Strategi Jalankan Digital Campaign di Era Pasca Pandemi

1 comment

Semenjak pandemi Covid-19, hampir semua masyarakat mulai menggunakan gadget. Semua masyarakat mau tidak mau harus menggunakan gadget, karena biasanya aktivitas yang dilakukan luring / offline berganti menjadi daring / online. 


Bukan hanya anak sekolah saja yang belajar daring, banyak para pekerja atau karyawan yang mendadak work from home. Perubahan perilaku ini membuat digital marketing punya panggung, ya karena semakin banyak dilirik oleh perusahaan. Wah jadi peluang banget ya untuk digital marketing. 




Makin sering audience melakukan berbagai jenis kampanye digital, maka akan makin tinggi kompetisi konten yang bisa mempengaruhi keputusan dalam membeli barang ataupun menggunakan jasa - jasa tertentu. Namun seiring waktu berjalan, sekarang pandemi sudah mulai mereda, masyarakat pun mulai kembali beraktivitas luring. 


Mulai berubah lagi kan? Dari offline ke online, dan sekarang dari online back to offline

Perubahan ini menjadi pertanyaan untuk para pegiat campaign digital nih, bagaimana cara mengeksekusi campaign digital yang sukses pasca pandemi


Alhamdulillah nih, diantara gempuran pertanyaan itu ada jawaban dari IDN Creative, pihak IDN Creative mengupas tuntas sampai jelas loh dan juga memberikan insight tentang perubahan pola konsumsi konten dan juga trik jitu untuk sukses mengirimkan campaign digital yang berhasil, memuaskan untuk sisi brand dan juga untuk pihak konsumen. 


Here' s tips from IDN Creative!!! 


Memiliki fleksibilitas dalam bekerja 


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa IDN Creative ini merupakan salah satu unit bisnis IDN Media yang berbentuk agency digital multi-platform yang fokusnya menawarkan one stop solution untuk kebutuhan brand dan advertiser. Merancang dan juga mengeksekusi campaign, IDN Creative fokus pada brand storytelling dan data driven strategy supaya tetap bisa memberikan hasil campaign yang optimal. 


Dibawah pimpinan Maria Novena Rarahita, IDN Creative terus berupaya memastikan setiap campaign yang sedang berjalan itu bisa mencapai objective klien juga diusahakan menyasar klien yang tepat sasaran dan terpenuhi kebutuhannya. 


Diungkapkan oleh Naomi Silitonga selaku Campaign Manager IDN Creative : “ Bahwa untuk menjalin komunikasi dan juga kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, harus menjaga komitmen terhadap timeline project yang sudah disepakati itu merupakan softskill yang dibutuhkan supaya kampanye bisa berjalan dengan lancar, fleksibilitas  dalam bekerja diperlukan apalagi dalam kondisi yang tidak menentu seperti ini supaya tetap memperhatikan SOP yang ada dan jangan lupa untuk tetap positive thinking!.” 


Dijelaskan juga oleh Naomi, “ Dalam segi konten itu penting banget relevansi konten, supaya bisa berhasil jalankan campaign, harus memastikan konten yang dihasilkan up to date dengan kondisi saat ini, supaya konten relevan dan bisa diterima target audience brand itu. Untuk mengoptimalkan pemasaran digital ini harus melihat juga kesesuaian dari segi kreatif, tone & gaya bahasa yang digunakan di platform IDN Media manapun.” 



Koordinasi dengan cepat agar tidak melewatkan momentum 


Pasca pandemi ini mengakibatkan terjadinya perubahan tren di dunia digital campaign. Fakta banget nih, setelah vakum kurang lebih dua tahun , sekarang event offline itu mulai ramai. Jadi para brand juga berlomba untuk membuat event ataupun menjadi sponsor event offline, ini berdampak banget untuk media placement, salah satunya event coverage article. 


Hal ini sangat dirasakan langsung oleh Copy Editor IDN Creative Cynthia Dewi Kirana sebagai pihak yang mengurusi kebutuhan konten tulisan untuk klien. Ketika pandemi, banyak sekali event offline yang akan diliput dan dibuatkan konten artikel, di era pasca pandemi ini beliau bersama tim CopyWriting nya lebih sering hadir event offline, untuk produk launching, talkshow, concert dan lainnya. Buat beliau, mengurus event offline ini membawa tantangan tersendiri.


“Kami mesti berpacu dengan waktu, karena kalau artikel kelamaan dalam proses feedback dan approval, maka berita tentang event offline itu terlewatkan momentumnya, jadi setiap koordinasi harus dilakukan dengan cepat & tepat” ungkap Chyntia. 


Hadirkan campaign yang unik, agar menarik minat masyarakat 


Pandemi mengubah banyak strategi pemasaran yang selama ini sudah berjalan karena adanya kebijakan pemerintah, PSBB pada kota - kota besar di Indonesia, sebabkan menurunnya daya beli masyarakat serta menurunnya kondisi ekonomi. 



Selama pandemi, berusaha sedemikian rupa untuk bisa bersaing, namun tak pungkiri ada juga yang kalah saing di tengah situasi yang tak menentu. Makanya, marketers harus berani sesuaikan eksekusi campaign supaya bisa menarik hati masyarakat. 


Selama pandemi, penggunaan smartphone meningkat, untuk sikapi situasi ini Copy Editor IDN Creative Anastasia Desire ungkapkan bahwa IDN Creative sebagai marketers harus ikut menyesuaikan, setelah beberapa waktu di rumah saja, masyarakat butuh refreshment. Dilihat dari sisi konten, topik yang mengandung entertainment dan jokes itu merupakan dua point penting dalam membuat digital campaign. Makin unik campaign maka semakin banyak masyarakat yang menjadi penasaran untuk membeli bahkan share konten di akun pribadi mereka.  


Posisikan diri sebagai konsumen dalam eksekusi campaign

Posisikan diri sebagai konsumen untuk eksekusi campaign supaya bisa mengeksekusi campaign yang relevan dengan situasi pasca pandemi. Dijelaskan oleh Campaign Manager IDN Creative Lamtiar Sihombing, bahwa marketers itu harus mencoba posisikan diri sebagai konsumen dan kenali perubahan behavior target konsumen terhadap pergantian situasi supaya bisa bantu untuk menentukan platform dan konten yang efektif. 


We have to set the bar higher and higher karena persaingan konten pasca pandemi semakin ketat sehingga harus terus berinovasi supaya tetap menarik perhatian audience.” jelas Lamtiar. 



Lamtiar juga ungkapkan perkembangan digital campaign melesat sangat cepat, offline marketing pun masih tetap punya peranan yang besar. Karena aktivitas offline, tentu saja offline marketing sekarang punya perannya kembali dalam mengirimkan brand message. Nah, disini pentingnya strategi kolaborasi, menggabungkan format digital yang sudah sukses selama pandemi dengan offline marketing yang kembali mendapatkan visibilitasnya, diharapkan bisa menggaungkan campaign menjadi lebih luas lagi jangkauannya. 


Yuk para digital campaign semangat yah, makin kreatif dan produktif lagi. 


Tian Lustiana
Tian Lustiana is a ordinary people with extraordinary dreams.

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 comment

  1. menjalankan digital campaign khususnya yang menggunakan aplikasi juga memiliki beberapa problematika, seperti yang ada di tulisan berikut https://komunikasi.fisip.unair.ac.id/webinar-berseri-2020-problematika-aplikasi-marketing-digital-pada-umkm-selama-masa-pandemi/

    ReplyDelete

Post a Comment