Post Top Ad

Friday, 28 December 2018

Curhat Ibu : Tentang Ragam Alat Kontrasepsi

Assalamualaikum, 

Ngomongin masalah kontrasepsi / KB yuk. 
Sebelumnya saya mau nanya nih bu ibu, kalau milih kontrasepsi didiskusiin sama pasangan gak? Atau 100% ibu yang memutuskan?


Kalau saya dulu, pakai kontrasepsi itu didiskusiin dulu sama suami dan ngobrol sama bidan juga, mana yang cocok untuk saya. Karena takutnya kan kalau pakai KB atau kontrasepsi itu cocok - cocok an. Saya alhamdulillah sekarang cocok menggunakan yang IUD, mungkin bu ibu beda ya. Sharing yuk alat kontrasepsi apa yang paling cocok? 

Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang bisa bu ibu pilih nih, diantaranya: 

PIL 
Mana nih suaranya yang menggunakan PIL KB? Dulu saya pernah pakai ini, awal - awal nikah banget saya pakai pil KB ini. Karena cuman mau nunda beberapa bulan saja, hehe. Setelah 3 bulan deh kalau ga salah, akhirnya saya lepas KB dan alhamdulillah ga mesti nunggu lama buat hamil. 

Pil KB ini tuh dikonsumsinya harian, mengandung hormon untuk mengubah cara kerja tubuh dan mencegah kehamilan. Kebanyakannya sih pil KB ini tuh adalah pil kombinasi yang mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron untuk mencegah pelepasan sel telur selama siklus bulanan atau lebih dikenal dengan ovulasi. Namun bu ibu, ada juga loh pil KB yag hanya mengandung satu jenis hormon saja, hormonnya pun dosis rendah dan aman digunakan oleh busui (ibu menyusui) karena engga bakalan mempengaruhi produksi dan juga kualitas ASI. 

Kelebihan :  PIL KB ini tuh adalah Siklus haid menjadi lebih teratur dan tidak mengganggu aktivitas hubungan seksual. 

Kekurangan : Kalau misalnya bu ibu lupa minum Pil KB ini, risiko hamil lebih besar loh, terus ya kenaikan berat badan juga lumayan, saya sih merasakan lebih sering sakit kepala dan suka mual, area payudara juga agak sering nyeri. 


IUD
Selepas melahirkan, saya menggunakan IUD (intrauterine device), adalah alat kontrasepsi plastik yang bentuknya kayak hurup T, saya nyebutnya cooper T. IUD ini tuh diletakkan dalam rahim , gunanya buat ngehadang sperma supaya engga membuahi sel telur. 


IUD ini ada dua jenis, IUD jenis berisi tembaga dan hormon. IUD tembaga bisa digunakan sampai 10 tahun dan saya menggunakan jenis ini. Untuk IUD hormon hanya sampai 5 tahun saja. Dulu pas masang IUD ini saya abis lahiran 40 hari, jadi ga terlalu berasa ngilu atau sakit

Kelebihan : Setelah dipasang, aman. Ga mesti repot - repot lagi palingan cek aja takutnya geser, hehe. Ga mengganggu kesuburan juga, kalau nanti pas lepas IUD bisa langsung hamil, insya allah. 

kekurangan : Kalau angkat2 berat suka ngeflek, haid jadi agak banyak dan lama, sering ngeflek, suka kram kalau kecapean. 

SUNTIK
KB suntik ini tuh salah satu cara untuk mencegah kehamilan juga, caranya dengan memberikan suntikan hormon progestin atau kombinasi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Secara pribadi, saya belum pernah melakukan kb ini bu ibu, tapi ada temen yang cerita kalau mau suntik kb ini tuh biasanya di paha, pundak, lengan atas bahkan ada yang dibawah perut, gitu katanya. Jenis KB suntik ini pun ada dua jenis, ada yang 1 bulan dan ada yang 3 bulan. Duh kebayang yah yang 1 bulan itu, setiap bulan harus suntik. 


Kelebihan : Tidak mengganggu ketika masa menyusui, bisa digunakan pada hari ke - 3 sampai hari ke - 5 setelah melahirkan, jadi ga perlu nunda. 

Kekurangan : Kata beberapa teman, ada yang sering ngeluh sakit kepala, berat badan naik, agak nyeri pada payudara dan perubahan mood. 

IMPLAN
KB implan ini tuh, tabung plastik yang kecil dan fleksibel. Seukuran korek api, isinya adalah hormon untuk mencegah kehamilan. Tabung implan ini dimasukkin ke dalam bawah kulit lengan atas, saya pernah liat ini. Jadi dari luar itu keliatan loh, kayak pake susuk gitu. Saya kok agak ngeri gitu liatnya. Implan yang sudah masuk kebawah kulit ini tuh akan melepaskan hormon progestin dengan kadar yang rendah, untuk mencegah terjadinya kehamilan.
Kelebihan : Mencegah kehamilan selama 3 tahun. 
Kekurangan : Haid kurang teratur, atau bahkan ga haid, sakit, infeksi bekas luka ditempat implan. 


Itulah, beberapa jenis KB yang saya tau, ada juga sih yang menggunakan kondom dan sistem kalender, untuk sistem kalender saya pun belum begitu paham, haha. 

Nah kalau bu ibu menggunakan alat kontrasepsi mana? Sharing yuk. 




          Wassalam,


               Tian Lustiana 
 



 

39 comments:

  1. Pake IUD itu ga sakit teh pas dipasangnya? kok aku liat gambarnya serem yah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya pas pake IUD nya ga saikit, mungkin karena pas abis lahiran 40 hari kali yah jadi masih belum kerasa

      Delete
  2. Jujur paling takut sama KB ini tapi kayanya next harus pake deh biar ga ujug2 hamil lg hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh kalau niat punya anak lagi ya jangan KB neng

      Delete
  3. Agak ngeri juga yah, bacanya.

    ReplyDelete
  4. Ko ngilu🤦‍♀ tapi ilmu nih untuk masa depan hehe😁

    ReplyDelete
  5. Saya kebetulan gak pake KB apa2 nih bun ..karena lagi nunggu hamil lagi mudah2an aja kali ini berhasil aamiin

    ReplyDelete
  6. Aku pake iud dan baru tahu dalam tubuhku posisinya kaya gt teh hahaha ngeri ngeri sedap tapi memang yang paling bebas ribet dan kecil resiko efek samping makanya dulu pilih iud dibanding pil hihi

    ReplyDelete
  7. Wah, dari semua yang disebut di atas, aku cuma belom nyoba IUD. Takuuuut. Pil pernah, suntik pernah, dan implan sedang. IUD disaranin sih, tapi takut. Geli-geli gimana gituh. :))))

    ReplyDelete
  8. gak kebayang sakitnya pake IUD :( liat gambarnya aja merinding :((

    ReplyDelete
  9. Jadi nambah ilmu buat bekal nih hehe
    Thanks for sharing Teh

    ReplyDelete
  10. Thank you teh for sharing this. Aku belum KB ini, masih KB alami karena mau pasang iud masih agak trauma hehe. Tapi kayanya mantep iud lagi deh

    ReplyDelete
  11. Ternyata banyak banget ya caranya dari mulai pil tp yg familiar di aku pil

    ReplyDelete
  12. Mama aku pake iud emang aman banget sih itu soalnya kan secara fisik yg dihalangin hehe

    ReplyDelete
  13. Nambah ilmu banget nih thank you teh sharingnyaa

    ReplyDelete
  14. Nah, kalo saya tuh, pernah pake implant, suntik dan terakhir pil KB. Ketiganya cocok, tapi paling praktis sih implant. Belum pernah cobain IUD. Nah, waktu buka implant, sampe pernah ninju dokternya (buka implant di negeri jiran, wkt msh tinggal di sana), dan si dokternya ga pinter caranya, membuat saya sakit dan refleks, tertinju si dokternya. Haha. Ampun deh....

    ReplyDelete
  15. Temenku di kantor ada yang pake KB implan teh, dia bilang itu bisa pindah-pindah tempat gitu ya di dalem kulitnya, agak ngilu bayanginnya 😂

    ReplyDelete
  16. Thanks ilmunya teh .. Walaupun bayanginnya ngilu ngilu hehe

    ReplyDelete
  17. wah nambah pengetahuan banget nih tentang KB. suka banget postingannya <3

    ReplyDelete
  18. Aku masih ragu buat pasang KB, akhirnya aku pake KB kalender ajah. Hehe.

    ReplyDelete
  19. Aku masih belum pasang KB soalnya masih dagdigdugser nih denger cerita-cerita semua orang. Haha. Makin dibayangin malah makin takut. Huhu

    ReplyDelete
  20. Aku newlywed nih bun, belum pakai KB. Doakan semoga d amanahi di waktu yg tepat yaa

    ReplyDelete
  21. Hi therе, just wanted too menti᧐n, I enjoyed this post.

    It was funny. Keep on posting!

    ReplyDelete
  22. Ume denger cerita tmn2 yg pasang kb bnyk macem dan kasusnya, jd suka linu sendiri teh.

    ReplyDelete
  23. eⲭcellent points altogether, you simply gainbed a nnew reader.
    What might you rеcommend aboout yojr post that you jᥙst made
    a few days aɡo? Any certain?

    ReplyDelete
  24. Aku juga pake IUD yg 10 tahun. Udah yang kedua kali ganti, pake IUD lagi. Aman dan tenang. Alhamdulillah cocok. Haid teratur, tapi ya gitu suka pegal di bagian perut sebelah kiri atau pinggang kalau kecapekan.

    ReplyDelete
  25. Hi there to every , since I am actually eager of reading this web site's post to be updated daily.
    It carries nice data.

    ReplyDelete
  26. Whats up very nice website!! Guy .. Beautiful .. Wonderful ..
    I will bookmark your site and take the feeds additionally?
    I am happy to seek out so many useful info here in the publish, we'd like
    develop more strategies on this regard, thank you for sharing.
    . . . . .

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)