Thursday, 20 February 2020

Manfaat Masak Untuk Anak

Bismillah, 

Mengajarkan anak atau mengajak anak memasak itu ternyata banyak manfaatnya ya bu. Tapi memang harus didampingi, jangan biarkan sendiri. Namanya juga belajar, ga mungkin kan ya dilepas sendiri, hehe. 



Sejak TK, neng Marwah tuh suka banget ngerengek minta bantuin saya masak. Saya sih biasanya suka suruh dia nuang bumbu atau nyuci sayuran. Seiring bertambahnya usia neng Marwah, sekarang neng Marwah suka bantuin lebih dari nyuci sayuran. Sekarang sih sudah bisa disuruh iris bawang atau balikin gorengan di wajan. Tapi masih tetap saya awasi, ga saya tinggal sendirian. Neng Marwah juga sekarang udah bisa masak telur ceplok sendiri, udah bisa bikin nasi goreng sendiri juga dan nasi gorengnya enak. 

Memang, apa saja sih manfaat dari memasak ini buat anak? Diantaranya adalah : 

Memasak bisa meningkatkan kepercayaan diri anak 
Bukan hanya bisa menciptakan banyak jenis makanan, namun anak juga akan semakin percaya diri loh bila berhasil memasak dan masakannya dimakan keluarga. Meskipun kurang enak, tapi jika diberikan penghargaan, anak akan merasa bangga dan ini bisa meningkatkan kepercayaan diri anak. 




Memasak membuat anak belajar mengeksplorasi 
Masak itu kan banyak nyoba, mulai dari bumbu dan bahan masakan lainnya. Nah dengan belajar memasak, anak menjadi banyak kenal dengan bumbu masakan dan bahan masakan, jadilah anak terpicu buat more explore. Semakin banyak anak eksplorasi maka anak akan semakin kreatif loh bu. Misalnya nih anak diajarkan membuat kolak pisang, maka ajarkan dulu diawal nih Resep Kolak Pisang nya. Saya biasanya ajarkan juga nyari resepnya, biasa saya nyari resep masakan itu di selerasa.com , disana lengkap sekali resep - resepnya loh, bu. 


Memasak mampu meningkatkan kemampuan anak untuk memahami sesuatu
Saya kan ajarkan dari resepnya, nah dalam resepnya tuh ada bahan - bahan dan cara memasaknya. Anak harus bisa baca dan memahami nih petunjuk dan langkah - langkah memasaknya. Gimana cara menambahkan bahan harus berurutan. Dan teknik memasak lainnya yang merupakan bagian penting dalam kegiatan memasak. Jadi kegiatan memasak ini tuh bikin kemampuan anak untuk memahami sesuatu akan meningkat. 

Itulah, beberapa manfaat memasak untuk anak. Selain itu, dengan belajar memasak anak juga diajarkan untuk bersyukur loh. Jadi anak pun menjadi lebih bisa menghargai makanan, karena butuh effort banget dalam memasak, ya kan? Anak jadi lebih menghargai makanan dan ga bakalan deh buang - buang makanan. Yuk libatkan anak ketika memasak, jangan lupa tetap awasi ya. 



With love,




21 comments:

  1. suka ngajari cooking kelas untuk anak2 asuhku dan sahabat disabilitas

    ReplyDelete
  2. Neng Marwah pinter sekali.. rajin dan cekatan ya, bisa bantuin ibu masak 🤗
    Setuju banget, mbak. Mengajak anak memasak itu banyak banget manfaatnya, saya sendiri ikut merasakannya karena dulu suka ikut ibu di dapur yg sedang memasak, sekarang jadi hobi masak dan senang bereksplorasi + eksperimen di dapur 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah hehe sejak kecil seneng bantuin dia.

      Delete
  3. Wah baru tau Tian sempet masak juga
    Soalnya kan sibuk banget, ya kerja ya ngurus garment
    Hebat 👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya masak tiap hari bu, soalnya neng Marwah ga mau catering, hehe. Maunya makan masakan ibu

      Delete
  4. Waww gitu yaa ternyata.. aku malah kalo lagi masak gak mau di'rusuhin' anak2 hahaha... mungkin lain kali bikin waktu khusus buat collabs masak ma anak.

    ReplyDelete
  5. Masih ingat sejak kecil ibu dan nenek selalu mengajak saya belajar memasak. Alhamdulillah meski sederhana setelah sekolah, saya sudah tidak merepotkan orang kalau mau bikin nasi goreng, rebus mie atau goreng telor. Begitu juga saat jadi anak Pramuka sampai sekarang sering mendaki gunung, kemampuan jadi koki sangat bermanfaat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi kalau lapar pun ga repotin orang yah

      Delete
  6. Pinter banget mbak bisa bikin nasgor juga. Neng Marwah udh umur berapa?

    Kadang aku huga kagum lho sama peserta masterchef cilik. Kok bisa ya mereka pinter2 masak, aku aja kalah hehehe mgkn awalnya ya gini ya, suka ikut2an mamanya masak

    ReplyDelete
  7. Bener banget, memasak membawa banyak manfaat buat anak. Kalo aku, ngajak anak-anak untuk masak itu biar mereka antusias untuk makan. Soalnya mereka jadi semangat saat mereka makan makanan yang dimasak mereka sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya meski capek beresin after anak - anak masak ya hehe

      Delete
  8. Ternyata banyak manfaatnya ya. Saya nggak pernah ajak anak masak, karena jarang masak dan emang nggak suka kegiatan masak-memasak juga.

    Herannya, setelah remaja anak saya cewek malah suka masak dan bikin-bikin bolu gitu belajar dari yutup. Malu saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa banyak sekali terutama buat skill mereka juga

      Delete
  9. Memasak memang jadi kegiatan favorit anak2ku mbak, maklum mereka cewek smua..
    Dan memang ternyata banyaj ya manfaat masak buat anak

    ReplyDelete
  10. Anak balita aku juga sering minta buat bantuin masak. Paling aku suruh ngaduk adonan atau menuangkan bumbu atau air. Kalau untuk penggunaan pisau atau minyak goreng panas aku belum berani mengizinkan. Kira-kira berapa tahun ya, anak sudah bisa terampil pakai pisau dan membalik masakan di wajan penggorengan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa yang penting sesuaikan usianya saja, hehe masa balita disuruh goreng

      Delete
  11. Iyes, sepakat sekali bunda
    Makannya kami juga mengajarkan Kk Aisy (10th) Belajar masak sejak dini dan Alhamdulillah sudah mulai bisa Mandiri.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)