-Castell merancang sebuah program yang saya bilang sih keren, sebuah program yang ditujuakan untuk semua kalangan, untuk semua usia. Adalah #Art4All. Bisa untuk semua tuh bener - bener bisa, dari mewarnai, menggambar, menulis, bikin sketsa, untuk melukis dan aktivitas art lainnya. #Art4All ini tuh tujuannya adalah mengajak semua kalangan untuk bisa lebih berekspresi lagi lewat art / seni dan tentu saja didukung dengan tools keren dari faber-Castell. 


Dunia seni, art dan apalah itu namanya memiliki manfaat yang besar, terutama nih bagi anak - anak. Fungsi motorik anak bisa dilatih dengan seni, bisa membuat anak semakin percaya diri juga loh dengan art ini. Untuk orang dewasa atau yang manula bisa mencegah demensia juga dan bikin otak lebih relax, stress healing gitu deh. Jadi kalau orang tua atau anak sedang stress atau penat boleh lah mewarnai atau menggambar ringan gitu, insya allah stress akan berkurang dan menjadi rileks. 

Playing and Learning With Colour to Life

Namanya anak - anak, rasa ingin tau nya tuh besar sekali. Selain rasa ingin tau nya yang besar, ide - ide brilian dari anak - anak pun meluap - luap loh. Makanya sebagai orang tua, kitalah yang harus memberikan semangat pada anak -  anak untuk menghabiskan waktu luangnya, menghabiskan waktu luangnya dengan hal kreatif tentunya. Yang saya lakukan tuh salah satunya adalah dengan memberikan seperangkat Colour to Life pada Marwah. Jadi dengan Colour to Life ini neng bisa menggabungkan skill mewarnai dan permainan dengan gadget. Jadi playing and learning gitu. Karena saya sudah dibekali teknik mewarnai oleh tim Faber-Castell pada workshop beberapa waktu lalu, jadi ketika neng Marwah mau mewarnai saya pun memberikan teknik mewarnai yang saya pelajari, dan neng Marwah seneng loh. 

Colour to Life (CTL) ini tuh sebuah aplikasi yang harus diunduh dulu sebelum menggunakannya. Setelah mengunduh, tools lainnya tuh ada seperangkat buku gambar (buku untuk mewarnai) dan Connector Pen


Setelah selesai mewarnai 15 halaman buku nya, tapi ingat bilah pinggirannya jangan diwarnai ya itu buat scan. Ketika mewarnai jangan diteken ya gengs, nanti isi connector pen nya cepet abis. Jadi mewarnai dengan Connector Pen itu beda sama crayon atau pensil warna pada umumnya, ada beberapa teknik yang bisa diterapkan nih. 


Teknik Mewarnai 



Adapun beberapa teknik mewarnai menggunakan Connector Pen Faber - Castell, adalah : 

➽ Teknik Pointilsm. Teknik ini tuh caranya mewarnai objek dengan titik - titik kecil. Sampai rata dan rapi. 
➽ Teknik Counturing. Ini tuh teknik yang dilakukan dengan cara mengikuti alur outline objek. Jadi garis - garis alurnya itu dibuat terus menerut sampai menutupi semua bidang. 
➽ Teknin Squiggling. Teknik ini menggunakan garis ga beraturan / asal seperti benang kusut gitu untuk mewarnai objek. 
➽ Teknik Patterning. Bikin pola atau motif secara berulang sampai menutupi semua objek yang akan diwarnai. 
➽ Teknik Dashline. Teknik menggambar garis secara beraturan menutupi semua objek. 
➽ Teknik Mozaik. Teknik membuat pola bidang kecil pada objek gambar. Pola mozaik itu kayak kaca, masing - masing bidang kecil diisi dengan satu warna dan akhirnya membentuk objek gambar. 


Itulah beberapa teknik mewarnai dengan menggunakan Connector Pen untuk mewarnai buku Colour to Life nya biar terlihat kece. 





Tapi pada dasarnya sih bebas, mau pakai teknik mewarna atau tidak, silakan saja. Mewarnai dengan teknik ataupun tidak masih bisa kok memainkannya di aplikasi. Jadi nanti pas main di aplikasi bakalan lebih seru, bangga karena yang dimainkan adalah hasil mewarnai sendiri. Anak - anak seneng banget.

Untuk lengkapnya, bisa cek video ini yaa bu ibu.



Beli Colour to LIfe ini bisa di Gramedia, Shoppe dan Tokopedia juga ada kok. Range harganya beda - beda, sekitar 120ribuan. 

With Love,


Tianlustiana

Share:

34 comments:

  1. Neng Marwah pasti seneng banget mewarnai pake CTL. Bagus dan seru bisa dibuat 3Dnya ya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak, anak-anak pasti suka dengan cara mewarnai seperti itu, karena Ponakan saya juga suka

      Delete
  2. terima kasih informasinya kak. Baru tau teknik mewarnai kak. Mantap banget ya kak mewarnai pakai faber castell. dulu aku juga suka mewarnai pakai faber. Hasilnya bagus banget. Memang recommed bnget dah untuk mewarnai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama. Iya mewarnai juga ada tekniknya.

      Delete
  3. Neng Marwah pasti makin semangat dong ini mewarnainya. Anakku dibeliin pensil dan crayon masih asal aja mewarnainya. Blm fokus. Padahal emaknya penasaran sebenarnya pengen lihat dia bisa duduk anteng main dengan warna 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti juga kalau usianya udah pas anak pasti fokus kok, hehe.

      Delete
  4. Sudah lama naksir sama faber Castel ini :D Pengen coba juga, biasa pakai crayon kalau mewarnai

    ReplyDelete
  5. Kemarin baru saja beli tapi "versi" lain. Sabtu ini adalah lomba mewarnai di Toserba tetangga kecamatan kebetulan usia Fahmi masih bisa jadi meski sudah bukan anak TK tetap boleh ikutan.

    Pewarna Faber Castell memang berkualitas ya jadi tidak diragukan lagi hasilnya

    ReplyDelete
  6. Nanti mau mewarnai CTL bareng ah sama Neng Marwah biar makin seru hehe. Aku pun yang udah kaku banget mewarnai, pas nyobain mewarnai di CTL malah jadi ketagihan.

    ReplyDelete
  7. Anakku juga yang kecil pakai fabercastell mbak untuk mewarnai. Karena menurutku paling bagus hasilnya dan ramah anak-anak....

    ReplyDelete
  8. Ternyata ada teknik-teknik buat mewarnai menggunakan faber-castell juga ya. Cocok buat anak-anak SD SMP kayaknya. Anakku masih 3 tahun sih

    ReplyDelete
  9. Wah, mohon maaf aku udah beberapa lama ini enggak pakai faber castel karena harganya lumayan mihil, huhuhu.

    Anak-anakku (selain si abang) masih kecil-kecil, mereka suka buang-buang pensil warna atupun spidol seenaknya. Jadi suka sayang gitu kalau beli yang baus. Tapi aku tertarik banget loh. Mungkin khusus si abang kayaknya bisa nih, apalagi dia suka banget menggambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEhe ada harga ada kualitas memang yah hehe

      Delete
  10. Seru banget teh workshopnya, bisa mengenal teknik mewarnai yang pastinya bakalan berguna banget buat quality time sama anak. Seru kan mainnya sambil mewarnai bareng. Aplikasinya juga keren ya.

    ReplyDelete
  11. Fabel castle memang mahal harganya, etapi dipake pewarna gambar hasilnya bagus ga mleber, apalagi sudah ada aplikasinya makin mantul.

    ReplyDelete
  12. Warna-warna dari faber castell ini selalu menambah semangat, jelas dan terang sama seperti pensilnya yang membantu saat ujian dulu

    ReplyDelete
  13. Komplit ini info colour to life faber castle nya mbak... Jadi niat beli buat anakku. Yang bungsu hobi banget gambar. Dan pakai colour to life ini pasti makin menyenangkan

    ReplyDelete
  14. Mewarnai ternyata banyak tekniknya, mbak. Canggih pula peralatannya. Kalau kita dulu kayaknya cuma tahu arsir-arsir doang. Hihi

    ReplyDelete
  15. Anakku juga pakai faber castel ini, soalnya safe for kids. :D
    Nuy suka mewarnai mulai usia 3 tahunan, awalnya beli yg biasa aja karena kukira toh cuma buat main. Tapi dia suka gemes karena warnanya nggak keluar pas mewarna, iseng kubelikan faber castel eh ternyata dia happy banget. Sayang aku belum coba versi aplikasi ini, mungkin harus kucoba nanti.

    ReplyDelete
  16. Fabel Castle makin berinovasi ya. salah satu merk favorit nih buat mewarnai coz pensil warnanya goresannya halus dan terang.

    ReplyDelete
  17. Anakku suka banget mewarnai dan pakai spidol fabber castel yang ini mbak? Apalagi skrng kyknya eranya scan2 gambar pakai teknologi AR tu lagi kekinian ya :D
    Blm pernah nyobain teknik2 mewarnai itu, biasanya langsung mewarnai aja hehe

    ReplyDelete
  18. Eh.. anakku suka banget ini. Mau dicoret kayak gimana tetep aja bisa hidup kudanya. Ga diwarnai pun hidup kok kudanya. Makanya suka mereka.

    ReplyDelete
  19. Anakku juga hobby menggambar dan mewarnai. Faber Castle ini emang bagus kualitasnya. Pensil warnanya juga ada di rumah. saya belum nyoba aplikasinya, kayaknya seru ya...anakku pasti suka ini

    ReplyDelete
  20. Aku ga ngerti tahu awalnya, aku warnain semua. Haha

    ReplyDelete
  21. Lengkap banget mba Infonya, setidaknya ada sedikit gambaran buat aku yg awam banget soal teknik mewarnai kayak gini. Bermanfaat banget mba

    ReplyDelete
  22. Anakku udah gede jadi ngga main aplikasi itu lagi. Tapi kalau drawing pen, brush pen, cat air faber...aku masih pake sampe skrg.

    ReplyDelete
  23. Lagi musimnya 3D ya Mom.. Anak pasti happy hasil karyanya bisa bergerak.. Aku blm pernah nyobain ini..

    ReplyDelete
  24. Tekniknya ada namanya! Woh baru tau. Catet-catet.

    ReplyDelete
  25. aku juga punya nih di rumah, dan sudah downoad aplikasinya jadi si kecil semangat mewarnainya, soalnya mau lihat hasil akhri versi kartun nya mba..hehe

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)