Manfaat Mengenalkan Alat Musik Pada Anak Sejak Dini

Bismillah, 

Pada postingan kali ini, enaknya ngobrolin apa yah? 

Gimana kalau obrolin tentang musik yang ternyata memiliki pengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Oke kan? 

Sejak anak - anak kecil, ketika anak nangis atau rewel kenapa kok refleks nyanyi sambil gendong? Tujuannya biar anak tenang, iya gak sih? 



Ternyata, musik itu ada pengaruhnya terhadap tumbang anak loh. Pengaruh terhadap kemampuan sosialnya, kemampuan berbahasanya dan lainnya. Dan bayi tuh biasanya langsung bereaksi antusias jika denger lagu. Artinya anak bayi memang bisa merespons suara - suara yah. 

Selain mendengarkan musik, belajar memainkan instrumen musik juga bisa banget loh meningkatkan kemampuan anak belajar matematika, wah keren yah. Terlihat sederhana namun ternyata manfaat besar sekali. Mungkin bisa tuh anak dileskan bermain alat musik supaya belajar chord seperti biola, belajar kunci gitar dan lainnya. 

Dan inilah beberapa manfaat mengenalkan alat musik pada anak sejak dini, diantaranya adalah : 

Meningkatkan bonding dengan anak 

Bermain dengan anak dengan media alat musik atau menggunakan musik merupakan cara yang mudah untuk memperkuat ikatan antara anak dan orang tua. Bahkan dengan hanya bernyanyi kecil dengan anak bisa banget dilakukan untuk memperkuat bonding loh. 



Ada riset yang mengatakan bahwa dengan bermain musik itu bisa memicu pelepasan hormon oksitosin, hormon kedekatan dengan orang lain yang biasanya diperoleh ketika menyusui. 

Bayi / anak banyak mendengar dan auto bergerak mengikuti ritme musik. Biasanya anak akan langsung tersenyum dan lebih mudah tenang. 

Bisa asah kemampuan anak berbicara 

Ada penelitian yang mengatakan, anak yang sering diberikan stimulasi dengan musik & alat musik biasanya lebih cepat berbicara. Anak biasanya langsung menari dan gerak ketika mendengar musik. 

Asah perkembangan sosial & interaksi 

Kenalkan musik pada anak akan membantu mengenali emosinya juga, seperti sedih, senang dan juga marah, hal ini tuh merupakan fondasi pada kemampuan sosial. 

Jadi, dengan anak menyampaikan emosi via lagu dan memainkan alat musik, anak akan lebih familiar dengan perasaannya sejak kecil dan lebih baik lagi dalam mengelola emosinya kelak. 

Asah peningkatan sensorik dan baik untuk otak anak

Gabungan antara kesadaran sensorik dan motorik itu penting banget untuk perkembangan anak. Jadi anak bisa punya kemampuan membedakan suara penting. Juga bisa untuk belajar bicaranya dan bernyanyi. 


Bermain musik bisa membantu aktifkan bagian pada otak anak untuk memproses kemampuan musikal & kemampuan berbicaranya. Selain itu juga merangsang kemampua kognitif penting yang lainnya. Seperti mengontrol perhatian dan mengenali pola. Respons anak akan lebih kuat. 

Yuk, kenalkan musik dan alat musik sejak dini pada anak. Bisa juga dengan memainkan peralatan dapur kan? Hehe. Mendengarkan musik dan menari bersama anak. Ibu happy, anak happy. 



With love,


Tian Lustiana 



Post a comment

0 Comments