Ketika Anak Perempuan Pertama Kali Haid

Dear neng Marwah, 

Selamat sayang, sudah memasuki pra remaja. Usia neng sekarang enggak lagi usia anak - anak, namun neng sudah mau masuk usia remaja, selamat yah nak.

Neng Marwah sayang. Setiap perempuan akan merasakan hal yang sama, merasakan haid/menstruasi. Jadi jangan khawatir ya nak, itu pertanda bahwa neng sudah menjadi perempuan seutuhnya, sudah bukan lagi anak - anak. Neng sudah baligh, alhamdulillah ya Rabb. Semoga Allah senantiasa melindungi Neng dimanapun neng berada yah. 



Neng sayangnya ibu yang paling cantik, neng pasti bertanya - tanya kayak gimana yah rasanya haid itu? berapa lama haid itu berlangsung dan gimana nih neng bisa mengurus diri selama periode haid? 

Ibu merasa bahagia dan penuh haru ketika neng menanyakan hal ini. Gini sayang, pada haid pertama akan terasa aneh memang, dan mungkin akan belum teratur jadwalnya. Darah yang keluar itu biasanya berwarna merah, kadang juga cokelat atau bahkan ada yang agak kehitaman, ya namanya juga darah kotor. 

Neng sayang, selama haid neng harus mengganti pembalutnya selama 4 - 6 jam sekali yah, jangan sampai neng abaikan hal ini. 

Nanti gimana dong kalau neng dapet haid pas lagi sekolah bu? 

Another question from you, ah ibu dengan senang hati akan menjelaskannya. Neng pasti khawatir dan was - was jika nanti mendapatkan haid ketika di sekolah atau sedang berada di luar rumah. Tak perlu khawatir nak, siapkan saja pembalut dan pakaian dalam dalam pouch yang selalu ada dalam tas neng, untuk berjaga - jaga. 



Jadi, jika neng haid dimana pun sudah ada persediaan. Nah kalau untuk mengganti pembalut kotornya , sertakan plastik atau neng harus mencuci nya sampai bersih yah kemudian bungkus rapi jangan sampai terlihat / nampak, kemudian buang di tempat sampah. 

Neng Marwahnya ibu yang paling hebat, selama seminggu neng akan merasakan sesuatu yang beda dibanding hari - hari lainnya. Ada juga yang merasakan kram perut, nyeri punggung dan kurang enak lainnya ketika haid, namun tidak semua perempuan alami ini. 



Jika neng merasakan hal itu, neng bisa ngobrol lagi sama ibu yah supaya ibu bisa memberikan saran untuk neng bagaimana cara atasi nyeri - nyeri itu. 

Neng Marwah, selama haid kita sebagai perempuan diberikan dispensasi sama Allah untuk tidak ada kewajiban melakukan ibadah shalat dan puasa, namun neng masih bisa melakukan ibadah lainnya seperti dzikir, ngaji (tidak di quran, bisa melalui handphone) dan amalan ibadah lainnya. Neng nanti kalau bulan Ramadan akan ada utang puasa yang wajib neng ganti. 

Selamat yah nak, sekali lagi ibu ucapkan selamat bahwa neng sekarang sudah memasuki usia pra remaja, neng sudah menjadi seorang anak gadis ibu yang solehah. Organ reproduksi neng itu sudah bekerja secara sempurna, makanya neng sangat wajib menjaga diri dengan sebaik - baiknya. Neng harus bertanggung jawab atas diri neng sendiri, dan tentunya selalulah minta perlindungan Allah Subhanahuwataala untuk selalu menjaga neng. Aamiin.    

BACA : Yang harus dijelaskan pada anak perempuan ketika haid pertama

With love,

Ibu 





0 Comments

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)