Thursday, 20 February 2020

Manfaat Masak Untuk Anak

Thursday, February 20, 2020 21 Comments
Bismillah, 

Mengajarkan anak atau mengajak anak memasak itu ternyata banyak manfaatnya ya bu. Tapi memang harus didampingi, jangan biarkan sendiri. Namanya juga belajar, ga mungkin kan ya dilepas sendiri, hehe. 



Sejak TK, neng Marwah tuh suka banget ngerengek minta bantuin saya masak. Saya sih biasanya suka suruh dia nuang bumbu atau nyuci sayuran. Seiring bertambahnya usia neng Marwah, sekarang neng Marwah suka bantuin lebih dari nyuci sayuran. Sekarang sih sudah bisa disuruh iris bawang atau balikin gorengan di wajan. Tapi masih tetap saya awasi, ga saya tinggal sendirian. Neng Marwah juga sekarang udah bisa masak telur ceplok sendiri, udah bisa bikin nasi goreng sendiri juga dan nasi gorengnya enak. 

Memang, apa saja sih manfaat dari memasak ini buat anak? Diantaranya adalah : 

Memasak bisa meningkatkan kepercayaan diri anak 
Bukan hanya bisa menciptakan banyak jenis makanan, namun anak juga akan semakin percaya diri loh bila berhasil memasak dan masakannya dimakan keluarga. Meskipun kurang enak, tapi jika diberikan penghargaan, anak akan merasa bangga dan ini bisa meningkatkan kepercayaan diri anak. 




Memasak membuat anak belajar mengeksplorasi 
Masak itu kan banyak nyoba, mulai dari bumbu dan bahan masakan lainnya. Nah dengan belajar memasak, anak menjadi banyak kenal dengan bumbu masakan dan bahan masakan, jadilah anak terpicu buat more explore. Semakin banyak anak eksplorasi maka anak akan semakin kreatif loh bu. Misalnya nih anak diajarkan membuat kolak pisang, maka ajarkan dulu diawal nih Resep Kolak Pisang nya. Saya biasanya ajarkan juga nyari resepnya, biasa saya nyari resep masakan itu di selerasa.com , disana lengkap sekali resep - resepnya loh, bu. 


Memasak mampu meningkatkan kemampuan anak untuk memahami sesuatu
Saya kan ajarkan dari resepnya, nah dalam resepnya tuh ada bahan - bahan dan cara memasaknya. Anak harus bisa baca dan memahami nih petunjuk dan langkah - langkah memasaknya. Gimana cara menambahkan bahan harus berurutan. Dan teknik memasak lainnya yang merupakan bagian penting dalam kegiatan memasak. Jadi kegiatan memasak ini tuh bikin kemampuan anak untuk memahami sesuatu akan meningkat. 

Itulah, beberapa manfaat memasak untuk anak. Selain itu, dengan belajar memasak anak juga diajarkan untuk bersyukur loh. Jadi anak pun menjadi lebih bisa menghargai makanan, karena butuh effort banget dalam memasak, ya kan? Anak jadi lebih menghargai makanan dan ga bakalan deh buang - buang makanan. Yuk libatkan anak ketika memasak, jangan lupa tetap awasi ya. 



With love,