Macam-macam cat kayu

Bismillah, 

Dengan berbagai macam jenis warna cat pada umumnya baik buat tampilan rumah atau benda-benda antik disekitar kita. Cat merupakan salah satu bagian Desain mewah dengan tampilan sederhana, gaya arsitekturnya yang menggunakan kayu dalam hal interior dan ekterior rumah. Cat kayu memang penting terutama jika anda berkecimpung dibidang funiture maka membutuhkan cat jenis ini untuk bahan finishingnya. Pemakaian cat kayu sebagai finishing berbeda dengan produk cat lain seperti cat logam dan cat dinding. Beberapa jenis cat kayu yang dapat dipillih sesuai dengan kegunaan dan jenisnya. Karena jenis kayu mempengaruhi cat yang akan digunakan untuk menghasilkan tampilan lebih indah dan menarik. Mari kita simak beberapa cat kayu diantaranya adalah : 


1. Nitro celluleso 

Cat ini terlihat natural, tidak mengkilap, dan menghasilkan pengecatan yang tipis, sehingga pemakaiannya tidak kalah banyak untuk situasi normal. Nilai lebihnya adalah cat ini tahan terhadap noda dan benturan, cocok buat rumah kamu yang mau tampil elegan, sehingga dapat memperindah ruangan 

2. Melamik 

Sama dengan nito celluleso tahan terhadap noda akan tetapi lenih halus. Namun, sangat disayangkan sekali karena cat ini memiliki kekurangan yaitu tidak bisa tahan terhadap sinar UV. Melamik ini digunakan untuk mengecat furniture misalnya mebel. Cat ini juga biasa digunakan mengecat kayu dengan menggunakan alat sederhana dan tanpa menggunakan mesin kompresor, mengerjakannya tidak menguras tenaga kita. Jadi, kita lakukan sendiri tanpa menyuruh orang lain. Untuk mendapatkan hasil yang maksimalpun kita bisa menggunakan kuas sebagai alat pengecat tanpa harus memakai kompressor namun hasilnya tidak kalah dengan cat lain yang pakai kompressor. Cat ini tidak kalah ngetrennya digunakan pada era moderen seperti sekarang. 


3. Politur 

Cat kayu jenis ini banyak digunakan sejak dulu, di Indonesia sendiri banyak yang menggunakannya, karena cat ini tahan terhadap sinar ultra violet (UV) yang membahayakan kulit tubuh kita. Selain itu, cat politur ini mudah diterapkan baik pada interior maupun eksterior. Jadi tidak heran apabila cat ini banyak yang menggunakannya sejak dulu. Dalam hal ini jenis cat kayu politur tinggi lebih banyak diminati. 

4. Akrilik 

Cat ini biasanya digunakan sebagian orang untuk menampilkan hasil warna jernih menjadikan warna tampilan lebih muda, dengan demikian cat jenis ini cocok diterapkan untuk pelapis mainan anak, ruang bermain, dan juga tempat-tempat yang membutuhkan kesan ceria dengan penuh warna. Sama dengan keunggulan cat yang lainnya tahan terhadap noda sehingga memberikan perlindungan pada masalah-masalah seperti hujan dan tumpahan minuman.. Berbeda debgan cat konvesional dan umum digunakan pada masa lalu, cat akrilik menggunakan air sebagai pelarutnya. Namun, cat ini memiliki karakter water resistant yang baik. Setelah diaplikasikan pada kayu dan mengering.


With love,
TIAN LUSTIANA 


You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)