Penyebab Keputihan Pada Anak

Post a Comment

Bismillah, 


Pernah menemukan bercak putih, kuning atau agak kehijauan di celana dalam anak? Jika berlebihan, kita harus cari tahu apa penyebab keputihan itu. 

Mungkin itu keputihan. Tapi, masa sih masih anak - anak sudah ada keputihan. 

Ternyata, keputihan pada anak - anak yang menuju masa remaja itu wajar,namun tetap harus ditangani secara tepat. Tidak sedikit juga, ibu - ibu yang khawatir loh kalau anaknya keputihan. Nah untuk mengurangi kekhawatiran itu, ini ada yang perlu diperhatikan seputar keputihan pada anak - anak pra remaja. 




Sebelumnya, kita bahas dulu keputihan itu apa sih? 

Keputihan itu adalah cairan warna putih, kadang bening yang keluar dari vagina. Keputihan itu normal, namun ada juga yang tidak normal. Keputihan yang normal itu ada manfaatnya diantaranya bisa menjaga kelembapan vagina, bisa mencegah berkembangnya bakteri jahat dan juga bisa membawa keluar sel - sel mati dalam miss v dan menjadikan miss v tetap sehat dan juga bersih. 


Gimana nih cara mengetahui bahwa keputihan anak itu normal? 

Ini ada ciri - ciri yang wajib diperhatikan, diantaranya : warnanya bening atau kadang putih kayak susu, tidak ada bau sama sekali dan juga tidak menimbulkan gatal dan rasa panas. 




Apa yang menyebabkan keputihan pada anak  pra remaja ? 

Biasanya, keputihan terjadi jika kebersihan daerah sekitar miss V ini kurang terjaga. Makanya anak - anak harus diajarkan untuk menjaga kebersihan miss V dan juga area dubur. Ajarkan juga ketika membersihkan dubur dan area kemaluan, bahwa arah membersihkannya harus dari depan ke belakang, jangan dari belakang ke depan. 

Keputihan pada anak terjadi bisa dikarenakan kurangnya kebersihan daerah sekitar vagina dan juga lubang dubur. Kebanyakan, keputihan berasal dari bakteri E.Coli yang berasal dari feses, terutama ketika anak membersihkan area dubur dan kemaluan. Makanya penting diajarkan cara membersihkan yang benar. 



Penyebab lainnya terjadi karena kebiasaan sembarangan duduk. Kan daerah kemaluan anak belum menutup sempurna, jadi bisa sebabkan keputihan karena jamur, bakteri dan benda asing lain yang masuk ke vagina anak. Atau bisa juga karena bahan kimia dari sabun dan deterjen yang menimbulkan iritasi pada anak. Air kencing yang tidak sengaja keluar dan ada dalam celana anak pun bisa sebabkan lembab dan iritasi bahkan rasa gatal. 

Keputihan itu merupakan cairan yang keluar dari vagina, selain darah. Keputihan juga dibedakan menjadi dua, ada yang normal dan patologis atau disebabkan suatu penyakit. Namun tidak semua keputihan itu penyakit. 

Keputihan pada anak, itu normal terjadi. Tapi harus dibedakan, kalau keputihan normal itu jumlah sedikit, tidak berlebihan. Kalau keputihan yang disebabkan penyakit jumlahnya lebih banyak.

Warna keputihan yang normal itu putihnya  bening, namun ada juga yang kuning, cokelat dan juga agak kehijauan, aromanya tidak menyengat. Beda dengan keputihan yang disebabkan penyakit, aromanya menyengat dan warnanya pun agak kemerahan pekat. Dan diikuti dengan bau amis bahkan sampai bau busuk. 

Untuk keputihan normal, cairannya itu agak lengket kalau keputihan yang disebabkan penyakit itu cairannya putih dan kental namun ada juga yang cair. 


Jadi harus dipastikan anak keputihannya normal, jangan sampai ada indikasi penyakit. 


Bagaimana cara mencegah keputihan pada anak? 

Anak harus diajarkan menjaga kebersihan vagina dengan baik. Dan juga harus diajarkan beberapa hal ini : 

  • Ajarkan anak untuk selalu mengganti pakaian dalam yang basah, termasuk ketika berolahraga dan juga ketika berkeringat. 
  • Hindari pakaian yang ketat, anjurkan menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman dikenakan.
  • Hindari produk yang ada aroma nya, apalagi yang mengandung parfum untuk merawat area kewanitaannya. 
  • Gunakan sabun yang ringan, tidak sebabkan iritasi dan juga bilas setelah mandi dengan air bersih. 
  • Mencuci dan juga keringkan area vagina dengan lembut 
  • Bantu cuci pakaian dalam anak dengan deterjen bebas pewarna dan parfum, juga hindari pelembut kain. 

Apa ada obat alami untuk atasi keputihan anak? 

Untuk anak yang alami keputihan berlebihan, baiknya atasi dengan cara tradisional saja. BIsa gunakan minyak kelapa. Minyak kelapa efektif atasi jamur C albicans . Minyak kelapa bisa digunakan dengan oleskan pada area vagina, dikit saja. Gunakan minyak kelapa organik. 

Bisa juga dengan rajin konsumsi makanan probiotik, salah satunya dengan konsumsi yoghurt. Karena yoghurt kan mengandung bakteri Lactobacollus acidophilus yang membantu keseimbangan kadar bakteri dalam tubuh. Juga bisa obati keputihan pada anak, yoghurt juga bisa meredakan gejala infeksi jamur vagina. 

Ajari anak untuk membersihkan vagina dengan baik, selalu mengeringkannya dan selalu menjaga kebersihan tangan sebelum membersihkan vaginanya. Jika keputihannya berlebihan, segera ke dokter untuk segera mencari tahu penyebab keputihan dan cara penanganannya. 




Tian Lustiana
Tian Lustiana is a ordinary people with extraordinary dreams.

Related Posts

Post a Comment