Thursday, 20 September 2018

Tips Agar Anak Mau Menghabiskan Bekal Cinta Dari Ibu

Thursday, September 20, 2018 14 Comments
Assalamualaikum, 

Sejak neng Marwah TK, ibu emang selalu menyempatkan untuk bikin bekal. Karena kan ibu kerja, jadi ibu ga tau kan neng jajan apa atau makan apa, jadinya ibu bertekad untuk selalu memberikan bekal snack dan makan siang, biar neng ga jajan sembarangan.  Kan kalau jajan sembarang ga baik buat kesehatan. 



Terus ibu pikir kalau neng Marwah terbiasa membawa bekal sejak TK kan nantinya neng bakalan terbiasa, jadinya engga akan jajan sembarangan deh. Tapi emang bener loh, kebiasaan membawa bekal ini terus konsisten dilakukan sejak TK sampai sekarang neng kelas 4 SD, Alhamdulillah neng termasuk anak yang jarang jajan. Jajannya pasti barengan ibu, ga pernah jajan sendiri. Kalau mau jajan juga harus diperlihatkan dulu sama ibu atau sama nenek, boleh apa engga dikonsumsi sama neng.


Lah, emang ga capek ya bu kan kerja juga terus masih sempet ya bikini bekal buat neng Marwah?


Ya nih kadang beberapa temen ibu suka nanya gitu, emang sempet bikin bekal? Kan kamu kerja juga, gitu katanya. Demi anak mah apapun dilakukan bu ibu. Meskipun saya kerja namun tetap saya paksakan untuk memasak bekal untuk neng Marwah sendiri. Mulai dari snack sampai makan siangnya. 

Seneng banget deh, apalagi kalau bekal sekolahnya habis, bahagia kan bu ibu? 



Eh tapi gimana nih kalau pas bekalnya gak abis? Sedih ya, udah semangat masak bekal eh ga dihabisin. Saya pernah juga merasakan itu. Sedih kan kalau udah capek - capek masak eh tapi ga diabisin sama anak, hiks. 

Kenapa ya kok bekalnya neng Marwah ga abis, itu yang saya pikirin. Saya mikirin apa sih alasannya, kenapa ya kok bekalnya ga diabisin. Semangat masih membara untuk membuatkan bekal sekolah, saya ga mau berhenti bikin bekal. Makanya saya cari tau alasan kenapa bekalnya ga abis. Saya yakin, neng Marwah pasti punya alasan tersendiri kenapa dia ga abisin bekalnya. Jadi langkah awal yang saya lakukan adalah BERTANYA pada neng Marwah. 



Ternyata jawabannya adalah : 

" Bu, aku keasyikan ngobrol sama temen - temen, pas mau dilanjutin makan eh udah keburu bel masuk, ya udah ga diabisin" 

alasan lainnya : 

" Bu, ini kebanyakan atuh bu, lain kali mah dikit aja ya bu" 

alasan lainnya lagi : 

" Bu, aku ga abisin karena aku kurang suka sama lauknya" 

Oke, saya pun sudah mengantongi alasan - alasannya. Alhamdulillah sih ya neng Marwah itu orangnya terbuka banget sama saya, jadi kalau saya tanya ya dia jawab dengan sejujurnya. Mungkin butuh more effort kalau nanya terus anaknya ga mau bilang, ya tandanya ibu harus mencari jawaban sendiri, hehe. 



Sejak saya tau alasan neng Marwah kenapa ga abisin bekalnya, saya pun menyesuaikan porsinya dan alhamdulillah sampai sekarang ga pernah tuh ada sisa di kotak makan siangnya, alhamdulillah selalu habis dan selalu bilang " Ibu masakannya enak" ah hati ibu langsung meleleh. 

Dan inilah beberapa tips supaya anak menghabiskan bekalnya dengan ikhlas, hehe. Jadi saya siapkan beberapa strategi nih hingga akhirnya neng Marwah mau menghabiskan bekalnya, ga pernah sisa lagi deh. 



Mari rencanakan bekal, 
Saya tuh selalu nanya sama neng Marwah, mau bekal apa sekolahnya. Neng Marwah pun jadi lebih semangat tuh karena dilibatkan langsung. Jadi anak juga bisa milih mana makanan yang ia suka dan tidak suka. Yang penting saya selalu "menyelinapkan" sayuran dan buah untuk bekalnya. Ke pasar bersama neng Marwah ketika libur juga jitu loh, neng jadi merasa dia yang sudah "bekerja" atas bekalnya jadi dia merasa punya tanggung jawab untuk selalu menghabiskan bekalnya. 

Bekal yang mudah dimakan, 
Neng Marwah tuh paling malas kalau bekal sekolah yang ribet, misalnya saya bawain ikan yang ada tulangnya, dia suka protes. Katanya "ribet bu jangan kasi bekal makanan ribet, kan waktu istirahat ga lama buat makannya" Jadi untuk bekalnya saya buatkan yang mudah dimakan saja. Jadi anak pun ga ribet lagi ya kan? 



Hias bekalnya, 
Saya ga pinter menghias bekal anak, tapi saya selalu berusaha membuatnya. haha, apapun hasilnya yang penting bekal neng Marwah terlihat menarik, hehe. Biar neng semangat makannya. 



Sesuaikan porsinya, 
Kalau untuk nasinya saya gak pernah kasi banyak, dikit aja. Untuk sayurnya pun gitu ga banyak - banyak, tapi tergantung request deng, kadang neng suka minta banyak juga. Jadi untuk porsinya mending disesuaikan saja sama keinginan anak. Takutnya kalau dikasi dikit eh malah masih lapar, kalau dikasi banyak eh malah ga abis, jadi mending tanyain aja langsung ke anak. 

Bekal makanan kesukaannya, 
Saya selalu ijinkan neng untuk memilih makanan kesukaannya, mulai dari snack sampai makanan berat. Untuk makanan pun saya ga khawatir sama pilihannya karena neng Marwah ga susah dikasi ikan dan sayuran. Tapi kalau untuk snack saya agak "riweh". Ya karena saya ga suka kalau neng Marwah jajan sembarangan, jadi untuk snack aja harus bekal dari rumah, hehe. Untuk saja snack favorite nya neng Marwah sudah "lulus" uji dari ibu haha. 



Ngomong - ngomong nih, snack favorite neng Marwah itu ternyata enak banget loh, ibu juga suka. Ada rasa kacang dan juga cokelat. Penasaran ya apaan sih snack favoritenya neng Marwah dan ibunya? 


"JULIE’S PEANUT BUTTER SANDWICH DAN JULIE'S CHOCOMORE"

Sebelum saya memberikan makanan untuk snack pada neng Marwah biasanya saya suka cek ricek kehalalannya dulu kemudian nutrition fact nya. Dan alhamdulillah untuk Julie's ini aman kok. 





Julie's, biskuit favorite neng Marwah ini ternyata sudah dibuat sejak tahun 1981 (ibu malah belum lahir loh) di Malaysia. Pengolahannya pun dibuat dari bahan - bahan terbaik, rendah kalori pula loh (ini ibunya suka biar ga bikin gendut), tanpa bahan pengawet dan juga tanpa pewarna buatan. Wah wah, alhamdulillah ya ada biskuit yang memiliki kandungan nutrisi yang oke, kalorinya rendah, sehat pula dan yang penting aman dikonsumsi. 

Julie's Peanut Butter Sandwich 

Biskuit yang berisi selai kacang alami yang mengandung lemak tak jenuh. Ini bisa mengurangi tingkat kolesterol jahat loh. Kacang tanahnya mengandung vitamin E, niacin, folat dan juga ada kandungan proteinnya. Jadi bisa ngemil sehat kan gaes? 
Julie's peanut butter sandwich ini tuh favoritenya ibu dan ayah loh. 

Juli'es Chocomore

Ini adalah varian favoritenya neng Marwah. Sekali makan bisa sebungkus habis loh. Rasa cokelatnya terasa banget, rasa biskuitnya juga enak cokelat banget. 

Ada lomba #BekalCintaJulies

Ngomong - ngomong nih, julie's peanut butter sandwich atau julie's chocomore ini bisa dikreasikan loh menjadi menu bekal untuk anak tersayang. Lagi ada lombanya juga tuh gaes, jadi buat yang sering berkreasi membuat bekal anak wajib banget ikutan karena lombanya hanya sampai 30 September 2018 saja, jadi buruan ikutan sekarang. 

Lomba #BekalcintaJulies ini hadiahnya bikin mupeng loh, ada satu pemenang utama dan lima pemenang hiburan. 

Mau ikutan kan? Nih cara  - caranya : 

  1. Temen - temen beli biskuit Julie's peanut butter sandwich 90gram atau julie's chocomore sandwich. 
  2. Terus temen - temen foto bekal makanannya dengan kreasi biskuit julie's terus ceritakan cerita menarik dibalik #BekalCintaJulies ala temen - temen. 
  3. Kemudian langsung deh upload ke facebook atau instagram, jangan lupa untuk mention instagram atau facebook julies dan gunakan hashtag #BekalCintaJulies. Untuk lebih jelasnya sih temen - temen bisa langsung saja baca - baca ya di http://bit.ly/BekalCintaJulies  . 

Selamat berkreasi !!! 



Wassalam,


Tian lustiana 









Wednesday, 12 September 2018

Kado Bermanfaat Untuk Ibu Menyusui

Wednesday, September 12, 2018 28 Comments
Assalamualaikum, 

Kelahiran si buah hati selalu bisa memberikan kebahagiaan tersendiri bagi setiap keluarga, terutama keluarga baru. Apalagi bagi seorang ibu, kelahiran si kecil membuat mereka merasa sempurna. Namun kadang kala, proses mengandung yang memakan waktu hingga 9 bulan, yang melelahkan, menyita banyak pikiran, hingga tenaga, kadang-kadang terasa jauh lebih mudah dibandingkan dengan mengurus bayi dan membesarkan mereka.

Pasalnya, bayi yang belum bisa berbicara serta belum bisa mengungkapkan apa yang mereka rasakan kecuali melalui tangisan, sering membuat ibu kebingungan. Bagi seorang ibu baru, mengurus dan membesarkan bayi kadang-kadang tidak mudah. Ditambah lagi dengan kebutuhan yang biasanya jauh lebih banyak dibandingkan saat mereka hamil dulu membuat Ibu lebih rentan mengalami stres.

Nah, jika kebetulan kamu punya keluarga, sahabat, atau teman dan tetangga yang baru melahirkan, ada beberapa rekomendasi kado terbaik yang pasti akan bermanfaat bagi mereka (ibu menyusui), yang akan membantu meringankan beban dan membuat mereka merasa lebih senang.

Pompa ASI atau breast pump

Ada banyak ibu baru yang mengalami kejadian di mana air susu ibu (ASI) tidak bisa langsung keluar begitu saja tanpa adanya rangsangan dari mulut bayi. Dan ada juga beberapa ibu yang terpaksa harus memompa ASI karena puting mereka kurang menonjol yang membuat bayi kesulitan untuk menghisap. Bagi mereka yang mengalami kasus-kasus seperti ini, pompa ASI adalah jalan keluar agar bisa tetap memberikan ASI secara eksklusif kepada si buah hati. 




Bantal menyusui

Bantal menyusui merupakan bantal serbaguna yang pasti sangat bermanfaat tidak hanya untuk si kecil melainkan juga untuk ibu yang menyusui. Dengan bantuan bantal menyusui, Ibu bisa duduk lebih rileks dan nyaman tanpa merasa pegal dalam waktu yang lama. Sedangkan untuk bayi, bantal ini bisa mereka manfaatkan sebagai bantal untuk tidur, bisa juga dimanfaatkan untuk menopang mereka ketika belajar duduk nanti, dan lain sebagainya.


Bra menyusui

Selain bantal menyusui, bra menyusui juga sangat dibutuhkan oleh busui. Karena menyusui dengan menggunakan bra konvensional, atau bra yang umum kita gunakan sangat merepotkan dan menyulitkan. Sebaliknya, bra menyusui yang didesain sedemikian rupa akan membuat Ibu lebih nyaman dan lebih tenang saat menyusui dimanapun dan kapanpun.

Baju menyusui

Baju menyusui yang dimaksud adalah baju yang memiliki kancing atau resleting di bagian depan. Baju seperti ini dianggap jauh lebih mudah digunakan untuk menyusui jika dibandingkan dengan baju atau blus yang kancing/resletingnya berada di belakang, atau yang tidak memiliki resleting sama sekali seperti baju kaos.

Gendongan tipe sling

Ada banyak jenis gendongan yang bisa kamu pilih untuk dijadikan sebagai hadiah. Tapi jika berhubungan dengan proses menyusui, maka gendongan bayi tipe sling (model selendang) adalah pilihan tepat. Karena pada umumnya wanita Indonesia lebih familiar dengan gendongan tipe sling seperti ini.

Suplemen penambah ASI

Selain pompa ASI, suplemen penambah ASI seperti Madu ASI atau yang lainnya bisa membantu menambah jumlah ASI serta memperlancar keluarnya ASI sangat dibutuhkan oleh busui. Pasalnya, ada banyak ibu yang kesulitan memproduksi ASI untuk bayi mereka dan beberapa di antara mereka juga ada yang aslinya sulit keluar sehingga membutuhkan obat-obatan (termasuk obat herbal seperti Madu-ASI) untuk mengatasi masalah ini.

Susu untuk ibu menyusui

Susu untuk ibu menyusui tentu sudah diformulasikan secara khusus agar nilai gizi (nutrisi) yang terkandung di dalamnya bisa membantu ibu memenuhi kebutuhan gizi harian yang akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi yang disusui. Karena apapun yang dikonsumsi oleh ibu, nutrisinya akan didapatkan juga oleh anak melalui ASI.



Wassalam,



Ibu 

Saturday, 1 September 2018

E - Learning Parenting Academy, Solusi Zaman Now Belajar Ilmu Parenting

Saturday, September 01, 2018 33 Comments
Assalamualaikum, 

Mendidik anak zaman now itu peer besar banget buat saya sebagai orang tua. Apalagi anak tambah gede, tambah was - was aja deh rasanya. Karena kan cara mendidik anak itu penting, dan ini juga ada kaitannya dengan kebahagiaan keluarga. Kan kalau anak solehah, cerdas, baik tentu jadi bangga kan orang tuanya, otomatis keluarga jadi bahagia kan?

Nah memang bener itu, beberapa fenomena yang berkembang pada zaman now, karakter anak, sifat anak itu adalah dampak dari positif atau negatifnya cara mendidik orang tua, jadi ada cara asuh, cara didik orang tua itu berdampak banget sama tumbuh kembang anak.

Bu ibu pernah ga denger kasus seorang anak yang memukul ibu kandungnya?
Atau anak yang berani melawan ayahnya karena gak dibeliin sepeda motor?
Dan kasus lainnya yang marak terjadi dilingkungan kita.

Ternyata ya bu ibu, itu kasus semuanya berawal atau bermula dari pengasuhan orang tuanya loh. Ketidaktahuan orang tua akan pentingnya ilmu pengasuhan / parenting ini lah yang ternyata berdampak buruk pada masa depan dan juga pada karakter anak.

Ketidaktahuan orang tua tentang ilmu pengetahuan itu karena orang tua GAK MAU BELAJAR. Padahal orang tua WAJIB BELAJAR tentang ilmu parenting.

Wagelaseh, sebesar itu ya dampak pola asuh orang tua terhadap anaknya.

Jadi, ya bu ibu menurut saya orang tua memang harus terus belajar, belajar dan belajar tentang ilmu pengasuhan anak atau kerennya disebut dengan ilmu parenting. Saya sebagai orang tua memang merasa haus banget nih akan ilmu pengasuhan. Saya kadang suka bingung ngadepin anak, pertanyaan - pertanyaan anak yang super sekali, jangan sampai deh saya salah jawab bisa berabe. Belum lagi nih sekarang usia neng Marwah yang menjelang pra remaja, jadi kudu bener - bener saya upgrade ilmu parenting.


Nah kebetulan pas beberapa hari lalu saya ada undangan dari Sygma Media Inovasi  di Aula Hijaz Syaamil Group tentang " Tantangan Parenting di zaman now " , menarik sekali tema nya bukan? Saya sangat butuh nih, apalagi nara sumber nya adalah seorang pakar konsultan parenting yang nge hits banget, Abah Ihsan ( Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari ).


Abah Ihsan ini juga merupakan penggagas gerakan 1821, dan saya sudah merasakan sendiri manfaat dari 1821 ini, insya allah next saya ceritakan ya up and down nya 1821 yang saya lakukan selama ini.


Abah Ihsan juga sudah dikenal duluan sebagai penulis buku - buku yang tema nya seputar pengasuhan dan juga pendidikan anak. Program pelatihan orang tua terbaik sudah banyak digelar di lebih dari 90 kota dan 25 provinsi se - Indonesia dan sudah ada sekitar 120ribu alumni bahagia yang sudah merasakan manfaat langsung dari program pelatihan Abah Ihsan dan dari bukunya juga.

Wah keren kan? Duh jadi mupeng gini saya ikutan program pelatihannya juga nih supaya saya bisa menjadi orang tua yang memahami dan mampu mendidik anak dengan sebaik mungkin.


E - Learning Parenting Academy, Solusi Zaman Now Belajar Ilmu Parenting

Ini kabar baik banget nih, buat temen - temen yang ingin mengikuti program - program pelatihan Abah Ihsan namun terkendala dengan waktu, sekarang tuh ada pembelajaran parenting Abah Ihsan secara online loh. Pembelajarannya pun menggunakan metode kekinian dan bisa diakses melalui website atau dengan aplikasi, jadi belajar ilmu pengasuhan lebih mudah bukan? E - learning Parenting Academy  nih yang menjadi solusi belajar ilmu parenting zaman now. Materi pembelajarannya bisa diakses kapan saja dan dimana saja secara cepat, jadi memudahkan para orang tua untuk belajar dan supaya para orang tua semakin percaya diri dalam mendidik anak.


Penasaran kan? 

Makanya buruan deh buat temen - temen yang ingin belajar bersama, buat temen - temen yang ingin memantaskan diri untuk menjadi orang tua yang memiliki kapasitas dan juga kompetensi supaya anak bisa hidup dengan nilai - nilai baik seperti harapan orang tua, cek sekarang juga www.parentingacademy.id .


Apa saja yang didapatkan kalau mendaftar di Parenting Academy ? 

Temen - temen bisa mendapatkan 158 video dari Abah Ihsan dengan tema pola pengasuhan anak / parenting yang memang banyak ditanyakan selama ini, seperti gimana caranya menghadapi anak yang susah makan, bagaimana cara menangani anak rewel, mengelola anak berantem, mengembangkan bakat anak dan masalah lainnya. Ada 30 judul pembelajaran juga plus mendapatkan E - Book catatan parenting dari Abah Ihsan. Mupeng kan? Buruan daftar sekarang juga yaaa. Atau bisa langsung tanya - tanya ke Feri (Account & Marcomm Manager Sygma Media Innovasi)  087822434366 .


Eh kayaknya ini cocok juga dijadiin kado buat yang baru lahiran, kan keren tuh kasi kadonya akun parenting academy hehe.




Wassalam,


Tian lustiana 



Thursday, 30 August 2018

Rencana Liburan Bersama Anak

Thursday, August 30, 2018 12 Comments
Assalamualaikum,

"Bu nanti liburan ke Yogyakarta yuk, aku pengen main ke candi - candi nya, dan jalan - jalan di Malioboro" Pinta neng Marwah.

Wah kayaknya emang asyik nih kalau pas liburan sekolah nanti kita jalan - jalan ke Yogyakarta. Akhirnya saya dan suamipun mengiyakan permintaan neng Marwah untuk merencanakan liburan ke Yogyakarta, mudah - mudahan saja ada rezekinya yaaa jadi kita sekeluarga bisa liburan ke Yogyakarta, aamiin.


Ini harus disiapkan dari sekarang kalau begitu, jangan sampai pas hari H mau liburan malah kehabisan tiket dan ga kebagian hotel pula. Maka dari itu, ibu langsung deh hunting hotel dan juga tiket. Hunting hotel dulu deh, nyari hotelnya yang deket sama lokasi yang mau dikunjungi saja, kan neng Marwah tuh maunya jalan - jalan juga di sekitaran Malioboro jadi ibu harus nyari hotel di jalan Malioboro nih.

Ibu pun cek satu persatu, cek kesana kemari dan ternyata yang paling murah dan pilihan hotelnya lebih lengkap itu hanya di Traveloka. Hotel - hotel yang ada di jalan Malioboro itu banyak banget, sampe pusing ibu milihnya hehe. Buat bu ibu yang juga ingin liburan ke Yogyakarta dan nyari hotel disekitaran jalan Malioboro bisa langsung klik disini.

       Masukkan destinasi liburan, tanggal menginap, Klik cari hotel

Setelah memilih dan menemukan hotel yang pas banget di traveloka, ibu pun langsung deh booking hotel pilihan. Setelah ibu login Traveloka, langsung deh book Hotel Traveloka, klik klik dan selesai deh. Simple banget memang transaksi di Traveloka ini, engga ribet sama sekali, pembayarannya pun mudah dan juga cepat. Apalagi pilihan hotelnya lengkap di seluruh Indonesia, bahkan di dunia. Alhamdulillah kan, hotel buat liburan nanti sudah dapat, tinggal beli tiket. Beli tiketnya tar aja kalau ada promo lagi di traveloka, yang penting hotel di jalan Malioboro yang neng Marwah harapkan sudah dapat.


Kenapa saya milih hotel di jalan Malioboro? Karena kan kalau deket hotel bisa jalan - jalan juga, tujuan wisata deket jalan Malioboro juga banyak loh. Dan inilah tujuan wisata yang sudah kami rencanakan untuk liburan nanti.

KERATON YOGYAKARTA

Keraton Yogyakarta ini sudah terkenal kan, jadi sepertinya semua yang liburan ke Yogyakarta,pantang banget kan melewatkan swa foto di Keraton Yogya. Karena keraton Yogyakarta juga merupakan pusat budaya dan pemerintahan Provinsi DI Yogyakarta, saya ingin banget bawa neng Marwah kesini untuk liburan sambil belajar.


PASAR BERINGHARJO 

Ini mungkin akan menjadi tempat favorite ibu selama liburan, hihi. Karena kan pasar Beringharjo ini adalah salah satu pasar tradisional yang ramai dikunjungi selama liburan di Yogyakarta. Di pasar Beringharjo ini bisa belanja kerajinan tangan, jajanan, aksesoris dan lainnya yang bisa saja dijadikan oleh - oleh.


TUGU YOGYAKARTA 

Tugu Yogyakarta juga cukup ngehits di sekitaran Malioboro, tugu yang tingginya sekitar 25 M ini dan dibangun tahun 1977 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono 1 sebagai simbol persatuan rakyat Jogja ketika melawan penjajah Belanja. Banyak juga yang nyebut Golong Gilig katanya karena bentuknya yang melingkar dan mengerucut pada pucuknya. Ini neng Marwah wajib tau, kan jadi nambah pengetahuan juga.


TAMAN SARI 

Taman sari ini merupakan bukti peninggalan dari Raja Mataram di Yogyakarta, letaknya itu di luar komplek Alun - Alun Malioboro. Taman Sari ini juga dikenal dengan pola bangunan artisitik Jawa, banyak juga yang nyebutnya dengan Istana Air.


Dan ibu masih mencari referensi tempat wisata yang bakalan kami kunjungi nanti.

Buat bu ibu yang memang sedang merencanakan liburan juga, nih saya rekomendasiin Traveloka untuk nyari hotelnya silakan langsung klik link ini buat ceki - ceki hotelnya, karena memang bener - bener memudahkan sekali, ga bikin ribet dan cara pembayarannya pun mudah banget. Yuk tentuin tanggal liburannya dan langsung deh booking hotel di Traveloka yah.

Wassalam,

Ibu

Tuesday, 21 August 2018

Menanamkan Konsep Kalah Sejak Dini Pada Anak

Tuesday, August 21, 2018 26 Comments
Assalamualaikum, 

Bagi setiap orang tua, anak adalah pemenang. Betul ga bu ibu?

Kadang orang tua lupa ngajarin gimana caranya nerima kekalahan. Padahal ya bu ibu, menerima kekalahan ini tuh adalah salah satu proses pembelajaran yang harus diterapkan dan diajarkan pada anak sejak dini, insya allah jika anak mampu menerima kekalahan bakalan membentuk anak menjadi pribadi yang baik.


Alhamdulillah sejak kecil neng Marwah sudah ibu kenalkan sama kalah dan menang. Jadi ketika neng ikutan lomba dan kalah, neng bisa menerima nya dengan lapang, ga ada nangis dan kesal meski mungkin dalam hatinya adalah rasa sedih. Ga bisa dipungkiri kan bu ibu kalau kalah itu kadang suka nyesek dan sedih, ye kan?

Menang itu memang membanggakan, siapa sih yang gak seneng kalau dalam suatu perlombaan anaknya menang, namun kalau memang anaknya kalah mau gimana dong. ketika anak kalah, harusnya ingat bahwa kekalahan ini tuh proses yang harus dilakukan orang tua untuk mendampingi anak, apalagi kalau anaknya sedang kurang percaya diri. Kalau peran orang tua kurang dalam hal ini, anak pasti menjadi pesimis dan ga mau lagi ikutan lomba, anak putus asa.

Menanamkan konsep kalah sejak dini pada anak itu penting, mengenalkan anak bahwa kalah bukanlah suatu hal yang buruk. Kalah itu adalah proses belajar, sepele sih memang tapi jika orang tua menyampaikannya dengan perlahan dan dengan hati, insya allah anak bakalah paham.

Dan inilah beberapa tips supaya anak mampu menerima kekalahan :

Pahami kekalahan
Kalah bukan berarti tidak menjadi juara.
Tanamkan ini pada anak, sesering mungkin. Jelaskan tentang hasil akhir sebuah lomba dan kompetisi itu bukan melulu harus menjadi juara namun juga untuk semangat. Jelaskan juga kalau permainan itu harus ada menang dan kalah. Semua yang ikut kompetisi ya juara

Ungkapkan perasaan
Manusiawi kalau kalah, terus sedih. Ya silakan saja kalau memang butuh untuk mengekspresikan kekalahan. Biasanya anak nangis, silakan saja. Ajarkan juga pada anak untuk meluapkan ekspresinya, tapi ya jangan  berlebihan. Sewajarnya saja.

Mengakui kekurangan
Jika memang anak kalah, jangan bilang “ harusnya kamu menang, si A itu bla bla bla. Justru kita sebagai orang tua juga harus mengajarkan anak rendah hati dan mengakui kekurangannya, ini demi proses belajar anak selanjutnya.

Proses
Berikan motivasi pada anak ketika anak mulai menunjukkan kerja kerasnya untuk meraih juara, jangan fokus sama kalah dan menangnya, namun fokuskan pada proses dan kerjakeras  anak. Jadi anak pun akan terbiasa menghargai sebuah proses bukan hasil akhirnya.



Dan semua ini akan kembali pada pola asuh orang tua masing – masing juga sih.


Tulisan ini adalah artikel tanggapan dari artikel mak Aswina Utari pada  #KEBloggingCollab  kelompok Ghea Panggabean yang ditulis oleh Aswinda Utari.



Wassalam,

Tian lustiana 


Follow Us @soratemplates