Ceremony

Just Married

Jenis Tabungan Yang Tersedia Saat Ini

by - Monday, November 25, 2019

Bismillah, 
Sejak kelas 1 SD, saya sudah mengenalkan neng Marwah sama Bank. Saya juga sudah berikan beberapa penjelasan tentang tabungan. Kenapa saya merasa harus sejak dini mengenalkan anak seputar Bank dan Tabungan? Ya, karena saya rasa memang penting, jadi anak bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan uang, begitu. 


Baiklah, dalam postingan ini juga saya akan jelaskan beberapa jenis tabungan yang saat ini populer di Indonesia, harus dipahami biar ga salah pilih hehe. Apalagi kan sebagai salah satu produk keuangan yang lumayan banyak digandrungi masyarakat, tabungan itu akan selalu eksis dari masa ke masa. Memang sih sudah banyak instrumen investasi lain yang keuntungannya itu bisa lebih tinggi, namun tetap saja tabungan tetap famous sampe sekarang. Betul tidak?

Dan ini lah beberapa jenis tabungan yang sudah diperkenalkan beberapa Bank di Indonesia, diantaranya adalah :


1. Tabungan Konvensional
Jenis tabungan yang pertama ini adalah yang paling banyak dimiliki masyarakat di Tanah Air. Ciri utama tabungan konvensional adalah dana yang bisa diambil atau disetorkan kapan saja. Suku bunga yang ditawarkan adalah sekitar 0,5 sampai 2%, dengan biaya admin beragam tiap bank.

2.Tabungan Berjangka
Bagi yang sedang menyiapkan dana untuk kebutuhan masa depan, misalnya untuk biaya pendidikan atau pernikahan, tabungan berjangka adalah pilihan yang paling cocok. Uangmu akan di-auto debet selama jangka waktu yang ditetapkan.

Sekilas tabungan berjangka memang mirip dengan deposito. Bedanya adalah jumlah setoran yang lebih rendah. Bunga yang diperoleh juga lebih besar dibandingkan bunga tabungan konvensional.

3.Tabungan Mata Uang Asing

Tabungan yang satu ini mungkin lebih cocok jika disebut sebagai investasi. Nasabah menabung dengan cara memanfaatkan naik-turunnya kurs mata uang dalam negeri. Misalnya, saat nilai tukar rupiah terhadap dollar sedang turun, maka saatnya menjual dollar. Begitu juga sebaliknya. Nah, dari selisih kurs itulah mereka mendapat keuntungan.

4. Tabungan Haji
Seperti namanya, tabungan ini memang ditujukan khusus untuk nasabah yang berencana naik haji. Masing-masing bank menerapkan kebijakan berbeda terkait jumlah setoran bulanan yang harus dibayar nasabahnya.

Nantinya ketika tabungan sudah mencapai angka Rp25 juta, mereka bisa mendaftarkan diri ke Kemenag untuk mendapat nomor antrean haji. Jenis tabungan ini akan sangat membantumu melunasi segala kebutuhan dan biaya keberangkatan ke Tanah Suci.

5. Tabungan Pendidikan
Biaya sekolah anak-anak bisa disiapkan sejak dini dengan tabungan pendidikan. Biasanya nasabah harus menyetorkan sejumlah uang secara rutin dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan (minimal 12 bulan dan maksimal 240 bulan).

Tabungan pendidikan sering kali disertai asuransi proteksi jiwa yang bisa diklaim jika sewaktu-waktu kepala keluarga mengalami musibah atau meninggal.

6. Tabungan Giro
Nasabah tabungan giro biasanya adalah perusahaan aktif yang memiliki bisnis. Bedanya dengan tabungan konvensional adalah nasabah akan mendapat rekening berisi transaksi selama satu bulan yang bernama rekening koran. Adapun untuk proses transaksi, nasabah menggunakan cek dan bilyet giro.

Selain menabung, kamu juga bisa mencapai target keuanganmu dengan berinvestasi di Qazwa. Platform pembiayaan online berbasis syariah ini menawarkan skema investasi yang aman, transparan, serta bebas riba.
Dengan modal awal mulai Rp5.000 saja, kamu berkesempatan mendapat keuntungan sampai 24% setahun, lho. Ayo, mulai hijrah finansial bersama Qazwa melalui pembiayaan syariah agar hidup jadi lebih berkah. Insya Allah. 



Gimana nih menurut bu ibu? Sharing yuk!


With love,

Tian lustiana 


You May Also Like

25 Comments

  1. jenis tabungan saat ini seperti yang mba paparkan ditulisan ini, sejauh ini tabungan yang aku punya hanya konvensional aja

    ReplyDelete
  2. iih fa dijelaskan dengan komplit deh apa itu Qazwa! Aku kan pengen tau moda investasi apaaaa lagi yang bisa dibeli saat ini

    ReplyDelete
  3. aku dulu pernah punya tabungan mata uang asing. begitu dolar melonjak, langsung deh merasa kaya raya. maklum, waktu itu masih sma dan tetiba punya uang banyak rasanya seneng banget :D

    ReplyDelete
  4. Kemarin ketemu teman yang mengatakan memindahkan sebagian asetnya ke tabungan asing. Katanya ada waktunya diperlukan

    ReplyDelete
  5. Bertambah lagi nih referensi startup teknologi finansial (tekfin)
    Apakah fokusnya juga tetap untuk UMKM, mba?

    ReplyDelete
  6. Kalau investasi secara syariah, rasanya lebih tenang ya Mak.
    Mau coba gali info lagi tentang Qazwa, yeayyy

    ReplyDelete
  7. Teh, mau dong dijelasin review lengkap dalam 1 postingan si Qazwa ini. Beneran penasaran lho aku. Ini buka websitenya aku masih bingung. Hahaha.

    ReplyDelete
  8. Saya baru pakai tabungan konvensional aja. Kayaknya tertarik juga dengan mata uang asik

    ReplyDelete
  9. Banyak pilihan ya utk menabung.. tinggal pilih yang paling cocok dengan kebutuhan kita...

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  10. Aku sekaramg fokus di tabungan konvensional dan tabungan pendidikan mb. Kalau mata uang asing ada dikit tapi kurang pas sih kalau dbilang tabungan

    ReplyDelete
  11. Kemarin aku baru aja berembug sama suami, misal mau membuat tabungan haji mending sekarang aja soalnya keberangkatannya 20-25 tahun lagi :D

    ReplyDelete
  12. Aku baru punya 3 dari semua jenis tabungan itu. Yang giro itu gak pernah coba sama sekali deh. Tapi sering denger suami ngobrolin itu utk rekening kantornya

    ReplyDelete
  13. Saya baru tau nih tentang qazwa, menarik deh, syariah, tanpa riba, dan transparan...

    ReplyDelete
  14. Tabungan giro ini yang saya belum faham apa. Biasa kalau ke ATM seeing ada pilihan apakah uang yang diambil jenia tabungan atau giro. Pernah kepencet giro eh tapi tetap berjalan transaksinya.

    ReplyDelete
  15. Banyak ya pilihan jenis tabungan ya..membuat kita bebas menentukan mana yang sesuai dengan perencanaan keuangan kita

    ReplyDelete
  16. Eh aku penasaran tabungan mata uang asing gmn caranya mbak? Ada di beberapa bank trtentu atau semua bank bisa?
    Yg penting tentukan tabungan sesuai kebutuhan ya kyknya. Kalau saya skrng tertariknya investasi yg macam reksadana gtu :D

    ReplyDelete
  17. Aku ada 3 tabungan ka.. sisanya belum hehe.. dan memang sedang cari yg berbau syariah.. makasih infonya ya ka

    ReplyDelete
  18. Wahh,Mareah sejak kelas 1 SD ya diperke alkan ttg bank. Kayaknya bisa aku contoh nih, Narend thn depan udah SD, rencananya mau aku buatkantabungan juga di bank. Pgn ngenalin tabungan berjangka sekalian :)

    ReplyDelete
  19. Akupunay tabunan konvensional aja sih. Di luar itu paling investasi bukan tabungan

    ReplyDelete
  20. Aku nih dah mulai punya tabungan haji mau berangkat semoga dipermudh ya mba.. kalau tabungan konvesional masih untuk keperluan sehari2

    ReplyDelete
  21. ha keuntungan gede banget? boleh lah dioba. tapi cari2 info dulu biar makin yakin seyakin-yakinnya

    ReplyDelete
  22. Penting yah mengenalkan jenis jenis tabungan bank sejak dini pada anak2, sehingga mereka jg bisa melek finansial ke depannya

    ReplyDelete
  23. Wow, dengan lima ribu rupiah sudah bisa berinvestasi? Syariah pula.. Otw kepoin Qazwa.

    ReplyDelete
  24. Keren postingannya! sangat mudah dicerna dan dipahami..

    ReplyDelete
  25. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya min sudah berbagi pengetahuan :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)