Friday, 27 June 2008

Aqiqah

Neng nya bobo pas aqiqah an :D 
Alhamdulillah hari ini Neng Marwah berusia 7 hari. Dan alhamdulillah juga sudah puput puser, jadi dibuatin bubur merah dan bubur putih serta hahampangan, hahampangan adalah kue kering :D. 

Aqiqah dilakukan seminggu / 7 hari setelah kelahiran anak. 

" Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberikan nama dan dicukur rambutnya" (HR Abu Dwud, Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah, Ahmad) 
Karena Neng perempuan, jadi ayah dan ibu membelikan satu ekor kambing yang sehat. Kalau anak lelaki kambingnya itu 2. Kambing yang dibagikan mentah, layaknya sewaktu Qurban. Kata kakek sih gitu, ya udah ibu mah nurut aja :D . 

  • Mencukur rambut, mencukur rambut adalah anjuran nabi yang baik untuk dilaksanakan ketika anak baru lahir pada hari ketujuh. Semakin banyak rambut dan kemudian ditimbang maka semakin besar sedekahnya, insya Alloh. 
  • Kemudian dibacakan doa sebelum menyembelih hewan aqiqah, Bismillah, allohumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin. Yang artinya Dengan nama Alloh, yaa Alloh terimalah kurban dari Muhammad dan keluarga Muhammad serta dari ummat muhammad. HR. Ahmad, muslim, Abu Dawud
  • Dan Neng didoakan juga, Inni u'iidzuka bikalimaatilaahit taammati min kulli syaythaanin wa haammatin kully 'aynin laammatin, yang artinya Aku berlindung untuk anak ini dengan kalimat Alloh yang sempurna daris egala gangguan syaitan dan gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya. HR Bukhari.




Semoga Neng Marwah menjadi anak solehah dan cerdas serta berguna bagi semua manusia dan menjadi kebanggaan ayah dan ibu ya sayang.... 


Bandung, 27 Juni 2008 

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)