Wednesday, 29 January 2020

Tips Sederhana Agar Anak Suka Makan Sayur

Bismillah, 


Saya sering banget dengerin curhatan temen - temen yang anaknya gak suka sayuran, dan mereka tuh suka nanya kok neng Marwah kalau makan sayur lahap banget. Padahal sih dulu saya ga pernah maksain neng Marwah buat konsumsi sayuran dan buah, tapi memang selalu saya biasakan. 


Banyak juga yang nanyain, gimana nih tips nya biar anaknya juga suka makan sayuran. Soalnya emang pusing kali yah kalau anaknya ga suka makan sayuran, apalagi kalau anaknya suka makan goreng - gorengan saja kan cepet kena radang jadinya. 

Kalau menurut saya sih, jika anak sedang susah makan sayur atau dia ga suka yang jangan dipaksa, jangan ditakut - takuti apalagi dimarahi. Kalau digituin, yang ada anak malah makin gak suka dan gak mau deh makan sayuran, bener gak? 

Kalau dipaksain gitu nanti mindset anak bilang sayuran itu adalah makanan yang engga enak, dan dibenci. Duh jangan sampai deh anak beneran benci makanan. 

Terus gimana dong caranya biar anak suka makan sayur? Bismilah, mudah - mudahan tips sederhana ala saya ini bisa diterapkan dan membuat anak - anak suka makan sayur yaaa.

Baca : Pentingnya Menjaga Kebersihan Botol Susu Anak, Terutama di 1000 Hari Perlindungan dengan 8 Protection Dari Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser

Biasakan makan sayur sejak kecil 
Ketika MPASI, saya selalu memasak sayuran untuk neng Marwah, jadi saya banyakin sayuran dibandingkan daging atau ikan untuk awal - awal perkenalan. Dibiasakan supaya anak terbiasa konsumsi sayuran juga. Nah perlahan saya mix deh tuh sayuran dengan daging atau ikan, tapi tetap campuran sayurannya lebih banyak. Dan supaya gak bosen, biasanya saya ganti - ganti menu sayurnya. Misalnya buat pagi wortel, siang brokoli dan makan malam bayam. Capek sih, tapi demi anak ya dilakukan saja dengan senang hati. 

Coba semua sayuran 
Semua jenis sayuran kayaknya pernah saya kasi deh ke neng Marwah, sejak kecil sampe sekarang. Neng Marwah juga pernah makan pare alias paria loh, dan dia ga suka katanya pahit. Neng Marwah juga suka aneka jenis sayuran yang sudah dimasak, misalnya sayur lodeh, sayur sop dan sayur asem. Ini saya kasi ketika neng Marwah sudah besar yah, bukan buat MPASI hehe. Sekarang neng Marwah sudah kelas 5SD dan paling suka makan sayuran apalagi kalau makan sama sayur sop atau sayur asem favoritenya. Pasti makannya lahap. Saking neng Marwah sukanya sama sayur asem buatan neneknya, saya sampe searching dong resep sayur asem biar bisa masak sendiri di rumah, hehe. Dan alhamdulillah berhasil. 


Jadi coba saja semua jenis sayuran dan tawarkan pada anak, mana saja sayuran yang dia sukai dan tidak ia sukai. Jangan kasi sayuran yang sama saja, takutnya anak jadi bosan. 


Jangan bohongi anak ketika makan sayur
Saya pernah liat seorang teman yang menyembunyikan sayuran dibalik nasi anak dan disuapkan pada anak, begitu kegigit sama anak ya dimuntahkan sama anaknya. Sejak dulu saya ga pernah menyembunyikan sayuran, saya ingin anak tau apa yang ia makan, sayur ya sayur harus terlihat. Rasa dan bentuknya harus asli biar anak tau jenis sayurannya. 


Masak dan makan bersama 
Neng Marwah paling seneng makan hasil masakannya, jadi saya selalu libatkan ia buat ikut masak juga sejak kecil. Kalau masak sendiri, biasanya anak akan lebih semangat buat makan karena kan ia merasa itu masakannya sendiri dan harus dihabiskan. Selain itu, masak bersama juga bikin bonding lebih kuat sama anak. 


Kalau menurut bu ibu gimana nih? Ada yang punya tips lain supaya anak lebih suka makan sayuran? Sharing yuk. 



With love, 



3 comments:

  1. makasih sharingnya, dulu aku ngajari dengan cara yang sama anak pertana da kedua tp anak kedau gak suka sayur , sedang yang sulung mah suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beda - beda tiap anak yah, sebagai Ibu hanya berusaha saja supaya anak suka makan sayur.

      Delete
  2. anak saya juga malas banget sama yang namanya deketan sama syur hijau kak. taunya wortel doan. cuma emng tipsnya ampuh sih. makan bareng jadi buat anak semakin semangat buat makannya

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)