Susu Penambah Berat Badan

Post a Comment

"Gimana ya caranya menaikkan berat badan?" Tanya seorang sahabat yang merasa dirinya kurus dan ingin menaikkan berat badan. Ya, untuk sebagian orang bukan masalah bagaimana diet, namun mereka bermasalah dengan bagaimana cara supaya bisa gemuk. 

Kebanyakan yang ingin gemuk itu konsumsi susu penambah berat badan, sepertinya hampir semua orang memberikan saran ini deh. 


susu penambah berat badan

Memang konsumsi susu untuk menambah berat badan ini efektif? 

Nutrisi pada susu penambah berat badan 

Dalam susu penambah berat badan itu ada kandungan nutrisi esensial, mulai dari kalori, protein dan juga lemak. Ada juga kandungan vitamin dan mineral yang penting, seperti kalsium, riboflavin, fosforus, vitamin A, Vitamin B12, Kalium, magnesium dan juga zinc. 

Setiap produk susu itu kandungannya berbeda, perbedaannya pada presentase kadar lemak dalam susu sapi utuh (whole cow's milk), susu rendah lemak dan juga skim. Kandungan lemaknya jika dirunut berdasarkan variasinya dalam setiap 237ml susu sapi itu,  susu sapi utuh itu sebanyak 3,25%, susu rendah lemak 1% dan susu skim itu <0,5%. Jadi jika dilihat dari kadar lemaknya ini, yang paling pas untuk menaikkan berat badan ya konsumsi susu sapi utuh. 

Ada sebuah penelitian yang membuktikan, jika konsumsi susu sapi utuh itu ada dampak untuk kesehatan secara general. Termasuk untuk menjaga berat badan supaya tetap sehat dan juga meningkatkan sistem imun bahkan bisa menurunkan risiko gangguang kardiovaskular atau gangguan jantung maupun stroke. 

Susu juga bisa menjaga massa otot, terutama untuk para perempuan yang menginjak lansia. Makanya bisa terhindar dari penurunan berat badan karena turunnya massa otot. 

Efektifkah konsumsi susu untuk menambah berat badan? Ya tidak begitu efektif jika hanya konsumsi susu, harus diimbangan asupan makanan yang bergizi juga. 



Tips pilih susu penambah berat badan untuk perempuan 

Karena beberapa sahabat yang menanyakannya adalah perempuan, makanya saya pun mencari informasi dan riset tentang ini juga khusus untuk perempuan, mungkin bisa juga dimanfaatkan untuk para pria yang inginkan menambah berat badan. 

Untuk perempuan yang berat badannya rendah atau dibawah indeks massa tubuh normal, harus cek dulu nih apakah penyebabnya dipengaruhi faktor genetik atau hal lainnya seperti pola hidup yang kurang sehat, penyakit , masalah psikologis atau mungkin sedang konsumsi obat tertentu. 

Pahami dulu, karena setiap orang mungkin penyebabnya itu berbeda, bahkan akan lebih baik lagi jika konsutasi ke dokter. 

Berikut tips yang bisa saya sharing dalam postingan ini untuk pilih susu penambah berat badan, diantaranya : 

Pilih susu sapi utuh 

Ingin fokus naikkan berat badan? Pilih susu sapi utuh yang kandungan kalori, lemak dan proteinnya memiliki kadar lebih tinggi dibandingkan susu lainnya. Konsumsi susu sapi utuh sesuai takaran rekomendasi, agar mendapatkan berat yang diinginkan. 

Kandungan protein pada susu baik untuk perempuan, karena protein bisa menjaga massa otot, untuk perempuan yang usianya 50 tahun ke atas bagus banget nih karena bisa cegah perempuan kehilangan massa ototnya. 

Jangan konsumsi susu dengan aneka rasa 

Memang sih susu dengan varian rasa itu lebih enak, tapi tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi rutin. Karena biasanya susu dengan rasa tambahan itu gula lebih tinggi. 

Rekomendasi susu penambah berat badan

Untuk rekomendasi sih teman - teman bisa konsultasi ke dokter supaya mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi tubuh teman - teman. Atau bisa juga cek ke ceklist.id untuk mencari susu penggemuk badan yang direkomendasikan.

Tian Lustiana
Tian Lustiana is a ordinary people with extraordinary dreams.

Related Posts

Post a Comment