Wednesday, 13 February 2019

, ,

Perubahan Emosi Anak Perempuan 10 Tahun

Bismillah, 

Usia neng Marwah sudah 10 tahun. Artinya bentar lagi neng memasuki usia remaja dong, aah time flies so fast. Perubahan demi perubahan emang terjadi setiap tahunnya, mengikuti pertambahan usia juga kali yah. Mulai dari badan sampai emosi juga berubah. Sejak kecil neng Marwah itu jarang banget tantrum, malah kayaknya gak pernah deh. Malah rewelnya tuh sekarang udah gede, huhuh. 


Katanya sih usia neng itu nginjek ke usia masa transisi yang pasti bakalan memberikan banyak perubahan, baik itu fisik maupun mentalnya juga, jadi harusnya ibu ga bingung yah heheh tapi kadang ibu bingung juga sih. Ternyata sekarang tuh neng sudah memasuki usia mulai puber nih. Usia puber ini sebenernya bervariasi sih, ada yang mulai usia 8 - 13 tahun untuk anak perempuan, dan untuk anak laki - laki itu antara usia 9 - 14 tahun, jadi ga heran lagi yah kalau sikap anak 10 tahun udah mulai susah ditebak. Neng Marwah sekarang tuh emang moody an, sebentar seneng eh beberapa menit mukanya cemberut, entah kenapa. Mungkin saja itu karena perubahan perkembangan sosial sama emosionalnya kali yah. Ibu harus banyak belajar lagi nih seputar perkembangan sosial dan emosional anak usia 10 tahun biar ibu ga kepancing emosi juga ngadepinnya, kadang kalau kesel ujung - ujungnya ibu emosi deh, huhuh. 


Di usia 10 tahun ini neng itu kadang suka posesif apalagi sama temen - temennya, beda lah sama anak lelaki yang biasanya lebih mudah gaul sama temen, padahal neng itu sejak kecil anaknya mudah gaul banget tapi sejak beberapa lama ini nih jadi kayak gitu, jadi kayak yang jagak jarak gitu deh. Tapi kadang kalau lagi pengen main sama temennya, lengket amat. Bingungin kan? 


Intinya sih back to komunikasi. Pastikan komunikasi sama anak tuh terus berjalan normal dan saya selalu komunikasi sama neng, mau dia lagi bete atau kesel suka saya tanyain trus sampe dia bosan dan menawarkan solusi, ya kali dia lagi nyari solusi, haha. 

Saya pernah merasakan berada diusia neng Marwah, meski ingat gak ingat tapi seenggaknya saya bisalah ya merasakan apa yang sedang neng Marwah rasakan sekarang. Masih ingat banget deh dulu ketika seusia neng Marwah emang kadang suka ngerasain semangat menggebu, kadang gak percaya diri, galau dan naik turunnya emosi itu emang ada. Makanya sekarang tuh ketika neng Marwah mengalami swing mood gitu saya sih tanya aja terus sampe dia akhirnya mau sharing dan curhat sama saya. 


Perkembangan emosional terhadap teman - teman 

Dalam usianya yang ke - 10 sekarang, neng juga udah bisa loh nawarin solusi ke temen - temennya, hebat banget. Ya buat saya udah hebat banget neng udah bisa menawarkan solusi ke temen - temennya. Kadang kalau lagi ga nyaman ya males sama temen - temennya. Kadang juga suka sensian, cepet kesinggung sama temennya, eh besoknya dia bilang temennya baik, ya udah ibu cuman bisa nyimak aja sambil makan bakso deh. 

Di usia neng Marwah ini, saya sebagai ibu percaya banget bahwa anak sekecil ini juga butuh curhat, makanya kalau neng lagi badmood saya suka cerewet nanya terus, maksud saya biar dia mau ngobrol sama saya. Dan moodnya cepat berubah sih kalau saya ajak ngobrol terus. 


Gitulah, kadang anak dalam fase usia ini bikin jengkel dan deg - deg an deh, namun saya percaya ini adalah fase / step untuk bertumbuh menjadi anak yang lebih baik lagi. Ya daripada saya marahin dia yang moodnya berubah terus mendingan saya ajak ngobrol aja dan cari jalan keluar bersama, kan kalau perempuan emang paling seneng curhat, ada sedikit rasa plong dalam dada. Ya kan? 


Teruslah menjadi anak gadis solehah ya nak, menjadi teman cerita ibu sampai dewasa ya.



With love,




Ibu 





Share:

6 comments:

  1. Anak-anak umur 10 tahun biasanya lg mudah cemburu gitu kan Mba, adik-adik di pondok belajarku begitu. Alhamdulillah banyak dpt pelajaran.

    ReplyDelete
  2. kudu ekstra sabar dan mengerti maunya ya

    ReplyDelete
  3. Iyes, kitanya yang harus bisa komunikasi dengan anak, apalagi anak menginjak usia 10 tahun seperti neng Marwah cantik. Agar anak merasa bahwa kita sangat perhatian dan selalu sayang, jadi anak juga merasa nyaman curhat sama kita.

    ReplyDelete
  4. Waaahhh bentar lagi abegeh mba, seru seru syedap ya :D
    Jadi pengen punya anak cewek *eh

    Semoga kita semua bisa jadi ibu yang sabar ya, karena kadang masalah parenting itu jadi ribet karena kitanya kurang sabar huhuhu

    ReplyDelete
  5. Belajar banyak nih tentang mendidik dan membesarkan anak perempuan. Semoga saya masih diberi kepercayaan Nya bisa punya anak perempuan. Amin...

    ReplyDelete
  6. duuuh melankolis deh kalo udah ngomongin anak perempuan. soalnya aku juga punya nih. sudah berasa anak gadis ya mom. semoga selalu dekat dan bercerita sama bundanya.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)