Post Top Ad

Wednesday, 7 February 2018

Akan Selalu Ada Cinta Untuk Marwah

"Bu, sayang gak sama aku?" 
"i love you ibu"
"Aku sayang ibu" 

Ah, neng Marwah memang romantis. Kalau ibu sedang capek dan lelah terus ibu lupa melukin neng, neng langsung deh nyamperin dan bertanya "ibu sayang gak sama aku?", seketika capek saya langsung hilang. Dalam benak neng, ibu sayang itu kalau ibu selalu mendekapnya dan memeluknya apalagi ketika neng lagi sakit, pasti maunya nempel terus sama ibu dan gak mau lepas. Sejak bayi neng memang begitu, kalau sakit ga mau digendong sama ayah atau yang lainnya, maunya digendongin ibu dan dipelukin ibu sampai sekarang neng masih begitu meski usianya sudah 9tahun, masih suka dipelukin sama ibu.

Saya menjadi working mom sejak neng berusia 3tahun. Meski saya working mom, namun alhamdulillah bonding saya dengan neng masih terjalin dengan baik. Sepulang kerja saya selalu disambut dengan wajah ceria neng yang sudah menanti di depan pintu dengan pelukan hangatnya, rasa lelah dan capek ibu seketika sirna, terimakasih nak.

Neng Marwah anak tunggal, mungkin beberapa orang beranggapan bahwa anak tunggal itu manja dan rewel, anggapan itu salah dan tidak berlaku untuk neng. Neng anak yang mandiri dan gak manja apalagi rewel, kecuali kalau lagi sakit itu sih beda lagi.

Dan inilah cara saya mengungkapkan rasa cinta pada neng dan memperkuat bonding antara saya dan neng.


Mendengarkan 

Sekarang neng lagi seneng bercerita sama ibu, apapun ia ceritakan. Apa yang terjadi di Sekolah atau tentang nilainya di sekolah. Neng sering cerita banyak hal. Tentang temannya, tentang hobinya, tentang apapun ia ceritakan. Neng hanya terbuka sama ibu, kadang sama ayah neng suka malu kalau cerita, padahal dulu neng deket banget sama ayah tapi sekarang semenjak masuk kelas 3SD neng jadi lebih banyak ceritanya sama ibu.

Tugas ibu adalah mendengarkan semua cerita neng. Ya, dengan mendengarkan ibu sudah mengungkapkan rasa cinta ibu sama neng. Ibu seneng loh neng banyak cerita sama ibu, itu artinya neng percaya sama ibu. Semoga sampai besar nanti neng tetep percaya sama ibu ya dan menjadikan ibu tempat curhatnya neng yah. Karena komunikasi yang efektif itu terjalin berkat adanya proses mendengar dan didengar. Saya mendengarkan neng sejak neng kecil, meski neng masih berbicara terbata - bata dan hanya saya yang paham, tetap saya mendengarkan dengan baik. Selain ini adalah bukti saya sangat mencintai neng, ini pun sebuah proses pembelajaran untuk neng agar neng terbiasa mendengarkan, karena mendengarkan itu bukanlah suatu hal yang mudah, setuju?

Pujian

Sekecil apapun prestasi yang diraih anak, pujilah.

Gak ada salahnya untuk selalu memberikan pujian pada anak, gak bakalan negatif kok. Ada juga loh yang bilang saya lebay kebanyakan muji anak, neng Marwah bisa bikin buletan aja saya puji, saya ciumin dia dan dibilang lebay. Tapi buat saya neng Marwah itu emang keren dan kewajiban saya untuk selalu memujinya dan membesarkan hatinya dikala orang lain memandangnya sebelah mata, begitulah.

Memberikan pujian dengan benar akan membuat anak merasa bahwa orang tuanya sangat mencintainya. And i love my daughter so much.

Quality time

Meski saya tidak bisa seharian menemani neng karena saya kerja dan neng juga sekolah, namun bonding kami masih erat kok. Karena saya selalu berusaha untuk melakukan quality time bersama neng, berdua. Ya, saya dan neng kadang ngobrol aja berdua sambil makan bakso atau sambil nyalon, asik ya kalau anak sudah bisa diajak ngobrol sama nyalon, bisa quality time bersama.


Kadang saya dan neng juga suka smule an loh berdua, nyanyi ini dan nyanyiin itu dengan ceria dan bahagia. Nonton film kesukaan neng di kamar berdua, itu aja udah bikin neng bahagia. Atau main boneka, main cafe - cafe an, saya jadi pembelinya dan neng jadi pemilik cafe yang merangkap sebagai waitress, seru deh. Dengan quality time neng tau dan paham bahwa saya begitu sangat mencintainya.

Ini waktu bermain bayi besar, neng sama ibu dibedong lagi hehehe

Hug and Kiss 

Pelukan dan ciuman selalu menghujani neng setiap pagi sebelum berangkat sekolah dan sore ketika saya pulang kerja dan malam hari sebelum tidur. Kalau dihari libur setiap ada waktu, saya selalu memeluk dan menciumnya, sederhana kan? Tindakan sederhana namun besar untuk memberitahu neng bahwa ibu selalu mencintai dan menyayanginya, akan selalu melindunginya. Pelukan dan ciuman pada anak adalah bentuk perhatian ibu pada anak agar tahu bahwa akan selalu ada cinta, kasih sayang dan perlindungan dari orang tua untuk mereka.

Oleh - oleh 

Setiap pulang kerja saya selalu bawa oleh - oleh, apa aja sih yang penting saya bawa. Meskipun hanya permen atau cokelat satu saja sudah bikin neng bahagia kok. Ini adalah cara lain saya mengungkapkan rasa cinta pada anak.


Dan masih banyak cara lain yang bisa diungkapkan pada anak untuk memberitahukan betapa kita sebagai orang tua sangat mencintai anak - anak.

Ungkapkan cinta ketika anak sakit 

Ketika neng sakit, hati saya ikut sakit. Kerja pun gak konsen. Apalagi kalau neng demam tinggi, udah deh ibu bolos kerja karena percuma kerja pun ga akan konsentrasi, pikiran terus ke anak.

"Ibu jangan kerja, aku sakit" kalau demam neng suka bilang gitu. Mana bisa ibu kerja coba kalau neng bilang gitu, jadi selama neng demam ibu gak kerja dan selalu nemenin neng. Ini juga bentuk ungkapan cinta saya sebagai ibu kepada anak.


Dulu pas masih kecil kalau neng demam ibu suka bingung, karena kalau dikasi obat suka mual dan malah muntah - muntah, hiks. Ternyata dokter bilang neng alergi sama ibuprofen. Sejak tau neng alergi sama ibuprofen, ibu jadi lebih teliti lagi memilih obat penurun demam untuk anak. Sampai akhirnya ibu menemukan Tempra Syrup yang memang mengandung paracetamol. Jadi, setiap 5ml Tempra Syrup itu mengandung sekitar 160mg paracetamol yang bekerja sebagai antipiretika langsung pada pusat suhu di otak.  Karena neng sekarang sudah 9tahun, neng sekarang pakai Tempra Syrup yang forte nya.

Seperti kemarin, neng Marwah mengeluhkan kurang enak badan, pas ibu pegang badannya iya agak anget, untunglah ibu selalu simpan Tempra Syrup jadi kemarin neng langsung saja ibu suruh minum Tempra Syrup. Neng sekarang sudah bisa minum Tempra Syrup sendiri, udah tau juga takarannya.



Tempra syrup bisa meredakan demam anak, bisa juga mengurangi rasa sakit atau nyeri ringan. Jika anak mengeluh sakit kepala atau sakit gigi, langsung aja kasi Tempra Syrup. Setelah imunisasi juga biasanya langsung saya kasi Tempra Syrup untuk menghalau rasa nyeri dan supaya anak gak rewel. Tempra Syrup ini juga tidak perlu dikocok larut 100%. kadang kan emang suka panik ya kalau anak demam jadi suka lupa kocok obat hehe. Aman di lambung dan dosisnya tepat (tidak menimbulkan over dosis atau kurang dosis) atau bisa konsultasi juga sama dokter.

Terimakasih #Tempra sudah menemani ibu ketika neng sakit.

Pokoknya ketika anak sakit, ibu akan selalu ada untuk mu nak. Ibu akan menjadi suster yang merawat dan melayanimu sepenuh hati. Karena akan #SelaluAdaCintadiHatiBunda untuk anak - anaknya.

Semoga anak kita diberikan kesehatan, aamiin.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Tempra.

With love,

Ibu







Wednesday, February 07, 2018 / by / 26 Comments

26 comments:

  1. Bener mba. Walau kita bekerja tapi alhamdulillah selalu berada disamping anak ya mba. Sehat sehat selalu neng

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah ya mbak, aamiin makasih

      Delete
  2. i feel you mbak, saat anak sakit itu rasanya mau apa2 gak konsen, rasanya cuma pengin anak lekas sehat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget huhuhuh kalau anak sakit kita juga jadi berasa sakit yah

      Delete
  3. Nikmati terus kebersamaan sama neng, udah gede mah susah diajakin pergi dan dipeluk pelukk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener mi, sekarang kl sama ayahnya udah ga mau dipelukin tapi sama ibu masih mau

      Delete
  4. Amiin. Saya jg sering hug n kiss apalagi kalau anak lg ngadat ga jelas^^

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah senangnya neng Marwah punya ibu yang perhatian ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah begitulah kalau udah punya anak pasti jadi ibu yang perhatian

      Delete
  6. dan yang paling berat saat mau pergi kerja dan anak sakit bilang bunda jangan kerja aku sakit *bah itu teh rasanya seperti galau abis diputusin wkwkwk >> aku selalu lebay ;p

    sehat2 teteh marwah cantik :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa bener pisan teteh, hati ini langsung luka ya pas anak sakit apalagi pas anak gak mau ditinggal

      Delete
  7. Aku juga pakai Tempra. Salam buat Marwah cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss dulu, iyaa insya allah disampaikan salamnya

      Delete
  8. Senengnyaaa.....saya selalu bermimpi punya anak perempuan 5 orang

    Tapi cuma dikasi satu 😀😀😀

    ReplyDelete
  9. Duh, kompak bgt sih ini kakak sm adik eh ibu sm anak :)

    ReplyDelete
  10. Salam sayang buat Marwah dari kakak ketemu gedenya wkwkwk... *kemudian dicubit Tian*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha salam sayang kembali teteh Efi dari neng Awah huahaha

      Delete
  11. Wah sama anakku jg sk muntah klo mnum parasetamol kcuali tempra. Mampir blogku jg yuk bun 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku muntah kl pakai ibuprofen, alhamdulillah kl paracetamol cocok

      Delete
  12. Ah romantisnya neng marwah, keren banget Tian,walaupun bekerja tapi bondingnya kuat banget sama neng, sehat terus ya neng marwah

    ReplyDelete
  13. Paling setuju dengan bagian mendengarkan anak itu. Penti g banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss ah, karena anak juga suka didengarkan ya teh

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)

blogger

Post Top Ad