Beras Organik untuk MPASI Bayi

Post a Comment
Beras organik untuk MPASI bayi. 
Iya sih, jadi inget dulu pas pertama memberikan MPASI pada Marwah, saya beli semua bahan yang organik, supaya terjaga kualitasnya. Kenangan banget memang masa - masa MPASI itu. 

Moment paling menyenangkan untuk seorang ibu adalah ketika melahirkan, menyusui dan membesarkan anak dengan penuh cinta. Masya Allah indah sekali. Menyiapkan makanan pendamping Asi /MPASI.



Mana nih bu ibu yang masih ingat moment menyiapkan MPASI untuk anak?
Memberikan MPASI untuk anak itu nggak boleh sembarangan yah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Memberikan MPASI pada bayi harus diberikan secara benar, jangan asal. Takutnya malah nanti bayi / anak nya malah susah makan. Kalau anak susah makan, maka asupan nutrisi jadi tidak terpenuhi, jadinya kesehatan & tumbuh kembang anak jadi terganggu. 

Oke, kita cek nih apa saja yang harus diperhatikan untuk memberikan MPASI yang baik untuk bayi yang baru makan menurut anjuran dokter, semoga bermanfaat yah. 


1. Cek kesiapan bayi 

Cek bayi apa suka memasukkan tangan atau mainan apapun ke dalam mulutnya. Bayi juga harus sudah bisa duduk dan menahan kepalanya dalam posisi yang tegak, meski masih butuh sandaran untuk menahan tubuhnya. 

Anak yang siap makan, biasanya tertarik melihat orang yang makan, mencoba meraih sendok atau makanan. Dan selalu membuka mulutnya sebagai respon untuk siap makan. 

2. Jenis makanan 

Cek juga nih jenis makanan apa yang akan diberikan. Ada beberapa nih yang bisa dijadikan pilihan, diantaranya : 

  • MPASI home made sayur atau buah - buah an 
  • Finger food 
  • Makanan lanjutan 

3. Frekuensi dan jumlah MPASI 
4. Jangan paksa anak untuk makan


Cek dan perhatikan keempat poin tadi ya sebelum memberikan MPASI pertama pada bayi. Yang perlu diingat adalah berikan MPASI pada bayi yang sudah berusia 6 bulan. Karena ketika bayi berusia 6 bulan sistem pencernaannya itu sudah cukup berkembang, sehingga sudah bisa mencerna makanan padat dengan baik. 



Bukan hanya usia, namun juga kesiapan bayi untuk menerima MPASI bisa dilihat dari tanda beberapa ini, diantaranya : 

MPASI itu harus mengandung gizi yang seimbang, supaya bisa memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan bayi. Yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan juga serat. Untuk MPASI perdana mulai dengan makanan yang sudah dihaluksna dan encer. 

Berikan makan secara bertahap, dari tekstur encer sampai lama - lama semakin padat. Hal yang perlu diingat adalah jangan tambahkan gula, garam atau penyedap rasa dalam MPASI bayi. 

Bubur khusus bayi atau sereal bayi bisa jadi pilihan untuk MPASI bayi yang baru makan. Bisa membuat dari beras organik. Beras organik bisa ditambahkan dengan bahan lainnya, masak sampai matang kemudian haluskan. Karena untuk bayi yang awal makan itu harus diberikan makanan yang encer dan halus. Nanti perlahan, mulai deh berikan MPASI yang bertekstur sampai padat. 



Untuk beli perlengkapan MPASI seperti beras organik dan lainnya bisa langsung ke Sesa.id. Disana harga beras organiknya bersaing loh, sila dicek sendiri yah. Langsung saja download aplikasi Sesa.id di appstore dan Playstore. 

Kalau menurut bu ibu gimana nih apakah oke kalau memberikan beras organis pada MPASI bayi? Sharing yuk!






See you,

Tian Lustiana 



Referensi artikel : 

Klikdokter.com 

Tian Lustiana
Tian Lustiana is a ordinary people with extraordinary dreams.

Related Posts

Post a Comment