Thursday, 31 October 2019

Ketika Anak Demam, Jangan Panik!

Thursday, October 31, 2019 30 Comments
Orang tua mana yah yang ga merasakan panik ketika anaknya demam. Jujur, saya aja panik apalagi kalau neng Marwah demam. Padahal yah, sebaiknya jangan panik, harus tetap tenang, kenapa? Jika dalam keadaan tenang otomatis ketika mengatasi demam anak pun akan lebih baik, bener?

Suhu normal anak itu antara kisaran 36,5 sampai  37,5° C dan ketika anak menunjukkan suhu tubuhnya sampai lebih dari 38°C bisa dikatakan demam. Deman itu banyak penyebabnya dan gak semua demam harus ditangani dengan obat - obatan langsung. 




Memang apa saja sih penyebab anak mengalami demam tinggi?
Demam itu sebenernya reaksi alami tubuh loh buibu, jadi tubuh melawan infeksi dan terjadilah demam. Ketika demam muncul,itu tandanya sistem kekebalan tubuh anak sedang bekerja untuk melawan infeksi yang menyerang. Pada saat demam, ada perintah dari otak untuk meningkatkan suhu tubuh. Ini diperlukan untuk mengarahkan sel - sel darah putih melawan virus dan juga bakteri yang mengganggu tubuh anak. 

Beberapa penyebab demam pada anak, diantaranya : 

Adanya infeksi 
Demam hadir semacam kasi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh anak sedang melawan infeksi. Infeksi ini tuh sering kali menjadi penyebab anak demam tingi. Infeksi yang menyebabkan demam tinggi pada anak tuh diantaranya flu, roseola, radang amandel, infeksi telinga, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), infeksi ginjal, Infeksi Saluran Kemih (ISK), cacar air dan batuk rejan. 

Demam setelah imunisasi 

Untuk anak bayi setelah imunisasi biasanya suka demam, ya kan? Memang sih biasanya demamnya tuh tergolong ringan, nah pas anak imunisasi tanyain aja sama dokternya tentang penanganan yang dibutuhkan, apakah anak yang demam karena imunisasi. 

Dan masih banyak sih penyebab lainnya. Seperti pakaian yang terlalu tebal juga bikin anak mengalami suhu tinggi atau suhu lingkungan juga bisa menyebabkan anak mengalami kenaikan suhu badannya. 


Cara mengatasi demam pada anak

Pada saat demam, cairan dalam tubuh akan lebih cepat menguap dibanding biasanya jadi ini akan mengakibatkan terjadinya dehidrasi, makanya hal yang paling penting dan wajib dilakukan ketika anak demam adalah mencukupi kebutuhan cairan anak. Berikan minum air yang cukup supaya tubuh anak tetap terhidrasi, jika untuk bayi berikan ASI yang banyak untuk mencukupi asupan cairannya. Selain mencukupi cairannya ada juga beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya : 



Pastikan suhu ruangannya sejuk supaya anak tetap merasa nyaman, biasanya kalau demam anak suka agak rewel kan yah. 

 Jangan selimuti anak dengan yang tebal, selimuti saja dengan kain tipis dan biarkan sirkulasi udara lancar biar suhu sejuk. 
 Kompres anak dengan air hangat, ga disarankan pake air dingin buat kompres soalnya bisa meningkatkan suhu tubuh dan bikin anak menggigil. 
 Banyakin istirahat biar cepat pulih. 

Jadi intinya anak selama demam itu jangan terlalu cape dan harus nyaman, jika demam sudah lebih dari tiga hari langsung saja bawa ke dokter. 

Alhamdulillah sih sekarang tuh ga terlalu panik dan khawatir soalnya sekarang ada aplikasi kesehatan yang isinya tuh informasi seputar kesehatan yang lengkap sekali. Bukan hanya informasi kesehatan namun juga lengkap dengan Booking Dokter loh, jadi kalau mau booking dokter bisa langsung lewat aplikasi andalan saya ini. 

Aplikasi apa tuh? 

SehatQ. Aplikasi SehatQ ini adalah aplikasi kesehatan yang valid banget buat kita - kita yang butuh informasi seputar kesehatan. SehatQ memiliki fitur andalan lainnya, bisa Chat Dokter dan Booking Dokter. Asik kan? 



Chat Dokter ini bisa konsultasi langsung dengan dokter untuk menanyakan hal - hal seputar kesehatan, dokternya pun adalah dokter yang sudah terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan sudah punya Surat Tanda Teregistrasi (STR) via chat di aplikasi, konsultasi ini tuh free alias gratis. Semua chatting di Chat Dokter ini langsung terekam di sistem aplikasinya dan menjadi catatan medis dalam bentuk digital, jadi jika nanti dibutuhkan maka bisa diperiksa langsung dari aplikasi. 



Nah kalau Booking Dokter, kita bisa langsung menemukan informasi jadwal dokter di Rumah sakit atau klinik yang dituju, fitur ini bikin kita bisa menyesuaikan jadwal periksa tanpa antri, karena sudah booking. Dan yang bikin saya seneng, di aplikasi sehatQ ini saya bisa juga loh ceki - ceki jadwal Klinik Kecantikan, jadi tambah seneng deh.  

Alhamdulillah yah, semenjak kenalan dengan aplikasi SehatQ ini saya menjadi lebih tenang dan ga gampang panikan loh bu ibu, hehe. Yuk mana yang sudah download aplikasi keren ini? Sharing yuk!




With love,







Tuesday, 22 October 2019

Swisse Children's Ultivite Multivitamin Anak Yang Enak Rasanya

Tuesday, October 22, 2019 20 Comments
Bismillah,

Apa kabar nya bu ibu? Gimana sehat ? Anak - anak sehat ? 

Alhamdulillah yah kalau sehat semuanya. 

Swisse Children's Ultivite Multivitamin

Tapi sekarang tuh musim sedang kurang baik, ga jelas. Kadang hujan tiba - tiba, panas seharian. Batuk dan pilek sih udah musim dan lama banget sembuhnya, huhuh. Neng Marwah juga lagi pilek nih, memang sih kalau kena debu dan dingin neng Marwah tuh langsung bersin dan berujung pilek. Kadang saya suka nanya ke diri sendiri, kenapa sih neng Marwah cepet banget kena pilek padahal kan selama ini asupan nutrisinya udah saya penuhi. Makanan juga insya allah bergizi dan gak sembarangan. 

Namun, nyatanya ga semua makanan & minuman yang dikonsumsi anak itu sudah memenuhi vitamin, makanya disitulah diperlukan asupan  vitamin & suplemen tambahan. 

Swisse Children's Ultivite Multivitamin

Sudah kita ketahui ya bu ibu bahwa vitamin adalah salah satu nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh anak - anak. Vitamin bisa ditemukan pada berbagai jenis makanan & minuman yang dikonsumsi anak sehari - hari. Begitu juga dengan nutrisinya, bisa didapatkan dari pola makan yang sehat. Seperti apa sih pola makan sehat untuk anak itu, diantaranya adalah : 
  • Konsumsi susu & produk makanan yang mengandung susu, misalnya keju atau yoghurt. 
  • Konsumsi buah - buahan dan juga sayur - sayuran yang berwarna hijau.
  • Konsumsi makanan yang mengandung protein.
  • Konsumsi gandum atau beras merah.
Dan konsumsi makanan sehat lainnya. Hindari makanan cepat saji, soalnya kalau makanan cepat saji itu malah bikin anak obesitas loh. Tapi makanan cepat saji itu laksana penyelamat ya apalagi pas kelaparan dan males masak, hihi pastilah langsung order makanan cepat saji. 

Kapan anak yang memang butuh asupan vitamin & suplemen tambahan? 

Swisse Children's Ultivite Multivitamin

Jujur, dulu saya juga gak paham sama sekali kapan nih anak saya butuh asupan nutrisi tambahan dari vitamin, makanya saya suka langsung saja konsultasi ke dokter tentang pemberian asupan nutrisi atau vitamin tambahan untuk anak. Dan dokter menyarankan memberikan vitamin tambahan jika : 

  1. Anak tidak mau makan makanan yang sehat & bergizi secara teratur
  2. Anak termasuk yang picky eater. 
  3. Ada kondisi medis yang kronis pada anak. sehingga anak butuh vitamin tambahan. 
  4. Anak yang suka makanan cepat saji dan makanan olahan. 
  5. Anak - anak yang vegetarian, karena kemungkinan asupan zat besinya kurang dan protein nya juga kurang. 
  6. Anak yang memiliki alergi. 
  7. Dan lainnya. Saran saya sih mendingan konsultasikan saja ke dokter supaya mendapatkan multivitamin yang tepat. 

SWISSE Ultivite Children's Multivite 


Swisse Children's Ultivite Multivitamin

Untuk Neng Marwah, saya memberikan asupan multivitamin tambahan yang tidak mengandung tambahan laktosa, gluten, ragi, telur dan perasa buatan dikarenakan neng Marwah ada alergi juga. Sesuai anjuran dokter nih diberitahukan multivitamin dari Swisse. Ada yang sudah kenal sama produk Swisse ? Kalau sudah kenal pasti paham ya sama kualitasnya. 

Swisse Children's Ultivite Multivitamin

Jujur, saya baru kenalan sama produk Swisse ini loh. 

Swisse Children's Ultivite Multivitamin

Pas awal nyobain, alhamdulillah neng Marwah langsung suka sama rasanya. Biasanya neng Marwah tuh agak susah minum vitamin, dia kadang ga mau minum vitamin apalagi kalau rasanya ga enak. Tapi untuk SWISSE Ultivite Children's Multivite ini dia langsung aja mau, katanya rasanya enak. Padahal ini harus dikunyah loh, tapi dia mau. Ibu pun seneng deh. 

Swisse Children's Ultivite Multivitamin
Kandungan Multivitamin 

SWISSE Ultivite Children's Multivite  ini tuh merupakan multivitamin khusus untuk anak dengan kualitas yang premium. Rasanya enak yang disukai anak - anak menjadikan SWISSE Ultivite Children's Multivite  ini tuh idola. Jadi, ga ada lagi deh drama anak susah minum vitamin. 

Swisse Children's Ultivite Multivitamin
Neng Marwah suka minum vitamin

SWISSE Ultivite Children's Multivite  ini mengandung 21 vitamin, mineral, antioksidan dan juga herbal yang turut mendukung kebutuhan nutrisi anak - anak untuk perkembangan kognitif anak juga untuk daya tahan tubuh anak. SWISSE Ultivite Children's Multivite  ini bagus dikonsumsi ketika dalam masa pertumbuhan anak. 

Sudah  banyak sekali ilmiah yang membuktikan SWISSE Ultivite Children's Multivite  ini tuh sudah melindungi anak - anak dari kekurangan gizi ideal, mungkin bu ibu bisa searching di Google deh. Buat ibu - ibu yang anaknya picky eater atau susah makan makanan sehat bisa nih menjadikan SWISSE Ultivite Children's Multivite  solusi. 

Cara konsumsi : 
2 - 4 tahun :  1 tablet setiap hari 
4 - 12 Tahun : 2 tablet setiap hari 

Swisse Children's Ultivite Multivitamin
isi 120 tablet kunyah

Mumpung masih ada promo nih di JDID Australian Gallery dengan memasukkan kode diskon : SWISSE994  ketika check out nya ya gengs. 











With love,