Post Top Ad

Thursday, 8 August 2019

Hadiah Dari Bunda, Persembahan Untuk Hari Anak Nasional

Bismillah,

Selamat Hari Anak Nasional untuk semua anak - anak Indonesia. Gembira selalu lah dan sehat terus wahai anak - anak Indonesia. Ya, tepat 23 Juli beberapa waktu lalu itu adalah Hari Anak Nasional (HAN), memang sih bukan tanggal libur nasional namun menurut saya HAN juga patut sekali untuk dirayakan dengan penuh rasa gembira.


Peringatan Hari Anak Nasional ini adalah sebuah momen yang tepat untuk mengingat kembali betapa penting banget kita sebagai orang tua melindungi hak - hak anak. Saya jadi kepikiran banget loh, apakah selama ini saya sudah dengan baik memenuhi hak nya neng Marwah. 

Tentang Hari Anak Nasional ini sudah ada sejak masa kepemimpinan pak Soeharto loh, duh beliau ternyata memikirkan nasib anak bangsa Indonesia yah, terharu sekali. Makasih pak. Pak Soeharto itu menganggap anak - anak Indonesia itu adalah harta alias aset yang teramat berharga untuk Indonesia dan sangat layak untuk diberikan perlindungan atas hak - hak nya. Makanya keluarlah Keputusan Presiden no. 44 Tahun 1984 dan ditetapkan pada tanggal 23 Juli itu sebagai Hari Anak Nasional. Sampai sekarang seharusnya selalu dirayakan dan dipahami yah. Yap, bukan sekedar dirayakan namun juga dipahami dan diresapi.


Perayaan Hari Anak Nasional, setiap tahunnya selalu mengambil tema berbeda - beda. Semua tema nya  tentu saja mengusung pada kepedulian nasib anak Indonesia yang harus selalu lebih baik. Pada tahun 2018 itu tema HAN GENIUS (Gesit, Empati,Berani, unggul, Sehat). Nah kalau tahun 2019 ini beda lagi loh tema nya. Tahun ini HAN mengusung tema Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak. Wah tema yang sangat bagus bukan?

Bermain, adalah salah satu hak anak.

Ngomong - ngomong tema HAN tahun ini keren, tentang peran keluarga dalam hal perlindungan anak. Seperti yang tadi saya bilang, buibu dan pa bapak sudah kah dipenuhi dan dilindungi hak - hak anak? Misalnya nih yah, sudahkah kita penuhi hak bermain anak? Kadang orang tua (termasuk saya) sukanya ngingetin anak tuh buat belajar, padahal bermain juga merupakan hak anak loh. Termasuk main "game" digital.


Apa main game? Di gawai? 

Tenang, jangan kaget dulu dong. Soalnya sekarang tuh memang pro kontra banget sih sama game digital gitu, karena memang banyak dampak negatif untuk anak, iya kalau anak gak dikasih jadwal bermain, bablas gitu aja sih memang bahaya. Apapun juga kalau berlebihan dampaknya akan kurang baik, betul? 

Menurut saya pribadi sih, boleh saja anak bermain game pada gawai namun permainannya itu harus disesuaikan dengan usia anak, cocok apa tidak untuk usianya. Jangan sampai anak main game nya sembunyi - sembunyi karena dilarang sama orang tua nya, itu justru lebih berbahaya loh. Ada loh beberapa manfaat main game digital sesuai usia anak , diantaranya adalah :

Mampu meningkatkan koordinasi antara mata dan juga tangan
Sudah ada bukti nya loh dari berbagai penelitian bahwa bermain game itu memang membantu meningkatkan keterampilan koordinasi mata dan tangan anak. Dampak nya apa? anak - anak menjadi lebih bagus dan juga presisi dalam melakukan gerakan atau aktivitas sehari - harinya diluar rumah. 

Mampu mengajarkan anak untuk lebih tekun
Saya masih ingat ketika neng Marwah bermain game pertama kali, kalah dan setelah itu dia ga patah semangat malah terus ingin main biar menang. Ini artinya mengajarkan anak untuk tekun dan jangan down ketika mengalami kegagalan. Kegagalan memang kadang terjadi dalam hidup, kegagalan hanyalah tantangan biar kita terus mencoba dan mencoba. Untuk lebih tekun lagi dalam mengejarnya.

Dan masih banyak lagi loh manfaat dari bermain game. Jadi kalau anak - anak ingin main game jangan dilarang yah asalkan bermain game nya sesuai dengan usia dan ada jadwal atau screening time nya, jangan kelamaan juga. 

#HadiahDariBunda

Nah kebetulan banget nih, masih dalam suasana Hari Anak Nasional, Panduan Bunda mengadakan sebuah kompetisi yang bertajuk #HadiahDariBunda. Penasaran kan apaan sih kompetisi #HadiahDariBunda itu? 

#HadiahDariBunda itu adalah sebauh activity yang diselenggarakan untuk para fans dan juga semua followernya akun sosial media Panduan Bunda, sudah pada follow kan akun sosmednya? Buruan follow dulu dong!


Gimana nih cara ikutannya? 

Kita bisa login menggunakan akun facebook atau email, bebas mau pilih yang mana. Sebelum login jangan lupa buat sign up dulu yah.Kemudian sesudah masuk ke website Panduanbunda.com langsung deh klik tab "Hadiah Dari Bunda" untuk memulai permainannya. Kita bisa memilih kategori gambar mana yang akan dimainkan.

Ada tiga kategori utamanya yaitu buah, hewan dan kendaraan. Nanti setelah memilih, kita sebagai user harus mencocokkan gambar yang ada pada kolom sebelah kiri dengan kanan yang ada disebelah kanan, biasanya pas main ini anak - anak akan seneng dan mengasah ingatan dan otak anak juga loh. Setelah bermain nantinya kita akan mendapatkan tambahan poin acak sebesar 1 - 5 jika share ke facebook. Poin acak yang sama juga akan didapat jika sudah menyelesaikan satu sesi permainan. Setiap sesi itu bakalan dibagi menjadi tiga level yakni :
  1. 4 gambar untuk level 1
  2. 5 gambar untuk level 2
  3. 6 gambar untuk level 3
Ada jumlah batas permainannya juga loh perhari yang bisa dilihat peserta dihalaman utama page activity itu adalah 3 kali. Tapi tenang, masih tetap bisa bermain kok namun tidak akan ada penambahan poin saja.


Buat yang ingin ikutan, buruan ikutan soalnya ini hanya berlangsung mulai 23 juli sampai 23 agustus 2019 saja.

Hadiahnya apa saja yah buat para pemenang? 
Hadiahnya tentu saja bikin mupeng dong. Hadiah keren itu adalah :
  1. PlayGo Creativity Table
  2. Playgo Magnetic
  3. Playdoh
  4. Scooter
  5. Lego Toystory
Gimana? Bikin mupeng sekali bukan hadiahnya?  

Kriteria Pemenang
Untuk pemenang kompetisi ini ditentukan berdasarkan poin paling banyak. Penjurian dilakukan melalui sistem poin, yang terpampang pada leaderboard. Keputusan juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Jadi, biar peluang menang banyak buruan main sekarang juga dan kumpulkan poin sebanyak mungkin. 


Pengumuman Pemenang
Untuk para pemenang kompetisi #HadiahDariBunda ini akan diumumkan di website Panduan Bunda dan juga sosial medianya, paling lambar tujuh hari setelah kuis nya ditutup. Setelah diumumkan pemenang yang sudah dipilih wajib mengirimkan kelengkapan data diri melalui message ke akun Facebook atau Instagram Panduan Bunda paling lambat 14 hari setelah diumukan, kalau misalnya lebih dari 14 hari maka bakalan dianggap gugur. Jadi pantengin terus akun instagram dan facebook nya Panduan Bunda yah. 


Yuk tunggu apalagi, ikutan sekarang biar kesempatan kumpulin poin nya semakin banyak. Semoga menang yaaah.




With Love,


Tian lustiana








36 comments:

  1. Main game untuk anak memang boleh, tapi seperti apa yang Tian tulis, harus pintar memilih jenis permainannya & hal lain yang harus diperhatikan. Dan selalu dalam pengawasan orang tua juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener teh, harus tetap dalam pengawasan yah

      Delete
  2. Yaaah telat baca akuh, hiks... Cocok banget ada lomba2 begini zaman sekarang, supaya anak2 tambah siap untuk menghadapai generasi digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, menambah kesiapan anak menghadapi generasi digital memang yah.

      Delete
  3. Beneer,
    Hadiahnya semua yang disukain anak-anak.

    Aku rasa anak zaman sekarang sulit benar-benar steril dari gadget.
    Pemakaian sewajarnya semoga bisa mendukung aktivitas harian ananda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan memang harus mendidik anak sesuai zamannya, nah sekarang kan zaman digital jadi sesuaikan saja

      Delete
  4. Marwah pasti seneng banget ikutan keseruan #HadiahDariBunda ya. Mau ngajakin Rasi juga ah.

    ReplyDelete
  5. Setuju banget, anak anak harus paham gadget .Ngga boleh kudet.
    Semua barang ada dampak positive negative nya

    ReplyDelete
  6. Panduanbunda(dot)com, wah, mudah2an anak-anak suka. Mau coba browsing, ah

    ReplyDelete
  7. Aku mah nggak anti anak main game di gawai, banyak manfaatnya juga. Tapi iya memang mesti didampingi anaknya ya, Teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang penting harus didampingi dan ada screentime nya juga.

      Delete
  8. Wah seru, nih. Nanti aku coba di rumah bareng Al deh. TFS, Tian

    ReplyDelete
  9. Aku senang ya namanya anak anak setuju jangan abaikan hak anak atas bermain ya moms

    ReplyDelete
  10. Mau ikutan ah Siapa tahu menang dan hadiahnya bisa buat anak apalagi tantangannya memainkan permainan tentu menyenangkan bagi ibu yang lagi Butuh hiburan

    ReplyDelete
  11. Main yang asik bersama anak ya mbak, apalagi mamanya kreatif seperti itu 😍😍

    ReplyDelete
  12. Biasa anak main game bakal dilarang klo ini selain bermain bisa belajar dan ketika menang bisa dapat hadiah

    ReplyDelete
  13. Wah wah, boleh-boleh nih anak saya yang nomor 3 ikutan. Dia pasti suka banget. Mana ada rewardnya ya

    ReplyDelete
  14. Hadiahnya bikin anak termotivasi ya Mba, siapa tahu menang salah 1 hadiahnya n mereka tambah senang

    ReplyDelete
  15. seneng banget kalau banyak orang tua yang sadar akan kebutuhan anak dengan bermain. membelikan mainan yang sesuai uur dan meningkatkan kreatifitas pasti bagus banget deh. karena ank anak memang harus bermain

    ReplyDelete
  16. Makasih mbak untuk infonya. Boleh nih kukasih tahu ke kakak iparku. Kebetulan keponakanku (anaknya) suka banget main game. Nah, daripada main game gak dapat apa-apa, mending ikutan di panduanbunda aja. Soalnya bisa dapat hadiah menarik. Mudah-mudahan bisa bawa pulang scooternya ya :D

    ReplyDelete
  17. Jaman sekarang anak kecil yang baru umur bbrpa tahun saja sudah bisa mengoperasikan gadget, bahkan jika tidak dikasih akan nangis. Tpi kita sbg orang tua harus bisa memantau aktivitas anaknya iya mba.

    Game ini cocok banget nih bagi buah hat dan hadiahnya juga lumayan. :)

    ReplyDelete
  18. Games ini sangat cocok jika dalam rangka Hari Anak Nasional bisa dikatakan juga suatu bagian dari dukungan orangtua terhadap proses tumbuh kembang anak

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)