Monday, 6 April 2020

Ajarkan anak Sedekah, Menjadikan anak pandai bersyukur

Bismillah, 

Pernahkah mendengar pernyataan "anak itu ibarat kertas putih, orang tua yang mengisinya." 

Setuju dengan pernyataan itu? Kalau saya pribadi sih kurang setuju, karena buat saya anak bukanlah kertas kosong yang bisa seenaknya orang tua. Anak itu lahir dengan kehebatannya masing - masing, mereka sudah punya ukiran sendiri. Orang tua hanya meluruskan dan menemani saja sepanjang masa pertumbuhannya. 

Banyak hal yang perlu diajarkan pada anak, termasuk urusan agama. Buat saya pribadi, urusan agama adalah hal paling mendasar yang wajib diajarkan pada anak, sejak dini. Agama adalah fondasi hidup, hal yang paling penting dipelajari dalam hidup demi kemaslahatan hidup, betul? 



Salah satu yang saya ajarkan sama neng Marwah adalah masalah berzakat. Bersyukur dan berbagi dengan sesama adalah penting, agama Islam mengajarkan hal ini maka saya pun ajarkan hal serupa pada neng Marwah. 

Kenapa harus mengajarkan anak tentang zakat sejak kecil? 

Ajarkan anak Sedekah, Menjadikan anak pandai bersyukur

Mengajarkan anak pandai bersyukur sejak kecil, adalah modal bahagia. Menurut saya pribadi sih gitu. Yang bahagia itu bukanlah mereka yang kaya raya, bukan juga mereka yang terkenal namun mereka yang pandai bersyukur dengan apapun yang dimilikinya. Saya menanamkan pada neng Marwah, bahwa bukanlah harta, tahta ataupun jabatan. Namun hanya dengan mampu bersyukur semua akan dengan mudah diterima dengan ikhlas. 

Gampang ya kalau ngomong, hehe. Nyatanya? Susah loh bersyukur itu. Ya, susah jika tidak terbiasa. Makanya sejak kecil ajari anak untuk selalu terbiasa bersyukur. Bisa karena terbiasa, bukankah seperti itu? 

Untuk masalah uang manusia itu ga pernah merasa puas, betul?

ajarkan zakat pada anak


Penting sekali menanamkan pada anak tuh nilai berbagi, harus mikirin orang lain juga. Berbagi adalah bentuk syukur dari apa yang dimiliki. Kenapa kita harus ajarkan anak berbagi, sedekah dan zakat sejak dini? 

  • Manusia, mahluk sosial. Ga mungkin mampu hidup sendiri, sehebat apapun. Sejak lahir sampai meninggal, kita itu sebagai manusia membutuhkan orang lain. 
  • Tidak semua manusia bernasib baik, seperti kita. Makanya sesekali ajak anak untuk ke Panti Asuhan. Supaya anak bisa melihat bahwa banyak yang tidak seberuntung dia. 
  • Ajak anak untuk menyerahkan zakat langsung, ini akan mendidik anak juga. Bukan sekedar wacana, tapi aksi. Jelaskan juga konsep Zakat itu apa dan jenis - jenis zakat juga wajib dijelaskan. 
  • Sedekah bukan uang saja, banyak sedekah yang bisa dilakukan. Seperti buku, pakaian bekas yang masih layak, mainan dan banyak lagi. 

Selalu banyak cara berbagi dan memberi. Temen - temen daerah Bogor bisa tuh langsung mendatangi Lembaga Zakat Bogor bersama anaknya. Atau bisa melakukan Donasi ONline Bogor juga. Zakat di https://laznahwanur.id/ ini tuh. Zakat dan juga infaq yang disampaikan, akan dimengantarkan para yatim dan dhuafa menjadi penghafal quran, Masya Allah tabarakallah. Insya allah friendly, accurate, simple and trusted

Untuk donasinya pun ada beberapa paket yang bisa temen - temen pilih mulai dari paket donasi sembako sampai donasi lawan corona pun ada, lengkapnya silakan langsung aja ke websitenya yah. 

Donasi online Bogor


Wassalam, 



Tian lustiana 





No comments:

Post a comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)