Squid Game, Bolehkah ditonton Anak?

"Bu, aku mau bikin dalgona candy yang kayak di Squid game itu loh" Kata neng Marwah pas minta dibeliin baking soda untuk bahan pelengkap membuat Dalgona Candy. 

Saya langsung mengernyitkan dahi, "Hah, Squid Game? apa itu?. 

"itu loh bu, film. Aku belum nonton, tapi bolehkan aku nonton?" Pinta neng Marwah. 


Neng Marwah selalu minta izin saya untuk nonton apapun, jadi sebelum ia nonton biasanya saya screening dulu, boleh apa tidaknya. Saya belum tahu dan belum nonton film Squid Game, maka saya langsung nonton aja. Karena memang sedang viral, dan anak remaja saya malah penasaran nih. 

Kemudian karena penasaran saya nonton dong, dan huhuhu saya langsung bilang ke neng Marwah bahwa film ini belum saatnya ia tonton, mungkin nanti tapi bukan diusianya yang sekarang. Neng Marwah bilang temen - temennya sudah pada nonton, mungkin orang tua nya engga melakukan screening dulu pada tontonan anak, entahlah. Namun saya pribadi belum memperbolehkan neng Marwah untuk nonton film Squid Game ini. 

Squid Game ini emang viral ya. Makanya anak - anak banyak melihat sekilas di sosial media, banyak sekali gambar dan meme lucu adegannya bertebaran. Agak susah emang menyelamatkan anak dari film ini, namun setidaknya anak harus diberikan arahan sebelum ia menonton sesuatu. 


Dalam Drama Squid Game ini banyak sekali adegan brutal kekerasan dan seksual juga ada bahkan ada penyimpangan seksual, yang menurut saya belum layak anak - anak dibawah 17 tahun untuk menontonnya. 

Banyak cara yang bisa dilakukan ketika anak merasa penasaran sama drama yang sedang ngehits ini, diantaranya ada beberapa hal yang saya lakukan kepada neng Marwah : 


Bicara dengan anak secara langsung

Karena awalnya saya tahu dari neng Marwah tentang Dalgona Candy ini, nah saya pun menceritakan bahwa dalam drama ini banyak kekerasan termasuk ketika melakukan permainan mematahkan dalgona candy ini. Sampaikan pada anak dengan bahasa sesuai usianya bahwa tantangan dalam drama Squid Game ini belum layak untku ditonton. Karena isinya kekerasan dan kekejaman yang sadis, tidak baik ditonton.



Menjelaskan tentang rating usia 

Jelas sekali bahwa drama Squid Game ini boleh ditonton atau layak ditonton untuk usia 17+, karene kontennya yang berisikan kekerasan, kekejaman dan seksual. Saya jelaskan bahwa mencari tontonan itu yang sesuai dengan usia. Karena adanya rating usia ini. jadi anak menjadi paham mana saja yang menjadi tontonnya. 


Tidak hilangkan akses anak dan terus pantau tontonan anak 

Neng Marwah tahu tentang Squid Game ini dari Instagram dan tiktok ( meski sekarang saya batasi neng Marwah untuk bermasin tiktok). Saya tidak langsung cabut aksesnya namun hanya membatasi dan juga memantau terus apa yang menjadi tontonannya. 



Jika sekedar anime, its oke. Tapi tetap anime juga harus saya screening karena banyak anime yang kekerasan dan seksual juga sih, meski tampilannya anime. 

Saya kontrol semua sosial media anak, bahkan saya baca semua chat yang masuk juga. Tapi anak tahu kok kalau saya kontrol dan pantau selalu aktivitas onlinenya. 


Alhamdulillah neng Marwah paham bahwa Squid game ini bukan tontonan yang layak untuk anak usianya. Dan ia pun paham tontonan apa saja yang bisa ia tonton, yang paling benar sebagai orang tua kita harus selalu memantau tontonan anak. 


Yuk lebih bijak lagi memilah dan memilih tontonan anak. Apalagi kalau anak pra remaja itu serba ingin tahu huhu, harus ekstra banget nih menjadi orang tua. 


Kalau menurut buibu dan bapak - bapak nih anak boleh gak sih nonton squid game ini? 



With love,


Ibu 

0 Comments

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)