Bingung Pilih Quipper atau Ruangguru? Coba Kita Bandingkan Dulu

17 comments
Assalmualaikum,
Sebelumnya saya dan ayahnya Marwah sudah berdiskusi tentang tempat bimbingan belajar untuk Neng Marwah nanti. Setelah saya menemukan Ruangguru, eh sekarang saya pun dikenalkan teman sama Quipper. Wah saya jadi bingung, saya pilih Quipper atau Ruangguru 

Di sini saya bakalan jelasin lagi apa sih kelebihan serta kekurangan Ruangguru dan Quipper, ya jadi sebagai bahan perbandingan saja apakah saya akan pilih Ruangguru atau Quipper.


RUANGGURU 

NAY 

Kontennya yang menarik dikemas dengan desain warna-warni, jadinya kurang fokus brand Ruangguru itu warna apa hehe. Ruangguru pun belum begitu banyak yang tahu produknya. Aplikasinya sih oke, namun cukup besar size-nya jadi lumayan nguras memori hp. Sales agent-nya Ruangguru pun belum banyak, wajar kan kalau jadi banyak yang belum kenal. 


YAY

Asyiknya belajar di Ruangguru itu gurunya standby, lho. Salah satu produknya yang bernama ruangbelajar juga punya video pelajaran yang seru dan nggak akan bikin bosan. Nah, kalau ada siswa yang belum paham, bisa pula chat guru secara online lho, kan asyik. Nilai tambah lainnya, tersedia grup belajar online se-Indonesia dilengkapi dengan try out online. Kalau mau nyari dan belajar ditemani guru privat, pun ada, asyik deh! Di antara itu semua, yang paling penting itu biayanya bisa dicicil, oke banget nih Ruangguru. 


QUIPPER

NAY

Quipper itu videonya lumayan lama jadi gak simple, terus videonya pun tidak ada judul. Jadi agak susah ya untuk mengetahui sedang bahas apa. Quipper juga nggak bisa langganan bulanan, kan kalau bisa langganan bulanan jatuhnya lebih murah. Jadi harga keseluruhan Quipper ini lebih mahal dari ruangguru. Terus aplikasinya pun kurang mumpuni. Quipper juga nggak menyuguhkan try out dengan hasil maksimal, tidak punya rangkuman materi, gurunya nggak ada yang standby. Hmmm, jadi kalau nggak ada rangkuman kitanya nggak bisa baca-baca lagi dong yah. 

Pelajaran di Quipper itu slidenya juga bikin bosen, kebayang nggak kalau lagi belajar sejarah? yang ada malah ngantuk, hoaaaam. Terus Quipper itu nggak praktis solusinya. Masa solusi yang diberikan panjang banget, duh kebayang harus ngapalin panjang. Durasi video yang lama dan itu bikin ngantuk plus bosan. Guru di Quipper juga ngajarnya persis kayak di sekolah, pake papan tulis. Kurikulumnya pun tidak menyeuaikan yang sedang berlaku, mungkin kurikulumnya yang diadain sendiri sama Quipper hehe. Dan yang bikin saya mikir banyak adalah kuota bakalan tersedot habis karena durasi video yang panjang. Materinya pun kurang lengkap jadi mikir lagi deh buat berlangganan di Quipper. 

YAY

Quipper hebat, iklannya di mana-mana jadi orang mungkin lebih mudah kenal sama Quipper. Agennya pun banyak, ini kali yah yang bikin banyak orang tertarik, tau kan ya gimana bahasa agen? Jualan banget kan, boong deh kalau kita ga tergiur hihi. Quipper juga suka rajin dateng ke sekolah-sekolah, menarik siswa-siswi. Yang menarik dari Quipper ini ada semacam animasi score ketika selesai menyelesaikan soal. Quipper ini brand luar negeri, tepatnya dari Inggris. Quipper menggandeng Maudy Ayunda untuk menarik peminatnya. 

Dan sudah dipastikan, saya akan milih Ruangguru untuk panggil gurunya ke rumah untuk privat. Terus, ada salah satu produk belajarnya yang bisa dicicil, itu yang penting haha. Semoga semakin berkembang yaa bimbingan belajar online di Indonesia, biar memudahkan belajar dan mencerdaskan anak bangsa, aamiin.

Nah kalau ibu-ibu mau pilih mana Quipper atau Ruangguru? Sharing yuk!


Wassalam,

TIAN LUSTIANA



Tian Lustiana
Tian Lustiana is a ordinary people with extraordinary dreams.

Related Posts

17 comments

  1. Quipper model iklannya bikin panas dingin mbak ngeliatnya hehehe. Kalo Ruangguru itu fasilitas panggil guru privat jadi mudah kayak pesen ojek online aja gitu.

    ReplyDelete
  2. Wah makasih ka, artikel yang bermanfaat. Saya juga pernah baca tentang ruangguru di http://nayadini.com/ruangguru/ sekarang ade saya malah lebih pinter dari saya haha

    ReplyDelete
  3. Quipper itu ada rangkumannya, dan sekarang ada fitur tanya tutor jd kita bisa tanya2 tentang pr dan jurusan tentang perkuliahan juga.. terus sekarang udah ada paket yg sebulan dan 3 bulan, harganya juga yg ditawarkan sangat sangat terjangkau, dan kalau dilihat dr segi materi.. quipper dan zenius lebih unggul daripada rogu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi makin bingung nih pilih mana, tapi saya sempet baca ulasan di playstore kalo di quipper ada materi yang kurang lengkap. Jadi gimana yaa

      Delete
    2. saya coba langganan yg bulanan ga bisa kak, harus 1 tahun..

      Delete
  4. Tapi vidio materi di quipper dapat di offline kan jadi sewaktu2 dapat dilihat dengan mudah

    ReplyDelete
  5. iya betul banget, quipper video juga lagi ada promo lho kk. chat 081803933927 nanti dapat diskon 200 ribu

    ReplyDelete
  6. Tapi cara promosi quipper itu jelek banget.masa ngejelek jelekin ruang guru

    ReplyDelete
  7. izin menjawab gan, Ruangguru itu satu2nya aplikasi yang dipake adekku yang dulu masih SMA kelas 1... dan sampe sekarang mau ujian masih pake.. katanya gampang dimengerti karena animasinya sama petunjuknya di aplikasi buat newbie

    ReplyDelete
  8. Aku lebih suka pakai Ruangguru. Soalnya video belajarnya ngga bosenin. Aku kan suka cepet bosen kalau belajar. Tapi kalau belajar pakai video belajar dari Ruangguru, aku bisa betah lama belajar. Videonya ngga monoton, terus banyak animasinya. Aku jadi enjoy banget pas belajar dan mudah nangkep materi belajarnya :))

    ReplyDelete
  9. well kalo kaitannya bimbel2an, karena zaman sekarang udah canggih, maka ga perlu lagi sore2 ke ke lembimjar pulangnya malem2, sampe kamar udah kecapekan sampe lupa makan ma mandi .. goddamit, kapan mainnya ni anak?

    sekarang udah ada yg namanya Ruangguru yang cakep gilakkkkk , les2an sekarang jadi seru , mau les kapan aja bisa karena tutornya juga siap sedia ... tergandeng eh, tergantung nanti kesepakatan siswa sama tutornya pilih waktu yang nyaman.

    akhir kata semua tergantung pilihan juga sii,, sukanya yg les2an biasa ato bimbel onlen,, semuanya bagus koo kembali ke kita aja .

    ReplyDelete
  10. Kalau sekarang sepertinya Ruangguru udah gencar-gencaran dalam promosi jadi Ruangguru lebih dikenal. Pernah coba buka aplikasinya dan bagus menurutku gampang di gunainnya. Btw terimakasih atas info nya :)

    ReplyDelete
  11. Ruangguru buat aku YAY :D Mamah aku pertama kali lihat iklan Ruangguru di TV langsung tertarik dan mendukung banget aku pakai aplikasi bimbel ini. Udah terjangkau, dari kualitas pun gak kalah dari bimbel online lain. Udah gitu Ruangguru karya anak bangsa Indonesia loh, tambah kagum aku. Dan selama aku pakai, nilai aku terus naik. Seru banget belajarnya kaya main geme, hahaha.

    ReplyDelete
  12. kayaknya kalo aku belajr di quipper bakalan molor tidur mulu deh. aku mah prefer ke ruangguru lebih berwarna, trus ada rangkuman sama pembahasan soalnya

    ReplyDelete
  13. aku dah pernah pake dua-duanya, waktu kelas 10 dulu aku pake quipper, setelah itu aku tau ruangguru dari temenku yang udah make. nah aku nyoba-nyoba tuh soalnya ada video yang disediakan gratis di aplikasinya. setelah nyoba-nyoba itu kok aku lebih paham dan lebih nyaman, ya karena animasi dan tampilan ruangguru lebih menarik di mata sih ya hehehe. sekarang aku dah kelas 12 dan aku mutusin buat langganan ruangguru ya karena aku mau lulus SMA ini dengan nilai yang memuaskan

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment