Post Top Ad

Thursday, 31 October 2019

Ketika Anak Demam, Jangan Panik!

Orang tua mana yah yang ga merasakan panik ketika anaknya demam. Jujur, saya aja panik apalagi kalau neng Marwah demam. Padahal yah, sebaiknya jangan panik, harus tetap tenang, kenapa? Jika dalam keadaan tenang otomatis ketika mengatasi demam anak pun akan lebih baik, bener?

Suhu normal anak itu antara kisaran 36,5 sampai  37,5° C dan ketika anak menunjukkan suhu tubuhnya sampai lebih dari 38°C bisa dikatakan demam. Deman itu banyak penyebabnya dan gak semua demam harus ditangani dengan obat - obatan langsung. 




Memang apa saja sih penyebab anak mengalami demam tinggi?
Demam itu sebenernya reaksi alami tubuh loh buibu, jadi tubuh melawan infeksi dan terjadilah demam. Ketika demam muncul,itu tandanya sistem kekebalan tubuh anak sedang bekerja untuk melawan infeksi yang menyerang. Pada saat demam, ada perintah dari otak untuk meningkatkan suhu tubuh. Ini diperlukan untuk mengarahkan sel - sel darah putih melawan virus dan juga bakteri yang mengganggu tubuh anak. 

Beberapa penyebab demam pada anak, diantaranya : 

Adanya infeksi 
Demam hadir semacam kasi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh anak sedang melawan infeksi. Infeksi ini tuh sering kali menjadi penyebab anak demam tingi. Infeksi yang menyebabkan demam tinggi pada anak tuh diantaranya flu, roseola, radang amandel, infeksi telinga, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), infeksi ginjal, Infeksi Saluran Kemih (ISK), cacar air dan batuk rejan. 

Demam setelah imunisasi 

Untuk anak bayi setelah imunisasi biasanya suka demam, ya kan? Memang sih biasanya demamnya tuh tergolong ringan, nah pas anak imunisasi tanyain aja sama dokternya tentang penanganan yang dibutuhkan, apakah anak yang demam karena imunisasi. 

Dan masih banyak sih penyebab lainnya. Seperti pakaian yang terlalu tebal juga bikin anak mengalami suhu tinggi atau suhu lingkungan juga bisa menyebabkan anak mengalami kenaikan suhu badannya. 


Cara mengatasi demam pada anak

Pada saat demam, cairan dalam tubuh akan lebih cepat menguap dibanding biasanya jadi ini akan mengakibatkan terjadinya dehidrasi, makanya hal yang paling penting dan wajib dilakukan ketika anak demam adalah mencukupi kebutuhan cairan anak. Berikan minum air yang cukup supaya tubuh anak tetap terhidrasi, jika untuk bayi berikan ASI yang banyak untuk mencukupi asupan cairannya. Selain mencukupi cairannya ada juga beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya : 



Pastikan suhu ruangannya sejuk supaya anak tetap merasa nyaman, biasanya kalau demam anak suka agak rewel kan yah. 

 Jangan selimuti anak dengan yang tebal, selimuti saja dengan kain tipis dan biarkan sirkulasi udara lancar biar suhu sejuk. 
 Kompres anak dengan air hangat, ga disarankan pake air dingin buat kompres soalnya bisa meningkatkan suhu tubuh dan bikin anak menggigil. 
 Banyakin istirahat biar cepat pulih. 

Jadi intinya anak selama demam itu jangan terlalu cape dan harus nyaman, jika demam sudah lebih dari tiga hari langsung saja bawa ke dokter. 

Alhamdulillah sih sekarang tuh ga terlalu panik dan khawatir soalnya sekarang ada aplikasi kesehatan yang isinya tuh informasi seputar kesehatan yang lengkap sekali. Bukan hanya informasi kesehatan namun juga lengkap dengan Booking Dokter loh, jadi kalau mau booking dokter bisa langsung lewat aplikasi andalan saya ini. 

Aplikasi apa tuh? 

SehatQ. Aplikasi SehatQ ini adalah aplikasi kesehatan yang valid banget buat kita - kita yang butuh informasi seputar kesehatan. SehatQ memiliki fitur andalan lainnya, bisa Chat Dokter dan Booking Dokter. Asik kan? 



Chat Dokter ini bisa konsultasi langsung dengan dokter untuk menanyakan hal - hal seputar kesehatan, dokternya pun adalah dokter yang sudah terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan sudah punya Surat Tanda Teregistrasi (STR) via chat di aplikasi, konsultasi ini tuh free alias gratis. Semua chatting di Chat Dokter ini langsung terekam di sistem aplikasinya dan menjadi catatan medis dalam bentuk digital, jadi jika nanti dibutuhkan maka bisa diperiksa langsung dari aplikasi. 



Nah kalau Booking Dokter, kita bisa langsung menemukan informasi jadwal dokter di Rumah sakit atau klinik yang dituju, fitur ini bikin kita bisa menyesuaikan jadwal periksa tanpa antri, karena sudah booking. Dan yang bikin saya seneng, di aplikasi sehatQ ini saya bisa juga loh ceki - ceki jadwal Klinik Kecantikan, jadi tambah seneng deh.  

Alhamdulillah yah, semenjak kenalan dengan aplikasi SehatQ ini saya menjadi lebih tenang dan ga gampang panikan loh bu ibu, hehe. Yuk mana yang sudah download aplikasi keren ini? Sharing yuk!




With love,







26 comments:

  1. Waktu Rayi sampe 40 derajat itu aku panik teh pengen nangis hahaha soalna ga pernah ada riwayat tetehnya juga paling 39 hehehe unutng yah ada sehatq ya teh aplikasi kekinian

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa dulu waktu Marwah kecil saya sering banget panikan huhuhuh. Semoga sehat2 terus yaaa anak - anaknya teh Herva.

      Delete
  2. wahh sehatq emang banyak membantu ya... selain itu ya emang harus bersikap tenang menghadapi segala gangguan kesehatan... kalo panik malah gak fokus menanganinya ya

    ReplyDelete
  3. Jangan panik saat anak demam karena sebabnya bisa banyak ya...Tetap harus pantau kondisi anak dan buat kondisi ruangan lebih nyaman untuk anak bisa beristirahat dengan baik

    ReplyDelete
  4. Buibu milenial biasanya langsung panik kalo buah hati dilanda demam.kudu pantengin SehatQ ya.supaya dapat banyak info valid seputar kesehatan

    ReplyDelete
  5. Demam ketika anak imunisasi saja sudah bisa bikin panik padahal sebenarnya bisa diduga ya. Yang bagusnya memang jangan panik sih biar bisa berpikir dan bertindak jernih. Nah, untungya sekarang bisa bertanya pada Sehatq

    ReplyDelete
  6. Ngalamin banget deh rasanya panik ketika anak demam. Udah cemaaas banget, apalagi kalau demamnya udah malam hari di saat dokter udah pada tutup kliniknya. Huhuhuuu... sedih banget.

    ReplyDelete
  7. Oh iya, ini aplikasi yang sangat membantu para ibu ibu untuk mengatasi anak sakit di jalan terutama!

    Untuk booking RS atau dokter juga menjadi lebih mudah

    ReplyDelete
  8. asik ya Mba kalo pake SehatQ ini.
    segala masalah kesehatan adaaa solusi dan jawabannya

    ReplyDelete
  9. Setuju jangan panik sama demam kalau nggak berbahaya. Aku selalu pakaikan baju tipis yang menyerap keringat ke anak2, kalo basah langsung ganti. no selimut tebal dan pantau panasnya.
    Biasanya kalau pas panas tinggi, anak2 ngigau kan tuh. sejujurnya yg paling ngeri pas demam itu kalau pakai kejang, huhu..
    pentingnya pakai aplikasi sehatQ kalau pas di keadaan yg kayak gini

    ReplyDelete
  10. Dulu kalau anak demam malah dipakein jaket dan selimut tebal, katanya biar keluar keringat. Ternyata malah salah ya.
    Memang ortu suka panik kalo anak demam, dengan aplikasi Booking Dokter ini jadi lebih tenang ya karena bisa chat dan konsultasi langsung dg dokter. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  11. wah bisa buat konsultasi ya?
    kalo untuk perawatan lansia di rumah kira2 bisa ga ya buat konsultasi. soalnya mamiku udah susah mau dibawa ke dokter. badannya besar, ga bisa bangun dan ga mau bergerak ke rumah sakit

    ReplyDelete
  12. Waktu punya anak pertama trus demam, saya sempat panik. Kemudian dokternya kasih tau supaya tenang dan jangan ngegampangin datang ke dokter. Tunggu 3x24 jam dulu, kalau belum reda baru ke dokter. Kecuali kalau panasnya udah di atas 39 karena khawatir timbul kejang

    ReplyDelete
  13. Aku juga baru aja pakai fitur tanya dokter di website sehatq. Alhamdulillah lebih tenang karena bisa nanya sakit yang sedang aku alami sekarang

    ReplyDelete
  14. SehatQ fiturnya lengkap bngt ya mba yg plng disuka bisa konsultasi ke dokter dan jawabany cepet bngt Aku dah coba kmrin sblm pergi ke Rmh sakit

    ReplyDelete
  15. makin banyak pilihan aplikasi kesehatan ya mbak. intinya memudahkan pasien utk mendapatkan informasi yg tepat terkait kondisinya

    ReplyDelete
  16. Aplikasi ini bermanfaat banget ya buat para emak, biar lebih tenang kalau ada keluhan bisa konsultasi segera..deg-degan kalau anak demam ya..

    ReplyDelete
  17. Aku semenjak belajar dari beberapa pengalaman teman-teman, jadi waktu punya anak agak sedikit paham ngadepinnya kalau waktu anak sakit. Terutama saat dia demam, aku biasanya memantau dulu, dan kalau sampai 3 hari gak ada kemajuan baru dibawa ke dokter.

    ReplyDelete
  18. konsul dokter jadi lebih praktis yaaa. belum lagi banyak artikel kesehatan no hoaks yg jadi referensi pilihan

    ReplyDelete
  19. Asyik ya, sekarang dengan aplikasi SehatQ kita bisa konsultasi tentang kesehatan dan kecantikan dengan ahlinya. Lebih praktis

    ReplyDelete
  20. Kalau demam insyaAllah gak panik sih, soalnya udah tau ciri2 demam yang bahaya dan biasa aja kek apa. Itu panduan kesehatan pertama yang diajarin ma DSA-ku dulu hehe. Waah tosss saya juga sering baca info kesehatan di SehatQ mbak :D

    ReplyDelete
  21. setuju mba, anak demam justru jangan panik, meski pada praktiknya pasti sulit ya, tapi justru dengan bersikap tenang saat anak demam ini bikin kita tau mau ngapain.

    ReplyDelete
  22. pengennya sih nggak panik, tapi auto panik aja kalau anak demam. Apalagi kalau anak pertama. Emang bener sih ya, kalau panik malah jadinya bingung sendiri

    ReplyDelete
  23. Aku baru tau loh kak kalau demam itu proses alami tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh, alhamdulillah dapat ilmu lgi sebelum melahirkan 😊

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)